Jual Bibit Cempedak

Jual Bibit Cempedak

Jual Bibit Cempedak

Jual Bibit Cempedak –  Apakah Anda pernah tahu buah cempedak? Mungkin banyak yang tidak mengetahui buah satu  ini karena memang buah satu ini tidak menyebar luas di seluruh daerah Indonesia.  Barangkali, buat kalian penduduk Kalimantan, Sulawesi atau Maluku nggak asing lagi dengan buah satu ini. Tapi, bagaimana kalian yang berada di Jawa? Mungkin tak banyak yang tahu soal buah ini. Iya… buah satu ini memang tidak tersebar merata di Indonesia. Meski demikian, ternyata cempedak merupakan tanaman khas negeri kita.

Mengenal Cempedak

Buat Anda yang belum mengetahui buah cempedak.  Cempdak memiliki rasa yang enak membuat banyak orang menggemari buah ini. Bukan hanya dimakan langsung, cempedak juga bisa diolah jadi camilan yang diperjual belikan. Nggak sedikit pengusaha yang omzetnya luar biasa hanya dengan memanfaatkan dan mengolah buah harum satu ini. Lantas, seperti apa sih buah cempedak sebenarnya?

Cempedak merupakan tanaman buah-buahan dari famili Moraceae. Bentuk buah, rasa dan keharumannya seperti nangka, meski aromanya kerap kali menusuk kuat mirip buah durian. Tanaman ini berasal dari Asia Tenggara, dan menyebar luas mulai dari wilayah Tenasserim di Burma, Semenanjung Malaya termasuk Thailand, dan sebagian Kepulauan Nusantara: Sumatra, Borneo, Sulawesi, Maluku hingga ke Papua. Juga banyak didapati di Jawa bagian barat.

Cempedak dikenal secara luas sebagai cempedak atau campedak, buah ini juga memiliki beberapa nama lokal seperti bangkong (cempedak hutan, bentuk liar di Malaysia), baroh (Kep. Lingga dan Johor), nangka beurit (Sunda), nongko cino (Jawa), cubadak hutan (Minangkabau) tiwadak (Banjar) dan lain-lain.

Daun  cempedak tipis agak kaku seperti kulit, bertangkai, bulat telur terbalik sampai jorong, 2,5-5 × 5–25 cm, bertepi rata (integer, utuh), dengan pangkal berbentuk pasak sampai membulat, dan ujung meruncing (acuminate). Tangkai daun 1–3 cm. Daun penumpu bulat telur memanjang, meruncing, berambut kawat, mudah rontok dan meninggalkan bekas berupa cincin pada ranting

Perbungaan sendiri-sendiri, muncul di ketiak daun, pada cabang besar atau pada batang utama (cauliflory), pada pucuk pendek khusus yang berdaun. Karangan bunga jantan berbentuk bongkol seperti gada atau gelendong, 1 × 3-5,5 cm, hijau pucat atau kekuningan, bertangkai 3–6 cm. Bongkol bunga betina berbentuk gada memanjang, dengan bunga-bunga yang tertancap sedalam 1,5 mm dalam poros bongkol dan bagian bebas sekitar 3 mm.

Buah semu majemuk (syncarp) berbentuk silinder sampai bulat, 10-15 × 20–35 cm, kehijauan, kekuningan sampai kecoklatan, dengan tonjolan piramidal serupa duri lunak yang rapat atau licin berpetak-petak dengan mata faset. ‘Daging buah’ sesungguhnya adalah perhiasan bunga yang membesar dan menebal, putih kekuningan sampai jingga, manis dan harum, bertekstur lembut, licin berlendir di lidah dan agak berserat. Tidak seperti nangka, keseluruhan massa daging buah beserta bunga-bunga steril atau gagal (dikenal sebagai ‘dami’) mudah lepas dari poros (‘hati’) buah semu apabila masak. Biji bulat gepeng atau memanjang, 2–3 cm.

Naah untuk menemukan buah cempedak ini secara alami, cempedak liar banyak dijumpai di hutan hujan dataran rendah, baik hutan primer maupun sekunder. Tumbuh hingga ketinggian sekitar 1000 m dpl, pohon buah ini menyukai daerah-daerah dengan musim kering yang tidak tegas, lahan dengan permukaan air tanah yang dangkal, dan bahkan tahan sesekali tergenang banjir.

