Jenis Jeruk Unggul Cocok Untuk Dibudidayakan

Jenis Jeruk Unggul Cocok Untuk Dibudidayakan

Jenis Jeruk Unggul Cocok Untuk Dibudidayakan

Enam Jenis Jeruk Unggul

Jeruk menjadi buah yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, selain kandungan vitamin, kemudahan mendapatkan dan membudidayakan jeruk amat mudah di tanah Indonesia. Pada artikel kali ini kami akan membahas dan menginformasikan enam jenis jeruk unggul dan bagus untuk dibudidayakan.

  1. Jenis Jeruk Dekopon

Jenis Jeruk Unggul Cocok Untuk Dibudidayakan

 

Hampir kebanyakan petani beranggapan kalau Jeruk Dakopon tak bisa ditanam di dataran rendah meski perlahan anggapan tersebut mulai terbantah karena di beberapa daerah mampu menghasilkan buah pada dataran rendah. Bibit Jeruk Dakopon dapat ditanam di bawah 700 meter di atas permukaan laut dan menghasilkan buah yang memiliki bobot hanya 0.5 kilogram alias tak menghasilkan buah yang unggul. Lebih cocok dibudidayakan atau lebih bagus kalau ditanam pada dataran tinggi dan memiliki suhu sekitar 20 hingga 26 derajat celcius. Pohon Jeruk Dakopon memiliki bentuk batang pohon yang mirip dengan pohon jeruk jenis lainnya, ialah warna cokelat keabu-abuan dan memiliki banyak cabang. Kulit tebal, sedikit kasar, dan memiliki waran kuning keemasan seolah menggiring minat petani dan masyarakat umum untuk membudidaya jeruk jenis unggulan ini. Daging yang tak berbiji, manis, dan berat yang mencapai 1.3 kilogram merupakan nilai plus dari buah Jeruk Dakopon ini.

  1. Jenis Jeruk Keprok Siem

Lain halnya dengan jeruk unggulan ini, Jeruk Keprok Siem.  Siapa sich yang gak kenal dengan buah jeruk keprok siam? buah jeruk yang satu ini memang sudah sangat familiar. Jeruk Keprok siem ini sering kali ditemukan dipasar buah atau supermarket modern sekalipun. Yups, Perkenalkan JERUK KEPROK SIEM. Buah jeruk keprok siam ini menawarkan sensasi rasa manis yang menyegarkan karena jeruk ini mempunyai kandungan air yang sangat tinggi. Sangat cocok untuk pelepas dahaga di kala hari panas dan sebagai pencuci mulut sehabis bersantap.

Selian itu, Jeruk keprok siem memiliki buah yang berukuran cukup besar, satu buahnya rata-rata memiliki berat kira kira 75,6 gram /buah. Buah keprok siem memiliki kulit buah yang mengkilat, licin berwarna hijau kekuningan sampai mengundang selera untuk mengupas dan menikmati daging buahnya. Daging buahnya bertekstur lunak & mengandung tidak sedikit air bersama rasa manis segar. Tiap-tiap buah mengandung lebih kurang 20 biji.

Tanaman buah pemilik nama latin citrus sp ini merupakan salah satu varietas jeruk unggulan yang konon kabarnya berasal dari negara Thailand. Pohon Buah jeruk kepok siem termasuk jenis tanaman yang sangat adaptif, jeruk keprok siem ini dapat tumbuh dengan baik dataran mana saja, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi.

Buah yang memiliki warna hijau agak kekuningan dan kulit yang licin memberi hasrat untuk menikmati daging buah dan mendapatkan benih untuk dibudidayakan di rumah. Alasan utama membudidayakan buah ini adalah kemampuan untuk berbuah dan bunga tumbuh tanpa menyesuaikan musim. Maka Jeruk Keprok Siem menjadi jenis jeruk yang bagus untuk dibudidayakan.

Jeruk Keprok Siem menyukai tanah yang bertekstur gembur serta ketersediaan air yang cukup guna pertumbuhan tanaman. Hal yang menyenangkan dalam membudidayakan jjeruk jenis ini adalah pertumbuhan tanaman tak peduli terrhadap lokasi, seperti di tanah sawah, tanah rawa, maupun di tanah tegalan asal dalam proses penanaman ketersediaan air ada di dalam tanah yang gembur.

