Menanam Dan Merawat Jambu Air Citra

Menanam Dan Merawat Jambu Air Citra

Menanam Dan Merawat Jambu Air Citra Di Pekarangan Dan Tabulampot Bagi Pemula

Jambu Air Citra –   Bagi Anda orang Indoensia wajib mengetahi buah satu in. Karena buah satu ini merupakan buah khas dari negara Indonesia. buah satu ini merupakan buah jambu air.  Naah.. Jambu air merupakan jenis tumbuhan jambu-jambuan asli Asia Tenggara terutama negara Indonesia.

Buah satu ini bentuknya seperti lonceng, dan bagian pangkalnya kecil, sementara bagian ujungnya melebar dan berkelopak. Untuk Kulit buah jambu air ada yang berwarna merah, hijau, dan putih, sementara daging buahnya berwarna putih dan berair dengan bermacam variasi rasa: asam, manis, sepat.

Jambu air termasuk ke dalam keluarga jambu-jambuan (Myrtaceae).

Jambu air yang memiliki nama ilmiah Syzygium aqueum merupakan tanaman endemik Asia Tenggara. Baik buah jambu air maupun daun jambu air, keduanya sama-sama dipercaya memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh.

Perlu Anda ketahui bahwa di negara ini ada banyak jenis jambu air. Salah satunya yang terkenal dan cukup populer merupakan jambu air citra. Naah untuk ciri-ciri tanaman jambu air citra meliputi: batang bulat dengan permukaan halus berwarna coklat dan bercabang; daunnya berbentuk tombak memanjang, saat muda berwarna merah keunguan, dan saat tua warnanya hijau tua; memiliki tipe bunga spatula dengan mahkota berwarna kuning; bentuk buahnya seperti lonceng tanpa lekuk dan berkelopak, setiap tandannya berisi 1 – 10 buah.

Untuk buah jambu air jenis ini daging buahnya tebal, berukuran jumbo, nyaris tanpa biji, dan rasanya manis renyah tanpa rasa asam.

Jambu air citra merupakan tanaman tropis dataran rendah yang tumbuh baik di ketinggian hingga 500 mdpl dengan sinar matahari penuh. Dapat pula tumbuh di dataran tinggi hingga 1000 mdpl, tetapi berpengaruh pada rasa buah yang tidak seenak jika ditanam di dataran rendah.

Jika Anda ingin menanam buah jambu air citra ini tanaman ini menyukai tanah yang subur, gembur, dan banyak mengandung bahan organik. Tipe tanah yang dimaksud merupakan tanah andosol dan grumosol. Akan tetapi, jika jenis tanah yang demikian sulit didapatkan, dapat menggunakan jenis tanah lain dengan perbaikan struktur melalui penambahan pupuk organik supaya unsur kimia dan fisik tanahnya berubah.

Adapun iklim yang sempurna untuk membudidayakan jambu air citra merupakan iklim dengan curah hujan sedang atau cenderung kering, antara 500 – 3000 mm per tahun dengan musim kemarau lebih dari empat bulan. Tanaman ini tetap akan tumbuh di daerah yang curah hujannya tinggi, tetapi rasa buahnya hambar dan lebih banyak mengandung air.

Menariknya tanaman jambu air citra bisa tumbuh baik saat musim kemarau. Bahkan di saat jarang hujan, rasa buah akan terasa lebih manis ketimbang saat musim hujan. Dengan pemeliharaan yang sederhana saja, petani bisa panen tiga kali setahun.

Rasa jambu air citra justru semakin manis di kala musim kemarau yang minim air. Karena itu, bagi petani, di saat musim kemarau inilah saat panen jambu air citra yang tepat.

Di saat buah jambu air jenis ini berbuah di musim hujan, rasa manis akan berkurang karena jambu air memiliki struktur gabus pada daging buah. Struktur gabus ini menyerap air sehingga dalam kondisi iklim dengan air berlimpah, justru tidak menghasilkan buah berkualitas

Naah… Setelah Anda mengetahui karakterisitk tanaman jambu air citra dan karakterisitik lingkungan yang mendukung pertumbuhannya, kita dapat menentukan langkah-langkah yang tepat untuk bercocok tanam tumbuhan ini. Teknik penanaman dan pemeliharaan jambu air citra supaya berhasil dan berbuah banyak tentunya harus memerhatikan lahan apa yang digunakan.

