Cara Agar Apel India Tumbuh Optimal dan Berbuah Lebat

Cara Agar Apel India Tumbuh Optimal dan Berbuah Lebat

Cara Agar Apel India Tumbuh Optimal dan Berbuah Lebat

Apel India–  Perlu Anda ketahui bahwa buah apel terdapat banyak jenisnya lho… Salah satu jenis apel  di Indonesia yang menjadi salah satu jenis apel yang banyak diminati dan banyak yang mencari adalah jenis buah apel india.

 Namun sayangnya banyak masyarakat yang belum mengenal apel yang satu ini. Bentuk dan ukuran buahnya memang tidak sebesar buah apel pada umumnya. Buah apel ini dikenal juga dengan sebutan putsa. Akan tetapi masyarakat di Indonesia banyak yang menyebutnya dengan apel India.

Mungkin jenis apel yang satu ini masih terdengar sedikit asing dibandingkan dengan jenis apel lainnya seperti apel merah, apel malang, apel fuji, dan masih banyak lagi. Secara ilmiah, apel India atau yang biasa disebut dengan putsa memiliki nama latin Ziziphus martiana lam.

Di alam sendiri apel india mampu bertahan hidup hanya dengan seutas akarnya saja, karena tanaman ini sangat mudah beradaptasi dan mampu berbuah walaupun saat itu cuaca sedang ekstrim. Tentunya ini sangat berbeda dengan jenis tanaman apel lainnya.

Buah apel jenis ini merupakan jenis tanaman tropis yang masuk dalam famili rhamnaceae. Buah yang dihasilkan dari apel jenis ini berwarna kehijau-hijauan dengan diameter buah sekitar 3-5 cm dengan ketinggian pohon mencapai 12 meter. Kulit buahnya pun memiliki tekstur yang halus dengan daging buah yang berwarna putih dan rasa yang manis.

Tidak sulit juga untuk menanam jenis tanaman buah ini agar bisa tumbuh dengan optimal, sebab hal yang perlu Anda lakukan adalah memperhatikan hal-hal penting agar tanaman buah apel india ini bisa menghasilkan buah yang lebat dan tumbuh dengan baik.

Naaah…  Kali ini GrosirBibitTanaman.Co.ID akan menjelaskan secara lengkap tentang beberapa kriteria penting dan yang perlu diperhatikan dengan baik oleh para pembudidaya apel India. Apalagi bagi Anda yang masih pemula dalam memelihara apel india ini.

Mengenali Karakteristik Apel India yang Baik

Naah… sebelum mengetahui cara menanam apel india perlu Anda ketahui juga mengenai ciri-ciri atau karakteristik apel India yang tumbuh dengan baik dan optimal. Hal ini diperlukan agar bisa menjadi tolak ukur apakah tanaman yang Anda tanam sudah tumbuh dengan baik atau belum.

ciri khas dari apel India atau dikenal juga dengan tanaman putsa yaitu pohonnya  merupakan jenis pohon semak berduri dengan batang dan daun yang berwarna hijau. Pohon putsa sendiri mampu tumbuh hingga ketinggiannya mencapai 10m hingga 12m.

 Apel India bisa tumbuh sampai 12-15 meter di habitat aslinya, jenis tanaman ini pun memiliki ciri fisik yang berduri dengan batang dan daun yang berwarna hijau. Buah yang tumbuh dengan baik ukurannya mencapai 3-5 cm, lebih kecil dari ukuran buah apel normal.

Buah apel India sendiri memiliki warna hijau dengan bentuk yang sangat mirip dengan buah apel. Walaupun terlihat mirip dengan buah apel berbeda jika anda melihat manfaat zat besi untuk tulang yang belum diketahui, ukurannya memang tidak sebesar buah apel pada umumnya.

Apel India hanya memiliki ukuran dengan diameter kurang lebih sekitar 5cm saja atau seukuran genggaman tangan anak kecil. Sedangkan tekstur dari kulit buah ini bertekstur halus dan daging buahnya berwarna putih dan rasanya manis.

Jika semua ciri di atas Anda dapatkan pada Apel India yang ditanam, maka Anda sudah mendapatkan tanaman yang tumbuh dengan optimal.

