6 Jenis Bibit Mangga Unggul Yang Wajib Dicoba

6 Jenis Bibit Mangga Unggul Yang Wajib Dicoba

Mangga adalah salah satu buah yang menjadi favorit masyarakat di Indonesia. Ada banyak sekali jenis buah mangga yang ada di Indonesia, namun tidak semua mangga tersebut adalah bibit unggul. Ada beberapa jenis buah mangga yang terbukti unggul secara keseluruhan. Sebelum menyebutkan jenis mangga apa saja itu, mari dibahas terlebih dahulu apa saja karakteristik dari buah mangga unggulan. Biasanya pohon mangga memiliki ciri fisik yang cukup besar. Tingginya bahkan bisa mencapai lebih dari 40 meter. Ranting dan cabang yang dimiliki juga cukup kuat. Selain itu, daun yang ada di pohon mangga ini juga lebat sampai bisa membentuk beberapa bentuk seperti oval atau memanjang.

6 Jenis Bibit Mangga Unggul Yang Wajib Dicoba

Tahukah Anda bahwa buah mangga adalah jenis buah batu? Buah ini memiliki berbagai macam jenis dan juga ukuran. Perbedaan ini disebabkan varietas yang berbeda dari setiap buahnya. Rata-rata panjang buah mangga adalah 2,5 cm sampai yang paling besar adalah 30 cm. Sebagian besar buah mangga memiliki satu kesamaan, yakni kulit buahnya yang tebal dan memiliki bintik hijau kekuningan. Daging buah dari buah mangga ini biasanya berwarna merah dan teksturnya berserabut. Ada banyak sekali jenis olahan dari buah mangga yang bisa dikonsumsi, seperti manisan atau kripik. Berikut ini adalah beberapa jenis mangga unggul pilihan yang bisa Anda jadikan acuan untuk menanam bibit.

6 Jenis Bibit Mangga Unggul Yang Wajib Dicoba

  • Mangga Yu Wen

Mangga jenis ini sudah cukup populer di kalangan pecinta buah mangga. Buah ini adalah varietas buah asli dari Taiwan. Kelebihan yang dimiliki oleh buah ini adalah tampilannya. Bagian kulit buah memiliki warna merah keunguan yang sekilas mirip seperti ubi jalar. Sedangkan bagian daging buahnya berwarna kuning mencolok dan juga berserabut. Daging buah yang berwarna kuning ini memiliki ketebalan yang cukup fantastis. Biji dari mangga Yu Wen ini juga sangat tipis sehingga tidak mengganggu aktivitas makan mangga Anda. Jika dihitung dengan tingkat kemanisan, takaran manis yang disimpan oleh mangga Yu Wen ini bisa mencapai level 15. Cocok untuk Anda yang sedang mencari buah sangat manis.

  • Mangga Manalagi

Buah ini bukanlah buah impor, karena buah ini asli dari Indonesia. Mangga manalagi adalah salah satu varietas buah yang dikembangkan oleh para petani di Situbondo, Jawa Timur. Rasa yang ada pada buah mangga manalagi ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Banyak orang yang memberikan testimoni terbaik untuk soal rasa buah. Daging buah yang dimiliki oleh mangga manalagi ini sangat tebal dan juga berserat. Jika Anda tidak terlalu suka buah yang manis namun tetap tidak ingin merasa asam, maka mangga manalagi adalah jenis buah yang cocok untuk Anda. Perpaduan dari rasa mangga golek dan juga mangga arum manis akan timbul dengan jelas jika Anda mencicipi buah mangga manalagi ini. Buah yang satu ini memiliki ukuran yang cukup kecil, bahkan lebih kecil dibandingkan dengan mangga golek.

