13 Cara Mudah menanam Bunga yang baik dan benar 

13 Cara Mudah menanam Bunga yang baik dan benar 

13 Cara Mudah menanam Bunga yang baik dan benar 

Memiliki sebuah rumah yang  indah dan dihiasi oleh beraneka macam jenis bunga tentu akan membuat rumah lebih asri dan memanjakan mata. Maka tak heran jika kini banyak sekali orang yang ingin tahu bagaimana cara mudah menanam bunga yang baik dan benar.

13 Cara Mudah menanam Bunga yang baik dan benar

Sekarang ini bunga tak hanya ditempatkan di pekarangan rumah saja tetapi bunga juga bisa ditempatkn di berbagai posisi dalam rumah sehingga akan mempercantik rumah anda. Begitu pula dengan media penyimpanan bunga yang sudah semakin beragam.

Nah, jika Anda ingin rumah Anda dihiasi oleh beraneka macam jenis bunga maka kami akan berikan cara mudah menanam bunga. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Sebenarnya menanam bunga sangat mudah untuk dilakukan. Hanya saja diperlukan kesabaran dan ketelitian saat melakukan proses penanaman dan perawatan. Jika Anda mempunyai hoby berkebun, tentu Anda sudah biasa dengan hal menanam berbagai jenis bunga. Gardening atau berkebun merupakan suatu kegiatan untuk merawat serta melakukan budidaya beraneka jenis bunga (taman) dan juga tumbuh-tumbuhan (kebun).

Kegiatan berkebun ini biasanya dilakukan ketika memiliki waktu luang.  Kegiatan yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga atau Anda yang tertarik dengan dunia perkebunan, pertamanan, estetika, dan desain. Tujuan utama kami disini adalah berbagai informasi tentang cara mudah dalam menanam bunga. Hasil akhir atau output dari tujuan ini yaitu terciptanya sebuah hiasan bunga yang simple atau sederhana.

Maka dengan demikian, tentunya kami tidak akan membagikan informasi tentang cara menanam bunga yang kompleks dan sangat sulit. Sebelum menanam bunga maka Anda harus mempersiapkan terlebih dahulu untuk peralatan dan media tanam. Pastinya Anda membutuhkan sebuah tempat untuk bertanam. Tempat yang paling umum dan biasa digunakan adalah pot.

Selain banyak digunakan, pot juga merupakan tempat yang paling mudah dan sangat cocok untuk digunakan tempat bertanam bunga di dalam, di luar, atapun di luar rumah. Jika Anda menanam biji bunga tentu Anda membutuhkan tanah sebagai media tanam utama. Namun selain tanah, Anda akan membutuhkan media tanam yang lainnya seperti pasir atau kerikil, sabut kelapa, arang, berbagai jenis pupuk, sekam, serta bahan organik dan non organik.

Beberapa jenis media tanam tersebut tentu harus Anda sesuaikan terlebih dahulu  dengan jenis bunga yang ingin ditanam dan juga kebutuhan Anda. Disamping itu, Anda juga harus menyiapkan berbagai macam alat tanam seperti cangkul, penyiram tanaman, dan sekop kecil (sudip tangan).

Ada beberapa alat tanam lainnya yang bisa memudahkan Anda dalam proses penanaman, beberapa diantaranya adalah secateurs (gunting kebun), penggembur tangan, dan juga pencungkil rumpai. Untuk bisa melindungi Anda dari panas matahari dan juga luka-luka kecil di tangan maka Anda bisa menggunakan sarung tangan kebun dan topi.

Langkah terakhir sebelum proses penanaman bunga dimulai yaitu Anda harus memastikan ketersediaan air yang mengalir, gayung, slang air, dan ember.  Perlu Anda ketahui bahwa ada banyak sekali jenis bunga yang sangat populer dan banyak dipilih untuk menjadi dekorasi.

Secara umum, ada pengelompokan beberapa jenis bunga yang termasuk dalam kategori tanaman hias. Tanaman hias sendiri mempunyai arti atau definisi yang sangat luas dan pastinya tidak selalu identik dengan bunga.

Tanaman hias (ornament plant) merupakan tumbuh-tumbuhan yang banyak ditanam untuk tujuan dekoratif. Maka dengan demikian, jenis apapun tumbuhan yang pada akhirnya dijadikan untuk hiasan maka bisa dikategorikan sebagai tanaman hias. Ada banyak sekali tanaman hias jenis pepohonan yang bisa Anda tanam di halaman rumah Anda seperti Pakis Haji, Pohon Beringin, dan Bambu Jepang.

