Jual Bibit Gaharu Super King

Jual Bibit Gaharu Super King

Jual Bibit Gaharu Super King

Diantara kita semua pasti masih banyak yang belum mengenal Pohon Gaharu. Apasih Pohon Gaharu itu? Dan seperti apa bentuknya?

Ingin Beli Bibit Pohon Gaharu Super King Kami ?

Caranya Mudah, Langsung saja hubungi nomor Custumer Service yang ada di halaman web ini. Klik Benner di bawah ini.

Pohon Gaharu adalah kayu yang memiliki warna kehitaman dan mengandung resin khas yang dihasilkan dari beberapa spesies pohon yang berasal dari marga atau genus Aquilaria, terutama A. malaccensis. Pohon Gaharu ini banyak di temukan di berbagai negara seperti Banglades, India, Bhutan, Iran, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Indonesia. Pohon Gaharu ini memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi. Pohon Gaharu banyak digunakan dalam industri wangi-wangian parfum dan setanggi karena baunya yang harum.

Ciri-ciri Pohon Gaharu.

  1. Pohon Gaharu memiliki tinggi yang mencapai 40 meter dengan diameter lebih dari 60 cm.
  2. Berbatang lurus, tidak berbanir.
  3. Kulit batang Pohon Gaharu halus dan berwarna coklat keputih-putihan.
  4. Tajuknya berbentuk bulat, lebat dengan percabangan horisontal.
  5. Daunnya tunggal, berseling, tebal dan berbentuk jorong hingg jorong-melanset serta panjang.
  6. Perbungaannya berbentuk seperti payung, membentuk cabang dan tumbuh pada ketiak daun.
  7. Bentuk bunganya kecil dan berwarna hijau atau kuning kotor serta bulunya yang jarang.
  8. Buahnya berbentuk seperti telur terbalik dan berbulu halus.

Pengolahan Minyak Gaharu.

Sebelum dijadikan sebagai bahan baku pembuatan parfum, Gaharu terlebih dahulu harus di olah, hal ini dikarenakan untuk mendapatkan senyawa aromatik yang terkandung di dalamnya. Apabila ingin mendapatkan minyak gaharu dengan destilasi air, rendam di dalam air terlebih dahulu kayu gaharu yang kemudian dipindahkan ke dalam suatu tempat untuk menguapkan air hingga minyak yang terkandung akan keluar ke permukaan wadah dan senyawa aromatik yang menguap dapat dikumpulkann secara terpisah.

Teknik distilasi uap ini menggunakan potongan gaharu yang telah dimasukkan ke dalam peralatan distilasi uap. Tenaga uap ini yang menyebabkan sel tanaman dapat terbuka, minyak dan senyawa aromatik untuk parfum dapat keluar.

Uap air tersebut akan membawa senyawa aromatik melalui tempat pendinginan yang membuatnya terkondensasi kembali menjadi cairan. Kemudian cairan yang berisi campuran air dan minyak akan dipisahkan, hingga terbentuk lapisan minyak di bagian atas dan air di bagian bawah.

Selain itu salah satu metode yang digunakan saat ini adalah ekstraksi dengan superkritikal CO2, yaitu CO2 cair yang terbentuk karena tekanan tinggi. CO2 cair ini berfungsi sebagai pelarut aromatik yang digunakan untuk ekstraksi minyak gaharu. Metode ini sangat menguntungkan karena tidak terdapat residu yang tersisa, CO2 dapat dengan mudah diuapkan saat berbentuk gas pada suhu dan tekanan yang normal.

Konservasi Pohon Gaharu.

Jual Bibit Gaharu Super King. Pada tahun 1994 konvensi CITES atau Convention on International Trade in Endangered Species) yang berada di Amerika telah menetapkan bahwa pohon gaharu dengan spesies A. malaccensis telah masuk ke dalam Appendix II, yaitu tanaman yang dibatasi perdagangannya.

Penetapan tersebut dilakukan karena populasi tanaman gaharu yang semakin menyusut di alam, penyebabnya adalah banyaknya pengusaha Gaharu yang tidak bisa mengenali dengan benar mana Gaharu yang sudah dapat digunakan dan mengandung gaharu, dan mana yang belum. Rata-rata para pengusaha menebang pohon gaharu yang salah, yaitu pohon yang tidak menghasilkan gaharu sehingga jumlah pohon tersebut kian lama kian sangat berkurang.

Pada tahun 2004 Indonesia telah mengajukan semua penghasil gaharu alam yaitu Genus Aquilaria dan Gyrinops agar dimasukkan ke dalam Appendix II untuk membatasi perdagangannya. Sehingga perdagangan gaharu harus memiliki izin dari CITES dan dalam kuota tertentu. Hal ini dimaksudkan agar pohon gaharu dapat berkembang dan tersebar dengan baik.

