Budidaya Mangga Kiojay Jumbo Asal Thailand

Budidaya Mangga Kiojay Jumbo Asal Thailand

Budidaya Mangga Kiojay Jumbo Asal Thailand

Budidaya Mangga Kiojay – Untuk Anda orang Indonesia pastinya sudah tidak asing dengan tananam satu ini. Karena tanaman buah satu ini merupakan tanaman buah khas negara tropis. Dan menariknya  buah satu ini hanya muncul saat musimnya di bulan Agustus-November, buah mangga termasuk buah favorit orang Indonesia.

Jika kita melihat daging buah mangga yang berwarna jingga kekuningan pasti membuat membuat air liur terangsang. Apalagi jika dinikmati dingin-dingin di musim panas, rasa campuran antara manis dan segar tentu selalu berhasil menyegarkan tenggorokan.

Naah perlu Anda ketahuia juga  bahwa buah mangaa ini terdapat banyak jenisnya lho… Dan di antara banyak jenis mangga di Indonesia mangga satu ini merupakan mangga paling favorit. Yaitu buah mangga Kiojay.

Tanaman mangga kiojat merupakan salah satu jenis varietas mangga unggulan yang berasal dari negara Thailand. Meskipun, bisa dibilang varietas mangga kiojay masih relatif baru, Yang nyatanya bisa memberikan hasil memuaskan karena ukuran buahnya begitu besar dan jumbo.

Menariknya buah satu ini juga  memiliki berat rata-rata 2kg lebih perbuahnya. Selain ukurannya, yang lebih mengejutkan juga adalah rasa dari buah mangga satu ini juga amat manis, dagingnya tebal dan legit. Harga mangga kiojay bisa mencapai Rp.30.000/kg, sehingga perbuahnya bisa sampai Rp. 50.000/kg.  Bagaimana menarik sekali bukan? Jika Anda ingin mendapatkan bibit dari mangga kiojay ini Anda bisa menghubungi nomer yang ada di website ini.

 

Naah… Sebetulnya mangga kiojay ini sudah lama dikenal masyarakat Indonesia, baik karena ukurannya yang besar maupun karena rasanya yang manis dan legit.

Alangkah baiknya jika mangga jenis ini dipetik dan dikonsumsi saat hampir matang (80%), karena apabila dipetik dan dikonsumsi saat matang (100%) rasanya akan terlalu masak dan kurang renyah lho.

Dilihat dari banyak keunggulan mangga satu ini jika kita jeli dan bisa membaca peluang maka sebetulnya menanam dan membudidayakan tanaman mangga kiojay ini cukup menjanjikan  dan banyak untungnya.

Hal ini karena harga jual buah mangga kiojay cukup tinggi. Dan kita hanya perlu menanam, merawat dan berinvestasi sekali saja tapi keuntungan bisa berlipat-lipat kedepannya.

Spesifikasi Mangga Kiojay 

Biar Anda semakin tahu mengenai jenis buang mangga kiojay ini Anda bisa melihat spesifikasi dari mangga kiojay ini :

  • Nama latin atau nama ilmiah : Mangifera indica
  • Asal usul buah mangga : Negara Thailand
  • Sifat-sifat dan keunggulan bibit Mangga: Indukan bibit mangga ini kebanyakan memiliki berat dari 1,2 kg-1,8 kg, malahan bisa mencapai berat 2 kg. Yang lebih menakjubkan meski ukuran buahnya jumbo namun rasa buah mangga ini manis dan juga harum
  • Sifat dan Syarat tumbuh Bibit Mangga Kiojay : Bibit bisa tumbuh maksimal di daerah dengan cuaca yang panas. Perawatannya sangat mudah, penanaman sangat fleksibel bisa ditanam di pot atau di tanah biasa.
  • Umur Berbuah Bibit Mangga Kiojay : 2 – 3 tahun Setelah dipindahkan dari polybag
  • Cara Pembibitan bibit dari kami : Okulasi
  • Tabulampot : Sangat Bisa
  • Tanah biasa : Sangat Bisa

Tertarik membudidayakan mangga jenis ini? Berikut ini langkah demi langkah budidaya mangga kiojay, silahkan disimak.