Sedangkan untuk jenis tanaman hias yang biasa ditanam di dalam rumah maka Anda bisa pilih bunga sebagai tanaman hias untuk mempercantik rumah Anda. Ada beberapa jenis bunga yang sangat populer dan banyak dijadikan sebagai pilihan utama oleh masyarakat sebagai tanaman hias. Adapun beberapa jenis tanaman bunga tersebut adalah mawar, anggrek, matahari, wijaya kusuma, melati, kertas, bugenvil, kamboja, puring, sedap malam, aster, krisan, dan kitolod.

Cara Menanam Bunga Mawar

Selama ini bunga menjadi tanaman hias yang sangat populer dan bahkan tidak ada jenis bunga lainnya yang lebih populer dari bunga ini. Bunga mawar (Rosa) mempunyai beberapa varian seperti Rosa Gallica (Mawar Merah Muda atau Ungu), Rosa Alba (Mawar Putih), dan Rosa Santana (Mawar Merah).

13 Cara Mudah menanam Bunga yang baik dan benar

Mawar mempunyai banyak spesies tetapi tidak semua bibitnya akan tersedia di tempat dimana Anda berada. Sehingga Anda harus banyak bertanya kepada para penjual bibit mengenai karakteristik dari bunga mawar. Anda pun harus menyesuaikan ketersediaan bibit tersebut dengan spesies bunga mawar yang ingin ditanam. Jangan sampai lupa untuk memilih jenis bunga mawar yang sesuai dengan kondisi cuaca dimana Anda berada karena hal ini sangat penting untuk pertumbuhan tanaman mawar nantinya.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa pot akan tempat bertanam utama bagi seluruh tanaman hias, termasuk bunga mawar ini. Secara umum, cara menanam tanaman bunga mawar ini hampir sama dengan cara menanam tanaman hias lainnya. Jika Anda ingin mempercepat pertumbuhan tanaman dan meningkatkan kualitas tanaman hias maka Anda harus memberikan pupuk kandang.

Terdapat dua metode dalam penanam bunga mawar. Metode pertama adalah menanam buna mawar dengan bibit dan metode yang kedua adalah menanam mawar dengan stek. Namun pada pembahasan kali ini, kami akan bagikan langkah-langkah atau panduan dalam menaman bunga mawar dengan menggunakan bibit.

Metode bibit ini sangat cocok terutama bagi Anda yang masih pemula. Sebaiknya menggunakan tanah yang gembur dan mempunyai banyak kandungan organik. Anda juga harus menyiapkan saluran drainase air dengan baik. Perlu diketahui bahwa ada dua proses penanaman bunga mawar. Proses yang pertama adalah menanam biji atau benih dan proses yang kedua adalah memindahkan tanaman muda ke dalam media tanam atau pot yang lebih besar.

Terlebih dahulu Anda harus menanam biji mawar. Jika Anda sudah mempersiapkan biji mawar, maka langkah berikutnya yaitu mengisi baki semai dengan biji mawar. Rapikan dulu dan selanjutnya tutup dengan tanah. Suhu ruangan yang paling ideal adalah 16 sampai 21 derajat celcius. Sedangkan untuk waktu tumbuh mawar tergantung dari jenis mawar itu sendiri (tetapi  biasanya 6 jam per hari di bawah cahaya matahari).

Untuk bisa mengindentifikasi waktu yang tepat dalam memindahkan tanaman muda ke sebuah pot yang lebih besar maka Anda bisa melihat ciri-ciri sebagai berikut ini : Mulai tumbuhnya daun dengan jumlah yang cukup banyak (bukan hanya satu ataupun dua daun) dan bentuk daun tersebut tentunya mirip dengan daun mawar pada umumnya.

Apabila ciri-ciri tersebut sudah mulai muncul maka Anda sudah bisa melakukan pemindahan atau transplantasi. Pilihlah suhu sejuk jika Anda ingin melakukan transplantasi. Pada umumnya, cara menanam benih bunga mawar hampir sama dengan cara menanam benih bung mawar pelangi. Bunga mawar pelangi merupakan jenis bunga mawar yang membutuhkan tanah berhumus yang berpasir dan tidak terlalu gembur.