Tanaman buah ini memiliki karekteristik dimana bentuk batangnya tegak dan dapat mencapai tinggi antara 2-8 m. Batangnya bulat atau setengah bulat & mempunyai percabangan yg tidak sedikit bersama tajuk amat sangat rindang dengan batang berduri. tanaman ini memiliki dahan yang mungil & letaknya berpencar tak beraturan dan Daunnya berbentuk bulat telur memanjang, elips atau lanset bersama pangkal tumpul & ujung meruncing seperti tombak. Permukaan atas daun berwarna hijau lanjut umur mengilat, sedangkan permukaan bawah hijau muda. Panjang daun 4-8 centimeter & lebar 1,5-4 cm. Tangkai daunnya bersayap amat sempit maka dapat dikatakan tak bersayap. Jenis Jeruk Unggul Cocok Untuk Dibudidayakan

Keunggulan Lain dari tanaman buah jeruk keprok siem ini adalah sifatnya yang genjah atau mudah berbuah sehingga cocok untuk dijadikan tanaman dalam pot (tabulampot). Selain itu, Pohon jeruk keprok siem ini juga dapat berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim. Rasanya yang manis dengan kandungan air yang menyegarkan membuatnya sangat disukai dan kerap menjadi buah konsumsi sehari-hari. Tertarik Menanam buah jeruk yang manis ini di halaman rumah anda?. Anda tidak perlu kwatir namun Anda bisa menghubungi nomer yang ada di website ini.

  1. Jenis Jeruk Pamelo Madu (Jeruk Bali)

Kini kami akan mengalihkan jenis jeruk unggul dan jenis yang bagus, ialah Jeruk Pamelo Madu. Jeruk yang terkenal berkat ukuran yang fantastis alias besar karena memiliki berat mencapai satu hingga tiga kilogram untuk satu buahnya, sedangkan rasa jeruk jenis ini memiliki kombinasi antara rasa asam dan manis, serta kandungan air yang mampu menghilangkan dahaga alias memberi rasa segar. Jeruk Pamelo Madu merupakan salah satu jenis jeruk unggulan dan bagus karena mampu menghasilkan ukuran buah yang besar dan dapat hidup dengan baik di dataran rendah sekitar 400 meter di atas permukaan laut. Serupa dengan Jeruk Keprok Siem, Jeruk Pamelo dapat hidup dan beradaptasi dengan baik pada daerah kering dan tanaman relatif tahan terhadap penyakit. Jenis Jeruk Unggul Cocok Untuk Dibudidayakan

Sebagai ciri khas dari tanaman Jeruk Pamelo, ialah batang yang berdiameter tiga puluh sentimeter, memiliki kulit tebal dan berwarna cokelat agak kuning, serta batang yang banyak dan saling tumbuh berjauhan. Jenis Jeruk Unggul Cocok Untuk Dibudidayakan

  1. Jenis Jeruk Pamelo Merah (Pamelo Ruby)

Lain Pamelo Madu, lain pula Pamelo Merah. Jenis jeruk unggulan yang hadir dari negeri yang terkenal akan seni bela diri Muay Thai, ialah Thailand. Tanah kelahiran sang petinju Manny Pacquiao.

Sekarang, masyarakat Indonesia terutama para pecinta tanaman buah, sedang dihebohkan dengan sebuah Pamelo dengan warna daging buah dan kulit Merah. Yup! Pamelo Merah atau juga disebut Pamelo Ruby, dengan seabrek kelebihannya menarik perhatian calon pekebun dan orang yang hobi mengoleksi tanaman.

Pamelo Merah ini mempunyai banyak daya tarik, mulai dari warnanya yang menarik, rasanya yang lezat, genjah, serta produktif. Pamelo Merah (Red Pamelo) merupakan jenis jeruk import dari Thailand. Seperti halnya jeruk pamelo atau jeruk Bali, buah pamelo merah memiliki bentuk yang besar, kulit tebal, dan bulir buah besar.

Kulit Jeruk Pamelo Merah berwarna merah matang (Istimewa)

Kalau dilihat bedanya dari warna kulit, jeruk Bali biasanya berwarna hijau, sedangkan Pamelo Merah berwarna merah matang.