 

Budidaya Mangga Kiojay

Kadang kala ketika kita sedang menikmati buah mangga, setelah mangga di tangan habis dimakan rasanya masih belum puas. Apalagi jika dimakan beramai-ramai. Rasa manis legit buah mangga memang membuat lidah ketagihan. Sekarang ada varian baru buah mangga dari Thailand yang ukurannya luar biasa. Rasanya pun sangat manis dan aromanya harum. Julukan yang diberikan kepadanya adalah mangga arummanis raksasa. Adapun nama varian mangga ini sendiri adalah mangga kiojay.

Disebut raksasa karena ukurannya memang jumbo, dengan berat per buahnya mencapai 1,5 – 2 kg. Oleh karena masih jarang yang membudidayakan, harga jual mangga ini masih tinggi, yaitu sekitar Rp30.000,00 per kg atau Rp50.000,00 per buahnya. Tertarik untuk membudidayakan atau mengoleksinya di rumah? Berikut cara menanam dan merawat mangga kiojay di pekarangan atau dalam pot di rumah Anda agar cepat berbuah dan hasilnya maksimal

Karakteristik dan syarat tumbuh

Mangga kiojay merupakan varietas baru yang dikembangkan di Thailand. Kondisi alam di negara tersebut kurang lebih sama dengan kondisi alam di Indonesia sehingga pembudidayaan mangga kiojay di Indonesia sangat dimungkinkan. Tumbuh optimal di dataran rendah yang cuacanya panas, namun masih dapat tumbuh dengan baik pula di dataran tinggi apabila suhu rata-ratanya tidak terlalu rendah. Bersifat genjah, rajin berbuah. Menyukai tanah gembur yang subur dengan drainase yang baik, curah hujan sedang, dan penyinaran matahari penuh sepanjang hari.

Waktu yang tepat dalam membudidayakan mangga jenis ini adalah pada saat musim kemarau, karena mangga asal Thailand ini tumbuh secara maksimal di cuaca yang bersuhu panas. sebaliknya cuaca yang mendung ditambah curah hujan yang tinggi, akan berdampak pada pertumbuhan pohon mangga Kiojay ini tidak bisa tumbuh secara optimal.

Jika ditanam ditanah atau metode tanam konvensional mangga kio jay ini bisa dipanen secara maksimal pada umur 2–3 tahun pasca penanaman. Sedangkan jika ditanam dalam pot bisa lebih cepat dengan catatan dilakukan perawatan dan pemupukan secara berkala.

Memilih Bibit Mangga Kiojay Unggulan dan Terbaik

 

Saat Anda akan menanam tanaman buah mangga kiojay ini seperti pada umumnya tanaman buah, bibit mangga kiojay bisa kita dapatkan dengan dua cara, yaitu dengan peranakan generatif dan vegetatif.

Bibit yang dikembangkan dengan metode vegetatif akan lebih cepat berbuah, oleh karena itu jika niat awal kita membudidayakan mangga ini untuk mencari keuntungan ekonomi maka pilihlah bibit mangga kiojay dari hasil perbanyakan vegetatif yaitu cangkok atau okulasi.

Sayanganya bibit mangga kiojay ini belum banyak yang membudidayakan mangga ini, paling mudah memperoleh bibitnya dengan membeli bibit. Apabila Anda menghendaki tanaman mangga yang lebih cepat menghasilkan dan kualitasnya maksimal, pilih bibit hasil perbanyakan vegetatif (okulasi/grasping susuk/sambung pucuk).

Sebaiknya pilih bibit yang sudah berukuran 50 – 70 cm tingginya karena pada ukuran ini bibit sudah memiliki perakaran yang kuat. Tentunya bibit yang baik memiliki ciri-ciri tampak segar dan sehat

Bibit mangga kiojay hasil vegetatif tidak bisa sembarangan didapatkan, carilah penjual bibit mangga kiojay terpercaya dan berpengalaman sehingga tanaman bisa sehat saat tumbuh, berdaun segar, berbuah jumbo dan manis.

Toko Online Bibit Tanaman Pohon-Buah-Hias-Bunga yang Berkualitas dan Harga Terjangkau Grosir dan Ecer Siap melayani Proyek pesanan besar Siap Kirim Seluruh Indonesia

 

 

Memilih Area dan Lokasi Penanaman Bibit Mangga Kiojay

 

Mangga kiojay ini sudah cocok dengan iklim dan cuaca Indonesia, meskipun bisa dibudidayakan di wilayah mana saja namun optimalnya sih ditanam di dataran rendah dengan cuaca yang agak panas.

