Agar Pohon Tin Cepat Berbuah Banyak Dan Besar Di Pot

Agar Pohon Tin Cepat Berbuah Banyak Dan Besar Di Pot

Agar Pohon Tin Cepat Berbuah Banyak Dan Besar Di Pot

Agar Pohon Tin Cepat Berbuah Banyak Dan Besar Di Pot – Apakah Anda pernah mendengar nama buah tin? Naah… Mungkin bagi sebagian orang sudah pasti sudah tidak asing dengan nama buah satu ini. Namun mungkin bagi sebagian besar orang belum. Dalam artikel kali ini GrosirBibitTanaman.Co.ID akan menjelaskan mengenai buah tin untuk menambah wawasan tentang manfaat buah tin yang melimpah.

Jual bibit buah tin

Banyak orang yang menganggap buah tin adalah buah yang jatuh dari surga. Alasan tersebut sangat mendasar bila melihat keistimewaan buah yang disebutkan dalam empat kitab agama.

Buah Tin adalah salah satu jenis tanaman buah yang diduga berasal dari Asia Barat dan memang banyak tumbuh disana. Saat ini buah tin dapat ditemukan di berbagai belahan dunia. Secara umum buah tersebut bisa ditemukan semua belahan bumi ini, Asia, Eropa, Afrika, Australia, dan Amerika.

Buah tin merupakan sejenis tumbuhan penghasil buah-buahan yang dapat dimakan yang berasal dari Asia Barat. Buahnya bernama sama. Nama “Tin” diambil dari bahasa Arab, juga dikenal dengan nama “Ara” (buah ara / pohon ara) sedangkan dalam bahasa Inggris disebut fig, sebenarnya masih termasuk kerabat pohon beringin dari dari genus yang sama, yaitu Ficus

Buah tin dikembangkan di Spanyol, Prancis, dan Amerika. Menurut Montserrat Pons I Boscana, pemilik kebun tin di Mallorca, Spanyol, tin sudah ada di Pulau Balearic, Spanyol, sejak beberapa ratus tahun yang lalu. Bibitnya diduga berasal dari proses pemencaran burung-burung yang memakan buah tin.

Bunga tin tidak tampak karena terlindung oleh dasar bunga yang menutup sehingga dikira buah. Penyerbukan dilakukan oleh sejenis tawon khusus, sama seperti serangga yang menyerbuki jenis-jenis Ficus lainnya.

Yang disebut buah sebetulnya adalah dasar bunga yang membentuk bulatan. Tipe ini khas untuk semua anggota suku ara-araan (Moraceae). Buahnya berukuran panjang tiga hingga 5 cm, berwarna hijau. Beberapa kultivar berubah warna menjadi ungu jika masak. Getah yang dikeluarkan pohon ini dapat mengiritasi kulit.

Buah tin dapat dimakan segar, dikeringkan, atau dibuat selai. Buah yang dipetik harus segera dimanfaatkan karena tidak dapat disimpan lama (mudah rusak). Di Bengali buah tin diolah sebagai sayuran.

Jika anda seorag muslim apsti mengetahu bahwa buah tin yang nama buahnya dipakai di dalam al-qur’an yaitu jus 30 At-tin. Buah tin atau dalam bahasa latin yaitu Ficus carica merupakan sejenis buah asalnya dari Asia Barat yang paling populer pada dunia Islam. Faktor ini disebabkan oleh buah tin disampaikan oleh Allah SWT, dalam firmanNYA di Alquran pada surat At-tin yaitu surat ke 95. Jual Bibit tin. Pohon tin

Buah ini yaitu salah satu tanaman buah yang disukai Rasululah SAW. Diriwayatkan oleh Abu Zar r.a. bahwa pernah Rasulullah menemukan satu bekas buah tin setelah itu Rasul mengajak para sahabatnya untuk makan dan Nabi pun ikut makan sambil berkata “Jika aku perkataan tentang buah yang dijatuhkan dari syurga, niscaya aku katakan inilah karena tanaman buah syurga tidak berbiji. Oleh karena itu, konsumsilah sebaiknya buah ini. Sungguh buah ini menghentikan penyakit buasir dan menjaga kesehatan tubuh.”

