Cara mencangkok pohon buah

Cara mencangkok pohon buah

Cara mencangkok pohon buah

Cara mencangkok Pohon Buah – Jika Anda hobi menanam pasti sudah tidak asing lagi dengan metode pembiakan tanaman ini. naah.. jika Anda masih pemula dalam dunia pertanaman mungkin ini bisa menjadi salah satu referensi Anda. Kali ini kami akan mengulas mengenai cara emncangkok pohon buah.

Cara mencangkok pohon buah

Cara mencangkok merupakan salah satu metode pembiakan atau reproduksi vegetatif  buatan yang sering  dilakukan dalam proses perbanyakan tanaman dengan tujuan untuk mendapatkan bibit pohon yang memiliki sifat yang sama dengan induknya dan lebih cepat menghasilkan / cepat berbuah. Disebut buatan, karena metode ini berbeda sama sekali dengan cara alami dimana biasanya proses reproduksi tanaman buah berasal dari biji, kemudian tumbuh menjadi tunas hingga tumbuh sempurna menjadi pohon buah. Metode ini bisa diterapkan untuk kebanyakan pohon buah seperti mangga, alpukat, jambu air, jambu bol dan tanaman lainnya.

Dalam pertanian, pencangkokan adalah suatu cara perbanyakan vegetatif tanaman dengan membiarkan suatu bagian tanaman menumbuhkan akar sewaktu bagian tersebut masih tersambung dengan tanaman induk. Dalam literatur bahasa Inggris pencangkokan disebut sebagai air layering. Dalam pengertian teknis di Indonesia ada jenis layering lain yang dikenal sebagai perundukan.

Pada pencangkokan dikenal juga sebagai marcotting, suatu bagian batang (biasanya adalah cabang) dikerat kulitnya hingga terlihat kayu. Bagian yang terbuka ini lalu dibungkus dengan bahan yang dapat menyimpan air dan kemudian dibebat dengan bahan kedap air, seperti plastik. Hormon tumbuhan perangsang perakaran kadang – kadang diberikan. Setelah beberapa minggu biasanya akar telah cukup banyak terbentuk dan anakan ini dipisahkan dari pohon induk.

Keuntungan dan Kerugian Mencangkok

Cara perkembangbiakan tumbuhan dan tanaman dengan mencangkok adalah sangat penting terutama untuk buah-buahan. Karena rasa dan bentuk buah yang dihasilkan biasanya akan sama persis dengan induknya (mempertahankan kualitas). Berbeda jika perkembangbiakan di lakukan dengan menanam dari biji, terkadang tanaman yang dihasilkan tidak sama dengan kriteria yang dimiliki oleh induknya.

Tumbuhan hasil cangkokan akan lebih cepat berbuah dibandingkan tumbuhan yang ditanam dari biji dan memiliki sifat yang sama dengan induknya. Akan tetapi, tumbuhan hasil cangkokan biasanya mudah roboh, karena sistem perakarannya adalah serabut, oleh karena itu berhati-hatilah pada saat menanamnya.

Kelebihan Tumbuhan yang di Reproduksi dengan Cara Mencangkok

Alasan utama mencangkok tumbuhan terutama buah-buahan adalah untuk mempertahankan kualitasnya, baik itu frekuensi berbuahnya, kelebatannya, rasa manisnya, hingga kandungan vitaminnya. Istilah kloning  mungkin tepat untuk menggambarkannya, yang tidak bisa didapatkan dari reproduksi alami.

Kloning adalah proses menghasilkan individu-individu dari jenis yang sama (populasi) yang identik secara genetik.

Berikut ini adalah beberapa kelebihannya:

Cara mencangkok pohon buah

  1. Tumbuhan hasil cangkokan akan lebih cepat berbuah

Tanaman hasil cangkokan memiliki keunggulan yaitu cepat berbuah bila dibanding dengan tanaman yang berasal dari biji. Karena tanaman hasil cangkokan didapatkan dari pohon induk yang pernah berbuah, jadi tentu saja akan cepat untuk berbuah.

  1. Tumbuhan yang dicangkok memiliki sifat yang sama dengan induknya

Jika anda ingin memiliki tanaman yang sama dengan tanaman induknya, hasil buahnya juga sama, rasa buahnya juga sama, maka mencangkok adalah salah satu alternatifnya. Produksi dan kualitas buahnya akan persis sama dengan tanaman induknya.

  1. Tingkat keberhasilannya lebih tinggi

Jika anda memilih menanam tanaman hasil cangkokan, maka dapat dipastikan anda akan cepat berhasil dalam melakukan pembudidayaan tanaman tersebut. Berbeda jika anda memilih menanam dengan menanamkan bijinya langsung, akan kecil kemungkinan untuk berhasil.

  1. Dengan cara mencangkok ukuran pohon dapat diatur sehingga relatif pendek

Tanaman hasil budidaya dari cangkok biasanya sudah dapat berbuah meskipun memiliki ukuran yang tidak tinggi. Bahkan pohon yang masih pendekpun sudah dapat berproduksi dan menghasilkan buah, tidak seperti tanaman yang didapatkan dengan cara budidaya menggunakan biji atau cara generatif.

  1. Tanaman hasil cangkok mempunyai manfaat lain sebagai tanaman hias

Dikenal dengan istilah tabulampot (tanaman buah dalam pot), selain tidak membutuhkan tempat yang luas dan tidak harus tertanam di tanah (bisa menggunakan media tanam pot), pohonnya tidak tinggi, namun tetap bisa berbuah lebat.

Kekurangan Cara Mencangkok Pada Tumbuhan dan Tanaman

Ini merupakan hukum alam pada kehidupan. Apapun yang dihasilkan dengan cara yang singkat tanpa melalui proses dan tahapan yang seharusnya, biasanya memiliki beberapa kelemahan. Tidak hanya manusia tumbuhan pun memerlukan proses demikian. Berikut ini adalah kelemahannya

  1. Pada musim kemarau panjang tanaman tidak tahan kering

Salah satu kelemahan tanaman hasil cangkokan yaitu tanaman tersebut tidak tahan apabila musim kemarau datang. Dengan demikian diperlukan penyiraman rutin agar tanaman tidak mati.

  1. Tanaman mudah roboh bila ada angin kencang

Karena memiliki akar serabut, tanaman hasil cangkokan relatif mudah untuk roboh apabila terkena angin kencang . Berbeda dengan tanaman berakar tunggang. Ingin mengetahui perbedaan akar tunggang dan serabut?

  1. Tajuk pada pohon induk cenderung akan mudah rusak

Tanaman induk akan menjadi rusak karena banyaknya cabang yang dipotong. Sehingga bisa saja tanaman induk cepat mati.

  1. Terbatasnya jumlah cangkokan pada tanaman induk

Dalam satu pohon induk kita hanya bisa mencangkok beberapa batang saja, sehingga perbanyakan tanaman dalam jumlah besar tidak bisa dilakukan dengan cara ini.

Bagaimana jadih lebih tahu bukan keuntungan dan cara mencangkok pohon buah? Jika Anda ingin mendapatkan bibit buah yang berkualitas bisa menerapkan metode ini. Atau jika Anda masih kesulitan untuk mendapatkan bibit buah yang berkualitas Kami di sini ada untuk menjadi solusi bagi Anda. Anda bis amenghubungi nomer yang ada di web site ini untuk mendapatkan bibit buah berkualitas.