Masyarakat biasanya mengonsumsi buah Cempedak dalam keadaan segar atau bisa juga diolah terlebih dahulu. Olahan yang seringkali ditemui adalah mencampur daging buah cempedak dengan tepung untuk kemudian dijadikan Cempedak goreng. Buah ini dijadikan camilan saat santai atau saat sedang berkumpul dengan teman dan keluarga.

Selain buahnya, biji dan kulit buah Cempedak juga bisa dikonsumsi. Olahan yang banyak dibuat oleh masyarakat adalah merebus biji buah Cempedak untuk kemudian dijadikan camilan dengan rasa yang gurih.

Bahkan di Kalimantan, kulit buah ini dijadikan olahan makanan dengan nama Mandai. Cara membuat Mandai adalah mengupas kulit buah sampai kulit buah terlihat putih, selanjutnya rendam ke dalam air garam selama beberapa jam agar kulitnya lunak dan tidak keras. Lalu kulit Cempedak langsung digoreng sampai kecoklatan sebelum dikonsumsi.

Toko Online Bibit Tanaman Pohon-Buah-Hias-Bunga yang Berkualitas dan Harga Terjangkau Grosir dan Ecer Siap melayani Proyek pesanan besar Siap Kirim Seluruh Indonesia

Hampir mirip dengan nangka

Dilihat sekilas, buah cempedak memang terlihat seperti nangka. Mulai dari bentuk kulit, daging hingga rasa memang agak mirip dengan nangka. Tapi tetap saja, ada beberapa bagian yang membedakan cempedak dengan buah nangka, seperti aromanya yang lebih kuat, ada yang menyebut kalau aroma buah cempedak ini sama kuatnya dengan buah durian. Hmmm… aroma yang harum itu tentu jadi daya tarik tersendiri ya.

Tidak tumbuh di seluruh pelosok Indonesia

Meski disebut dengan buah khas Indonesia, ternyata cempedak nggak bisa tumbuh di sembarang tempat. Seperti dibahas sebelumnya, buah ini hanya tumbuh dengan baik jika berada di dataran rendah hingga 1000 meter dpl. Buah asli Indonesia yang eksotis ini tersebar di Sumatera, Kalimantan, Jawa (tidak semua), Sulawesi, Maluku, Papua dan pulau-pulau di sekitarnya. Beberapa orang di Indonesia masih asing dengan buah ini, khususnya masyarakat yang tinggal di dataran tinggi.

Alasan Mengapa Memilih Kami !

RIBUAN JENIS TANAMAN

Ribuan jenis varietas benih & bibit tanaman ada disini, menerima pembelian ecer maupun grosir serta melayani pengerjaan proyek.

PRODUK – PRODUK BERKUALITAS

Semua produk dijual telah lolos standar kami, dari segi keakuratan & kualitas barang, serta pelayanan yang baik.

PACKING SANGAT AMAN

Barang yang kami kirim akan kami packing (kemas) seaman mungkin, dengan pemberian vitamin tumbuhan sebelum pengiriman serta penggunaan bahan packing yang aman seperti kayu atau triplek.

Cara budidaya Cempedak

Perlu Anda ketahui bahwa ada dua pilihan untuk penanaman Cempedak, yaitu di tanah langsung atau di dalam pot yang dikenal juga dengan tabulampot cempedak, tatapi kami menyarankan untuk menanam cempedak ditanah langsung. Berikut ini sekilas cara penanaman untuk kedua pilihan tersebut :

Ditanam Ditanah Langsung

1. Pemilihan Bibit

Jika And ingin menanam cempedka dengan hasil yang berkualitas Anda tidak boleh meepaskan step ini. Karena itu pilihlah bibit yang diperbanyak  menggunakan cara okulasi. Kriteria bibit cempedak yang harus dipilih seperti bibit yang unggul dan berkualitas baik, sehat serta tidak terserang hama ataupun penyakit, daun hijau segar tidak kering, berbatang kokoh tidak kering dan kurus, berdaun lebat.

Apakah Anda mebutuhkan bibit tanaman ini? Anda bisa memesan di kami Toko Online Bibit Tanaman Pohon-Buah-Hias-Bunga yang Berkualitas dan Harga Terjangkau Grosir dan Ecer Siap melayani Proyek pesanan besar Siap Kirim Seluruh Indonesia

Bisa menghubungi nomer yang ada di website ini!!!!

 

2. Menyiapkan Lubang

Naah untuk step kedua ini Anda perlu siapkan cangkul, sekam dan pupuk kompos/kandang. Siapkan/gali lubang dengan ukuran 40x40x40, timbun lubang dengan pupuk kandang sekitar 50% dari volume lubang, setelah itu kasih tanah diatas pupuk kandang sekitar 5 cm, lalu tanam bibitnya.