 Kriteria Penting Agar Apel India Tumbuh dengan Optimal

  1. Memilih Bibit Apel India yang Berkualitas Baik

 

Untuk tahap pertama Anda perlu memilih bibit buah India yang berkualitas.  Ini penting untuk diperhatikan jika tidak Anda tidak akan bisa menghasilkan tanaman yang baik dan berkualitas. Maka dari itu, pemilihan bibit yang berkualitas merupakan hal yang sangat penting dan perlu Anda perhatikan dengan baik.

Bagaimana ciri bibit yang berkualitas dan layak tanam?

Untuk ini Anda harus mencari bibit yang memiliki daun hijau yang sehat dan tidak layu atau pun kering, batangnya juga kokoh dan tidak kering, serta terbebas dari penyakit tanaman yang bisa mengganggu pertumbuhan tanaman.

  1. Lokasi Penanaman yang Baik akan Menghasilkan Tanaman yang Tumbuh dengan Optimal

 

Untuk tahapan kedua ini tidak sulit dan tidak terlalu banyak syarat saat Anda akan menanam Apel India, karena tanaman ini bisa tumbuh dengan optimal di berbagai kondisi. Namun, saat lokasi penanaman cocok, maka hasil panen yang dihasilkan pun lebih baik dan berkualitas.

Jika Anda ingin menanam apel india Anda bisa menanam jenis pohon buah ini pada ketinggian 0-1.500 mdpl agar bisa tumbuh dengan optimal dan baik. Pilihlah lokasi penanaman yang memiliki curah hujan sekitar 150-2.500 mm per tahun. Perhatikan juga agar tanaman ini mendapatkan pasokan sinar matahari sekitar 50% setiap harinya, serta suhu lingkungan sekitar 16—27° dengan tingkat kelembaban sekitar 80%.

Nah.. Selain kriteria di atas, Anda juga harus memperhatikan agar lokasi penanaman bebas dari rumput liar, lahan tidak terlalu sempit, dan tanah kaya akan unsur hara.

  1. Teknik Penyiraman yang Penting Untuk diperhatikan

 

Buah apel india idealnya disiram sebanyak 2 kali dalam sehari, namun Anda bisa juga melakukan penyiraman sesuai dengan kondisi cuaca. Saat musim kemarau terjadi, maka Anda bisa melakukan penyiraman sekitar 3-4 kali setiap minggu. Namun, saat terjadi musim hujan Ada bisa melakukan penyiraman sekitar 1-2 kali dalam seminggu.

Lakukan penyiraman dengan embrat agar seluruh media tanam mendapatkan asupan air dengan optimal dan merata.

  1. Apel India Membutuhkan Nutrisi Berupa Pupuk untuk Menunjang Pertumbuhannya

 

Naah…  Dalam melakukan pemupukan secara rutin harus Anda lakukan agar Apel India bisa tumbuh dengan optimal. Pupuk yang diberikan secara berkala bisa membuat tanaman lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit, serta bisa tumbuh dengan optimal.

Untuk tahapan ini ada beberapa cara pemupukan yang bisa Anda lakukan. Pertama, saat tanaman berumur 1 tahun, maka Anda bisa memberikan pupuk NPK 15 : 15 : 15 dengan ukuran 1 sendok makan atau sekitar 25 gram. Dosis tersebut bisa ditingkatkan lagi menjadi 2-3 kali lipat saat tanaman sudah lebih besar dan berkembang.

Anda bisa memberikan tambahan pupuk kandang dengan dosis 5-10 kg per tanaman setiap 6 bulan sekali agar tanaman lebih subur.

  1. Perlunya Memasang Ajir

 

Perlu Anda ketahui bahwa Apel India yang baru ditanam sangat mudah miring dan roboh akibat terpaan angin yang kencang atau gangguan dari hewan. Oleh sebab itu agar peristiwa di atas tidak terjadi, hal yang perlu Anda lakukan adalah memasang ajir di sekitar tanaman.

Anda bisa menggunakan bambu dengan ukuran 1,5 meter agar tanaman yang ditanam tidak mudah roboh dan miring saat masa pertumbuhan.