Pastikan area yang akan kita tanami bibit mangga kiojay dibersihkan dari tanaman penggangu seperti rumput dan gulma, bersihkan pula sampah plastik (non organik) dan bebatuan yang kira-kira bisa menghambat pertumbuhan tanaman buah mangga.

Mempersiapkan Lubang Tanam di Lahan Budidaya

Setelah kita memilih dan mempersiapkan area yang akan dipakai untuk budidaya maka langkah selanjutnya adalah membuat lubang tanam. Siapkan cangkul, sekam dan pupuk kompos/kandang (2kg), kemudian buatlah lubang tanam dengan kedalaman dan diameter 60cm x 60cm x 60cm.

 Tanah bekas galian campur dengan pupuk kompos (2kg) dan sekam. Lubang tanam dan tanah campuran kompos kita biarkan dulu minimal 3-4 hari.

Proses Pemindahan Bibit Mangga Kiojay Ke Lubang Tanam

Jika lubang sudah siap maka langkah berikutnya adalah proses penanaman bibit, jika bibit masih berada didalam polybag maka lepas secara perlahan dan hati-hati jangan sampai akarnya rusak caranya adalah dengan merobek plastik polybag dengan pisau.

Letakan bibit mangga kiojay ditengah-tengah lubang lalu kubur dengan campuran tanah dan pupuk kompos yang telah disiapkan tadi, pastikan posisi bibit diletakkan ditengah dan lurus tegak alias tidak miring, jika memungkinkan bisa menggunakan tiang dari kayu/bambu atau besi untuk penyangga.

Penyiraman Pohon Mangga

Naah… Setelah bibit mangga kiojay ditanam di lahan, maka lakukan penyiraman air secukupnya pada bibit tersebut. Penyiraman diulang minimal setiap hari sekali itupun jika kita menanamnya saat musim panas. Makanya sangat disarankan untuk menanam bibit mangga ketika menjelang musim hujan supaya lebih efisien jadinya kita tak perlu repot menyiram bibit pohon mangga setiap hari.

Pemasangan Ajir atau Tiang Penyangga

Pemasangan ajir atau tiang penyangga memang tidak wajib namun untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan menimpa bibit mangga kita apalagi sekarang cuaca tidak menentu maka lebih baik untuk memasangnya. Tiang penyangga bisa kita buat menggunakan bambu berukuran 1,5 meter.

Pemupukan Rutin dan Bertahap

Pemberian pupuk pada tanaman mangga kio jay sangat mutlak diperlukan dan menjadi salah satu faktor terpenting bagi keberlangsungan pertumbuhan pohon mangga kiojay. Asupan nutrisi yang terserap tanaman akan membuat tanaman menjadi sehat dan tumbuh berkembang.

Pemberian pupuk pada tanaman mangga kiojay sangat mutlak diperlukan dan menjadi salah satu faktor terpenting bagi keberlangsungan pertumbuhan pohon mangga kiojay. Asupan nutrisi yang terserap mangga kiojay dalam pot akan membuat tanaman menjadi sehat dan tumbuh berkembang.

Sesuai dengan pengalaman kami pemupukan Mangga Kio jay Dalam Pot sama seperti pemupukan tanaman mangga pada umumnya, untuk awalan agar pertumnbuhan mangga kiojay dalam pot bagus diberi pupuk kandang,  ZPT dan Atonik selama satu bulan sekali. Yang paling kami anjurkan adalah penggunaan pupuk organik.

Terlebih pupuk yang di formulasikan untuk tanaman buah, karena mengandung semua kebutuhan tanaman buah. Silahkan klik di sini untuk detail pupuk organik khusus untuk buah.

Setelah tanaman mangga berusia diatas 1 tahun dan memiliki batang cukup kuat, tabulampot bisa diberi hormon perangsang buah seperti Gandasil B atau Goldstar. Dan untuk mencegah hama daun biasanya mangga Kiojay dalam pot disemprot dengan Decis.

Memeriksa Lahan Secara Teratur

Rajinlah memeriksa area sekitar bibit mangga yang kita budidayakan, jika ada tanaman penggangu seperti pohon atau gulma yang tumbuh maka cabut dan bersihkan. Pemeriksaan teratur ini minimal dilakukan sebulan sekali. Pastikan pula pohon mangga kita tersinari matahari sepanjang hari.

Hama dan Penyakit Tanaman Mangga

Membudidayakan tanaman memang seringkali membutuhkan kesabaran dan ketelatenan yang ekstra, salah satu hal yang datang untuk menguji seberapa sabar kita adalah hama dan penyakit tanaman.