Pengairan dalam prosese penanaman bunga mawar pelangi harus disediakan dengan baik. Dibutuhkan ketelitian dan perhatian secara ekstra jika Anda ingin bunga mawar pelangi bisa cepat tumbuh dan banyak berbunga. Siapkan pot dan periksalah ketersediaan lubang-lubang air yang ada di bawah pot. Lubang-lubang air ini memiliki fungsi sebagai saluran drainase pada tanah dan juga tanaman.

Lalu isi pot yang sudah disiapkan tadi dengan pasir, tanah, dan juga pupuk kandang (campuran media tanam) sebanyak 1/3 dari isi pot. Masukkanlah tanaman muda dan selanjutnya simpan di posisi tengah. Kemudian isi lagi pot tersebut dengan memasukan campuran media tanam tetapi jangan sampai penuh.

Rapikan, lalu tekan-tekan secara perlahan. Simpan tanaman pada tempat yang mempunyai sirkulasi udara yang lancar dan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Proses penanaman bunga mawar di dalam sebuah pot dengan metode menanam biji sudah selesai. Namun Anda harus melakukan perawatan agar tanaman nantinya tumbuh dengan baik. Lakukan perawatan dengan melakukan penyiraman dan pemupukan secara rutin sampai mekar dan berbunga.

Anda harus berhati-hati ketika akan melakukan penyiraman. Jangan sampai menyiram dengan terlalu banyak air karena bisa membuat tanaman cepat busuk dan jika terlalu sedikit air maka akan membuat tanaman tersebut kering dan layu.

Seluruh proses penanaman tanaman bunga mawar ini sudah cukup mewakili proses penanaman bunga hias yang lainnya. Perbedaannya hanyalah pada karakteristik bibit, suhu udara, media tanam (pasir, tanah, pupuk dan lainnya) dan tempat penyimpanan.

Cara Menanam Bunga Anggrek

Bunga Anggrek (Orchidaceae) adalah salah satu jenis bunga yang memiliki banyak varian. Namun jenis anggrek yang paling digemari adalah tanaman anggrek berwarna merah muda dan ungu. Cara penanaman bunga anggrek sama seperti dengan bunga pada umumnya. Media tanam bunga anggrek yaitu campuran arang kayu, sabut kelapa, dan potongan pakis. Tanaman anggrek sebenarnya bisa menempel pada tanaman lain.

Media tanam dengan campuran arang seringkali digunakan untuk menanam tanaman bunga anggrek. Maka dengan demikian cara menanam tanaman anggrek dengan media arang kini menjadi salah satu cara yang paling populer. Cara ini sebenarnya ama dengan cara menanam tanaman anggrek pada umumnya, yang membedakan hanyalah menggunakan arang. Sedangkan pupuk yang digunakan untuk tanaman  anggrek adalah pupuk jenis organik.

Botol bisa digunakan sebagai tempat untuk penyimpanan bibit anggrek. Proses transplantasi tanaman anggrek setelah berpindah dari botol merupakan proses yang sama dengan kebanyakan proses tranplantasi pada umumnya.

Yang membedakan cara menanam anggrek dai botol dengan cara menanam bunga lainnya adalah pada proses penyimpanan benih. Pada umumnya benih akan disimpan di baki semai, sementara benih anggrek botol akan disimpan di air dalam sebuah gelas atau ember.

Tanaman anggrek juga bisa tumbuh dengan subur apabila ditanam di tanah. Ada dua persiapan penting dari cara penanaman tanaman anggrek di tanah ini. Kedua persiapan tersebut adalah dengan mempersiapkan jenis tanaman anggrek dan juga media tanam.

Tetapi penting untuk diketahui bahwa tidak semua jenis tanaman anggrek bisa ditanam di tanah. Beberapa jenis tanaman anggrek yang bisa ditanam di tanah adalah tanaman anggrek jenis Vanda, Arachnis, dan Spatholottis. Jenis tanah baik untuk digunakan dalam menanam anggrek adalah tanah yang tidak boleh terlalu keras.

Ada beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk merawat tanaman aggrek supaya cepat berbunga. Manfaatkan cahaya matahari yang tersedia dengan maksimal, menyediakan sirkulasi udara dengan baik, menyesuaikan suhu udara dengan ketinggian dan juga menjaga kelembaban udara (60 sampai 80%). Sedangkan untuk penyiraman sebaiknya dilakukan pada pagi hari antara pukul 07.00-09.00 dan sore hari pukul 15.00-17-00.