Keunggulan dari Pamelo Merah yang tidak didapatkan dari pamelo lain, yaitu rasa buahnya yang manis, daging buah tebal, cepat berbuah, mampu tumbuh optimal meski di dalam pot, mudah ditanam di dataran rendah maupun tinggi, dan lebih tahan terhadap penyakit serta hama tanaman. Serta tanaman ini dapat tumbuh di daerah tropis, dan akan berbuah saat umur 3 tahun.

Buat Anda yang mau menanam buah Pamelo Merah ini, disarankan menanam dengan sistem tabulampot yang tidak memerlukan lahan luas.

Teksturnya sama kayak jeruk Bali, tapi ini lebih enak! (Istimewa)Warna merahnya itu lho, bikin ngiler! (Istimewa)

Sayangnya, harga bibit Pamelo Merah masih terbilang cukup mahal. Makanya, calon pekebun harus berhati-hati ketika membeli bibit buah tersebut, karena rentan pemalsuan.

Mengenali sosok tanaman juga bukan hal mudah. Lantaran, bibit Pamelo Merah asal Korat, Thailand, sama dengan Pamelo lokal.

Tekstur batang, bentuk dan warna daun, serta karakter percabangan persis Pamelo biasa.

“Bahkan buah mudanya pun masih terlihat sama dengan pamelo biasa. Perbedaan baru tampak ketika buah menjelang siap petik, berumur 10 bulan,” kata pembibit pamelo merah di Provinsi Korat, Thailand, Bun Leue.

 Di Indonesia jenis jeruk unggulan ini terbilang varietas yang baru di antara jenis jeruk lainnya. Ciri yang membedakan dengan Jeruk Pamelo Madu adalah warna merah sewaktu masak—yang membuat mata terpesona saat memandangnya, ukuran buah yang besar mencapai diameter 20 sentimeter atau sekitar 3.5 kilogram, kulit tebal, dan bulir buah yang besar pula. Jeruk jenis ini terbilang bagus pabila dibudidayakan atau pun dikonsumsi karena rasa buah yang manis, daging buah amat tebal, lekas berbuah, mudah ditanam tanpa memedulikan lokasi, dan dapat tumbuh secara optimal di dalam pot.

Apa boleh buat setelah membaca artikel ini Anda akan dibuat bingung karena pikiran akan terkuras oleh keunggulan jenis jeruk yang kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Jangan beranjak terlebih dahulu, di bawah akan kami sampaikan jenis-jenis jeruk unggulan lainnya, tentunya jenis-jenis yang bagus untuk Anda dapatkan.

  1. Jenis Jeruk Sunkist

Jeruk yang satu ini rmemiliki ukuran jauh lebih kecil dibandingkan dengan jenis-jenis jeruk unggulan lainnya, yakni Jeruk Sunkist. Tiap mata yang memadang jeruk ini akan terpesona akan warna jingga menyala, seperti langit di senja hari. Buah jeruk jenis sunkist ini sangat populer dan digemari di berbagai kalangan masyarakat. Kelebihan dari buah jeruk ini adalah dapat berbuah sepanjang tahun dan tidak kenal musim. Selain segar dan manis, jeruk ini juga dikenal sebagai salah satu sumber nutrisi dan vitamin C yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Jeruk Sunkist termasuk salah satu jenis tanaman buah jeruk yang rajin berbuah. Bibit Jeruk Sunkist dapat berbuah setelah 2-3 tahun setelah masa tanam. Perawatan pohon jeruk sunkist ini juga tergolong sangat mudah karena termasuk jenis tanaman yang tidak membutuhkan perawatan khusus. Keunggulan lainnya adalah dapat ditanam dalam Pot atau tabulampot. Kami menyediakan bibit jeruk sunkist unggulan, asli, berkualitas dan bergaransi. Siap melayani pengiriman ke seluruh Indonesia selama terjangkau oleh ekspedisi.

