7 Keungulan kelengkeng Merah Yang Wajib kita Ketahui

7 Keungulan kelengkeng Merah Yang Wajib kita Ketahui

7 Keungulan kelengkeng Merah Yang Wajib kita Ketahui, Ternyata Memiliki Kemampuan Adaptasi Yang Tinggi dan Bersifat Genjah

Keunggulan kelengkeng Merah – siapa si yang tidak tahu dengan  buah kecil segar dan manis ini? iya buah kelengkeng merupakan salah satu buah yang cukup banyak menjadi favorit pecinta buah, terutama orang indonesia.

Tahu tidak kelengkeng ini memiliki banyak sekali jenisnya dan salah satu jenis yang cukup unik dan populer adalah kelengkeng merah.

Kelengkeng Merah termasuk salah satu varietas kelengkeng unggulan dan sangat unik. Bagaiman tidak? Semenjak kedatangannya kelengkeng merah ini telah mencuri perhatian para pecinta tanaman buah.

Tanaman buah kelengkeng ini memiliki buah yang berwarna merah eksotik, yang menarik mata untuk selalu memandangnya. tidak itu juga, tampilan fisik si kelengkeng merah ini juga sangatlah menarik, bayangkan saja, tanaman buah ini memiliki warna merah yang sangat cantik mulai dari batang hingga daunnya, bahkan biji buahnya juga berwarna merah lho!

Keunikan lain dari buah satu ini adalah ukuran buahnya yang nyaris lebih besar daripada jenis kelengkeng yang lainnya. Untuk urusan rasa, gak perlu diragukan lagi, kelengkeng merah ini terkenal akan rasanya yang sangat. kadar tingkat kemanisannya bahkan menembus level 21 briks. Menarik banget kan? Apakah Anda ingin menanam bibit kelengkeng ini? Anda hanya perlu menghubungi nomer yang ada di website ini.

Kelengkeng merah atau yang sering dikenal kelengkeng ruby longan ini bukanlah hasil persilangan antar jenis kelengkeng, melainkan hasil dari mutasi gen. Dimana gen kelengkeng biasa yang berwarna cokelat mengalami mutasi gen karena pengaruh radiasi sinar kosmik berupa electron, proton dan energy atom yang menyebabkan perubahan pada tanaman kelengkeng.

Keunggulan kelengkeng Merah Tidak hanya buahnya yang berwarna merah, daun, tangkai daun, dan bunga juga mengalami perubahan warna menjadi kemerahan. Dengan segala keunggulannya, tak heran, hingga saat ini kelengkeng merah ini masih manjadi primadona pecinta tanaman buah. Bagaimana semakin tertarik mengoleksi si ruby longan ini ?

Yups, Tanpa panjang lebar, kami akan memaparkan beberapa keunggulan kelengkeng merah yang pastinya akan membuat kita semakin jatuh cinta padanya.

Naaah… Berikut ini beberapa keunggulan Tanaman Buah Kelengkeng Merah yang wajib anda ketahui : 

  1. Buah Berwarna Merah Eksotik
    Keunggulan yang paling menonjol dari kelengkeng merah ini adalah bentuk buahnya yang berwarna merah seronok, berbeda dengan jenis kelengkeng lainnya yang berwarna kuning kecoklatan, kelengkeng ini memiliki buah yang sangat identik yakni warna merah solid yang seronok.
  2. Tampilan Bentuk Fisik Yang Unik
    Selain buahnya yang berwarna merah, kelengkeng merah ini juga memiliki tampilan fisik yang cantik dimana bagian batang, tangkai daun, daun, dan bunga berwarna merah.
  3. Rasa Yang Manis
    Kelengkeng merah juga terkenal dengan rasanya yang sangat manis. Tingkat kemanisan kelengkeng merah ini mampu mencapai level 25 brix.
  4. Ukuran Buah Besar dan Daging Buah Yang Tebal
    Keunggulan lain dari kelengkeng merah adalah memiliki ukuran buah yang cukup besar jika dibandingkan jenis kelengkeng lainnya. Selain itu, Daging buah kelengekeng merah juga tebal. Sehingga, kita dapat menikmati kelengkeng merah ini dengan puas.
  5. Kemampuan Adaptasi Yang Tinggi di Berbagai Kondisi Alam
    Kelengkeng merah terkenal sanagt adaptif di beragam ketinggian tempat. kelengkeng merah mampu tumbuh subur di dataran tinggi maupun dataran rendah sehingga sangat cocok sekali untuk pecinta tanaman buah yang super sibuk.
  6. Bersifat Genjah
    Pohon kelengkeng ruby longan termasuk jenis kelengkeng yang bersifat gejah, kelengkeng merah ini sangat gambang untuk berbunga dan berbuah tanpa memerlukan bantuan zat perangsang seperti pada jenis-jenis lengkeng lainnya. Cukup dengan perawatan yang baik dan intensif mempersiapkan media tumbuhnya yang nyaman, bisa dipastikan kelengkeng merah akan mudah berbuah.
  7. Dapat Di tanam didalam Pot (Tabulampot)
    Kelengkeng merah cocok untuk dibudidayakan di tabulampot karena penampilannya menarik. Pohonnya pendek dan rajin menghasilkan buah. Dompolan buahnya memiliki warna merah seronok yang senada dengan warma daunnya yang merah kecoklatan. Yang membuatnya semakin spesial adalah citarasa buahnya ini mempunyai tingkat kemanisan tinggi.