Ada dua pilihan tempat penanaman bagi Anda yang masih pemula, yaitu di lahan pekarangan atau di dalam pot. Penasaran bagaimana cara budidaya taaman buah jambu air citra ini? Berikut langkah-langkahnya.

Memilih bibit jambu air citra

Bibit jambu air citra dapat diperbanyak dengan cara generatif (biji) atau vegetatif (cangkok dan sambung pucuk). Bibit yang diperoleh dengan cara kedua (vegetatif) lebih disarankan karena masa pemeliharaannya lebih singkat, yaitu sekitar 2 – 3 tahun setelah tanam, tanaman ini akan mulai berbuah. Sementara, jika membibitkan dari biji harus menunggu sampai 7 – 10 tahun untuk berbuah.

Cara yang lebih praktis yaitu dengan membeli bibit hasil pengembangan vegetatif dari tempat-tempat penjualan bibit yang terpercaya. Pilihlah bibit yang telah berumur 5 – 6 bulan dan sehat. Ciri-ciri bibit yang sehat merupakan tampak segar, berdaun banyak, dan bebas hama atau penyakit. Jika Anda ingin mendapatkan bibit jambu air citra ini Anda bisa menghubungi nomer yang ada di website ini.

Apakah Anda mebutuhkan bibit tanaman ini? Anda bisa memesan di kami Toko Online Bibit Tanaman Pohon-Buah-Hias-Bunga yang Berkualitas dan Harga Terjangkau Grosir dan Ecer Siap melayani Proyek pesanan besar Siap Kirim Seluruh Indonesia

Bisa menghubungi nomer yang ada di website ini!!!!

 

Menanam dan merawat tanaman jambu air citra di lahan pekarangan

Apabila Anda telah memutuskan untuk menanam jambu air citra di lahan pekarangan maka perlu siapkan lahan dengan membersihkan lahan dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya.

Seteklah hal itu selesai Anda bisa  gemburkan tanah dengan cara dicangkul atau dibajak.

Kemudian Anda bisa membuat lubang tanam berukuran 60 x 60 cm dengan kedalaman 40 cm. Beri jarak aman sekitar 4 x 3 atau 4 x 4 cm antarlubang tanam jika Anda hendak menanam lebih dari satu bibit. Selanjutnya, masukkan pupuk kandang atau kompos sebanyak 10 – 15 kg per lubang tanam. Diamkan selama 1 – 2 minggu.

Setelah lahan siap, segera tanam bibit jambu air citra. Lepaskan polybagnya dengan hati-hati supaya tidak merusak akar dan media tanam bawaan dari polybag. Masukkan bibit dan media tanamnya ke lubang tanam dan timbun dengan tanah galian. Padatkan tanah di sekitar bibit.

Di masa pertumbuhan awal, sirami tanaman jambu air citra dua kali sehari, pagi dan sore hari. Setelah tanaman besar dan siap berbuah, cukup disirami satu kali sehari atau melihat musim.

Untuk menambah ketersediaan unsur hara pada tanah, beri pupuk tambahan berupa pupuk organik atau pupuk kimia.

Ketika tanaman berumur satu tahun, beri pupuk NPK sebanyak 250 – 500 gr per tanaman.

Pada umur dua tahun, beri pupuk NPK sebanyak 1 kg per tanaman. Setelah berumur 3 tahun, beri pupuk yang sama dengan dosis 1,5 kg per tanaman.

Pemberian pupuk dilakukan dengan sistem rorak, yaitu membuat selokan mengitari tanaman jambu air citra sedalam 10 – 15 cm. Tebarkan pupuk ke dalam rorak tersebut, lalu tutup kembali dengan tanah.

Naah… Supaya tanaman terhindar dari hama dan penyakit, penyiangan gulma dan tanaman pengganggu lainnya harus rutin dilakukan, ditambah perampasan daun. Selain menghindari hama, perampasan daun dan pemangkasan dahan jambu air citra bertujuan untuk menambah peluang munculnya lebih banyak bunga dan buah sebagai akibat dari bertambahnya percabangan.