Hama yang sering datang menerpa pohon mangga kio jay diantaranya; penggerek pucuk, penggerek buah, bisul daun, lalat buah-buahan, codot, thrips, ulat philotrictis sp, kepik mangga dan lain lain.

Kita memang berharap untuk tidak menggunakan insektisida kimia ketika menghadapi hama-hama pengganggu ini, namun jika tidak memungkinan maka gunakan insektisida secukupnya dan bijak.

Selain hama ada pula penyakit yang mengancam keberlangsungan hidup mangga kio jay kita yaitu diantaranya; penyakit diplodia, bercak karat merah, gleosporium, penyakit antraknose, kudis buah, penyakit blendok, cendawan jelaga, dan lain lain. Untuk mengatasi penyakit-penyakit ini bisa semprotkan fungisida hayati secukupnya dan gunakan secara bijak.

Pemanenan mangga kiojay

Mangga kiojay yang ditanam di tanah sudah akan berbuah pada usia 2 – 3 tahun setelah dipindahtanamkan, 6 bulan jika ditanam di dalam pot, dengan perawatan yang baik. Usia produktif tanaman ini sendiri antara 2 – 5 tahun. Buah sebaiknya dipetik dan dikonsumsi ketika 80% matang. Jika terlanjur matang sempurna (100%), rasa buah justru sudah berkurang nikmatnya karena terlalu masak dan kurang renyah. Oleh karena ukuran buahnya yang jumbo, sebaiknya lakukan penjarangan dengan memelihara maksimal 1 buah saja di tiap rantingnya.

 

Membiarkan terlalu banyak buah untuk dibesarkan tidak saja membuat ukuran buah yang dihasilkan tidak maksimal, tetapi juga berisiko robohnya pohon, terutama untuk penanaman di dalam pot. Dalam hal ini, ajir tetap diperlukan untuk membantu menyangga pohon agar tetap berdiri tegak.

Tidak hanya itu, ada lagi tantangan yang lain untuk pembesaran buah mangga kiojay. Terkadang buah mangga kiojay sudah pecah sebelum beranjak tua. Hal ini disebabkan kurangnya nutrisi dan perubahan kondisi tanah dari kering ke basah secara drastis. Masalah-masalah ini tentunya memerlukan perhatian khusus. Selain itu, masalah hama dan penyakit juga menjadi tantangan dalam perawatan mangga kiojay. Sedapat mungkin hindari penggunaan insektisida atau fungisida kimiawi sebagai langkah pemberantasan hama dan penyakit.

 Sekarang sudah tahu kan bagaimana cara budidaya tanaman mangga kiojay ini? Akan tetapi perlu Anda ketahui juga bahwa budidaya tanaman kiojay ini juga aka berbeda jika Anda budidaya tanaman mangga kiojay dengan media tanam di pot dan di pekarangan. Nah berikut kami jelaskan juga bagaimana cara budiddaya tanaman mangga kiojay dengan media tanam di pekarangan dan juga di tambulapot.

Apakah Anda mebutuhkan bibit tanaman ini? Anda bisa memesan di kami Toko Online Bibit Tanaman Pohon-Buah-Hias-Bunga yang Berkualitas dan Harga Terjangkau Grosir dan Ecer Siap melayani Proyek pesanan besar Siap Kirim Seluruh Indonesia

Bisa menghubungi nomer yang ada di website ini!!!!

Penanaman dan perawatan mangga kiojay di tanah pekarangan

Naah untuk Anda yang memiliki lahan luas seperti lahan pekarangan langkah pertama untuk menanam mangga kiojay di pekarangan adalah mempersiapkan lahan. Pilih lahan di tempat yang tidak ternaungi oleh tanaman lainnya  hal ini berfungsi agar nantinya tanaman dapat memperoleh sinar matahari penuh sepanjang hari.

Setelah Anda menyiapkan lahannya Anda bisa memulaui dengan membersihkan lahan dari gulma dan rumput liar karena dapat menjadi inang dari hama dan penyakit.Bersihkan pula lahan dari sampah anorganik dan bebatuan yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman. Gemburkan tanah dengan cangkul, buat lubang tanam berukuran 60 x 60 x 60 cm.

