Keistimewaan Durian Matahari

Keistimewaan Durian Matahari

Keistimewaan Durian Matahari

Keistimewaan Durian Matahari – Hampir setiap orang menyukai buah durian. Buah khas dari Asia tenggara ini memang memiliki rasa yang sangat lezat dan nikmat. Selain itu rasa lezat dari buah durian ini juga didukung dengan aroma khas dan nikmat dari buah durian.  Hal ini tentu membuat banyak orang baik dalam negeri ataupun luar negeri menyukai buah durian satu ini.

Naah jenis durian terdapat  banyak sekali. Mulai dari durian khas Indonesia bahkan durian khas dari negara lain. Dan di antara banyak jenis durian ada salah satu durian lokal khas jawa barat yang akhir-akhir ini mencuri perhatian banyak orang. Yaitu buah durian matahari.

Durian Matahari merupakan salah satu jenis durian lokal unggulan dari Jawa Barat. Durian ini dinamakan durian matahari karena warna daging buahnya yang berwarna kuning keemasan seperti pancaran sinar matahari. Durian Matahari terkenal memiliki rasa manis dengan aroma yang tidak terlalu tajam, berbeda dengan durian petruk yang berasal dari Jawa tengah yang mempunyai aroma menyengat yang khas. Sehingga tidak terlalu mengganggu orang yang tidak begitu menyukai bau durian.

Buah durian matahari mempunyai daging buah yang tergolong tebal dengan tekstur buah yang berserat halus dan tidak berair. Berat satu buah durian matahari berkisar antara 2 sampai dengan 3,5 kg. Dalam satu buah durian matahari rata-rata terdapat 10 sampai dengan 20 pongge dengan ciri khas warna buah hijau kekuningan.

Asal Muasal Durian Matahari

Naah.. perlu Anda ketahui mengenai asalah usul dari buah durian matahari ( Durio zibethinus ) adalah varietas durian lokal yang berasal dari Bogor Jawa Barat. Suatu daerah dengan Iklim basah dengan curah hujan yang tinggi.

Durian Matahari memiliki warna kulit buah hijau kekuningan dan daging buah berwarna kuning cerah. Durinya besar, runcing, jarang, dan bengkok. Berat buah 2 – 3,5 kg. Rasanya manis dengan daging buah tebal berwarna kuning, kering, berlemak, tekstur halus, aroma aroma tidak tajam seperti durian biasanya.

Tajuk pohonnya menyerupai kerucut. Buahnya berbentuk bulat panjang. Warna kulit buah hijau kecoklatan dengan ketebalan kulit hingga 1cm. Durinya besar, runcing, jarang, dan bengkok. Tinggi varietas durian matahari ini mencapai 25 m dengan lebar tajuk 15 meter. Tanaman ini sangat tahan terhadap hama penggerek buah dan penyakit busuk akar.

Tanaman durian dapat tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 1.000 m di atas permukaan laut. Namun, produksi terbaiknya dicapai jika penanaman dilakukan pada ketinggian 400-600 m di atas permukaan laut. Tanaman ini menyukai daerah yang beriklim basah atau tempat-tempat yang banyak turun hujan. Jenis tanah yang baik untuk pertumbuhannya yaitu tanah yang lembap, subur, gembur, tak bercadas, dan kedalaman air tanahnya tidak lebih dari 1 m.

Keistimewaan Durian Matahari  merupakan durian yang sangat produktif karena mampu menghasilkan buah dalam jumlah banyak bahkan pada pohon yang sudah berumur 20 tahun.

Menariknya lagi tanaman durian matahari ini juga kebal terhadap beberapa hama dan penyakit yang biasanya merugikan petani karena menyerang tanaman durian sehingga pertumbuhan dan kualitas buah menjadi tidak maksimal.

Berikut ini adalah beberapa keistimewaaan Durian matahari yang pastinya akan membuat anda makin jatuh cinta :

  1. Durian Lokal Nomor Wahid

Salah satu keistimewaan durian matahari  dapat dikategorikan sebagai durian lokal yang mempunyai mutu kelas wahid karena durian matahari adalah satu-satunya durian lokal yang mempunyai sertifikat resmi dari Badan Pengawas Sertifikasi Benih (BPSB) Provinsi Banten sebagai durian unggulan bekerja sama dengan pengusaha – pengusaha di Banten. Karena sudah bersertifikat resmi untuk keunggulan, durian matahari ini tidak perlu diragukan lagi.