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat dua jenis buah tin adalah buah tin kering dan buah tin basah. Perbedaan pada ke 2 jenis buah tin itu hanya dengan kadar kalorinya. Kalau buah tin kering, mengandung enam kalori lebih banyak dari buah tin basah. Buah tin sangat banyak nutrisi pada buahnya.

  1. Pemilihan Bibit Tin

Hal pertama yang wajib Anda ketahui agar pohon tin cepat berbuah sebelum menanam buah tin adalah ketersediaan bibit buah. Aada banyak sekali jenis pohon buah tin, alangkah baiknya anda patikan dulu jenis apa yang akan anda tanam karena setiap jenis memiliki kekhasan tersendiri. Beberpa jenis buah tin yang bisa anda ketahui bisa anda baca disini :

  1. Tin Purple Jordan
  2. Tin Green Jordan
  3. Tin Blue Giant
  4. Tin Panache (belang)
  5. Tin Brown Turkey

Bibit buah tin bisa Anda dapatkan melalui hasil cangkok dan hasil stek. Untuk hasil cangkok, Anda perlu melakukan pada batang atas buah tin yang tampak hijau dan tanpa mengerat. Batang buah tin perlu dibungkus menggunakan plastik yang di dalamnya telah terisi media tanam; bisa menggunakan kompos, cocopit, atau un campuran tanah. Prosesnya dimulai dengan membungkus rapat batang buah tin dan kemudia diiat menggunakan tali yang Anda miliki. Di usia tiga puluh

lima hingga empat puluh lima hari, akar mulai atau sudah muncul pada batang cangkok dan cangkokan buah tin telah siap untuk dipindahkan di media pot.

Cara kedua adalah stek batang. Dimulai dengan memotong batang tin yang berusia tua, memiliki ciri tampak warna cokelat tua atau hitam. Silakan memotong batang miring dan ditancapkan di dalam media semai dari campuran tanah, pasir, dan kompos. Di usia tiga puluh lima sampai empat puluh lima hari, hasil stek batang mulai atau sudah tumbuh akar dalam jumlah banyak dan stek buah tin sudah siap dipindahkan ke dalam pot. Jika anda masih kesulitan dalam memperbanyak tanaman tin. Pohon tin

  1. Media Tanam

Bila Anda telah memperoleh bibit buah tin dan sudah siap ditanam di pot, silakan menggunakan media tanam campuran tanah, pasir, dan kompos atau bisa juga menggunakan cocopit, kompos, dan sekam. Penanaman buah tin dilakukan hati-hati agar akar tidak rusak. Lantas media tanam yang telah Anda siapkan silakan dimasukkan ke dalam pot. Setelas selesai meletakkan media tanam, buat lubang tanam pada media tanam, masukkan bibit buah tin dan tutup kembali menggunakan media tanam, serta jangan lupa padatkan media tanam di sekeliling batang buah.

  1. Perawatan

Hal yang penting selanjutnya agar pohon tin cepat berbuah adalah pemeliharaan. Penyiraman merupakan faktor utama pertumbuhan tanaman. Penyiraman dapat dilakukan dua sampai tiga hari, pun menyesuaikan dengan kelembaban tanah. Faktor kedua adalah pot buah yang mulai tumbuh jangan sampai diletakkan di tempat yang terhalang cahaya matahari karena akan memengaruhi proses pertumbuhan tanaman. Jika Anda tertarik untuk menanam tanaman ini Anda bisa menghubungi nomer yang ada di website ini.

Hal lain yang memengaruhi pertumbuhan tanaman adalah pemupukan dan pengendalian hama penyakit. Anda dapat menggunakan pupuk NPK dan pupuk kompos untuk mendrorong laju pertumbuhan tanaman. Perihal kedatangan hama dan penyakit, silakan mengambil hama secara manual atau membuang bagian tanaman buah tin yang terserang penyakit.