Setelah itu buang plastik polybag dari bibit dengan cara menyobek atau mengguntingnya. Setelah itu langsung letakkan bibit dalam lubang yang telah disiapkan. Posisikan bibit tegak lurus jangan sampai miring karena akan mempengaruhi masa pertumbuhan untuk jangka panjang. Setelah bibit sudah di letakkan pada lubang tanam, segera di tutup dengan campuran tanah + kompos + sekam di campur jadi satu yang sebelumnya sudah di siapkan.

Hal ini penting karena media yang kaya akan nutrisi akan merangsang atau menghasilkan tanaman mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Kemudian di tutup sampai merata dari campuran media tersebut serta padatkan sedikit agar bibit tidak mudah gampang roboh.

3. Cara Perawatan (Pemupukan, Penyiraman, Pemangkasan)

·         Pemupukan 

Agar tanaman maksimal dan berbuah lakukan pemupukan secara rutin, Untuk awalan bisa dikasih pupuk kandang (untuk menyuburkan tanah), ZPT (Untuk pertumbuhan daun dan batang), Atonik (Untuk pertumbuhan daun dan akar) dan Decis (untuk mencegah hama daun), dilakukan 2 minggu sekali sampai usia satu tahun agar tanaman tumbuh baik dan maksimal.

Untuk pemberian pupuk kandang dikasih 1 bulan sekali, setelah seminggu diberi pupuk kandang baru dikasih NPK mutiara, secukupnya dan lakukan secara kontinyu.

·         Penyiraman

Setelah bibit tertanam pada lahan penanaman, proses selanjutnya tahap untuk melakukan penyiraman bibit sampai basah, untuk selanjutnya penyiraman dilakukan di waktu pagi atau sore hari. Untuk hasil yang baik dalam penyiraman yang optimal di sarankan menggunakan alat bantu embrat atau gembor agar penyiraman ke tanaman bisa merata.

Penyiraman air di saat pagi atau sore hari sangat dianjurkan untuk tanaman yang baru pindah tanam, di karenakan tanaman baru kerap terganggu dari faktor lingkungan. Air berguna untuk menopang tanaman baru agar lebih kokoh kembali dan tidak mudah layu. Jadi di sarankan dalam melakukan penyiraman rutin tiap hari karena dalam penanaman air sangat dibutuhkan dalam jangka panjang.

Penanaman Cempedak Dalam Pot (Tabulampot Cempedak)

1. Pemilihan Bibit

Pilihlah bibit yang diperbanyak  menggunakan cara okulasi. Kriteria bibit yang harus dipilih seperti bibit yang unggul dan berkualitas baik, sehat serta tidak terserang hama ataupun penyakit, daun hijau segar tidak kering, berbatang kokoh tidak kering dan kurus, berdaun lebat.

Apakah Anda mebutuhkan bibit tanaman ini? Anda bisa memesan di kami Toko Online Bibit Tanaman Pohon-Buah-Hias-Bunga yang Berkualitas dan Harga Terjangkau Grosir dan Ecer Siap melayani Proyek pesanan besar Siap Kirim Seluruh Indonesia

Bisa menghubungi nomer yang ada di website ini!!!!

2. Menyiapkan Pot

Siapkan drum atau pot minimal ukuran 50, lebih besar lebih bagus agar pertumbuhan cempedak dalam pot maksimal.

3. Menyiapkan Media Tanam

Sediakan tanah yang gembur, sekam dan pupuk kandang dicampur 1:1:1, setelah itu masukan bibit cempedak kedalam pot dan kasih lubang tanam untuk menanam bibit cempedak dalam pot.

4. Cara Penanaman

Pertama-tama, lepaskan bibit cempedak dari polybag dengan cara disobek atau digunting, setelah itu masukan bibit kedalam pot yang sudah disiapkan, lalu timbun dan siram basah bibit cempedak yang telah ditanam dalam pot sampai air keluar dari lubang pot bagian bawah.

5. Pemupukan

Naah dalam proses pemupukan cempedak dalam Pot sama seperti pemupukan tanaman dalam pot pada umumnya, untuk awalan agar pertumnbuhan bagus diberi pupuk kandang,  ZPT dan Atonik selama satu bulan sekali.