  1. Bercita Rasa Juara

Naah perlu Anda ketahui bahwa durian matahari dikenal memiliki kualitas buah durian unggulan karena mempunyai rasa dan aroma durian yang sangat khas. Durian ini mempunyai daging buah dan rasa yang diidam-idamkan oleh penikmat durian, tak hanya berdaging tebal akan tetapu ukuran biji durian ini pun terbilang kecil bahkan ada beberapa durian yang dibudidayakan tanpa biji sehingga anda akan sangat terpuaskan menyantap durian ini.

Selain ketebalan daging, buah durian matahari mempunyai rasa yang amat manis dengan tekstur buah yang berserat halus, berlemak, tidak lembek dan tidak berair. Durian ini juga mempunyai aroma yang tidak terlalu menyengat, tidak seperti durian petruk. Sehingga orang yang tidak terlalu suka denga aroma durian dapat ikut menyantap durian ini tanpa merasa pusing karena aromanya.

  1. Mudah untuk Dibudidayakan

Salah satu  hal yang cukup menarik dari jenis durian ini adalah durian ini terhitung mudah untuk dibudidayakan karena mempunyai tipe yang tidak rewel dan tidak membutuhkan perawatan yang rumit dan sulit. Sebagai tanaman daerah tropis, durian matahari dapat tumbuh hampir disemua tempat di Indonesia.

Asalkan lahan yang ingin ditanami mempunyai unsur hara dan sinar matahari yang cukup maka tanaman ini akan tumbuh dengan optimal, tetapi jangan lupa untuk memberikan pupuk secara rutin. Jika ingin lebih cepat dan lebat jangan ragu untuk menambahkan hormon perangsang pembungaan dan buah.

  1. Tahan Terhadap Hama dan Penyakit

Tanaman durian matahari ini mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki oleh tanaman durian lokal jenis yang lain, yaitu ketahanan terhadap hama dan penyakit. Karena berasal dari daerah Bogor yang terkenal memiliki iklim basah dengan curah hujan yang sangat tinggi membuat tanaman durian matahari mempunyai ketahanan terhadap serangan penyakit busuk akar (fusorium sp) dan juga bisa tahan terhadap hama penggerek buah (tirathoba sp).

Penyakit busuk akar umumnya menyerang tanaman durian yang akarnya terkena atau tergenang air berlebihan. Tetapi karena daerah asal tumbuh nya mempunyai curah hujan yang sangat tinggi sekali meyebabkan tanaman ini biasa terbiasa terhadap supplai air berlebih dan membuat ketahanan tanaman terhadap air yang berlebihan menajadi lebih tinggi.

  1. Produktifitas Tinggi

Sebagai durian lokal, durian matahari ini tergolong sebagai tanaman yang sangat produktif karena mampu berbuah saat tanaman berumur 5 sampai dengan 6 tahun. Selain itu tanaman ini berbuah sepanjang tahun, umumnya masa panen durian ini adalah 2 kali dalam setahun.

Tanaman durian matahari juga mempunyai usia hidup yang cukup lama, usia tanaman durian matahari ini mampu mencapai lebih dari 20 tahun dan produktifitasnya tidak menurun. Pada usia tanaman 20 tahun, tanaman durian matahar masih mampu menghasilkan sekitar 50 buah sampai dengan 200 buah per pohon. Sungguh mengagumkan!

  1. Nilai Jual Tinggi

Meskipun durian lokal tetapi harga durian matahari tidak kalah apabila dibandingkan dengan durian impor. Karena rasa nya yang enak dan manis, durian matahari banyak dicari dan diburu penikmat durian. Tak salah jika durian ini dipasaran dibanderol dengan harga Rp. 30.000 sampai dengan Rp. 50.000 per kilogram.

Maka jika ingin meningkatkan perekonomian anda tak ada salahnya jika anda mulai memikirkan untuk membudidayakan tanaman durian matahari ini.

  1. Sebagai Daerah Agrowisata

Durian matahari ini bukan jenis durian yang dapat ditanam diperkarangan karena sistem perakarannya yang sangat luas sehingga dikhawatirkan apabila ditanam di lahan perkarangan dapat merusak pondasi bangunan. Maka sangat dianjurkan untuk menanam durian ini dilahan khusus sehingga pertumbuhan nya dapat optimal. Oleh karena itu, mulai beberapa tahun yang lalu banyak petani yang mulai menanam durian matahari dalam skala besar yaitu menanam durian matahari ini dilahan yang luasnya mininal 1 hektare. Bahkan banyak daerah yang mulai melirik budidaya durian matahari sebagai daerah agrowisata, salah satunya adalah daerah di Lebak, Banten, Jawa Barat.

