Ini Dia Ciri-Ciri Sengon Laut

Ini Dia Ciri-Ciri Sengon Laut

Ciri-ciri sengon laut yang paling kentara adala mempunyai warna yang putih kecoklatan hampir mirip dengan daging pucat. Meski dikenal sebagai sengon laut, namun mempunyai sebutan dengan nama yang berbeda-beda di masyarakat.  Sengon laut juga banyak digunaka masyarakat dalam berbagai kebutuhan. Oleh karena itu budidaya sengon laut ini banyak dipilih karena memang mempunyai nilai ekonomis yang lumayan tinggi. Alasan dipilih karena mempunyai percepatan dalam waktu pertumbuhannya. Dalam mencapai tinggi 7 meter hanya dibutuhkan waktu satu tahun saja.

Ini Dia Ciri-Ciri Sengon Laut

Berikut adalah ciri-ciri sengon laut yang harus diketahui:

  1. Tingginya dapat mencapi ketinggian 40 meter dengan diameter 100 cm, dan bahkan lebih. Batang utama dari sengon laut ini memiliki bentuk cenderung luruh dan juga berbentuk silindris dengan tinggi yang dimiliki cabang sekitar 20 meter.
  2. Pada bagian kayu berwarna hampir putih dan juga coklat muda. Permukaan yang dimiliki kayu sengon laut ini memang cenderung licin dan juga mengkilap apalagi dengan tekstur yang kasar dan merata. Untuk kayu sengon laut yang masih segar biasanya akan menyerupai bau petai namun bau akan semakin menghilang jika kayu sudah mengering.
  3. Kategori kayu sengon laut ini masuk dalam kelas kuat IV sampai V, sedangkan untuk keawetannya masuk dalam kategori IV sampai V. yang berarti kayu sengon laut memang tidak mempunyai ketahanan dalam menahan beban yang cukup kuat dan juga keawetan kayu ini hampir 20-30 tahun saja.
  4. Berat jenis yang dimiliki kayu sengon luat ini berkisar 0,33 shingga akan sangat mudah jika diawetkan dan juga dikeringkan. Jika diterapkan dalam pembuatan papan kayu yang mempunyai ketebalan 2,5 cm dan juga kadar air sekitar 20% maka hanya dibutuhkan waktu kurang lebih selama 33 hari untuk pengeringan yang dilakukan secara alami.

Baca juga : jual bibit sengon Solomon

Dalam pemanfaatan kayu sengon laut ini biasanya digunakan untuk bahan pembuatan papan, peti, pengemas hingga pembuatan kertas. Sehingga sebenarnya ciri-ciri sengon laut ini yang membedakan dengan sengon lainnya. Agar mudah dalam membedakan dan juga dengan kegunaan yang berbeda. Sehingga ketika dilakukan pembudidayaan tidak salah. Ini Dia Ciri-Ciri Sengon Laut