Saar masih muda, kulit dari buah mangga manalagi ini akan tampak berwarna hijau. Jika sudah matang, warnanya akan berubah menjadi hijau keabuan. Anda juga akan mendapati bintik-bintik putih di bagian kulit buah. Tenang saja, itu bukan sebuah hal yang aneh karena semua buah mangga manalagi memiliki bintik-bintik tersebut. Kembali membahas daging buah, Anda dijamin tidak kecewa dengan daging buahnya. Padat dan berserat, itulah yang menjadi trademark dari buah mangga yang satu ini. Kulitnya juga memiliki serat yang bisa dirasakan saat tangan kita menyentuhnya.

  • Mangga Chokanan

Tampak jelas dari namanya bahwa buah mangga ini adalah varietas buah dari Thailand. Anda bisa memakan buah mangga chokanan ini saat masih belum matang dan saat sudah matang. Rasanya sangat manis dan karena itulah orang-orang biasa menyebutnya mangga madu. Saat masih muda, mangga chokanan memiliki rasa asam yang sangat lezat. Buah ini juga memiliki serat di bagian daging buah dan mengandung sedikit air juga. Berat buah ini cukup besar, yakni sekitar 350 gram sampai 450 gram setiap buahnya. Setiap tahunnya, satu pohon mampu menghasilkan 60 sampai 120 kg buah mangga chokanan. Bagian daging buahnya berwarna hijau saat belum matang dan berwarna kuning saat sudah matang. Buah mangga chokanan ini permintaannya juga banyak dan tidak berkurang, menunjukkan bahwa buah mangga ini memang sangat enak.

  • Mangga Harumanis

Mangga ini adalah mangga asli Indonesia dan menjadi primadona soal perminatan. Permintaan untuk terus memanen mangga harumanis ini tidak pernah turun. Saat musim panen, Anda akan mudah menemukan buah mangga yang satu ini. Namun ketika belum musim panen, sedikit sekali penjual yang memiliki stok jualan mangga harumanis ini. Jadi ketika ada, harganya akan melonjak naik tinggi sekali.

Sesuai namanya, daging buah mangga ini memiliki aroma khas yang harum dan juga memiliki rasa yang manis. Pohon mangga harumanis memiliki tipe daun yang banyak dan bagian mahkota pohonnya akan membentuk kerucut. Satu buah mangga harumanis ini bisa mencapai berat 500 gram. Dijamin Anda akan suka dengan rasa yang ada di dalam buah ini.

  • Mangga golek India

Meskipun jenis mangga ini adalah mangga luar negeri, mangga golek dari India ini tidak jauh berbeda dengan mangga golek lokal dari Indonesia. Perbedaan yang mencolok dan tampak jelas adalah ukurannya. Mangga golek asli India ini sangat besar, bahkan satu buah saja bisa mencapai berat 1,5 kg. Bentuk buahnya lebih cenderung lonjong dan memanjang. Bagian kulit buahnya berwarna hijau. Daging buah mangga golek India ini juga lebih tebal dari mangga golek lokal. Tekstur dari daging buahnya adalah tebal dan tidak memiliki serat. Meskipun buahnya panjang dan besar, bijinya cukup tipis dan bisa mengikuti bentuk buahnya.

  • Mangga Gedung Gincu

Nama dari buah mangga ini sedikit lucu dan aneh, namun buah ini juga menjadi salah satu varietas mangga yang unggulan dan banyak dicari. Bentuk buah ini tidak seperti mangga pada umumnya dan lebih mirip seperti buah apel. Bagian pangkal buah berbentuk datar dan juga berlekuk. Sama seperti mangga harumanis, buah ini juga memiliki aroma harum yang khas. Bagian daging buahnya tebal dan teksturnya juga halus. Untuk bagian kulitnya, ada bintik berwarna putih yang menempel di kulitnya yang berwarna merah. Tidak seperti buah mangga pada umumnya, mangga gedung gincu ini cenderung kecil dan hanya memiliki bobot 200 sampai 300 gram saja per buah.

Itu dia 6 buah mangga unggulan dari berbagai negara. Anda wajib setidaknya satu kali mencoba rasa dari beragam buah diatas. Jika mau, Anda juga bisa melakukan penanaman sendiri untuk buah mangga diatas. Selamat mencoba rasa fantastis dari buah ini.