Selain itu, Buah Kelengkeng merah ini juga banyak mengandung nutrisi seperti vitamin dan mineral diantaranya kalori, karbohidrat, mineral, riboflavin, serat, protein, thiamine, kalsium, mangan, niasin, vitamin A, kalium, fosfor, magnesium, dan zat besi. Seluruh gizi itu adalah gizi yang lengkap untuk mencukupi keperluan tubuh Anda supaya menjadi tahan terhadap penyakit dan lebih sehat.

Menarik bukan? Pasti And ajuga penasaran bagaimana si cara menanam dari buah kelengkeng merah ini? yuuk simak berikut cara Mudah Menanam dan Merawat Kelengkeng Merah dalam Pot

Sudah tahu bukan Keunggulan kelengkeng Merah  ini?  pastiny anda menjadi tertarik dengan buah kelengkeng merah ini. Apakah Anda ingin menanam bibit kelengkeng satu ini? And bisa menghubungi nomer yang ada di website ini.

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya Kelengkeng merah atau ruby longan masih tergolong tanaman buah yang eksklusif dengan harga jual bibit dan buah yang tinggi.

Tetapi, tanaman asli Thailand ini kini sedang naik daun karena tampilannya yang menarik, rasa buahnya sangat manis, produktivitasnya tinggi, dan cenderung pendek. Sangat cocok ditanam di dalam pot sebagai penghias halaman rumah. Perawatannya pun tidak sulit dan dapat beradaptasi di berbagai ketinggian.

7 Keungulan kelengkeng Merah Yang Wajib kita Ketahui

Berikut tips menanam dan merawat tanaman kelengkeng merah di dalam pot tumbuh baik, cepat berbuah, dan produktif.

  1. Penanaman

Hal yang pertama harus diperhatikan dalam menanam kelengkeng merah dalam pot adalah memilih bibit yang baik. Pilihlah bibit hasil okulasi karena akan lebih cepat tumbuh dan berbuah. Perhatikan pula kondisi fisik bibit.

Bibit yang baik memiliki daun yang segar dan rimbun, akarnya banyak dan basah, batangnya kuat, dan sambungannya bagus. Biasanya bibit yang sudah siap tanam berukuran tinggi sekitar 75 cm.

Selanjutnya, memilih pot. Pot dapat menggunakan bahan apapun, mulai dari plastik, kayu, tanah liat, hingga planter bag. Hanya perlu dipastikan bahwa pot memiliki lubang di bagian bawahnya untuk mengalirnya kelebihan air setelah proses penyiraman karena akar tanaman ini tidak tahan hidup dalam air yang menggenang.

Diameter pot disesuaikan dengan ukuran bibit yang dipilih, makin tinggi bibit yang akan ditanam berarti makin besar diameter pot yang diperlukan.

Setelah menentukan pot yang akan digunakan, letakkan pecahan genting atau bata merah setebal 5 cm dan ijuk di dasar pot. Fungsinya adalah untuk memberi jarak antara media tanam dengan lubang pada bagian bawah pot agar kelebihan air dapat lebih mudah mengalir keluar.

Untuk media tanam, siapkan campuran tanah, pupuk kandang fermentasi, serbuk sabut kelapa, dan sekam bakar dengan perbandingan yang seimbang (1 : 1 : 1 : 1). Tambahkan anticendawan yang berbahan aktif karbofuran untuk menghindari hama atau penyakit.