Cara Menanam Bunga Melati

Proses  dari cara menanam tanaman bunga melati (jasminum) ini hampir sama dengan cara menanam bunga anggrek atau mawar. Salah satu cara agar bunga melati bisa cepat berbunga adalah dengan menggunakan media tanam yang tepat. Media tanam yang digunakan adalah campuran tanah (jenis podsolik merah kuning, lasotol, dan andosol) dengan tanah bergembur dan organik.

13 Cara Mudah menanam Bunga yang baik dan benar

Suhu udara yang diperlukan adalah sekitar 29 sampai 36 derajat celcius pada siang hari, sedangkan pada malam hari adalah 25 sampai 30 derajat celcius. Tempatkan pot tanam pada tempat yang terkena matahari cukup. Cara pembibitan bunga melati ini bisa menggunakan metode stek. Metode stek ini lebih populer daripada pemibibitan melalui penanaman benih.

Ada beberapa tips dalam merawat bunga melati mini di dalam sebuah pot. Beberapa tips tersebut adalah menyimpan beberapa pecahan genting ataupun batu bata di dasar pot serta menggunakan campuran tanah, pasir, dan pupuk kompos sebagai media tanam.

Media tanam tersebut tentu akan sangat berguna untuk mempermudah pertumbuhan bunga melati. Sedangkan untuk pecahan genting ataupun batu bata memiliki fungsi untuk menyerap air supaya tida menggenang.

Cara Menanam Bunga Matahari

Bunga Matahari (Helianthus) merupakan jenis bunga yang sering digunakan sebagai tanaman bunga hias karena memiliki bentuk dan warna yang sangat indah. Salah satu jenis bunga matahari yang memiliki bentuk sangat besar adalah Giant Sungold. Sedangkan jenis bunga yang biasa digunakan sebagai tanaman hias adalah Big Smile, Teddy Bear, dan Pacino.

Cara menanam bunga matahari ini pun tidak jauh berbeda dengan cara menanam tanaman hias lainnya. Di wilayah tropis seperti di Indonesia, tanaman bunga matahari bisa tumbuh dengan subur  dan baik di dataran tinggi dengan area terbuka. Kunci utama supaya bunga matahari bisa tumbuh dengan subur adalah dengan memilih tanah yang tidak lembab dan juga jauh dari genangan air.

Berbeda halnya dengan bunga mawar, bunga matahari membutuhkan suhu yang lebih hangat yaitu sekitar 25 derajat celcius untuk proses penyemaian. Sedangkan untuk pupuknya, Anda bisa menggunakan pupuk kandang dalam proses pemupukan.

Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma

Bunga wijaya kusuma atau Epiphyllum anguliger adalah jenis bunga yang dikenal dengan sebutan Ratu Malam. Di beberapa wilayah di Indonesia, bunga wijaya kusuma mempunyai reputasi sebagai bunga yang seringkali digunakan untuk ritual raja-raja Jawa. Bunga wijaya kusumas sebenarnya merupakan salah satu jenis spesies kaktus yang biasa dijadikan sebagai tanaman hias dalam rumah.

Cara menanam tanaman bunga wijaya kusuma tidak jauh berbeda dengan cara menanam bunga lain. Yang membedakan proses penanaman bunga wijayakusuma dengan bunga pada umumnya adalah bunga wijaya kusuma bisa mekar dan tumbuh pada malam hari.

Bunga wijayakusuma hari ditempatkan pada tempat yang teduh dan mendapatkan cahaya matahari yang tidak terlalu banya. Sedangkan  untuk jenis, kelembaban tanah dan juga jenis pupuk, tida ada persyaratan yang spesifik.

Cara Menanam Bunga Kamboja

Bunga Kamboja atau Plumeria acuminata merupakan jenis bunga yang berasal dari Amerika Tengah. Bunga kamboja jepang atau Adenium adalah salah satu jenis tanaman kamboja yang paling digemari sebagai tanaman hias di luar ruangan.

13 Cara Mudah menanam Bunga yang baik dan benar

Sama seperti dengan menamam bunga hias lainnya, cara menanam bunga kamboja ini tidak membutuhkan persyaratan spesifika atau khusus. Media tanam yang digunakan untuk menanam bunga kamboja ini adalah campuran arang dan sekam bakar. Sedangkan pupuk yang digunakan adalah pupuk kandang yang sudah melalui proses fermentasi.

Tempatkan bunga kamboja pada area terbuka yang terkena sinar matahari secara langsung. Bunga kamboja memang harus ditempatkan di area terbuka karena selain harus terkena sinar matahari, bunga kamboja mempunyai batang yang sangat besar (terlihat kuat) sehingga akan sangat cocok untuk dijadikan sebagai hias di luar rumah.

