Cara Membedakan Kurma Jantan Dan Betina

Cara Membedakan Kurma Jantan Dan Betina

Cara Membedakan Kurma Jantan Dan Betina

Cara Membedakan Kurma Jantan Dan Betina

Ingin Beli Bibit Pohon Kurma Kami ?

Caranya Mudah, Langsung saja hubungi nomor Custumer Service yang ada di halaman web ini. Klik Benner di bawah ini.

Cara Membedakan Kurma Jantan Dan Betina – Untuk mengetahui perbedaan kurma jantan dan betina dapat dilakukan dengan pembiakan dengan biji saja. Karena pembiakan dengan anakan (offshoot) atau kultur jaringan langsung bisa membedakan kurma jantan dan betina. Walaupun kurma jantan tidak bisa menghasilkan buah, tetapi kurma jantan bisa menghasilkan anakan. Selain itu kurma jantan juga berfungsi untuk membuahi kurma betina. Meskipun sebenarnya kurma betina juga bisa berbuah tanpa harus dibuahi kurma jantan terlebih dahulu.  Hanya saja buah yang dihasilkannya berkualitas jelek dan ukurannya kecil-kecil. Ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa pohon kurma jantan dan betina dapat dilihat dengan mata telanjang melalui bagian daun pisau muda.  Kurma jantan memiliki daun dan duri yang lebih panjang, serta tampak banyak di tiap tangkainya. Pendapat ini kurang tepat, karena bisa saja terjadi daun dan duri kurma jantan tumbuh pendek akibat dari buruknya perawatan.   Tetapi sampai saat ini cara tersebut belum cukup efektif untuk mengetahui jenis kurma jantan atau betina. Maka cara lain yang bisa Anda coba untuk mengetahui kurma jantan dan betina adalah sebagai berikut :

  1. Perhatikan pangkal pelepahnya.

Untuk mengetahui kurma itu jantan atau kurma betina yang paling mudah adalah ketika sudah besar perhatikan pangkal pelepah kurma, kurma jantan pangkal pelepahnya agak terang kekuningan, sedangkan yang betina agak abu-abu pangkal pelepahnya.

  1. Perhatikan bentuk bunganya.

Bagian kurma jantan akan memiliki mancung yang mucul pada bunga jantan dan cenderung berukuran lebih pendek dari bunga betina. Bentuk mancung bunga jantan juga lebih besar (gemuk berisi), dan memiliki ciri khas dengan kulit mancung lebih lunak dari betina. Ciri paling khas dari bunga jantan saat pembungkus (mancung) terbuka adalah bunga memiliki kondisi mekar lebih tebal, dengan corak warna cenderung putih. Sedangkan untuk kurma betina, Kulit pembungkus bunga (Mancung) dari pohon kurma betina berukuran lebih panjang, tampilan mancung bunga betina lebih ramping dengan tekstur kulit pembungkus lebih keras sedikit dari pejantan, Ciri-ciri umum yang dimiliki pohon kurma betina adalah dengan warna bunga yang kekuningan atau krem saat mancung telah terbuka, bentuk bunga mekar tipis dan memanjang. Itulah cara membedakan kurma jantan dan betina yang bisa Anda coba terapkan. Semoga artikel ini bermanfaat.