  1. Lakukan Pemangkasan untuk Merangsang Pertumbuhan Tunas Baru

 

Sebelum pemangkasan dilakukan, maka Anda perlu membiarkan tanaman tidak disiram selama 7 hari. Setelah masa 7 hari terlewati, maka Anda bisa kembali menyirami pohon Apel India. Tujuan dari dilakukannya hal ini agar bunga baru lebih cepat muncul dan tumbuh dengan serempak.

Naah…  Pohon Apel India bisa dipangkas sejak tanaman setinggi 30 cm, Anda bisa juga memangkas daun yang tua saat daun muda mulai tumbuh.

Dengan melakukan teknik pemangkasan seperti di atas, maka pohon Apel India bisa lebih cepat berbunga dan menghasilkan buah pada beberapa bulan selanjutnya.

  1. Buah Harus Anda Seleksi Agar Bisa Terus Tumbuh

 

Tanaman Apel India bisa terus tumbuh, saat Anda melakukan seleksi terhadap buah yang tumbuh. Anda bisa menyisakan 2 buah apel pada setiap ranting dan buanglah buah yang berwarna kehitaman, kering, dan mengerut.

  1. Percepat Pertumbuhan Buah Pada Tanaman

Jika Apel india Anda dibiarkan tumbuh secara alami, maka pohon Apel India bisa menghasilkan buah saat umur 1-2 tahun sejak penanaman lumayan lama bukan? Akan tetapi Selanjutnya, tanaman ini akan menghasilkan buah sepanjang tahun dan tidak mengenal musim.

Apabila Anda ingin mendapatkan tanaman yang tumbuh lebih cepat dari biasanya, maka Anda bisa memberikan asupan nutrisi untuk merangsang pertumbuhannya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memberikan POC BMW yang terbukti mampu merangsang pertumbuhan buah lebih cepat dari biasanya.

Bagaimana cara menggunakannya?

Anda bisa menggunakan POC BMW dengan ukuran 2-3 tutup botol ditambah dengan 15 liter air lalu disemprotkan ke bagian tanaman.

Penyemprotan menggunakan POC BMW bisa dilakukan seminggu 1 kali agar tanaman bisa menghasilkan buah lebih cepat dari biasanya. Jangan lupa melakukan pemangkasan pada tanaman agar buah lebih cepat tumbuh.

  1. Media Penanaman Pohon

 

Seperti yang telah kami jelaskan secara singkat pada pembahasan yang sebelumnya, bahwa tanaman Apel India bisa tumbuh optimal saat Anda menggunakan tanah dengan unsur hara. Komposisi tanah yang bisa Anda gunakan adalah mencampur tanah merah, sekam mentah, dan pupuk kandang dengan rasio 1 : 1 : 1. Atau Anda bisa juga menggunakan kombinasi tanah merah, sekam bakar, dan pupuk kandang dengan rasio 1 : 2 : 3.

Jadi Apel India atau Putsa termasuk jenis tanaman yang akan tahan dengan segala kondisi cuaca dan lingkungan yang kering.  Sehingga perawatan jenis tanaman ini tidak terlalu merepotkan untuk dilakukan oleh mereka yang membudidayakan.

Secara garis besar hal-hal yang perlu Anda perhatikan adalah menemukan bibit buah yang berkualitas agar tanaman menghasilkan buah yang baik, melakukan pemangkasan agar tunas baru muncul dan merangsang pertumbuhan buah, dan pemberian pupuk agar nutrisi tanaman tercukupi dengan baik.

Apakah Anda mebutuhkan bibit tanaman ini? Anda bisa memesan di kami Toko Online Bibit Tanaman Pohon-Buah-Hias-Bunga yang Berkualitas dan Harga Terjangkau Grosir dan Ecer Siap melayani Proyek pesanan besar Siap Kirim Seluruh Indonesia

Bisa menghubungi nomer yang ada di website ini!!!!

Apel India

Alasan Mengapa Memilih Kami !

RIBUAN JENIS TANAMAN

Ribuan jenis varietas benih & bibit tanaman ada disini, menerima pembelian ecer maupun grosir serta melayani pengerjaan proyek.

PRODUK – PRODUK BERKUALITAS

Semua produk dijual telah lolos standar kami, dari segi keakuratan & kualitas barang, serta pelayanan yang baik.