Kalau pun cara manual selalu gagal, alternatif lainnya adalah pestisida. Penggunaan pestisida pun perlu mempertimbangkan kondisi tanaman atau disesuaikan dengan anjuran dan takaran.

Budidaya buah tin di dalam pot mampu menghasilkan atau panen setelah empat bulan penanaman. Hal lain yang diidamkan dari tanaman buah tin adalah panen tanpa kenal musim. Menarik sekali bukan? Jika Anda tertarik untuk menanam tanaman ini Anda bisa menghubungi nomer yang ada di website ini.

Manfaat buah tin untuk kesehatan dan kecantikan

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya buah tin atau juga dikenal dengan buah ara, merupakan salah satu buah yang memiliki segudang manfaat. Buah yang disebutkan di dalam Alquran ini ternyata mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Ya, antioksidan di dalam buah tin ini ampuh untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Selain itu, buah tin juga termasuk sumber vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin K, magnesium, seng, mangan, tembaga, dan zat besi yang baik. Maka tidak heran kalau buah tin ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Tidak hanya buahnya, daun tin juga memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Maka tak heran kalau manfaat buah tin sering digunakan untuk mengobati beberapa masalah medis. Karena daging buah dan daun tin memiliki segudang manfaat, taka da salahnya untuk mengenal ada manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari buah dan daun tin.

Jika Anda ingin menambah asupan antioksidan dalam makanan sehari-hari, buah tin atau juga dikenal dengan nama ara dan fig adalah jawabannya. Buah yang disebutkan di dalam Alquran ini ternyata mengandung antioksidan super.

Menurut penelitian pada tahun 2005, antioksidan di dalam buah tin ampuh untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Tin juga termasuk sumber vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin K, kalium, magnesium, seng, mangan, tembaga, dan zat besi yang baik.

Apa saja manfaat buah tin atau ara untuk kesehatan dan kecantikan? Berikut ini kami tampilkan selengkapnya seperti dilansir Healthline dan Organic Facts.

1. Daunnya bisa melawan diabetes

Beberapa bukti ilmiah menunjukkan bahwa daun semak tin dapat membantu mengatur gejala diabetes. Sebuah studi 2016 yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa ficusin, ekstrak dari daun pohon tin meningkatkan sensitivitas insulin dan memiliki sifat antidiabetes lainnya.

Dan penelitian yang dilakukan terhadap hewan tersebut di tahun 2003 menunjukkan bahwa ekstrak tin dapat berkontribusi pada perawatan diabetes dengan menormalkan asam lemak darah dan tingkat vitamin E.

2. Mengobati penyakit kulit

Dalam beberapa tradisi pengobatan tradisional, buah tin digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit seperti eksim, vitiligo, dan psoriasis. Belum ada penelitian ilmiah yang konklusif, tetapi bukti anekdotal dan penelitian awal menunjukkan hasil yang menjanjikan.

3. Menjaga berat badan

Serat dalam buah tin dapat membantu menurunkan berat badan dan sering direkomendasikan untuk orang-orang gemuk.

Menurut sebuah penelitian oleh Dr. Joe Vinson dari The University of Scranton, buah-buahan kering, terutama buah tin adalah sumber nutrisi yang unggul. Namun, jumlah kalorinya yang tinggi juga dapat menyebabkan penambahan berat badan, terutama ketika dikonsumsi dengan susu.

4. Mengobati disfungsi seksual

Selama berabad-abad, buah tin telah direkomendasikan untuk mengatasi disfungsi seksual seperti kemandulan serta disfungsi ereksi.

Buah ini diyakini sebagai obat kuat atau suplemen seksual selama berabad-abad. Sebagian besar karena kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Jika Anda tertarik untuk menanam tanaman ini Anda bisa menghubungi nomer yang ada di website ini.