Setelah Tabulampot cempedak berusia 6 bulan dan memiliki batang cukup kuat, tabulampot cempedak bisa diberi hormon perangsang buah seperti NPK Jagotani, Gandasil B atau Goldstar. Dan untuk mencegah hama daun cempedak dalam pot biasanya  disemprot dengan Decis.

6. Penyiraman

Saat proses penyiraman satu hari sekali pada cempedak dalam pot (Tabulampot cempedak), apabila tanaman sedang berbunga penyiraman harus lebih instens, tetapi hindari penyiraman bagian atas (daun dan bunga) untuk menghindari rontok, cukup disiram bagian medianya saja.

Toko Online Bibit Tanaman Pohon-Buah-Hias-Bunga yang Berkualitas dan Harga Terjangkau Grosir dan Ecer Siap melayani Proyek pesanan besar Siap Kirim Seluruh Indonesia

Perbedaan Cempedak dan Nangka

Cempedak dan nangka sering dianggap sama padahal dua jenis buah ini merupakan buah yang berbeda walaupun tampak mirip dari berbagai macam aspeknya.

Naha perlu Anda ketahui bahwa buah cempedak dan nangka merupakan salah satu buah khas Indonesia.

Buah nangka bisa ditemukan dengan mudah di berbagai wilayah Indonesia. Sedangkan buah cempedak hanya bisa ditemukan di daerah Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Jadi cempedak dan nangka merupakan buah yang berbeda. Perbedaan cempedak dan nangka harus diketahui agar tidak salah dalam membelinya. Jangan sampai salah mengira bahwa cempedak adalah nangka, begitu juga sebaliknya.

  1. Perbedaan Bentuk Luar

Perbedaan pertama bisa kamu lihat dari bentuk luar cempedak dan nangka. Namun perbedaan bentuk luar ini harus dilihat dari dekat karena bila dilihat dari kejauhan saja, maka buah nangka dan cempedak memiliki bentuk yang sama.

Kedua buah tersebut memiliki bentuk yang lonjong, berwarna hijau, berukuran lumayan besar dan memiliki kulit yang berduri. Walaupun begitu, kamu bisa melihat perbedaan antara buah cempedak dan nangka pada durinya.

Buah cempedak memiliki duri yang cenderung tumpul, bahkan kadang duri tersebut tidak muncul dan hanya berupa titik saja. Dalam segi bentuk buahnya, agak berlekuk-lekuk dan lonjongnya tidak beraturan. Ketika sudah matang atau tua, kulit cempedak akan berubah warna menjadi warna kuning.

Sedangkan kulit nangka memiliki duri yang cukup tajam. Bentuk lonjongnya juga lebih beraturan dan bila sudah matang warnanya tetap hijau.

  1. Aroma

Untuk perbedaan cempedak dan nangka selanjutnya bisa dilihat dari aromanya. Untuk cempedak sama-sama memiliki aroma yang khas, cempedak dan nangka ternya memiliki karakter aroma yang malah berbeda.

Nangka memiliki aroma khas dengan karakter yang lembut dan manis. Membuat kamu saat menciumnya tidak akan terganggu dengan aroma buah nangka.

Sedangkan buah cempedak memiliki aroma yang cukup kuat dan dapat mengganggu hidung. Bila dibandingkan, mungkin karakter aroma cempedak lebih mirip dengan karakter aroma durian. Aroma ini bahkan muncul sebelum buah cempedak dibelah sekalipun.

  1. Daging Buah

Perbedaan cempedak dan nangka selanjutnya bisa dilihat dari daging buah. Setelah cempedak dan nangka dibuka dan dibelah kulitnya, maka kamu bisa melihat perbedaan dari daging buah keduanya.

Daging buah cempedak lebih mirip dengan daging buah durian, walaupun bentuk buahnya mirip dengan nangka. Teksturnya lebih lumer di dalam mulut dan tentunya lebih lembut. Dalam hal daging buah, cempedak lebih mirip dengan buah durian.

Sedangkan buah nangka memiliki ukuran yang lebih ramping, memanjang dan memiliki warna kuning keemasan. Tekstur dagingnya pun lebih terasa berserat dan padat daripada buah cempedak.

  1. Jenis Olahan Buah

Tentunya buah cempedak dan nangka dapat disantap langsung seperti buah lainnya. Kedua buah ini juga cocok diolah menjadi berbagai macam hidangan. Buah cempedak bahkan diolah tidak hanya daging buahnya saja, namun juga kulit buahnya.