Cara Menanam Bunga Kertas dan Bugenvil

Kita seringkali beranggapan bahwa bunga kertas (Zinnia) dan Bougenville (Bougenvilla) merupakan dua jenis bunga yang sama. Padahal berdasarkan klasifikasi ilmiah kedua jenis bunga ini sangatlah berbeda.

Bugenvill di Indonesia mempunyai julukan bunga kertas karena mempunyai karakteristik yang sangat mirip dengan kertas. Sedangkan untuk bunga kertas mempunyai karakteristik  yang jauh lebih tebal dengan bunga mahkota yang lebih tipis seperti kertas.

Cara menanam bunga bugenvil dan cara menanam bunga kertas sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara menanam bunga hias yang lainnya seperti mawar dan kamboja.

 Namun untuk bunga bugenvil, media tanam yang paling cocok untuk menanam bunga tersebut adalah berbahan pasir. Pori-pori yang terkandung di dalam pasir akan memudahkan udara udara untuk masuk ke dalam dan juga menstabilkan kelembaban. Sedangkan untuk proses perawatan hanya perlu dilakukan penyiraman secara rutin. 13 Cara Mudah menanam Bunga yang baik dan benar

Cara Menanam Bunga Puring

Bunga puring atau Codiaeum variegatum adalah tanaman hias yang berbentuk perdu. Biasanya tanaman bunga puring ini lebih sering ditanam di pekarangan rumah langsung di tanah. Bunga puring memiliki bentuk yang sangat bervariasi yaitu memanjang, bergelombang, dan oval.

Biasanya bunga tersebut memiliki warna hijau dengan kombinasi warna ungu atau merah di pinggir daun. Cara menanam bunga puring yang sangat direkomendasikan yaitu dengan menggunakan metode cangkok atau stek.

Cara Menanam Bunga Sedap Malam

Bunga sedap malam atau Polianthes tuberosa merupakan salah satu tanaman hias yang biasa digunakan sebagai bahan utama pembuatan parfum. Secara umum, tidak ada perbedaan yang signifikan antara cara menanam bunga sedap malam ini dengan menanam bunga lainnya.

Tanah merupakan media tanam yang paling baik sekaligus sederhana untuk menanam tanaman bunga sedap malam ini. Meskipun demikian, Anda juga bisa menggunakan campuran tanah dengan arang sekam dan juga pupuk kompos.

Cara Menanam Bunga Kitolod, Krisan, dan Aster

Bunga Kitolod ini mempunyai banyak khasiat untuk mengobatai berbagai macam penyakit mata ketimbang sebagai tanaman hias. Cara menanam tanaman bunga kitolod ini terbilang sangat mudah.

Media tanam yang digunakan untuk menanam bunga kitolod adalah campuran tanah dengan kompos (Anda juga memberikan inteksida furadan). Proses penanam bunga kitolod ini tidak jauh berbeda dengan bunga pada umumnya. Tetapi Anda harus sering menyiram bunga ini ketika tanah sudah terlihat sering.

Berbeda halnya dengan bunga kitolod, bunga Aster ini dikenal sebagai salah satu bunga hias yang mempunyai warna sangat terang dan cerah. Sama seperti dengan bunga kitolod, cara menanam bunga aster ini tidak jauh berbeda dengan cara menanam bunga lain.

Untuk cara menanam bibit bunga aster, maka Anda bisa menggunakan media tanam yang berupa campuran tanah, sekam bakar, dan kompos. Simpanlah di tempat yang teran, jangan sampai terkena air hujan dan lakukan penyiraman secara teratur.

Sedangkan untuk proses penanaman bibit, ada persamaan proses dengan penanaman bibit aster dengan penanaman bunga mawar. Sama halnya dengan cara menanam biji bunga krisan dan juga cara menanam bunga krisan pada umumnya.

Media tanam yang digunakan untuk menanam bunga krisan ini adalah campuran tanah, gambut, serbuk sabut, dan juga arang sekam. Sedangan untuk suhu penanaman bunga krisan sebaiknya di antara sekitar 20 sampai 23 derajat celcius.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai 13 cara mudah menanam bunga yang baik dan benar. Semoga informasi yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bisa memberikan manfaat  dan wawasan bagi Anda semua. Sekian, terima kasih sudah mengujungi website kami. 13 Cara Mudah menanam Bunga yang baik dan benar