10+ Tanaman Hias yang cocok di dalam rumah

10+ Tanaman Hias yang cocok di dalam rumah

10+ Tanaman Hias yang cocok di dalam rumah

Tanaman hias adalah tumbuh-tumbuhan yang ditanam secara sengaja oleh orang di ruangan ataupun di luar ruangan. Tanaman hias ini ditanam dengan tujuan untuk mempercantik ruangan dan membuat halaman rumah menjadi lebih asri dan sejuk.

10+ Tanaman Hias yang cocok di dalam rumah

Pada umumnya memang tanaman hias banyak ditanam di luar ruangan, tetapi sekarang ini banyak juga tanaman hias  dalam rumah yang bisa Anda tanam di dalam ruangan. Selain untuk mempercantik ruangan, tanaman hias di dalam ruangan juga bisa membersihkan udara kotor dan bisa menyerap gas-gas serta polutan yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ALCA atau Associated Landscape Contractors of America dan NASA atau National Aeronautics and Space Administration telah memberikan hasil positif, mereka pun berhasil menemukan tanaman hias indoor yang bisa menyerap zat-zat yang sangat berbahaya seperti benzena, xylene, formaldehida, nitrogen oksida, dan berbagai macam bahan kimia lainnya ada di udara sekitar kita.

Apabila tanaman hias ini ditanam di dalam rumah maka akan membuat rumah Anda menjadi sejuk, bersih dan pastinya akan lebih sehat bagi para penghuninya. Namun sayangnya, tidak semua tanaman hias yang cantik bisa ditanam di dalam ruangan.

Beberapa tanaman hias yang cocok untuk ditanam di dalam rumah mempunyai beberapa kriteria fisik seperti jumlah daun yang cukup banyak, struktur batang yang lunak, dan juga mempunyai ukuran yang pendek.

Biasanya tanaman hias di dalam rumah akan lebih mudah menyesuaikan terhadap kebutuhan tanaman akan sinar matahari. Tentunya perawatan tanaman hias dalam rumah sangat mudah, yaitu  cukup keluarkan sekali tanaman hias ini di luar ruanga agar terkena sinar matahari secara langsung.

Berikut ini kami sudah merangkum beberapa tanaman hias di dalam ruangan, daftar tanaman hias yang kami bagikan kepada Anda ini sangat mudah dijumpai di toko-toko tanaman terdekat sehingga akan sangat mudah bagi Anda untuk menanam tanaman hias ini di dalam rumah.

10+ Jenis Tanaman Hias dalam Rumah

Lidah Buaya

Tanaman hias lidah biaya ini sangat terkenal di Indonesia, tanaman yang biasa dimanfaatkan sebagai penyubur rambut dan penyembuh luka ini ternyata juga mampu untuk menyerap berbagai macam polutan.

10+ Tanaman Hias yang cocok di dalam rumah

Tanaman hias yang mempunyai nama latin Aloe Vera ini mampu menetralisis berbagai racun seperti benzena, formalin, dan juga zat-zat kimia yang lainnya.

Spider Plant

Tananam hias Spider Plant ini berasal dari Afrika selatan, tanaman hias yang satu ini sangat mudah untuk ditanam dan dirawat karena jika batang tanaman ini menyentuh tanah maka akan cepat mengakar.

Tanaman yang mempunyai nama latin Chlorophytum comosum ini bisa tumbuh dengan baik dan subur jika tidak terkena sinar matahari secara langsung. Spider plant juga mampu menyerap bahan-bahan kimia dan racun yang berbahaya bagi tubuh serta bisa membersihkan udara di ruangan yang kotor.

Sirih Gading

Tanaman yang mempunyai nama latin Devil’s ini sebenarnya tidak seseram namanya, justru tanaman ini terlihat sangat cantik serta bisa hidup dengan baik di tanah ataupun di air. Tanaman hias yang satu ini sangat mudah untuk dipelihara dan juga dikembangbiakkan karena mudah untuk ditanam.