Untuk mendapatkan vitalitas seksual dengan buah tin, rendam 2-3 buah tin di dalam susu semalaman. Makan di pagi hari untuk meningkatkan gairah.

5. Menjadikan kulit cantik dari dalam

Buah tin adalah sumber vitamin, antioksidan, dan mineral yang sangat baik untuk kulit. Nutrisi ini dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dan membantu sirkulasi darah serta nutrisi, sehingga kulit senantiasa cantik.

6. Masker wajah

Buah tin mentah dapat digunakan untuk membuat masker wajah yang kaya antioksidan dan kaya nutrisi.

Cukup hancurkan buah tin dan aplikasikan ke wajah Anda dengan gerakan melingkar. Tambahkan 1 sendok makan yogurt untuk manfaat pelembap tambahan.

Diamkan masker selama 10 hingga 15 menit dan bilas secara menyeluruh dengan air hangat. Jangan gunakan buah tin sebagai masker jika kulit rawan alergi.

7. Memperkuat rambut

Buah ini dipercaya untuk memperkuat dan melembapkan rambut, dan merangsang kesuburannya. Penelitian ilmiah tentang manfaat buah tin untuk rambut masih kurang, tetapi ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa beberapa vitamin dan mineral di dalamnya dapat membantu menjaga rambut Anda tetap sehat. Ini karena kandungan seng, tembaga, selenium, magnesium, kalsium, vitamin B, dan vitamin C di dalamnya.

8. Menurunkan tekanan darah

Orang biasanya mengonsumsi natrium dalam bentuk garam, tetapi kadar kalium rendah dan natrium yang tinggi dapat menyebabkan hipertensi.

Buah tin mengandung banyak kalium dan rendah sodium, sehingga mampu mengatasi hipertensi. Ini juga menjadikan tin sebagai bahan makanan yang berkhasiat menenangkan saraf.

9. Memperkuat tulang

Manfaat buah tin dan daunnya yang lain adalah dipercaya baik untuk kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan adanya kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, dan fosfor dalam buah tin yang sangat baik untuk menutrisi tulang dan mencegah tulang keropos.

Agar Pohon Tin Cepat Berbuah Banyak Dan Besar Di Pot

Salah satu penyebab tubuh kehilangan kalsium sehingga membuat tulang menjadi keropos adalah mengonsumsi makanan tinggi garam. Nah, untuk mencegahnya, kamu bisa mengonsumsi buah tin secara rutin.

Studi mengatakan bahwa buah tin kaya akan kalsium yang merupakan salah satu komponen terpenting dalam memperkuat tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.

Buah tin juga kaya fosfor yang mendorong pembentukan tulang dan memacu regenerasi jika ada kerusakan atau degradasi pada tulang.

10. Mencegah kanker perut dan kulit

Fakultas Farmasi, Nutrisi dan Ilmu Kesehatan Universitas Calabria, Italia menyatakan bahwa buah tin merupakan sumber senyawa bioaktif seperti asam lemak dan fenol. Senyawa ini membantu menurunkan risiko kanker kulit.

Menurut sebuah penelitian, buah ini kaya akan enzim proteolitik yang dapat membantu menghambat pertumbuhan kanker di lambung.

Kandungan serat tin bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan dan membantu mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker perut, usus besar, dan kanker payudara.

11. Mengobati kanker kolon

Kehadiran serat di dalam buah tin dapat membantu merangsang penangkalan radikal bebas dan zat penyebab kanker lainnya, khususnya di usus besar. Pasalnya serat memang dapat meningkatkan gerak sehat usus.

12. Mencegah penyakit jantung koroner

Manfaat buah tin dan daunnya yang pertama adalah bisa menjaga kesehatan jantung. Pada buah tin memiliki kandungan serat larut berupa pectin yang membuat buah tin memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Ya, pada kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi dalam darah bisa menyebabkan terbentuknya plak yang akan memicu penyempitan pembuluh darah dan mengganggu kesehatan jantung.