Daerah ini menjadikan daerahnya sebagai daerah agrowisata durian matahari untuk meningkatan pendapatan perekonomian masyarakat setempat. Petani-petani disana tak hanya memasarkan durian matahari langsung ditemapt kepada wisatawan yang datang tetapi mereka juga bekerja sama dengan pengusaha-pengusaha setempat dalam memasarkan hasil perkebunannya.

  1. Kaya Akan Manfaat

Durian matahari ini dikenal tidak hanya durian yang enak untuk disantap tetapi juga kaya akan manfaat terutama untuk kesehatan. Adapun manfaat durian matahari untuk kesehatan adalah :

  • Mengatasi sembelit dan mengurangi gangguan pencernaan – Buah durian ini bisa mengatasi sembelit yang dirasakan seseorang. Kandungan serat yang tinggi dalam daging buah durian menjadi alasan buah ini penting dimakan oleh yang menderita masalah pencernaan.
  • Dengan kandungan asam folat dan vitamin B9, buah ini bisa meningkatkan sel darah merah dalam tubuh dan mengatasi anemia.
  • Untuk tulang dan persendian seperti lutut dan ruas jari dengan kandungan potassium dan kalsiumnya yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang.
  • Untuk mengatur kestabilan darah dalam tubuh. Buah durian bisa mengstabilkan darah, ini dkikarenakan dalam buah ini mengandung mangan. Kendati demikian, tetap tidka bagus kalau dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.
  • Untuk menjaga nafsu makan dengan kandungan vitamin B1-nya.
  • Untuk meredakan stress dan mengatasi depresi dengan kandungan vitamin B6 atau piridoksinnya.
  • Menjaga kesehatan Tiroid karena kandungan tembaga yang terdapat dalam buah durian matahari.
  • Mencegah migrain karena durian matahari mempunyai kandungan senyawa iboflavin dan vitamin B2.

 

Budidaya durian Matahari

Persiapan Penanaman

Cara menanam Bibit Pohon Durian Matahari tergolong mudah. Bagi Anda yang hendak memulai budidaya Bibit Buah Durian Matahari dan ingin mengetahui cara menanam durian yang baik, berikut ini adalah cara menanam Bibit Pohon Durian Matahari :

Pemilihan Lahan

Dalam budidaya durian matahari pastikan lahan tanam yang akan digunakan kondisi tanahnya subur dan mengandung cukup unsur hara tanah. Pohon durian matahari merupakan jenis pohon besar sehingga tidak disarankan untuk menanam Durian Matahari Dalam Pot atau Tabulampot Durian Matahari. Selain ukuran pohon yang cenderung besar dan kokoh, pohon durian matahari juga memiliki perakaran yang kuat dan menjalar.

 Lokasi penanaman sebaiknya tidak terlalu dekat bangunan atau tembok dikarenakan akarnya dapat merusak pondasi bangunan.

Pemilihan Bibit Buah Durian Matahari

Tahapan kedua adalah pemilihan bibit durian matahari. Dalam menanam Bibit Durian Matahari yang baik diawali dengan menentukan bibit durian yang akan ditanam. Kami Jual Bibit Durian Matahari yang berkualitas dengan Harga Bibit Durian Matahari yang bersaing. Di tempat kami,anda bisa mendapatkan Bibit Buah Durian Matahari dengan varietas unggulan dan bebas dari segala macam hama penyakit.

Selain itu kami Jual Bibit Durian Matahari yang memiliki peluang tumbuh sangat baik. Itulah beberapa syarat utama yang harus dipenuhi dalam memilih Bibit Pohon Durian Matahari. Kreteria lain bibit buah durian matahari yang ideal yaitu banyak terdapat tunas baru pada batang bibit pohonnya.

Apakah Anda mebutuhkan bibit tanaman ini? Anda bisa memesan di kami Toko Online Bibit Tanaman Pohon-Buah-Hias-Bunga yang Berkualitas dan Harga Terjangkau Grosir dan Ecer Siap melayani Proyek pesanan besar Siap Kirim Seluruh Indonesia

Bisa menghubungi nomer yang ada di website ini!!!!

Menanam Durian Matahari Dalam Tabulampot Durian Matahari

Dalam proses budidaya durian matahari ada beberapa cara salahs satuy adalah menanam dengan tambulapot. Dalam  menanam Durian Matahari Dalam Pot atau Tabulampot Durian Matahari akan membutuhkan waktu dan tenaga ekstra. Tanaman durian sebenarnya tumbuh paling optimal di tanah langsung di tanah, tapi dengan mengikuti teknik yang benar, bukan tidak mungkin durian bisa berbuah di media pot atau Tabulampot Durian Matahari. Menanam durian dalam pot tidaklah mudah, bahkan tidak sedikit yang gagal meskipun telah melakukan langkah-langkah perawatan secara intensif.