 

Campurkan tanah bekas galian dengan 2 kg pupuk kompos/kandang dan sekam. Diamkan lubang tanam dan campuran tanah galian selama 3 – 4 hari. Penanaman sebaiknya dilakukan menjelang musim hujan, ketika cuaca masih cukup panas untuk memaksimalkan pertumbuhan, namun kebutuhan air juga terpenuhi tanpa berlebihan. Lepaskan bibit dari polybag dengan hati-hati, gunakan pisau untuk merobek polybag agar tidak sampai merusak perakaran dan media pembibitan.

Setelah itu Anda bisa meletakkan bibit tepat di tengah lubang, lalu timbun dengan campuran tanah galian, pupuk, dan sekam yang telah disiapkan. Pastikan bibit berdiri dengan tegak, tidak miring. Padatkan tanah agar bibit dapat berdiri dengan kokoh.

Bantu dengan pemasangan ajir yang terbuat dari kayu, bambu, atau besi berukuran 1,5 m. Ajir ini masih dapat bermanfaat hingga tanaman dewasa, yaitu ketika mangga kiojay sudah mulai berbuah. Buahnya yang berat dapat berisiko patahnya cabang hingga robohnya pohon. Dengan adanya ajir, risiko ini dapat dihindari.

Sirami secukupnya, jangan sampai terlalu basah apalagi tergenang. Kondisi lahan yang terlalu lembap dapat memicu serangan penyakit. Penyiraman selanjutnya cukup satu kali sehari di sore hari apabila penanaman dilakukan saat musim kemarau atau panas.

Naah…. Perawatan selanjutnya adalah pemberian pupuk rutin satu bulan sekali dengan kombinasi pupuk kandang dan ZPT organik. Setelah tanaman berumur 1 tahun sejak dipindahtanamkan dan batangnya sudah cukup kuat, berikan hormon perangsang buah.

Selain penyiraman dan pemupukan, perawatan rutin lainnya adalah penyiangan dan pemangkasan. Siangi satu bulan sekali untuk menjaga sanitasi kebun agar terhindari dari hama dan penyakit. Adapun pemangkasan bertujuan untuk membentuk tajuk dan menjaga tanaman agar tidak tumbuh terlalu tinggi.

Tinggi tanaman yang diatur dapat memudahkan perawatan dan pemanenan. Mangga kiojay yang ditanam di lahan pekarangan sudah dapat berbuah pada usia 2 – 3 tahun apabila menggunakan bibit dari perbanyakan vegetatif.

Penanaman dan perawatan mangga kiojay di dalam pot

Naah sekarang akan kita bahas juga cara menanam mangga kiojay di dalam pot. Jika Anda tidak punya cukup lahan untuk menanam mangga kiojay langsung di tanah, Anda dapat menggunakan metode tabulampot.

Budidaya Mangga Kiojay

Cara ini juga memiliki kelebihan, dengan perawatan dan pemupukan berkala yang cermat dapat lebih cepat berbuah, yaitu dalam enam bulan setelah pemindahtanaman dari polybag pembibitan ke dalam pot. Pilihlah pot yang cukup besar, diameter minimal 60 cm, dan berbahan kuat. Pastikan pot pilihan Anda memiliki lubang pada bagian dasarnya untuk sistem drainase.

Media tanam untuk penanaman mangga kiojay di dalam pot terdiri atas campuran tanah dan humus. Sirami satu kali sehari. Pemupukan dengan NPK daun dan obat perangsang tumbuhan satu bulan atau 2 minggu sekali, terutama pada tahun pertama.

Apabila media tanam sudah baik kualitasnya, setelah tanaman berusia di atas satu tahun tidak perlu lagi diberikan pupuk ataupun obat perangsang. Perhatikan selalu media tanam agar tidak sampai ditumbuhi gulma atau tanaman liar. Perhatikan pula percabangan agar tidak terlalu rimbun dan tinggi.

Alasan Mengapa Memilih Kami !

RIBUAN JENIS TANAMAN

Ribuan jenis varietas benih & bibit tanaman ada disini, menerima pembelian ecer maupun grosir serta melayani pengerjaan proyek.

PRODUK – PRODUK BERKUALITAS

Semua produk dijual telah lolos standar kami, dari segi keakuratan & kualitas barang, serta pelayanan yang baik.

PACKING SANGAT AMAN

Barang yang kami kirim akan kami packing (kemas) seaman mungkin, dengan pemberian vitamin tumbuhan sebelum pengiriman serta penggunaan bahan packing yang aman seperti kayu atau triplek.