Hal ini terjadi di Kalimantan, kulit cempedak dikonsumsi dengan cara difermentasikan terlebih dahulu, yang disebut dengan mandai. Mandai nantinya bisa langsung dimakan sebagai lauk dan bisa diolah lagi menjadi tumisan.

Sedangkan daging buah dari cempedak bisa diolah menjadi kue bahkan es krim. Daging buah cempedak lebih sering diolah sebagai gorengan dan menjadi sayur dengan kuah santan.

Sedangkan nangka yang sudah matang bisa dibuat menjadi olahan es krim, isian pudding, topping serabi, dan kue bolu. Daging buah nangka muda bisa dimasak jadi makanan lainnya seperti gudeg, hingga sayur untuk lontong.

Manfaat buah cempedak

Meskipun  sepele ternyata buah cempedak memiliki banyak manfaat lho….  mau tau apa saja manfaat buah cempedak untuk kesehatan? Berikut kami sajikan beberapa manfaat buah cempedak untuk kesehatan :

1. Asupan Air Bagi Tubuh

Buah cempedak ini termasuk buah yang hanya bisa tumbuh di wilayah tropis, sehingga tanaman ini sangat membutuhkan banyak asupan air agar bisa tumbuh optimal. Banyaknya asupan air yang digunakan untuk tumbuh berpengaruh terhadap kandungan air yang ada di dalam buah Cempedak. Saat Anda mengonsumsi buah Cempedak, maka asupan air di dalamnya bisa memenuhi kebutuhan tubuh dengan baik.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Buah cempedak memiliki kandungan Bioflavonoid yang terbukti dan bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dengan baik. Bioflavonoid bekerja dengan cara mengusir radikal bebas yang menyerang sel-sel di dalam tubuh Anda.

3. Mata yang Lebih Terjaga Kesehatannya

Nah.. buah cempedak juga mengandung vitamin A. Vitamin A merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh agar bisa menjaga mata tetap sehat dan tidak mudah rusak. Manfaat dari Vitamin A ini bisa Anda dapatkan dengan cara rutin mengonsumsi buah Cempedak.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi didalam tubuh akan memicu berbagai penyakit berbahaya di masa depan seperti masalah Jantung. Penyakit berbahaya ini bisa Anda cegah dengan mengonsumsi buah ini yang kaya akan Vitamin C. Vitamin C yang ada didalam Buah Cempedak sangat bermanfaat untuk mengusir kolesterol jahat dan membantu kolesterol baik untuk mengalir didalam tubuh.

5. Sistem Pencernaan yang Lancar

Masih berhubungan dengan kaandungan Vitamin C yang telah kami sampaikan di atas. Buah Cempedak yang kaya akan Vitamin C bisa menjaga sistem pencernaan tetap lancar, sehingga bisa mengurangi Anda terkena sembelit atau sulit buang air besar.

6. Sumber Makanan yang Lezat

Selain bisa langsung dikonsumsi, buah ini juga bisa diolah menjadi gorengan dengan tambahan tepung. Namun, kami sangat menyarankan Anda untuk mengonsumi buah Cempedak saat masih segar dan tidak perlu digoreng. Hal ini dikarenakan buah Cempedak goreng memiliki kadar minyak yang berbahaya bagi tubuh, jika dikonsumsi terlalu sering.

Hal yang menarik dari biji buah ini adalah biji buahnya tidak sama dengan biji buah lain yang sebagian besar dibuang dan tidak dikonsumsi. Biji buah Cempedak berwarna putih dan sangat mirip kacang dan bisa dikonsumsi sebagai makanan yang enak. Selain itu ada juga sebagia masyarakat yang memanfaatkan biji buah Campedak sebagai bahan tepung dengan terlebih dahulu mengupas bagian kulit luarnya.

Karbohidrat dan protein merupakan kandungan yang terdapat di dalam biji buah ini. Sehingga biji buah Cempedak sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin menambah berat badan yang lebih ideal.

Cara mengolah biji buah ini pun tidak terlalu sulit dilakukan, sebab Anda hanya perlu merebus biji buah sampai lembut sebelum mengonsumsinya.

Selain buahnya biji buah cempedak juga memiliki banyak manfaat lho…  berikut manfaat biji buah cempedak untuk kesehatan :

1. Buah Anti Depresan

Mendengar kalimat di atas mungkin sebagian dari kalian dibuat bingung, sebab bagaimana bisa biji buah Cempedak bisa menjadi pencegah depresi. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan kandungan protein yang tinggi dan mampu membuat tubuh dan pikiran terbebsa dari depresi dan stres.