Setelah media tanam siap, masukkan ke dalam pot hingga ketinggian setengah dari tinggi pot. Buat lubang tempat menanam bibit tepat di bagian tengah pot, sesuaikan ukuran lubang dengan besar dan tinggi bibit yang akan ditanam. Biasanya bibit dijual dalam polybag.

Berhati-hatilah ketika membuka polybag, usahakan agar media tanam di dalam polybag tidak tumpah sehingga akar dengan media tanam tetap menyatu. Setelah bibit dimasukkan ke dalam lubang tanam, tambahkan media tanam yang masih tersisa hingga mendekati bobor pot agar seluruh akar tanaman tertutup semua dan padatkan.

Pasang penyangga dan ikatkan pada batang agar nantinya pohon kelengkeng yang ditanam tidak mudah roboh dan dapat tumbuh tegak. Sirami sampai air keluar dari bagian bawah pot lalu letakkan di tempat yang teduh. Biarkan hingga tumbuh tunas baru. Setelah itu, pindahkan ke tempat yang mendapat sinar matahari penuh.

  1. Perawatan

Anda telah berhasil menanam bibit kelengkeng merah, selanjutnya adalah melakukan perawatan secara intensif. Dimulai dari penyiraman, sirami tanaman kelengkeng merah Anda dengan 1 – 2 gayung air saja dua kali sehari. Penyiraman yang berlebih akan berakibat akar terendam air sehingga busuk, bercacing, lalu mati.

Berikan suplemen atau vitamin sebanyak 1 ml per liter air satu minggu sekali selama tiga pekan berturut-turut. Setelah tanaman berumur satu bulan, beri pupuk NPK seimbang dengan perbandingan 20 : 20 : 20 sebanyak 0,75 gr per liter air dua kali seminggu hingga tanaman berumur 5 – 6 bulan atau ketika tajuknya mulai rimbun.

Ketika tanaman sudah berusia 6 bulan, Anda dapat mengganti pupuknya dengan pupuk cair berkadar fosfor dan kalium tinggi dengan perbandingan 6 : 3 : 30. Adapun dosisnya adalah 0,7 ml per liter air. Berikan satu minggu sekali hingga bunga dan calon buah muncul.

Pada masa ini mulai perlu dilakukan pemangkasan atas daun dan batang. Tujuan dari pemangkasan adalah untuk memperbanyak percabangan sehingga tajuk tempat munculnya bakal buah akan semakin banyak. Dengan demikian, buah yang dapat diharapkan pun akan semakin banyak.

Pemangkasan daun juga memberi kesempatan pada seluruh bagian tanaman untuk mendapat lebih banyak sinar matahari yang akan membantu mempercepat proses fotosintesis. Tanaman juga akan terlihat lebih cantik setelah dipangkas.

Apabila bunga dan calon buah telah mulai muncul, hentikan pemupukan. Lanjutkan kembali pemupukan dengan dosis yang sama jika buah sudah seukuran kacang tanah.

Perawatan dapat dilanjutkan dengan mengganti media tanam tiap satu tahun sekali untuk menjaga tanaman tetap produktif karena selalu mendapatkan nutrisi yang masih baik dari media tanam yang baru.

Tidak perlu mengganti seluruh media tanam, cukup separuhnya saja. Media tanam yang lama tetap dipertahankan sebagian, dicampur dengan media tanam yang baru.

 

  1. Pemanenan

Buah kelengkeng merah sudah siap dipanen apabila sudah mengeluarkan aroma khas kelengkeng yang kuat. Secara fisik tampak kulit buah sudah berwarna coklat kemerahan. Agar kualitas buah yang dipanen tetap terjaga, ada baiknya menerapkan cara-cara pemanenan seperti halnya jenis-jenis kelengkeng yang lain.

Hindari memetik buah kelengkeng pada siang hari atau saat hujan turun karena buah akan lebih cepat busuk. Lakukan pemanenan pada pagi hari saat penguapan buah tidak terlalu tinggi. Potong langsung pada tandan buah dengan pisau, tempatkan di keranjang plastik atau bambu.

Menarik bukan? Agar lebih jelas lagi mengenai tanaman kelengkeng merah ini. berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan daria kelengkeng merah.