Selain itu, buah tin juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan adanya kandungan mineral dan senyawa lainnya dalam buah tin yang dapat membantu mengontrol tekanan darah. Oleh karena itu, kamu juga bisa menjaga tekanan darah agar tidak naik agar tidak memicu gangguan jantung.

Buah tin kering mengandung fenol, asam lemak omega-3, dan asam lemak omega-6. Kedua asam lemak ini daapt mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Tak hanya buahnya, daun tin juga memiliki efek menghambat trigliserida, sehingga jumlah total trigliserida menurun. Trigliserida sendiri merupakan salah satu faktor penyebab utama berbagai jenis penyakit jantung.

13. Cegah sembelit

Menurut sebuah penelitian yang dipimpin oleh tim peneliti dari The University of Scranton, Amerika Serikat, buah-buahan seperti tin mengandung banyak serat. Konsentrasi serat yang tinggi ini membantu memperlancar fungsi usus.

Serat bekerja untuk menambah massa di dalam usus, sehingga usus terangsang untuk bergerak. Dengfan demikian sembelit maupun diare bisa dicegah.

14. Meredakan nyeri ambeien

Jika Anda menderita wasir, obat rumahan yang populer adalah untuk merendam buah tin kering di dalam air semalam. Kemudian buah sekaligus air rendamannya bisa dikonsumsi di pagi hari.

Buah tin memiliki efek laksatif dan membantu mengurangi tekanan pada anus, sehingga membantu menenangkan wasir. Menurut sebuah laporan yang diterbitkan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, buah tin populer sebagai obat tradisional untuk wasir karena sifat pencahar, antispasmodic, dan anti-inflamasi yang dimilikinya.

15. Menurunkan kolesterol

Buah tin mengandung pektin yang merupakan serat larut untuk menstimulasi pergerakan usus yang sehat. Tin juga dapat memiliki efek pencahar, karena kaya akan serat.

Ketika serat bergerak melalui saluran pencernaan, ia mengyapu kelebihan gumpalan kolesterol dan membawanya ke sistem ekskresi untuk dikeluarkan dari tubuh. Menurut sebuah penelitian, pektin juga dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol dan aktivitas antikanker.

16. Risiko Alzheimer lebih rendah

Buah tin dianggap sebagai salah satu buah terbaik ketika datang untuk mengurangi neuroinflamasi. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh sejumlah universitas di Australia dan Amerika telah mengungkapkan bahwa buah ini mampu mengurangi sitokin inflamasi yang terkait dengan penuaan. Hal ini sangat bermanfaat dalam menurunkan risiko penyakit seperti Alzheimer.

17. Mengobati bronkitis

Bahan kimia alami di daun pohon tin menjadikannya komponen yang ideal untuk teh. Teh daun tin telah populer diresepkan untuk berbagai kondisi pernapasan seperti bronkitis dan juga digunakan sebagai cara untuk mencegah dan mengurangi gejala asma.

18. Membantu pengobatan penyakit kelamin

Tin telah digunakan di subkontinen India dan beberapa belahan dunia lainnya sebagai salep untuk membantu pengobatan penyakit kelamin.

Konsumsi oral atau aplikasi topikal sari buah ini dipercaya mampu menenangkan rasa tak nyaman akibat penyakit menular seksual. Walaupun begitu penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan.

19. Mencegah hilangnya kalsium lewat urin

Orang yang diet tinggi natrium mungkin bisa mengalami hilangnya kalsium lewat saluran kemih. Kandungan kalium yang tinggi dapat membantu untuk menghindari kondisi itu dan mengatur kandungan kotoran di dalam urin Anda. Ini dapat meminimalkan kehilangan kalsium sekaligus menghilangkan jumlah asam urat dan racun berbahaya lainnya dari tubuh Anda.

20. Mencegah degenerasi makula

Penyebab utama kehilangan penglihatan di antara orang tua adalah degenerasi makula. Buah tin yang dibudidayakan secara organik bagus untuk membantu Anda menghindari gejala penuaan yang umum ini.