Seluruh tanaman pun mendapatkan lebih banyak sinar matahari yang sangat baik bagi tanaman ini. Cara lain untuk menghindari hama dan penyakit merupakan dengan pemberian pestisida atau insektisida, sebaiknya pilih yang alami.

Toko Online Bibit Tanaman Pohon-Buah-Hias-Bunga yang Berkualitas dan Harga Terjangkau Grosir dan Ecer Siap melayani Proyek pesanan besar Siap Kirim Seluruh Indonesia

 

Menanam dan merawat tanaman jambu air citra di dalam pot

Naah…Jika Anda memiliki keterbatasan lahan Anda memilih metode penanaman tabulampot (dalam pot), pertama-tama pilih pot yang sesuai dengan ukuran bibit. Banyak pilihan bahan pot. Pilihlah jenis pot yang berbahan kuat dan tahan lama, seperti pot tanah liat, semen, atau drum bekas. Pot berbahan plastik tidak disarankan karena mudah rusak atau terguling.

Selain itu Anda bisa juga menggunakan Planter Bag, lebih ramah lingkungan, tahan lama dan exclusive digunakan untuk menanam dalam wadah.

 Media tanam yang digunakan merupakan campuran tanah, kompos, bokashi, pupuk kandang, dan sekam dengan perbandingan 2 : 1 : 1 : 1 : 0,5. Bisa juga hanya menggunakan campuran tahan dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1.

Setelah media tanam siap, segera tanam bibit jambu air citra Anda. Masukkan bibit yang sudah dilepas dari polybagnya ke dalam pot yang sudah diisi media tanam hingga setengahnya. Setelah kedudukan bibit baik, tambahkan sisa media tanam hingga memenuhi tiga perempat pot dan padatkan. Apabila Anda menanam lebih dari satu pot tanaman jambu ar citra, beri jarak antarpot sekitar 2,5 – 3 meter..

Langkah perawatan jambu air citra di dalam pot hampir sama dengan perawatan jambu air citra yang ditanam di pekarangan. Hanya pemupukan perlu lebih sering dilakukan. Pupuk yang digunakan merupakan pupuk kandang, diberikan dua kali seminggu dalam masa pertumbuhan dan seminggu sekali jika pohon jambu air citra sedang berbuah.

Panen Jambu Air Citra

Dalam prosem pemanenan Jambu air citra yang bibitnya berasal dari pengembangbiakkan vegetatif dapat mulai dipanen setelah tanaman berusia 2,5 – 3 tahun. Panen buah terjadi dua kali dalam setahun. Prosesnya meliputi pembungaan pada bulan Juli dan September, diikuti periode pemasakan buah pada bulan Agustus dan November.

Supaya hasil buah yang didapatkan baik, ketika buah masih kecil segera bungkus dengan plastik atau kertas koran/semen supaya tidak diserang hama. Ciri buah jambu air citra yang baik merupakan permukaan kulitnya mulus dengan warna merah cerah dan bentuknya tidak cacat. Enak untuk dikonsumsi langsung ataupun dibuat manisan.

Alasan Mengapa Memilih Kami !

RIBUAN JENIS TANAMAN

Ribuan jenis varietas benih & bibit tanaman ada disini, menerima pembelian ecer maupun grosir serta melayani pengerjaan proyek.

PRODUK – PRODUK BERKUALITAS

Semua produk dijual telah lolos standar kami, dari segi keakuratan & kualitas barang, serta pelayanan yang baik.

PACKING SANGAT AMAN

Barang yang kami kirim akan kami packing (kemas) seaman mungkin, dengan pemberian vitamin tumbuhan sebelum pengiriman serta penggunaan bahan packing yang aman seperti kayu atau triplek.

Manfaat Jambu Air Citra

 Mengonsumsi buah jambu air tak hanya memberikan sensasi menyegarkan dan nikmat, namun juga sejumlah manfaat penting lainnya berkaitan dengan kesehatan tubuh Anda lho… Manfaat jambu air tersebut tak lepas dari kandungan sejumlah zat di dalamnya, yaitu:

  • Flavonoid
  • Fenolik
  • Hexahydroxyflavone
  • Myricetin
  • Serat
  • Potasium
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin E

Zat-zat tersebut memiliki perannya masing-masing, mulai dari antimikroba, antioksidan, antihiperglikemik, hingga antikanker.

