Harga Palem Kipas

Harga Palem Kipas

Harga Palem Kipas

Harga Pohon Palem Kipas –  Banyak dari kita pasti mengetahui tentang pohon hias satu ini, yaitu pohon palem. Karena pohon satu ini banyak sekali di tanam di jalanan. Dan ternyata pohon palem memiliki banyak jenis lho… salah satu yang akan kita bahas ini adalah salah satu palem yang banyak di tanam di perumahan, halaman rumah atau di pinggir jalan yaitu palem Kipas.

Harga Palem Kipas

Pohon palem merupakan tanaman dari suku pinang-pinangan atau Aracaceae yang mana tanaman ini merupakan tanaman yang masih satu kerabat dengan tanaman kelapa, enau dan pinang.

Palem merupakan salah satu jenis tanaman yang masuk ke dalam golongan tanaman hias. Tanaman ini sangat popular dikalangan masyarakat terutama pada kalangan masyarakat di perkotaan.

Hal ini dikarenakan tanaman hias ini cukup mudah dalam perawatannya dan dapat tumbuh di daerah tropis dan sub-tropis, di dataran rendah maupun dataran tinggi, dapat pula tumbuh di tanah yang subur maupun yang gersang sekalipun.

Salah satu dari jenis tanaman palem yang populer adalah jenis palem kipas. Palem kipas, atau dalam bahasa latin disebut juga Livistona chinesis memiliki ciri yang unik yang membedakannya dari jenis palem yang lain, yaitu bentuk daunnya yang membentuk setengah lingkaran dan menyerupai kipas. Diameter daunnya bisa mencapai 30-50 cm dan tingginya dapat mencapai 10 meter pada habitat aslinya.

Palem kipas merupakan suatu jenis tanaman hias yang namanya sudah tidak asing lagi di dunia tanaman hias dan banyak yang mengincar pohon palem untuk melengkapi tanaman hias di tamannya. Bentuk daun dari pohon kipas memang menyerupai kipas hal ini menjadi keunikan tersendiri dari pohon hias ini.

 Terlebih pada batangnya yang berukuran pendek, membuat palem jenis ini cocok ditanam di lahan terbuka maupun dalam pot. Saat ditanam di lahan terbuka, maka palem kipas akan berukuran besar dan mempercantik pemandangan. Sementara saat ditanam di dalam pot, dapat diletakkan di sudut-sudut ruangan untuk memberi nuansa alam di dalam ruangan.

Cara menanam dan merawat Pohon Palem Kipas

Budi daya palem kipas dapat dilakukan melalui generatif atau biji. Proses ini terbilang rumit, sehingga jika Anda tidak benar-benar ahli dalam pembibitan palem kipas, sebaiknya membeli bibitnya secara langsung di produsen bibit tepercaya. Namun, tak ada salahnya jika Anda mau belajar membudidayakan palem kipas mulai dari awal.

Pembibitan palem kipas dapat dilakukan dengan cara generatif atau melalui perbanyakan biji. Pilihlah biji yang sudah tua lalu keringkan dengan menjemurnya dibawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Jika sudah kering, simpan bibit benih palem kipas tersebut minimal 3 minggu baru bisa disemai. Semaikan pada media tanam berupa campuran tanah dan kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Tanam benih pada media tanam dan rawat hingga tunasnya tumbuh baik dengan tinggi minimal 30 cm. Setelah itu, bibit baru bisa dipindahkan ke areal tanam permanen.

Harga Palem Kipas

Pertama, siapkan media tanam dengan komposisi dan olahan yang sama dengan media semai yaitu campuran tanahdan pupuk kandang atau kompois dengan perbandingan 1:1. Selanjutnya gali lubang sedalaman 15-20 cm, lalu tanam bibit dan timbun kembali dengan media tanam, berikan tekanan sedikit pada timbunan agar tanaman tidak mudah roboh terkena angin atau air hujan. Lakukan penyiraman secara rutin minimal sehari sekali agar tanaman tumbuh dengan baik pada awal masa tanam.

Setelah tanaman palem kipas ini tumbuh baik, maka penyiraman hanya dilakukan seperlunya saja jika tanaman butuh air. Selain itu, lakukan pula perampalan dan penyiangan jika diperlukan dan akan lebih efektif  jika hal tersebut dilakukan bersamaan dengan pemupukan yaitu dil;akukan setiap 1.5 sampai 2 bulan sekali.

Demikian ulasan kami mengenai pohon Palem Kipas yang sedang populer saat ini. Apakah Anda tertarik untuk menanam pohon Palem Kipas? jika anda membutuhkan bibit pohon Palem Kipas bisa langsung menghubungi nomor kami yang tertera di halaman website ini, custumer service kami akan melayani anda dengan sepenuh hati.