PACKING SANGAT AMAN

Barang yang kami kirim akan kami packing (kemas) seaman mungkin, dengan pemberian vitamin tumbuhan sebelum pengiriman serta penggunaan bahan packing yang aman seperti kayu atau triplek.

Manfaat Apel India untuk Kesehatan dan Kecantikan

Selain cara menanam yang mudah apel indian dengan rasanya yang manis dan segar ternyata memiliki banyak manfaat lho… . Tentunya tidak hanya untuk kesehatan tubuh anda saja tetapi juga untuk kecantikan anda. Hal ini karena apel India memiliki nutrisi yang sangat kompleks. Menarik sekali bukan? Penasaran dengan manfaat dari apel india?

Bagi anda yang penasaran dan ingin tahu apa saja manfaat dari apel India yang berbeda jika anda melihat manfaat kelapa gading,berikut akan kami sampaikan informasi mengenai manfaat apel India.

Manfaat Apel India

Menjaga Kesehatan Tulang

Jika anda ingin menjaga kesehatan tulang anda agar tidak mengalami gangguan seperti osteoporosis dini, rematik dan nyeri, anda bisa mengkonsumsi buah apel India secara berkala. Hal ini karena buah apel ini memiliki kandungan fosfor yang sangat baik bagi kesehatan tulang anda.

Mengatasi Asma

Bagi anda yang memiliki gangguan pernapasan seperti asma dan ISPA, anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi apel India. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung ataupun mengolahnya menjadi minuman.

Mencegah Kanker Usus

Apel India juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk menanglkal zat radikal bebas yang dapat merusak sel- sel dai dalam tubuh anda. Dengan ini, maka anda bisa mengkonsumsinya untuk pencegahan beberapa jenis kanker. Salah satu kanker yang dapat dicegah yaitu kanker usus.

Mencegah Kanker Paru- Paru

Selain dapat mengatasi gangguan penyakit asma, anda juga bisa melakukan pencegahan penyakit kronis lainnya yaitu kanker paru- paru. Ini sangatlah penting khususnya bagi anda yang memiliki kebiasaan merokok.

Mencegah Kanker Hati

Adapun kandungan vlavanoid pada apel ini yang dapat mencegah berbagai macam kanker seperti kanker hati. Anda bisa mengkonsumsinya setiap pagi secara langsung ataupun dengan mengolahnya menjadi berbagai inovasi resep masakan.

Mencegah Kanker Payudara

Bagi sebagian besar wanita dan mungkin termasuk anda cenderung memiliki kekhawatiran dengan jenis penyakit kronis yang satu ini. Dengan mengkonsumsinya setiap paginya, anda bisa melakukan pencegahan terhadap penyakit kronis kanker payu dara.

Mengatasi Diabetes

Dengan mengkonsumsi apel India sebanyak satu buah setiap harinya mampu mengatasi penyakit diabetes anda, tidak hanya mampu mengatasi saja tetapi bagi anda yang ingin melakukan pencegahan juga bisa.

Mengatasi Kolesterol

Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang sering di alami oleh sebagian besar orang di atas umur 19 tahun. Tentunya kolesterol ini merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya, kolesterol dapat memicu beberapa macam penyakit kronis lainnya seperti penyakit jantung. Anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi buah apel India.

Membakar Lemak

Bagi anda yang sedang menjalani program diet, anda bisa mengkonsumsi apel India untuk menunjang program diet anda. Hal ini karena dengan mengkonsumsinya anda lemak yang menumpuk di tubuh anda akan terbakar dengan lebih efektif. Sehingga proses diet anda akan lebih cepat.

Mengencangkan Kulit

Bagi sebagian besar wanita memiliki kulit yang kencang merupakan salah satu idaman. Di usia yang sudah menginjak lebih dari 20 tahun dengan memiliki kulit kencang, anda akan terlihat lebih awet muda. Dengan mengkonsumsi apel India secara teratur, anda bisa mewujudkan hal tersebut.

Naah… menarik bukan? Jika Anda ingin mendapatkan bibit buah apel india dengan kualitas terbaik Anda tidak perlu bingung mendapatkannya. Anda cukup menghubungi nomer yang ada di website ini untuk mendapatkan informasi dan juga harga terbaiknya. Semoga artikel ini bermanfaat ya…