Manfaat Jambu Air Citra bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah daftar manfaat buah jambu air yang penting untuk Anda ketahui.

1. Mengatasi Peradangan

Jambu air Citra mengandung senyawa flavonoid yang mana senyawa ini memiliki sifat antioksidan.

Adanya kandungan flavonoid tersebut menghasilkan manfaat jambu air yakni untuk mencegah maupun mengatasi peradangan (inflamasi).

Peradangan adalah cikal bakal dari sejumlah penyakit serius seperti kanker dan penyakit jantung. Oleh sebab itu, mencukupi asupan zat antioksidan menjadi suatu hal yang penting untuk Anda lakukan.

2. Merawat Kesehatan Kulit

Manfaat jambu air Citra selanjutnya adalah untuk merawat kesehatan kulit.

Hal ini dikarenakan pada buah jambu air terdapat kandungan vitamin C yang mana vitamin tersebut memiliki sifat antioksidan yang efektif untuk menangkal serangan radikal bebas.

Radikal bebas adalah penyebab utama terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh, tak terkecuali sel kulit. Jika sel kulit mengalami kerusakan, maka akan timbul sejumlah masalah kulit seperti yang paling umum yaitu penuaan dini.

3. Mencegah Stroke

Adanya kandungan vitamin C pada jambu air Citra juga kemungkinan bisa membantu meminimalisir risiko terkena penyakit stroke.

Pasalnya, sebuah studi yang dirilis oleh Journal of Clinical Nutrition menemukan fakta jika konsentrasi vitamin C pada darah yang cukup tinggi efektif menurunkan risiko penyakit stroke sebanyak 42 persen.

Namun apakah fakta tersebut lantas menjadikan buah jambu air juga efektif untuk mencegah stroke belum dapat dipastikan. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal ini.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengonsumsi jambu air citra secara rutin juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, lho.

Manfaat buah jambu air satu ini karena adanya vitamin A yang juga terkandung di dalamnya. Menurut penelitian, kurangnya asupan vitamin A diklaim membuat tubuh lebih rentan terserang infeksi.

Tak hanya tu, seseorang yang kekurangan vitamin A juga dilaporkan menjalani proses penyembuhan penyakit yang lebih lama.

Namun sayangnya,  belum dapat dipastikan juga apakah vitamin A yang terkandung di dalam buah jambu air berpengaruh banyak terhadap peningkatan sistem kekebalan tubuh.

5. Membantu Menjaga Berat Badan

Manfaat buah jambu air lainnya yang tak kalah penting adalah untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Mengonsumsi jambu air secara rutin dinilai cukup efektif guna mencegah berat badan naik drastis. Pasalnya, pada jambu air citra terutama buahnya terdapat kandungan serat. Serat mampu menghasilkan rasa kenyang yang lebih lama.

Dengan begitu, pola makan Anda dapat dikontrol sehingga berat badan dapat terjaga.

6. Merawat Kesehatan Sistem Pencernaan

Tak hanya membantu menjaga berat badan, serat yang terkandung pada buah jambu air citra  juga berfungsi untuk merawat kesehatan sistem pencernaan.

Serat memang merupakan zat yang memiliki peran penting berkaitan dengan kesehatan sistem pencernaan. Seperti yang telah banyak dibahas, kekurangan serat menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit sistem pencernaan mulai dari susah buang air besar (BAB) atau sembelit, hingga masalah pada usus.

7. Merawat Kesehatan Mata

Merawat kesehatan mata tak luput dari daftar manfaat jambu air yang bisa Anda dapatkan apabila mengonsumsi buah ini secara rutin.

Vitamin A kembali memainkan peran penting terkait manfaat buah jambu air yang satu ini. Kita semua tentu sudah tak asing lagi dengan vitamin A sebagai vitamin untuk mata.

Kekurangan vitamin A akan meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami berbagai gangguan kesehatan mata seperti nyctalopia dan degenerasi makula akibat pertambahan usia

8. Menurunkan Kolesterol ‘Jahat’

Manfaat jambu air citra melalui kandungan seratnya juga untuk menurunkan kadar lemak LDL atau biasa kita kenal sebagai kolesterol ‘jahat’.

