Jual Bibit Jeruk Santang

Jual Bibit Jeruk Santang

Jual Bibit Jeruk Santang

Jual Bibit Jeruk Santang –   Siapa si yang tidak mengetahu buah yang snagat banyak vitamin C ini. jika kita sakit atau kekuatangn vitamin C pasti buah satu ini menjadi referensi banyak orang untuk mendapatkan  tambahan vitamin C.

Naah… Jeruk  adalah semua tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae (suku jeruk-jerukan). Anggotanya berbentuk pohon dengan buah yang berdaging dengan rasa masam yang segar, meskipun banyak di antara anggotanya yang memiliki rasa manis. Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang memang menjadi terkandung pada semua anggotanya.

Sebutan “jeruk” kadang-kadang juga disematkan pada beberapa anggota marga lain yang masih berkerabat dalam suku yang sama, seperti kingkit. Dalam bahasa sehari-hari, penyebutan “jeruk” atau “limau” (di Sumatra dan Malaysia) seringkali berarti “jeruk keprok” atau “jeruk manis”. Di Jawa, “limau” (atau “limo”) berarti “jeruk nipis”.

Jeruk sangatlah beragam dan beberapa spesies dapat saling bersilangan dan menghasilkan hibrida antarspesies (‘interspecific hybrid) yang memiliki karakter yang khas, yang berbeda dari spesies tetuanya. Keanekaragaman ini seringkali menyulitkan klasifikasi, penamaan dan pengenalan terhadap anggota-anggotanya, karena orang baru dapat melihat perbedaan setelah bunga atau buahnya muncul. Akibatnya tidak diketahui dengan jelas berapa banyak jenisnya. Penelitian-penelitian terakhir menunjukkan adalah keterkaitan kuat Citrus dengan genus Fortunella (kumkuat), Poncirus, serta Microcitrus dan Eremocitrus, sehingga ada kemungkinan dilakukan penggabungan. Citrus sendiri memiliki dua anakmarga (subgenus), yaitu Citrus dan Papeda.

Asal jeruk adalah dari Asia Timur dan Asia Tenggara, membentuk sebuah busur yang membentang dari Jepang terus ke selatan hingga kemudian membelok ke barat ke arah India bagian timur. Jeruk manis dan sitrun (lemon) berasal dari Asia Timur, sedangkan jeruk bali, jeruk nipis dan jeruk purut berasal dari Asia Tenggara.

Banyak anggota jeruk yang dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan pangan, wewangian, maupun industri. Buah jeruk adalah sumber vitamin C dan wewangian/parfum penting. Daunnya juga digunakan sebagai rempah-rempah.

Buah jeruk adalah salah satu buah yang banyak digemari karena rasanya yang asam manis dan segar. Buah ini juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan karena kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi, terutama vitamin C.

Salah satu varian buah jeruk yang sangat populer adalah jeruk santang . Warna buahnya yang kuning-jingga mencolok, kontras dengan warna daunnya yang hijau segar, membuat tanaman ini tidak hanya ramai dibudidayakan di perkebunan, tetapi juga cantik dijadikan penghias halaman rumah.

Buah Jeruk asal Cina ini mampu mendominasi pasar dengan keunggulannya. Rasa buahnya manis, sedikit bijinya dan warna kulitnya yang orange sangat menarik.

Ya…  Jeruk santang merupakan jenis jeruk yang diunggulkan dan berasal dari China. Jeruk bernama latin citrus sp tersebut sering dijadikan tanaman hias. Tanaman ini dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun tinggi. Pada perayaan imlek, kehadiran jeruk ini sangat wajib karena menyimbolkan keberuntungan. Bibit Jeruk Santang

Jeruk santang juga dikenal dengan jeruk santang  dan jeruk . Jeruk jenis ini memiliki bentuk kecil sampai sedang, dan tidak memiliki biji. Kulitnya berwarna oranye menyala yang sangat cantik. Segi rasa, buah jeruk ini memiliki tiga tingkatan, rasa manis sekali, manis sedang, dan manis sedikit asam.

Keunikan dan Manfaat Jeruk Santang

Uniknya, tanaman jeruk santang dapat tumbuh di suhu panas maupun dingin. Tanaman ini akan berbuah sekitar 1 sampai 2 tahun setelah ditanam dengan tinggi bisa mencapai 300 cm. Buah yang dihasilkan dari satu tanaman dapat mencapai ribuan jeruk. Selain itu, ada berbagai manfaat mengkonsumsi jeruk santang, berikut ini ulasannya.