Proses Pembentukan Pohon Gaharu.

Pohon Gaharu adalah pohon yang dihasilkan oleh tanaman sebagai bentuk respon dari mikroba yang masuk ke dalam jaringan yang terluka. Luka pada tanaman berkayu ini dapat disebabkan secara alami karena adanya cabang dahan yang patah atau kulitnya terkelupas, ataupun sengaja karena pengeboran dan penggergajian. Mikroba yang telah masuk ke dalam jaringan tanaman akan dianggap sebagai benda asing sehingga sel tanaman akan menghasilkan suatu senyawa fitoaleksin yang berfungsi sebagai pertahanan terhadap penyakit atau patogen.

Jual Bibit Gaharu Super King

Ingin Beli Bibit Pohon Gaharu Super King Kami ?

Caranya Mudah, Langsung saja hubungi nomor Custumer Service yang ada di halaman web ini. Klik Benner di bawah ini.

Senyawa fitoaleksin biasanya dapat berupa resin yang berwarna coklat dan mimiliki aroma harum, serta menumpuk pada pembuluh xilem dan floem untuk mencegah meluasnya luka ke jaringan lain. Tetapi apabila mikroba yang menginfeksi tanaman tersebut dapat mengalahkan sistem pertahanan tanaman, maka tanamn Gaharu tidak akan terbentuk dan bagian tanaman yang luka dapat membusuk.

Dibawah ini adalah ciri-ciri bagian tanaman yang telah menghasilkan gaharu:

  1. Kulit batangnya menjadi lunak.
  2. Tajuk tanaman akan berwarna kuning dan rontok.
  3. Akan terjadi pembengkakan, pelekukan, atau penebalan pada batang dan cabang tanaman.

Senyawa gaharu mampu menghasilkan aroma yang harum, hal ini disebabkan karena mengandung senyawa guia dienal, selina-dienone, dan selina dienol. Agar memiliki nilai niaga atau jual beli yang tinggi, masyarakat akan mengebor batang tanaman penghasil gaharu dan memasukkan inokulum cendawan ke dalamnya.

Jual Bibit Gaharu Super King. Sumber utama gaharu atau agar wood adalah Aquilaria malaccensis, yaitu produk rempah-rempah berbentuk kayu dengan resin beraroma wangi yang dipakai sebagai campuran parfum. Spandek jenis produksi resin ini terbilang unik karena harus dirangsang terlebih dahulu oleh infeksi cupang parasit dari kelompok ascomycetes.

Perawatan Pohon Gaharu.

Mengenai penyiraman pohon gaharu dapat disiram sebanyak 1 hari sekali atau 2 kali sehari di sesuaikan dengan musimnya karena jika musim penghujan terlalu banyak air dapat mengakibatkan busuk pada akar pohon gaharu tersebut.

Sedangkan untuk pemangkasan pohon gaharu sebaiknya dipilih ranting atau batang yang memang sudah tua ataupun batang yang menjulang tinggi yang dapat mengganggu tumbuhan disampingnya.

Untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak, para pengusaha sangat banyak yang membudidayakan jenis pohon gaharu ini. Sangat disarankan sebaiknya untuk penebangan pohon gaharu dilakukan dengan para ahli pohon gaharu agar kita bisa menentukan mana pohon yang sudah terdapat minyaknya dan mana pohon yang belum ada minyaknya sehingga tidak terjadi penebangan secara berlebihan agar tidak menimbulkan kelangkaan.

Selain untuk dijadikan parfum, menurut salah satu ahli Metafisika Dewi Sundari mengemukakan bahwa Pohon Gaharu akan memiliki nilai yang lebih tinggi apabila pohonnya sudah berusia ratusan tahun. Manfaat alaminya dapat dijadikan sebagai sarana ikhtiar secara spiritual. Bersifat keramat dan dilindungi makhluk tak kasat mata. Hal itulah yang menyebabkan pohon ini memiliki julukan sebagai Kayu Setan.

Karena pohon gaharu ini memiliki banyak manfaat sebagai aroma ataupun parfum dan dapat dijadikan sebagai sarana spiritual, pohon gaharu sangat dilindungi dan memiliki undang-undang di negara kita. Jadi sebaiknya jika kita akan menanam bibit gaharu harus disertai dengan sertifikat ya. Agar tidak melanggar undang-undang yang telah ditentukan.

Demikian pembahasan mengenai Jual Bibit Gaharu Super King. Semoga bermanfaat.