Serat pada jambu air apabila dikonsumsi secara tepat mampu mengendalikan kadar kolesterol supaya jangan sampai berlebihan. Ini tentu saja penting mengingat kolesterol adalah sumber dari penyakit kardiovaskular yaitu stroke dan jantung.

9. Meningkatkan Kadar Kolesterol ‘Baik’

Sebaliknya, mengonsumsi jambu air citra secara rutin dapat meningkatkan kadar lemak HDL atau kolesterol ‘baik’ yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Manfaat jambu air yang satu ini tak lepas dari adanya kandungan niacin di dalamnya. Niacin, menurut sejumlah penelitian, efektif untuk meningkatkan kadar lemak HDL dan menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

10. Mengendalikan Gula Darah

Tak hanya buahnya, daun jambu air citra juga memiliki manfaat yang tak kalah penting.

Salah satu manfaat daun jambu air adalah untuk mengontrol kadar gula darah. Kadar gula darah yang berlebihan menjadi penyebab seseorang mengalami penyakit yang kita kenal sebagai diabetes.

Nah, daun jambu air citra  memiliki kandungan senyawa polifenol yang mana senyawa ini disebut-sebut dapat menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

Maka dari itu, para penderita diabetes sangat disarankan untuk turut memasukkan daun jambu air ke dalam daftar menu sehat sehari-hari. Pun bagi Anda yang belum menderita penyakit diabetes, mengonsumsi jambu air  dapat meminimalisir risiko terkena penyakit tersebut di kemudian hari.

Jambu Air Citra

11. Mencegah Kanker

Dari sekian banyak cara mencegah kanker secara alami, mengonsumsi buah maupun daun jambu air adalah salah satunya.

Manfaat daun jambu air dan buahnya untuk mencegah kanker dikarenakan adanya kandungan senyawa flavonoid.

Flavonoid adalah senyawa yang memiliki sifat antioksidan. Tugas dari flavonoid ini adalah untuk menghalau serangan radikal bebas sehingga sel tubuh terhindar dari kerusakan yang bisa berujung pada berkembangnya sel kanker.

12. Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

Selain mencegah kanker, flavonoid yang terkandung di dalam jambu air juga diklaim dapat meminimalisir risiko penyakit jantung di kemudian hari.

Sayangnya, klaim ini belum bisa dikatakan kuat. Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikan bahwa mengonsumsi jambu air secara rutin memang bisa mengurangi risiko seseorang terkena penyakit jantung.

13. Mengatasi Gangguan Fungsi Hati

Manfaat daun jambu air juga bisa untuk mengatasi gangguan fungsi organ hati (liver).

Sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari Gujarat Ayurved University menemukan fakta bahwa ekstrak daun jambu air mengandung zat yang dapat melindungi hati dari sejumlah penyakit potensial yang mengancam organ tersebut.

14. Mengatasi Infeksi

Jambu air diperkaya oleh senyawa flavonoid, fenolik, dan tanin yang mana ketiga senyawa tersebut memiliki sifat antimikroba.

Atas dasar itu, maka baik buah maupun jambu air sama-sama memiliki manfaat untuk mencegah maupun mengatasi berbagai infeksi, utamanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan jamur.

Selain itu, jambu air dengan kandungan senyawa anti mikrobanya tersebut juga dinilai ampuh membunuh mikroba seperti cacing yang berisiko menginfeksi saluran pencernaan.

15. Mencegah Kram Otot

Sementara itu, kandungan mineral potasium pada jambu air diklaim efektif untuk mencegah maupun mengatasi masalah otot seperti kram otot.

Diketahui bahwasanya otot yang sering mengalami kram merupakan imbas dari kurangnya asupan potasium ke dalam tubuh.

Oleh karena itu, rajin-rajinlah mengonsumsi buah jambu air supaya otot semakin kuat dan juga tidak mudah kram saat melakukan aktivitas fisik yang cukup berat.

Naah… menarik bukan? Jika Anda ingin mendapatkan bibit tanaman jambu citra dengan kualitas terbaik Anda tidak perlu bingung mendapatkannya. Anda cukup menghubungi nomer yang ada di website ini untuk mendapatkan informasi dan juga harga terbaiknya. Semoga artikel ini bermanfaat ya…