  • Kaya vitamin c membuat jeruk santang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan flu, sakit tenggorokan, dan infeksi telinga.
  • Dapat menstabilkan tekanan darah karena kaya vitamin B6
  • Sumber antioksidan yang tinggi berguna untuk merawat kulit dari penuaan dini dan radikal bebas.
  • Serat tinggi pada jeruk santang dapat mencegah terserang diabetes.
  • Konsumsi jeruk secara rutin dapat menyembuhkan penyakit bronchitis dan asma.
  • Meredakan demam dan gangguan pendarahan.

Perawatannya sangat mudah dan tidak membutuhkan perawatan khusus. Jeruk Santang dapat berbuah setelah 2-3 tahun setelah masa tanam dengan perawatan dan pemberian pupuk yang teratur. Keunggulan lainnya selain dapat ditanam langsung di tanah bisa juga ditanam di pot atau tabulampot.  Bibit Jeruk Santang

Karena banyak disukai dan pemasarannya cukup baik, maka upaya pengembangan jeruk santang ini keuntungannya sangat menjanjikan.

Top of Form

Jeruk Santang meskipun bukan varietas asli tanah air namanya sangat populer. Buah Jeruk asal Cina ini mampu mendominasi pasar dengan keunggulannya. Rasanya yang terkenal manis dengan warna kulit orange menjadi ciri khas utamanya. Perawatan pohon jeruk santang ini juga tergolong sangat mudah karena termasuk jenis tanaman yang tidak membutuhkan perawatan khusus asalkan penyiraman, pemupukan dan pemangkasan dilakukan secara teratur.

Bibit Jeruk Santang dapat berbuah setelah 2-3 tahun setelah masa tanam dengan perawatan dan pemberian pupuk yang teratur. Keunggulan bibit buah ini adalah selain dapat dibudidayakan di lahan yang luas bisa juga dengan cara menanam Jeruk Santang Dalam Pot atau yang sering dikenal dengan istilah Tabulampot Jeruk Santang

Tidak perlu lahan yang luas, cukup dengan pot Anda sudah dapat memiliki pohon jeruk santang  Anda sendiri di rumah.

Meskipun ditanam sebagai tanaman hias, tetapi karena jeruk santang  merupakan tanaman buah, tentunya Anda juga menginginkan tanaman ini cepat berbuah bukan? Berikut kiat sukses menanam jeruk santang  di dalam pot agar cepat berbuah dan tumbuh sehat.

Karakteristik pohon jeruk santang

Sebelum menanam pohon jeruk santang , ada baiknya kita kenali dahulu karakteristiknya agar pemeliharaannya lebih tepat. Tanaman ini tumbuh baik mulai dari ketinggian 500 – 1000 mdpl. Semakin tinggi lokasi penanamannya akan menghasilkan buah dengan warna kulit yang lebih mencolok. Bibit Jeruk Santang

Jeruk santang  kurang menyukai angin dan sangat memerlukan sinar matahari langsung. Kebutuhan airnya cukup banyak, terutama di bulan Juli – Agustus yang merupakan bulan terkering di Indonesia. Akan tumbuh lebih baik di iklim dengan 6 – 7 bulan basah dalam temperatur 25 – 30 derajat celcius dan tingkat kelembapan 70 – 80%.

Jenis tanah yang disukai jeruk santang adalah tanah lempung atau lempung berpasir dengan kombinasi tingkat keliatan 7 – 27%, debu 25 – 50%, dan pasir kurang dari 50%, atau tanah andosol dan latosol. Sebaiknya tanah mengandung cukup humus, pH antara 5,5 – 6,5.

Spesifikasi Dan Harga Bibit Jeruk Santang

Ukuran P25 (polybag diameter 25cm) 

  • Tinggi bibit sekitar 40 – 80 cm
  • Cara perbanyakan : Okulasi
  • Umur bibit : minimal 6 bulan
  • Harga bibit jeruk santang : mulai 55 rb

Ukuran P35 (polybag diameter 35cm)

  • Tinggi bibit sekitar 1-1.5 m
  • Cara perbanyakan : Okulasi
  • Umur bibit : minimal 1 tahun
  • Harga bibit jeruk santang : mulai 150 rb

Tabulampot Jeruk Santang

  • Tinggi bibit minimal 1 meter.
  • Cara perbanyakan: okulasi
  • Umur bibit : minimal 1 tahun
  • Media tabulampot : Pot plastik atau drum
  • Harga : call sales.