Manfaat mangga Kiojay

Selain memiliki rasa yang sangat nikmat buah mangga Kiojay juga memiliki banyak manfaat lho… berikutini beberapa manfaat mangga yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan Anda.

1. Mencegah jerawat

Manfaat buah mangga kiojay yang pertama adalah dapat mencehah jerawat. Mengoleskan bulir mangga pada kulit akan membantu membersihkan pori-pori serta mencegah terjadinya masalah komedo dan jerawat. Ekstrak mangga akan membantu menjaga agar kulit Anda sehat dengan membersihkan semua bakteri yang ada pada kulit.

Selain itu, mango butter merupakan pelembap yang baik untuk kulit sensitif. Mango butter bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit berminyak dengan melarutkan kelebihan minyak serta menyembuhkan bekas luka serta menutrisi kulit Anda.

2. Menyehatkan kulit

Buah mangga kiojay memiliki nilai nutrisi yang sangat tinggi karena kaya vitamin, mineral, hingga antioksidan. Anda akan menemukan vitamin C, A, B6, E, K, beta-karoten, magnesium, dan banyak lagi yang selain menjaga kesehatan tubuh juga akan mendorong kesehatan kulit Anda.

3. Meredakan inflamasi pada kulit

Mangiferin yang ditemukan pada biji dan kulit buah mangga merupakan antioksidan yang sangat kuat. Antioksidan ini membantu meredakan peradangan akibat jerawat dan kondisi peradangan kulit lainnya.

4. Mendorong terbentuknya kolagen

Vitamin A dan C membantu menjaga sistem imun tubuh dengan menghasilkan protein kolagen. Protein kolagen adalah rantai asam amino yang membangun jaringan ikat tubuh.

5. AHA menghilangkan sel kulit mati

Alpha hydroxy acid atau AHA pada mangga kiojay juga merupakan eksfoliator kimia alami yang baik untuk kulit Anda. Bahan ini akan membantu menghilangkan kulit yang kusam dan kering serta membuatnya menjadi lebih segar dan sehat.

6. Mencegah kanker

Mangga kiojay memiliki sejumlah besar pektin, serat makanan yang larut secara efisien berkontribusi menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Pektin juga dapat membantu mencegah perkembangan kanker prostat.

Penelitian di The Institute for Food Research menemukan bahwa senyawa dalam pektin bergabung dengan galektin 3 (protein yang memainkan peran penting dalam semua tahap kanker). The European Prospective Investigation of Cancer juga telah meneliti tentang hubungan yang kuat makan mangga dan menurunkan risiko kanker saluran pencernaan.

7. Bantu menambah berat badan

Mengonsumsi mangga kiojay adalah salah satu cara termudah untuk menambah berat badan. 150 g mangga memiliki sekitar 86 kalori, yang dapat diserap dengan mudah oleh tubuh. Selain itu, mereka mengandung pati, yang berubah menjadi gula dan membantu menambah berat badan. Milkshake mangga akan mempercepat proses penambahan berat karena mereka juga mengandung susu.

8. Mengatasi masalah pencernaan

Manfaat mangga kiojay memainkan peran penting dalam menghilangkan masalah seperti gangguan pencernaan dan keasaman berlebih. Enzim pencernaan di dalamnya membantu mempromosikan pencernaan alami yang efisien. Bahan bioaktif dalam mangga seperti ester, terpene, dan aldehid berkontribusi dalam meningkatkan nafsu makan dan juga meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

9. Menyembuhkan anemia

Mangga kaya zat besi, yang membuat buah ini bermanfaat bagi orang yang menderita anemia. Asupan yang teratur dan dimoderasi dapat membantu menghilangkan anemia dengan meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Tonik yang dibuat dari mangga dalam obat herbal China dikenal sebagai tonik yin, dan digunakan untuk mengobati anemia, gusi berdarah, batuk, sembelit, mual, demam, mabuk laut, dan sebagai obat untuk pencernaan yang lemah.

10. Menunda penuaan

Khasiat buah mangga membantu menghasilkan protein kolagen di dalam tubuh, karena mangga mengandung banyak vitamin A dan C. Kolagen membantu melindungi pembuluh darah dan jaringan ikat tubuh, sehingga memperlambat proses penuaan alami. Oleh karena itu, mangga benar dapat disebut makanan anti-penuaan.

Menarik bukan? Jika Anda tertarik untuk memelihara Mangga kiojay dan ingin mendapatkan bibitnya.Anda bisa menghubungi nomer pada webstite ini untuk mendapatkan informasinya