Jumlah Barang

Jeruk Sunkist termasuk salah satu jenis tanaman buah jeruk yang rajin berbuah, pada umumnya Bibit Jeruk Jenis Sunkist dapat berbuah setelah 2-3 tahun setelah masa tanam. Perawatan pohon jeruk jenis sunkist ini juga tergolong sangat mudah karena termasuk jenis tanaman yang tidak membutuhkan perawatan khusus asalkan penyiraman, pemupukan dan pemangkasan dilakukan secara teratur. Keunggulan bibit buah ini adalah selain dapat dibudidayakan di lahan yang luas bisa juga dengan cara menanam Jeruk Sunkist Dalam Pot atau yang sering dikenal dengan istilah Tabulampot Jeruk Sunkist.

Jeruk ( Citrus )  jenis sunkist merupakan salah satu jenis jeruk manis yang berasal dari California Amerika Serikat. Buah jeruk jenis sunkist ini sangat populer dan digemari di berbagai kalangan masyarakat. Kelebihan dari buah jeruk ini adalah selalu tersedia sepanjang tahun dan tidak kenal musim. Selain segar dan manis, jeruk ini juga dikenal sebagai salah satu sumber nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Buah jeruk jenis sunkist terkenal sebagai sumber vitamin C yang sangat baik dan memiliki peranan yang cukup penting bagi kesehatan tubuh.

 Buah Jeruk Sunkist berdiameter tujuh sentimeter hingga sepuluh sentimeter. Ukuran boleh kecil tapi urusan rasa tak kalah dibanidng jenis jeruk lainnya, manis dan juicy membuat pencinta buah jeruk akan menanti kedatangan dan kehadiran jeruk jenis ini, seperti sepasang kekasih yang mencintai senja.

Jeruk Sunkist merupakan varietas unggulan yang berasal dari negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Meski berukuran kecil, kandungan air yang dimiliki jeruk ini amat banyak dan mampu melunturkan dahaga pabila Anda mengkonsumsinya. Selain keunggulan berupa manis dan kandungan air yang banyak, tanaman Jeruk sankist terbilang mudah berbuah, tepatnya di usia dua tahun dari masa tanam.

Seperti ragam jenis jeruk lainnya, kandungan vitamin yang baik bagi tubuh tentu tertanam di dalam jeruk ini. Kalau dikonsumsi secara teratur, kekebalan tubuh akan meningkat, dapat menurunkan kolesterol jahat, mengatasi infeksi, dan mencegah demam.

Kabar gembira bagi anda yang tinggal di perkotaan dan memiliki lahan terbatas, ternyata bibit buah jeruk jenis sunkist ini juga dapat dibudidayakan dengan tabulampot lho..!! Cara menanam Jeruk Sunkist Dalam Pot dapat dikatakan sangat mudah. Keunggulan lain jeruk verietas sunkist adalah dapat tumbuh di dataran rendah dan dataran tinggi. Bibit Jeruk yang rasanya manis dan segar ini sudah dapat berbuah dengan cepat yaitu pada usia 2-3  tahun penanaman dengan perawatan dan pemberian pupuk yang teratur. Nah Tunggu apalagi.., dapatkan bibit jeruk unggulan varietas sunkist

Dalam Proses pertumbuhan tanaman perlu memperhatikan kebutuhan sinar matahari sepanjang hari, media tanam yang digunakan ialah tanah humus atau tanah kompos, menyiram dengan intensitas satu kali dalam satu hari, dan pemberian pupuk NPK daun kira-kira tiga puluh hari sekali. Langkah-langkah tersebut menjadi tolak-ukur agar tanaman menghasilkan buah yang unggul dan bagus.

Cara Mudah Budidaya Bibit Buah Jeruk

Pemilihan Bibit Jeruk

Bibit buah yang berkualitas adalah memiliki batang tanaman buah yang kokoh, berdaun rimbun, segar dan berwarna hijau cerah. Perakarannya banyak dan kuat. Kriteria bibit buah ideal bisa anda dapatkan di TanamanMart. Kami Jual Bibit Jeruk Sunkist Berkualitas dan sehat. Harga Bibit Jeruk Sunkist yang kami tawarkan bervariasi. Info lengkap tentang Harga Bibit Jeruk Sunkist.