Naah…  Buah kelengkeng merah merupakan salah satu jenis buah kelengkeng yang sangat nyentrik, bagaimana tidak?. Tanaman buah kelengkeng ini memiliki buah yang berwarna merah . berbeda dengan jenis kelengkeng lainnya dimana buahnya berwarna kuning kecoklatan, buah kelengkeng ini memiliki bagian kulit buah yang berwarna merah solid yang sangat cantik jika dipandang. Ukuran buah kelengkeng merah ini juga terbilang cukup besar jika dibandingkan dengan jenis buah kelengkeng lainnya. Daging buahnya juga tebilang tebal.

Untuk soal rasa, gak perlu diragukan lagi pokoknya, buah kelengkeng merah memiliki rasa yang sangat manis yang selalu membuat ketagihan, bahkan tingkat kemanisan kelengkeng merah mampu mencapai level 21 briks. si kelengkeng merah ini dapat disantap langsung atau dijadikan menu jus buah yang segar dengan buah sehat lainnya.

Serupa seperti buah kelengkeng lainnya, kelengkeng Ruby Longan ini mengandung cukup banyak nutrisi seperti mineral dan vitamin. Buah merah nyentrik ini mengandung banyak vitamin A, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, niasin, kalsium, mangan, thiamine, serat, protein, riboflavin, karbohidrat, mineral, dan kalori. Semua gizi yang terkandung di dalam buah kelengkeng merah tersebut merupakan gizi yang lengkap untuk dapat membantu asupan gizi tubuh kita, tentunya agar tubuh kita menjadi lebih sehat serta tahan terhadap penyakit.

Berikut ini beberapa manafaat dan khasiat buah kelengkeng merah yang ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh kita antara lain : 

  1. Membuat Jantung Sehat
    Mengkonsumsi Buah kelengkeng merah secara rutin mampu menjaga kesehatan jantung. Buah ini mampu menjadi buah yang dapat membuat jantung lebih sehat dari dalam.

  1. Anti stress
    Buah kelengkeng merah mampu membantu menyehatkan psikis Anda. Buah ini dapat membantu Anda untuk lebih rileks dan terbebas dari stress yang dapat menyebabkan depresi.
  2. Memperlancar aliran darah
    Buah Kelengkeng Merah bermanfaat untuk membuat aliran darah ditubuh Anda menjadi lebih lancar. Darah yang menyebar ke seluruh tubuh dengan lancar merupakan salah satu ciri tubuh yang sehat.
  3. Sumber buah sehat
    Kelengkeng merah dapat menjadi sumber makanan sehat. Jika Anda ingin memiliki tubuh yang kuat serta tidak mudah terkena penyakit, Anda bisa mengonsumsi buah ini dengan teratur.
  4. Mencegah Radikal Bebas
    Buah Kelengkeng merah mampu mencegah efek buruk dari radikal bebas. Dengan mengonsumsi buah ini dengan rutin, tubuh Anda bisa terbebas dari efek negative radikal bebas yang berbahaya.
  5. Sumber makanan berenergi
    Buah kelengkeng merah mampu menjadi salah satu sumber makanan yang akan memberikan energi pada tubuh kita.
  6. Obat Herbal Diare
    Mengkonsumsi buah kelengkeng merah secara terakhir ternyata mampu membantu membunuh kuman penyebab diare.
  7. Meningkatkan Nafsu Makan
    Buah kelengkeng merah dapat menjadi buah yang bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Jika Anda tidak memiliki nafsu makan yang normal, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi buah ini terlebih dahulu.
  8. Mengobati Peradangan
    Jangan panik jika radang muncul di tubuh Anda. Konsumsilah makanan yang dapat membantu meredakannya, salah satunya adalah dengan memakan buah kelengkeng merah. Kandungan buah ini cocok untuk mengobati peradangan
  9. Baik untuk organ pencernaan
    Khasiat kelengkeng merah lainnya yang berkaitan dengan pencernaan Anda yaitu menyehatkan organ pencernaannya, termasuk usus. Anda bisa mencoba buah ini untuk dikonsumsi setiap hari jika sering mengalam mulas.

5 Manfaat dan Khasiat Kelengkeng Merah Lainnya:

  • Membuat rambut sehat
  • Mencerahkan kulit
  • Menjaga imun tubuh
  • Mencegah penuaan dini yang terlalu cepat
  • Obat migrain dan sakit kepala lainnya

Demikianlah berbagai  Keunggulan kelengkeng Merah yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjaga kesehatan dengan memanfaatkan khasiat buah yang sehat pula. Jika Anda tertatik untuk menanam kelengkeng meah ini Anda tidak perlu kwatir untuk mendapatkan bibitnya. Anda bisa menghubungi nomer yang ada di website ini.