Menanam Durian Matahari Dalam Pot tidak seperti menanam di tanah langsung yang dengan perawatan seadanya pun durian masih bisa berbuah. Biasanya, bunga durian yang ditanam di pot / Tabulampot Durian Matahari sulit tumbuh optimal. Bahkan untuk menjadi buah masak sangat sulit. Ukuran buah juga tidak seperti biasa karena lebih kecil. Tabulampot Durian Matahari lebih ditujukan hanya sebagai  tanaman buah hias di pekarangan rumah dan konsumsi sendiri mengingat buahnya lebih kecil dan tidak banyak.

Menanam Di Lahan

Untuk budiaya kedua adalah menanam durian matahari yaitu untuk Anda yang memiliki lahanyang cukup luas. Tahap pertama Anda bersihkan lahan dari gulma dan tanaman liar yang menghalangi masuknya sinar matahari ke lokasi lahan. Gemburkan tanah lahan sebelum ditanam, selanjutnya diamkan selama 3-4 hari untuk dianginkan.

 Berikan pupuk kandang yang sudah dikeringkan untuk menambah unsur hara tanah yang dibutuhkan tanaman, dan diamkan kembali selama 1 minggu agar pupuk terserap sempurna oleh tanah. Cara menanam durian selanjutnya adalah membuat lubang tanam dengan jarak antar lubang minimal 10x10m.

Tujuan diberikannya jarak antar tanaman sejauh itu adalah agar antar tanaman tidak berebut nutrisi di dalam tanah dan tajuk tidak saling menghalangi masuknya sinar matahari, serta mencegah penyebaran hama penyakit kepada tanaman terdekatnya.

Diamkan lubang tanam selama 1 pekan agar gas racun tanah memuai oleh sinar matahari dan terbawa angin. Waktu yang tepat untuk menanam Bibit Durian Matahari sebaiknya dimulai pada musim penghujan agar tanaman baru mendapatkan supplay air yang cukup.

Kemudian masukkan Bibit Pohon Durian Matahari kedalam lubang tanam dengan posisi tegak, kemudian tutup kembali dengan tanah hingga batas pangkal batang bibit durian. Setelah ditanam, sirami setiap tanaman secukupnya untuk memenuhi kebutuhan air bagi Tanaman Durian Matahari.

Alasan Mengapa Memilih Kami !

RIBUAN JENIS TANAMAN

Ribuan jenis varietas benih & bibit tanaman ada disini, menerima pembelian ecer maupun grosir serta melayani pengerjaan proyek.

PRODUK – PRODUK BERKUALITAS

Semua produk dijual telah lolos standar kami, dari segi keakuratan & kualitas barang, serta pelayanan yang baik.

PACKING SANGAT AMAN

Barang yang kami kirim akan kami packing (kemas) seaman mungkin, dengan pemberian vitamin tumbuhan sebelum pengiriman serta penggunaan bahan packing yang aman seperti kayu atau triplek.

Penyiraman Pohon Durian Matahari

Naah tahao berikutnya adalah proses penyiraman harus dilakukan secara rutin setiap pagi dan sore hari. Pada saat musim hujan, penyiraman dilakukan untuk menjaga kelembaban tanah lahan tanam.

Perhatikan terlebih dahulu kondisi tanah sehari setelah anda menanam pohon durian, bila tanah sudah mulai mongering maka anda harus menyiramnya dengan banyak air hingga kondisi tanah lembab.

Proses Pemupukan

Dalam proses pemupukan ini kondisi Bibit Pohon Durian Matahari harus selalu diperhatikan agar terhindar dari hama ataupun penyakit. Gunakan pestisida untuk mengatasi hama yang menyerang Bibit Buah Durian Matahari.

Pemupukan susulan juga perlu untuk menjaga stabilitas kandungan unsur hara tanah dan nutrisi yang dibutuhkan tanaman durian. Pemupukan susulan dilakukan setahun sekali dengan cara menaburkan pupuk kandang yang sudah matang di sekitar tanaman durian.

Masa Panen Durian Matahari

Setelah melalui beberapa tahapan cara menanam durian matahari diatas, tiba waktunya masa panen durian. Durian matahari dapat dipanen setelah berusia 5 hingga 6 tahun sejak masa tanam.

Menarik bukan? Jika Anda ingin mendapatkan bibit durian matahari dengan kualitas terbaik Anda tidak perlu bingung mendapatkannya. Anda cukup menghubungi nomer yang ada di website ini untuk mendapatkan informasi dan juga harga terbaiknya. Semoga artikel ini bermanfaat ya…