Pemilihan

Setelah Bibit buah Jeruk tersedia, tahap berikutnya adalah pemilihan lokasi. Pilih lahan yang memiliki ukuran cukup luas supaya dapat digunakan untuk menanam beberapa bibit pohon buah jeruk. Jarak minimal antar pohon adalah 5×5 meter. Pastikan tidak ada naungan yang menghalangi sinar matahari. Lakukan pembuatan lubang tanam dengan ukuran 50x50x50 cm. Setelah lubang tanam selesai dibuat selanjutnya isi lubang tanam dengan campuran tanah dan pupuk kompos atau pupuk kandang. Diamkan lubang tanam selama satu pekan supaya gas yang terkandung di dalam tanah hilang karena terkena sinar matahari dan tersapu angin.

Tahap Penanaman Bibit Jeruk

Proses penanaman yang dilakukan untuk Jeruk Sunkist Dalam Pot atau Tabulampot Jeruk Sunkist maupun secara langsung di tanah, Sobek polybag secara perlahan dan buang polybag bekasnya. Hati-hati pada saat melakukannya dan usahakan jangan sampai merusak akar bibit. Selanjutnya masukkan ke dalam lubang tanam dan timbun serta padatkan secara perlahan. Setelah proses penanaman selesai, lakukan penyiraman dengan air secukupnya sampai tanah atau media tanam basah.

Melakukan perawatan

Perawatan tanaman jeruk adalah dengan melakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari. Sebaiknya penyiraman dilakukan secara rutin, tetapi batang akar jangan sampai tergenang. Pemberian pupuk bisa dilakukan setiap dua pekan sekali atau minimal sebulan sekali. Perawatan lainnya adalah dengan pemangkasan yang dilakukan pada ujung-ujung cabang yang lebat guna merangsang pertumbuhan bunga dan buah.

  1. Jenis Jeruk Nagami

Jenis jeruk unggulan dan jenis jeruk yang bagus terakhir adalah Jeruk Nagami. Tanaman yang berasal dari negeri yang memiliki mitologi, khususnya mengenai Dewa Susanoo: Jepang. Sebagian dan bahkan seluruh masyarakat pencinta jeruk akan beranggapan kalau kulit buah tak dapat dinikmati, memiliki rasa yang pahit, dan lebih baik dibuang. Barangkali Anda sependapat juga? Kalau Anda sependapat, sesungguhnya pendapat tersebut telah sia-sia karena Jeruk Nagami memiliki kulit buah yang dapat dimakan dan memiliki rasa yang manis bahkan jauh lebih manis dari buahnya. Buah yang berasal dari Genus Citrus karena bentuk buah jeruk ini lonjong dan berukuran kecil.
Bagi Anda yang ingin membudidayakan jeruk jenis ini, pilihan tersebut ada baiknya karena tanaman bersifat genjah atau rajin berbuah dan dapat dimakan tanpa sibuk mengelupas kulitnya. Selain digunakan sebagai tanaman budidaya, Jeruk Nagami pun dapat digunakan sebagai penghias halaman rumah—menggunakan media tabulapot—berkat bunga yang mekar berwarna putih, harum, dan bila berbuah warnanya akan memancar seperti langit sore: jingga.

Demikianlah pembahasan dari kami tentang jenis-jenis jeruk unggulan dan jenis-jenis jeruk yang bagus untuk Anda pilih. Selain bertanam jeruk dan mendapatkan hasil positif melalui tanaman atau pun buah, kita telah berusaha menyelamatkan bumi. Satu tanaman untuk tiga cucu, kalau ratusan tanaman, untuk sekian ratus bahkan ribuan keturunan , bukan?

Setelah menentukan pilihan, ada baiknya tangan Anda mulai menjamah smartphone untuk mencari benih yang diinginkan. Silakan ketik GrosirBibitTanaman.Co.ID pada layar handpone Anda karena kami (GrosirBibitTanaman.Co.ID) menyediakan dan dapat dipercaya akan ketersediaan serta keadaan benih yang Anda damba-dambakan. Jangan ragu atau malu, hubungi customer service kami demi mendapatkan informasi yang tepat dan menenangkan. Jenis Jeruk Unggul Cocok Untuk Dibudidayakan

Melihat Eksotisnya Jeruk Pamelo Merah

Saat ini bibit buah tersebut yang beredar di Tanah Air pun, rata-rata berbanderol harga yang fantastis!. Informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami dengan cara klik nomor di website ini.