Asal Usul Jeruk Santang

Jeruk Santang ( Citrus ) berasal dari daratan Cina. Buah jeruk santang sudah mendapatkan tempat di hati masyarakat tanah air. Terbukti mayoritas buah jeruk yang dijual adalah jenis santang. Bibit Jeruk Santang sudah banyak dibudidayakan di seluruh wilayah tanah air. Buahnya yang mengandung sedikit biji menjadi salah satu keunggulannya. Tentu saja ditunjang dengan rasa buah yang sangat manis. Karena banyak disukai dan pemasarannya cukup baik, maka upaya pengembangan jeruk Santang ini menjanjikan keuntungan bagi petani.

Cara menanam tanaman jeruk santang paling sederhana.

  1. Pilihlah bibit jeruk santang yang baik, kemudian siapkan pot besar.
  2. Siapkan media tanam berupa tanah gembur, pupuk kandang, dan pasir kemudian dicampur lalu masukan ke dalam pot.
  3. Kemudian tanam bibit jeruk di dalam pot. Lakukan pemupukan 1 sampai 3 bulan sekali agar buah berbuah lebat.
  4. Pastikan menyiraman dilakukan dengan rutin antara 1 sampai 3 hari sekali.

 

Jeruk Santang Dalam Pot / Tabulampot Jeruk Santang

Jeruk santang banyak digemari oleh semua orang karena buahnya yang sangat manis. Untuk menanam pohonnya tidak sulit karena jeruk santang sangat cocok di tanam di daerah tropis seperti Indonesia. Bibit Jeruk Santang termasuk jenis tanaman buah yang bersifat genjah, pohon ini sudah dapat mulai berbuah pada umur 2 – 3 tahun setelah proses penanaman dengan perawatan dan pemberian pupuk yang teratur. Selain dikebunkan keunggulan lainnya adalah tanaman buah jeruk jenis santang ini juga dapat dibudidayakan dengan cara menanam Jeruk Santang Dalam Pot atau Tabulampot Jeruk Santang. Apabila anda tertarik untuk memiliki buah yang manis dan cantik ini, kami hadirkan bibit jeruk santang yang berkualitas.

 

 

Berikut Adalah Cara Mudah Budidaya Bibit Buah Jeruk Santang

Pemilihan Bibit Jeruk Santang

Bibit buah jeruk santang yang berkualitas adalah memiliki batang tanaman buah yang kokoh, berdaun rimbun, segar dan berwarna hijau cerah. Perakarannya banyak dan kuat. Kriteria bibit buah ideal bisa anda dapatkan di Tanamanmart. Kami Jual Bibit Jeruk Santang Berkualitas dan sehat.

Pemilihan Lahan

Setelah Bibit Jeruk Santang sudah disiapkan, tahap berikutnya adalah pemilihan lokasi. Pilih lahan yang memiliki ukuran cukup luas supaya dapat digunakan untuk menanam beberapa bibit buah jeruk santang. Jarak minimal antar pohon adalah 5×5 meter. Pastikan tidak ada naungan yang menghalangi sinar matahari. Lakukan pembuatan lubang tanam dengan ukuran 50x50x50 cm. Setelah lubang tanam selesai dibuat selanjutnya isi lubang tanam dengan campuran tanah dan pupuk kompos atau pupuk kandang. Diamkan lubang tanam selama satu pekan supaya gas yang terkandung di dalam tanah hilang karena terkena sinar matahari dan tersapu angin.

Jual Bibit Jeruk Santang

Tahap Penanaman Bibit Jeruk Santang

Sobek polybag secara perlahan dan buang polybag bekasnya. Hati-hati pada saat melakukannya dan usahakan jangan sampai merusak akar bibit. Selanjutnya masukkan bibit jeruk santang ke dalam lubang tanam dan timbun serta padatkan secara perlahan. Setelah proses penanaman selesai, lakukan penyiraman dengan air secukupnya sampai tanah atau media tanam basah. Proses penanaman ini dilakukan untuk Jeruk Santang Dalam Pot atau Tabulampot Jeruk Santang maupun secara langsung di tanah.

Tahap Perawatan

Perawatan tanaman jeruk adalah dengan melakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari. Sebaiknya penyiraman dilakukan secara rutin, tetapi batang akar jangan sampai tergenang. Pemberian pupuk bisa dilakukan setiap dua pekan sekali atau minimal sebulan sekali. Perawatan lainnya adalah dengan pemangkasan yang dilakukan pada ujung-ujung cabang yang lebat guna merangsang pertumbuhan bunga dan buah.

Ingin menanam tanaman jeruk santang di rumah Anda?  Anda bisa menguhubungi nomer yang ada di website ini.