21. Meredakan nyeri tenggorokan

Kandungan lendir yang tinggi pada buah tin membantu menyembuhkan dan mencegah sakit tenggorokan. Sifat menenangkan dari sari buah ini juga dapat menghilangkan rasa sakit dan stres pada pita suara. Jika Anda tertarik untuk menanam tanaman ini Anda bisa menghubungi nomer yang ada di website ini.

22. Menjaga Saluran Pencernaan

Buah tin juga bisa menjaga saluran pencernaan. Ya, manfaat buah tin dan daunnya ini sering digunakan untuk mengatasi sembelit. Mengonsumsi buah tin secara rutin juga dipercaya dapat menurunkan risiko kanker kolon.

Ya, buah tin bisa memelihara sistem pencernaan secara keseluruhan sehingga sistem pencernaan dapat bekerja dengan lebih maksimal.

23. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat buah tin selanjutnya adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini bisa didapatkan karena buah tin memiliki kandungan multivitamin dan mineral yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian kamu. Adanya antioksidan dalam buah tin juga dapat membantu menangkal radikal bebas yang bisa memicu kerusakan sel dalam tubuh.

Selain buahnya, daun tin juga bisa berfungsi sebagai imunomodulator. Hal ini dikarenakan daun tin dapat mengatur sistem kekebalan tubuh. Hal ini telah diperkuat pada hasil riset yang mengatakan bahwa daun tin bisa merangsang produksi antibody dan produksi sel limfosit sehingga mampu menghancurkan pathogen yang masuk ke dalam tubuh.

Dengan begitu, penggunaan daun tin bisa menangkal berbagai mikroba penyebab penyakit seperti virus, jamur, dan bakteri. Ini juga mengartikan bahwa sistem kekebalan tubuh mengalami peningkatan sehingga tubuh tidak mudah sakit.

24. Mengobati Batu Ginjal

Manfaat buah tin dan daunnya adalah bisa mengobati batu ginjal. Ya, daun tin memiliki kandungan saponin dan alkaloid yang dimana kandungan ini bermanfaat sebagai diuretic yang bisa mengatasi sebuah masalah ginjal.

Selain itu, ada juga kandungan saponin dan alkaloid yang dimana manfaat daun tin dapat menggerus batu ginjal yang telah mengendap di saluran kemih dan ginjal. Batu ginjal yang telah mengeras inipun akhirnya bisa terbawa saat buang air kecil.

25. Bantu Menurunkan Gula Darah

Manfaat daun tin juga mampu mengobati penyakit diabetes karena bisa menurunkan kadar gula darah. Hal ini telah dibuktikan dengan adanya sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti di Spanyol. Dikatakan bahwa air rebusan daun tin atau teh daun tin mengandung senyawa aktid.

Senyawa aktid ini memiliki kesamaan seperti hormone insulin. Seperti yang diketahui bahwa manfaat hormone insulin dapat menurunkan kadar gula darah berlebih.

26. Sebagai Obat Antikanker

Manfaat buah tin dan daunnya juga bisa bertindak sebagai antikanker. Kamu bisa mendapatkan manfaat daun tin ini hanya dengan menggunakan getah yang ada di dalam pucuk daun tin.

Ya, getah yang ada di dalam daun tin ini bisa menekan pertumbuhan sel kanker. Hal ini dikarenakan getah pada daun tin mengandung ficin. Ficin sendiri adalah enzim cysteine proteinase yang bisa memicu apoptosis pada sel kanker sehingga sel kanker akan melakukan penghancuran sendiri.

Naah… menarik bukan? Jika Anda ingin mendapatkan bibit buah tin dengan kualitas terbaik Anda tidak perlu bingung mendapatkannya. Anda cukup menghubungi nomer yang ada di website ini untuk mendapatkan informasi dan juga harga terbaiknya. Semoga artikel ini bermanfaat ya…

Agar Pohon Tin Cepat Berbuah Banyak Dan Besar Di Pot