Harga Palem Merah

Harga Palem Merah

Harga Palem Merah

Harga Palem Merah – Palem merah merupakan salah satu famili Arecaceae (palem-paleman) yang dijadikan sebagai tanaman hias karena memiliki warna tanaman yang unik. Perlu diketahui palem Merah atau Pinang Merah ditetapkan menjadi flora maskot provinsi Jambi adalah tanaman hias. Dinamakan Palem Merah lantaran pelepah pinang ini berwarna merah menyala. Dan lantaran warna merah pada pelepah daunnya itu Pinang Merah acapkali disebut Pinang Lipstik.

Harga Palem Merah

Sayangnya keberadaan Pinang Merah di habitat aslinya makin terancam lantaran eksploitasi besar-besaran untuk diperdagangkan sebagai tanaman hias. Palem ini  sudah mulai langka di Indonesia terutama di hutan-hutan tempat asal palem merah yaitu Sumatera karena eksploitasi hutan besar-besaran menjadi perkebunan kelapa sawit, kelapa dan nanas. Status tanaman palem merah di Indonesia kini merupakan tanaman yang dilindungi. Palem merah sering juga disebut Pinang merah, Lipstick palm, Maharajah palm (Inggris).

 Palem ini pun termasuk salah satu dari 14 jenis palem yang dilindungi di Indonesia. Selain disebut Palem Merah tanaman ini juga dikenal sebagai Pinang Merah dan Pinang Lipstik. Sedang dalam bahasa Inggris, flora identitas provinsi Jambi ini dikenal sebagai Lipstick PalmScarlet PalmSealing Wax PalmRed Palm, dan Sumatra Wax Palm.

Palem merah merupakan jenis tanaman hias yang banyak ditemukan di Indonesia. Tanaman ini memiliki nama latin Cyrtostachys lakka. Palem merah berasal dari wilayah Sumatera dan Malaya. Palem merah yang tumbuh rendah memiliki tinggi sekitar 16 meter dan membentuk rumpun yang rapat dan rimbun dengan banyak batang muncul dari dasar tanaman. Batang ramping dan berjumlah banyak. Ukuran diameter batang bervariasi antara 5-14 cm.

Daun-daunnya terdiri dari dari anak-anak daun, terdiri dari sekitar 50 anak daun yang memanjang dan sempit dengan panjang hingga 45 cm. Dasar daun membentuk crownshaft, batang, daun pelindung dan tangkai daun berwarna merah menyala.

Palem merah awalnya berasal dari semenanjung malaya, Thailand bagian selatan, Kalimantan, dan Sumatera. Tanaman ini dapat tumbuh pada habitat rawa subur dataran rendah atau wilayah pesisir pantai.

Ketenarannya sebagai tanaman hias menimbulkan eksploitasi secara besar-besaran yang justru menyebabkan kelangkaan palem merah saat ini. Karakteristik palem merah yaitu memiliki daun memanjang berwarna hijau cerah, sirip daun agak melengkung dan bertekstur kaku, pelepah daun berwarna merah dan ketinggiannya bisa mencapai 6 – 14 meter. Palem merah dapat tumbuh di negara beriklim tropis, seperti Indonesia, Malaysia dan Thailand. Pohon ini membutuhkan penyinaran matahari sepanjang hari.

Manfaat yang dapat dirasakan dari menanam palem merah ini yaitu lingkungan di sekitarnya menjadi lebih hijau dan cantik. Sebagian masyarakat percaya, palem merah bisa mendatangkan rezeki dan mencegah dari hal-hal negatif. Bahkan masyarakat Jambi percaya bahwa dengan menanam palem merah maka tidak akan ada pengaruh sihir, santet, teluh atau guna-guna yang dapat mengenai pemiliknya.

Harga Palem Merah

 Anda yang memiliki halaman rumah atau taman yang masih sepi tanaman, palem merah ini bisa menjadi rekomendasi terbaik untuk Anda. Tidak hanya di lahan terbuka, palem merah juga dapat ditanam di dalam pot. Perbanyakan bibit palem merah dihasilkan dari tunasnya. Perawatannya tergolong mudah, yakni penyiraman dilakukan ketika kondisinya tampak kering, pemangkasan dilakukan pada bagian tanaman yang telah mati, pemupukan disertai dengan penyiangan dilakukan secara rutin tiap 2 bulan sekali.

Demikian ulasan kami di atas tentang palem merah,Apakah Anda tertarik untuk menanam palem merah?  jika anda membutuhkan bibit dan pohon tanaman tersebut bisa langsung menghubungi nomor kami yang tertera di halaman website ini, custumer service kami akan melayani anda dengan sepenuh hati