10 Manfaat Konsumsi Buah Jeruk santang untuk Kesehatan

  1. Melancarkan Pencernaan
    Sumber serat yang sangat baik larut dan tidak larut ada pada jeruk. Untuk itu, jeruk bagus untuk membuat perut Anda tetap sehat. Serat di dalamnya akan mengeluarkan kotoran sehingga mencegah sindrom iritasi usus besar.

Jeruk pun bisa merangsang produksi cairan pencernaan serta memperbaiki pencernaan. Ini adalah cara paling enak untuk menghilangkan sembelit.

  1. Mengatur Tekanan Darah Tinggi
    Jeruk adalah sumber magnesium yang kaya dan akan membantu mengatur tekanan darah. Flavonoid yang disebut hesperidin secara alami hadir dalam jeruk juga membuat tekanan darah terkendali.
  2. Mencegah Kanker
    Kandungan vitamin C memiliki peran penting untuk mencegah terjadinya kanker. Senyawa yang disebut limonene, banyak ditemukan di jeruk memiliki sifat penghambat kanker. Senyawa ini bekerja dalam mendeteksi sel kanker dan menghancurkannya, tanpa memberi kesempatan untuk menyebar.
  3. Mencegah Penyakit Jantung
    Antioksidan hadir dalam jeruk ini melawan kerusakan radikal bebas dan membantu mencegah oksidasi kolesterol. Kolesterol oksidisasi cenderung menempel di bagian dalam arteri dan membatasi suplai darah ke jantung. Hal itu dapat memicu serangan jantung.

Namun serangan jantung ini bisa dicegah dengan anti ksidan yang ada di Jeruk. Kandungan ini membantu menetralisasikan efek radikal bebas dan melindungi jantung dari penyakit.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
    Jeruk penuh dengan vitamin C, yang dikenal sebagai kekebalan dengan meningkatkan vitamin. Bila kekebalan tubuh kita kuat, tubuh mampu melawan infeksi lebih baik dan mencegah penyakit. Selain itu, polifenol yang ada di dalamnya adalah antivirus untuk membunuh virus yang masuk ke dalam tubuh sebelum dapat menyebabkan infeksi.
  2. Memurnikan Darah
    Jeruk adalah pembersih alami. Flavonoid yang ada di dalamnya dapan meningkatkan aktivitas enzim dalam tubuh dan membantu hati mengeluarkan racun. Vitamin C di dalamnya meningkatkan produksi kolagen, sehingga membuat kulit lebih elastis dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Serat makanan di dalamnya membuat perut tetap bergerak, sehingga menghilangkan limbah dan zat yang tidak diinginkan keluar dari tubuh.
  3. Memperkuat Tulang
    Semua makanan yang mengandung kalsium harus dipasangkan dengan makanan kaya vitamin D agar tubuh kita benar-benar menyerap kalsium dari makanan. Nah, jeruk memiliki cukup vitamin D, yang menjamin penyerapan kalsium secara tepat dan membantu mencapai tulang. Jeruk juga mengandung asam askorbat, yang membantu penyerapan kalsium dengan lebih baik.
  4. Memperkuat Gigi
    Jeruk sangat baik dalam kesehatan gusi. Mereka memperkuat pembuluh darah dan jaringan pada gusi. Gigi pun juga mencegah perkembangan plak serta melapisi gigi di lapisan pelindung dan mencegah korosi. Vitamin C di dalamnya mengurangi peradangan dan juga membuat napas tetap segar lebih lama dengan membunuh bakteri yang berada di mulut
  5. Mencegah Penyakit Ginjal
    Studi telah menemukan bahwa konsumsi jus jeruk secara teratur membantu mencegah batu ginjal. Pasalnya, jeruk dapat mengusir kelebihan sitrat dalam urin dan mengurangi keasamannya. Jeruk juga membantu fungsi ginjal dengan baik dengan mencegah tekanan darah tinggi dan mengendalikan kadar gula, mengurangi stres pada mereka.
  6. Membantu Mencegah Asma
    Konsumsi jeruk secara teratur diketahui menurunkan frekuensi serangan asma. Sifat anti-inflamasi ini membantu mengurangi radang saluran napas. Serta juga menetralkan kerusakan oksidasi oleh radikal bebas karena diketahui meningkatkan peradangan dan menyebabkan asma. Flavonoid yang ada dalam jeruk mengurangi sensitivitas bronkial.

Naah… menarik bukan? Jika Anda ingin mendapatkan jeruk santang dengan kualitas terbaik Anda tidak perlu bingung mendapatkannya. Anda cukup menghubungi nomer yang ada di website ini untuk mendapatkan informasi dan juga harga terbaiknya. Semoga artikel ini bermanfaat ya…