2. Metabolisme Tubuh yang Lebih Baik

Masih berhubungan dengan kandungan protein didalam biji buah Campedak, dimana kandungan protein tersebut mampu menjaga keseimbangan metabolisme tubuh.

3. Sel Tubuh yang Lebih Sehat

Biji buah Cempedak memungkinkan tubuh Anda melakukan regenerasi agar kesehatan tubuh menjadi lebih terjaga. Hal ini dikarenakan kandungan protein yang tinggi di dalam biji buah ini.

4. Sumber Energi untuk Beraktivitas

Aktivitas dan pekerjaan yang dilakukan setiap hari membutuhkan energi yang cukup agar setiap pekerjaan bisa dilakukan dengan optimal. Biji buah ini mampu memberikan banyak energi bagi tubuh karena kandungan Karbohidrat yang tinggi di dalamnya. Tubuh Anda tidak akan mudah lemas dan mudah lelah saat rutin mengonsumsi biji buah Campedak.

5. Meningkatkan Berat Badan

Kandungan protein yang ada didalam biji buah ini, ternyata sangat ampuh untuk menambah massa otot pada tubuh. Selain protein yang bisa membangun massa otot yang lebih besar, kandungan Karbohidrat d idalamnya mampu menambah kalori untuk menunjang pertumbuhan berat badan.

6. Mendapatkan Jantung yang Lebih Sehat

Karbohidrat alami yang ada di dalam biji buah Cempedak mampu meningkatkan kesehatan jantung Anda menjadi lebih baik.

7. Terhindar dari Masalah Otot

Otot biasanya sering mengalami masalah seperti kaku dan kram. Biji buah Campedak memberikan manfaat kesehatan yang baik jika Anda mengonsumsinya secara teratur.

Kulit Buah Cempedak yang Mampu Mencegah 3 Penyakit Berbahaya

Jual Bibit Cempedak

Waah ternyata buah cempedak memiliki banyak manfaat lho…  selain daging dan juga bijinya  ternyata kulit cempedak juga memiliki Manfaat r yang bisa Anda rasakan yaitu kulitnya yang bisa mencegah 3 macam penyakit yang berat :

1. Mencegah Tumor Pada Tubuh Anda

Jika Anda bisa mengolah kulit buah cempedak dengan baik, ternyata hal ini bisa menanggulangi dan mencegah tumor untuk datang kembali. Rutin mengonsumsi kulit buah Cempedak sangat kami anjurkan kepada Anda yang memiliki riwayat keluarga yang berpenyakit kanker atau tumor.

Anda bisa mengolah kulit buah Campedak seperti yang dilakukan masyarakat di Kalimantan untuk mendapatkan manfaat baik bagi tubuh.

2. Terbebas dari Kolesterol Tinggi

Kolesterol yang tinggi merupakan penyakit yang banyak diderita masyarakat Indonesia saat ini. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit ini adalah mengurangi kadar kolesterol didalam tubuh agar jangan sampai terus meningkat.

Caranya?

Kulit buah cempedak ampuh menanggulangi masalah kolesterol tinggi di dalam tubuh. Anda bisa mengolah kulit buah ini sebagai obat alami untuk mencegah dan mengobati kolesterol yang tinggi.

3. Obat Alami Penyakit Malaria

Penyakit selanjutnya yang bisa ditanggulangi dengan memanfaatkan kulit buah ini adalah mengobati penyakit Malaria yang menyerang tubuh. Malaria merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh nyamuk dan termasuk penyakit yang sangat berbahaya bagi manusia.

Anda bisa memanfaatkan kulit buah ini untuk mengobat panyakit malaria yang sedang Anda derita. Kulit buah Cempedak merupakan obat alami yang sangat ampuh dan bermanfaat untuk mencegah penyakit malaria.

Manfaat lebih lanjut yang bisa Anda rasakan dengan keberadaan tanaman buah ini adalah batang pohonnya yang tidak kalah bermanfaat bagi manusia. Kayu tanaman Cempedak berkualitas baik, sangt kuat, dan awet. Sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan kayu dan membuat perabotan rumah tangga.

Menarik sekali bukan? Jika Anda ingin mendapatkan bibit cempedak dengan kualitas terbaik Anda tidak perlu bingung mendapatkannya. Anda cukup menghubungi nomer yang ada di website ini untuk mendapatkan informasi dan juga harga terbaiknya. Semoga artikel ini bermanfaat ya…