Tanaman merambat ini mempuyai kemampuan adaptasi yang sangat baik. Anda hanya cukup memetik batangnya lalu menancapkan pada media tanam. Supaya selalu terlihat segar, Anda harus mengganti air selama periode 2 atau 3 hari sekali. Jangan sampai lupa untuk mengganti airnya ini.

Lidah Mertua

Tanaman Lidah Mertua mempunyai bentuk daun yang sangat unik dan berkarakter, yakni tegak dan mempunyai ujung yang runcing. Tanaman hias yang mempunyai nama latin Sansevieria ini akan sangat cocok untuk ditanam di dalam ruangan rumah, ini karena tidak memerlukan air yang banyak.

Ketika menyiram tanaman ini maka Anda harus menyiramnya secara rutin yaitu 1 sampai 2x dalam seminggu. Air yang disiramkan pun jangan sampai terlalu banyak, cukup sekitar 25 sampai 30 ml saja dalam 1x penyiraman. Apabila Anda menyiramkan air yang terlalu banyak justru akan membuat tanaman ini sangat rentan terhadap bakteri dan penyakit.

Selain harus melakukan penyiraman secara rutin, perawatan tanaman lidah mertua yang lainnya adalah dengan memperhatikan daunnya. Jangan sampai daun tanaman lidah mertua ini kering, karena pesona kecantikan tanaman yang satu ini ada pada liukan daunnya. Bagaiman, sangat mudah kan perawatannya?

Tanaman Aglaonema

Walaupun tanaman ini bisa ditanam di dalam ruangan rumah, tetapi tanaman aglaonema ini kurang cocok untuk ditanam di rumah daerah pegunungan. Hal ini karena tanaman hias yang memiliki nama latin Chinese Evergren ini sangat tidak tahan terhadap udara dingin.

Tanaman yang satu ini terlihat sangat cantik karena mempunyai kombinasi 2 sampai 3 warna di setiap daunnya. Perawatan tanaman hias yang satu ini sangat mudah, cukup membuat tanahnya selalu dalam keadaan lembab.

Beringin Karet

Pastinya Anda sudah tahu bahwa tanaman beringin bisa tumbuh tinggi mencapai puluhan mater. Lalu bagaimana caranya agar tanaman ini bisa ditanam di dalam rumah? Kuncinya adalah pada perawatan tanaman ini sendiri, tanaman ini bisa dipangka dan bisa pula dikerdilkan apabila tanaman ini sudah tumbuh terlalu tinggi.

Tanaman yang mempunyai nama latin Rubber Plant ini mempunyai pesona yang sangat unik dan kharismatik, yaitu daunnya yang cukup lembut, mengkilap, dan sangat tidak disukai oleh ulat. Cara perawatannya pun cukup mudah yaitu hanya cukup ditempatkan di ruangan yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Sangat mudah bukan?

Peace Lily

Tanaman hias ini mungkin tidak begitu terkenal di Indonesia, tetapi sangat populer di luar negri. Tanaman hias Peace Lily terkenal karena ketahannya yang sangat tinggi jika ditempatkan di dalam rumah dan mempunyai bunga yang sangat indah.

Peace Lily mampu bertahan dengan durasi yang sangat lama di dalam ruangan rumah, bahkan bisa sampai 2 minggu. Jangan lupa untuk keluarkan tanaman ini hingga beberapa jam di luar ruangan 2 sampai 3 hari sekali. 10+ Tanaman Hias yang cocok di dalam rumah

Bambu Rezeki

Tanaman bambu rezeki ini lebih dikenal dengan sebutan Ribbon Plant dan termasuk dalam keluarga tanaman Dracaena.

Apabila Anda ingin menempatkan tanaman hias ini di dalam ruangan rumah maka Anda harus memberikan sinar matahari yang cukup agar bisa tumbuh dengan baik. Tanaman hias bambu rezeki ini bisa ditempatkan di samping jendela tau di tempat yang membutuhkan sinar matahari yang cukup.

Philodendron

Kata Philodendron ini berasal dari bahasa Yunani. Philo memiliki arti cinta, Dendron berarti pohon. Sehingga tanaman yang satu ini biasa disebut dengan pohon cinta.

Salah satu jenis tanaman Philodendron yang paling populer di Indonesia adalah tanaman kuping gajah. Struktur daun pada tanaman hias yang satu ini sangat unik, yaitu mempunyai ukuran yang besar dan memiliki bentuk hati.

Karena mampu bertahan 2 sampai 3 minggu di dalam ruangan tanpa terkena cahaya matahari secara langsung, maka perawatan tanaman ini sangatlah mudah. Cukup keluarkan 2-3 hari supaya tanaman mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

Tanaman Monstera

Walaupun terlihat sangat indah dan ekstosis, namun tanaman hias yang satu ini termasuk jenis tanaman hias yang beracun. Jadi, Anda harus menjauhkan tanaman hias ini dari jangkauan anak-anakan dan hewan karena jika tidak sengaja dikunyah bisa menimbulkan efek yang sangat fatal.

10+ Tanaman Hias yang cocok di dalam rumah

Meskipun beracun, masih banyak sekali orang yang menanam tanaman hias yang satu ini didalam rumah. Hal ini karena sobekan-sobekan pada daunnya bisa meningkatkan kualitas udara di ruangan dan bisa memproduksi oksigen pada malam hari.

Tanaman Payung

Tanaman hias ini sangat mudah untuk dikenali karena mempunyai karakteristik daun yang terbilang sangat unik. Bahkan jika dilihat dari jarak jauh tanaman hias ini akan seperti tanaman buatan atau palsu. Tanaman yang mempunyai nama latin Schefflera ini mempunyai daun yang berkilau, terlihat sangat kokoh dan berbentuk oval.

Tanaman hias payung biasa ditanam di dalam ruangan rumah karena mampu berumur panjang dan tahan banting. Tanaman hias yang satu ini  memang sangat cocok di dalam rumah karena selain indah jika dipandang, tanaman hias ini juga mempunyai kemampuan untuk menyaring racun dan udara yang kotor.

Banyak sekali orang yang mengatakan bahwa tanaman payung ini merupakan tanaman hias dalam ruangan terbaik. Hal ini karena tanaman payung mampu bertahan  pada kondisi yang minim cahaya matahari sekalipun dan mampu menahan dingin dengan sangat baik.

Ketika musim panas, Anda hanya perlu menyiram tanaman hias ini seminggu sekali. Sedangkan saat musim dingin atau penghujan, Anda cukup melakukan penyiraman 2 minggu sekali. Kami sarankan untuk memberikan pupuk cair ke tanaman 1x setiap 2 minggu. Bagaiman, sangat mudah perawatan tanamah hias daun indoor ini?

Lavender

Pastinya Anda sudah tidak asing lagi kan dengan tanaman hias yang satu ini? Selain bisa digunakan sebagai tanaman hias di dalam ruangan rumah, bunga lavender bisa dikategorikan sebagai tanaman hia dalam ruangan pengusir nyamuk.

Hal ini karena nyamuk sangat tidak menyukai aroma dari bunga lavender. Sehingga apabila Anda menempatkan bunga lavender  di dalam rumah maka akan membuat rumah Anda terbebas dari nyamuk yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit.

Demikian artikel kami mengenai tanaman hias yang cocok di dalam rumah. Semoga informasi yang telah kami sampaikan ini bisa memberikan manfaat dan bisa dijadikan sebagai referensi terbaik sebelum menanam tanaman hias untuk menghiasi rumah Anda. 10+ Tanaman Hias yang cocok di dalam rumah