Jual Bibit Mangga Kiojay

Jual Bibit Mangga Kiojay

Jual Bibit Mangga Kiojay

Jual bibit mangga Kiojay – setiap orang pasti mengetahui buah  yang memiliki rasa manis ini. iya.. siapa si yanga tahu buah yang paling banyak ada di Indonesia ini. Anda semuanya pasti sudah tidak asing lagi dengan buah manis yang satu ini. Sebagai salah satu jenis buah khas negara tropis yang muncul saat musimnya di bulan Agustus-November, yaitu buah mangga termasuk buah favorit orang Indonesia.

Daging buah mangga yang berwarna jingga kekuningan selalu berhasil membuat air liur terangsang. Apalagi jika dinikmati dingin-dingin di musim panas, rasa campuran antara manis dan segar tentu selalu berhasil menyegarkan tenggorokan.

Perlu Anda semua ketahui bahwa Mangga atau mempelam adalah nama sejenis buah. Mangga termasuk ke dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota dan suku Anacardiaceae. Pohon mangga termasuk tumbuhan tingkat tinggi yang struktur batangnya (habitus) termasuk kelompok arboreus, yaitu tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 m. Mangga bisa mencapai tinggi antara 10 hingga 40 m.

Nama “mangga” berasal dari bahasa Malayalam maanga. Kata ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga (bahasa Portugis), mango (bahasa Inggris) dan lain-lain.

Berasal dari daerah di sekitar perbatasan India dengan Burma, mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekurang-kurangnya semenjak 1500 tahun yang silam. Buah ini dikenal pula dalam berbagai bahasa daerah, seperti pelem atau poh.

Pohon mangga berperawakan besar, dapat mencapai tinggi 40 m atau lebih, meski kebanyakan mangga peliharaan hanya sekitar 10 m atau kurang. Batang mangga tegak, bercabang agak kuat; dengan daun-daun lebat membentuk tajuk yang indah berbentuk kubah, oval atau memanjang, dengan diameter sampai 10 m. Kulit batangnya tebal dan kasar dengan banyak celah-celah kecil dan sisik-sisik bekas tangkai daun. Warna pepagan (kulit batang) yang sudah tua biasanya coklat keabuan, kelabu tua sampai hampir hitam.

Mangga merupakan tumbuhan berakar tunggang yang bercabang-cabang, sangat panjang hingga bisa mencapai 6 m. Akar cabang makin ke bawah semakin sedikit, paling banyak akar cabang pada kedalaman lebih kurang 30–60 cm.

Daun tunggal, dengan letak tersebar, tanpa daun penumpu. Panjang tangkai daun bervariasi dari 1,25-12,5 cm, bagian pangkalnya membesar dan pada sisi sebelah atas ada alurnya. Aturan letak daun pada batang biasanya 3/8, tetapi makin mendekati ujung, letaknya makin berdekatan sehingga tampaknya seperti dalam lingkaran (roset).

Helai daun tanaman mangga memiliki bentuk yang bervariasi namun kebanyakan berbentuk jorong sampai lanset, 2-10 × 8–40 cm, agak liat seperti kulit, hijau tua berkilap, berpangkal melancip dengan tepi daun bergelombang dan ujung meluncip, dengan 12-30 tulang daun sekunder. Beberapa variasi bentuk daun mangga:

  • Lonjong dan ujungnya seperti mata tombak.
  • Berbentuk bulat telur, ujungnya runcing seperti mata tombak.
  • Berbentuk segi empat, tetapi ujungnya runcing.
  • Berbentuk segi empat, ujungnya membulat.

Daun yang masih muda biasanya bewarna kemerahan, keunguan atau kekuningan; yang di kemudian hari akan berubah pada bagian permukaan sebelah atas menjadi hijau mengkilat, sedangkan bagian permukaan bawah berwarna hijau muda. Umur daun bisa mencapai 1 tahun atau lebih.

 Menarik bukan? Buah mangga sendiri ada banyak jenisnya. Dan salah satu jenis manggga yanag paling menarik karena ukurannya yang  jumbo adalah buah mangga kiojay. Apa si mangga kiojay ini?

Mangga kiojay merupakan varietas baru buah mangga yang saat ini masih sangat jarang orang tahu keberadaannya.  Mangga kiojay adalah salah satu jenis varietas mangga unggulan yang berasal dari negara Thailand. Meskipun begitu, bisa dibilang varietas mangga kiojay masih relatif baru, Yang nyatanya bisa memberikan hasil memuaskan karena ukuran buahnya begitu besar dan jumbo. Jual bibit mangga Kiojay

Buah ini mempunyai berat rata-rata 2kg lebih perbuahnya. Selain ukurannya, yang lebih mengejutkan ternyata rasanya juga manis, dagingnya tebal dan legit.

 Buah mangga satu ini memiliki ciri khususnya yang sangat manis, daging tebal dan ukuran buah besar, berat bisa mencapai 2 kg, oleh karena itu mangga kyou jai termasuk jenis mangga unggulan yang semakin banyak diburu pecinta buah-buahan dan tanaman. Jual Bibit Mangga Kiojay

Harga mangga kiojay bisa mencapai Rp.30.000/kg, sehingga perbuahnya bisa sampai Rp. 50.000/kg.

Sebetulnya mangga kiojay sudah lama dikenal masyarakat Indonesia, baik karena ukurannya yang besar maupun karena rasanya yang manis dan legit. Mangga jenis ini sebaiknya dipetik dan dikonsumsi saat hampir matang (80%), karena apabila dipetik dan dikonsumsi saat matang (100%) rasanya akan terlalu masak dan kurang renyah.

Menariknya lagi kita tidak perlu menunggu buah sampai betul-betul matang karena mangga jenis ini sudah terasa manis saat buah masih muda, hal ini memberi kita lebih banyak waktu jika ingin menyimpan buah ini setelah dipetik dari pohonnya. Aroma buahnya juga harum, sehingga julukan “mangga harum manis besar” muncul untuk mangga kiojay ini.

Tanaman mangga kiojay tergolong tanaman buah genjah, atau tergolong tanaman sering berbuah. Meskipun buah masih muda, mangga ini sudah terasa manis, dengan biji buahnya yang kecil dan daging buah tebal. Tanaman ini sangat potensial dijadikan sebagai tanaman budidaya dan dipasarkan.

Jika kita jeli dan bisa membaca peluang maka sebetulnya menanam dan membudidayakan tanaman mangga kiojay ini cukup menjanjikan, ingat harga jual buahnya saja cukup tinggi. Kita hanya perlu menanam, merawat dan berinvestasi sekali saja tapi keuntungan bisa berlipat-lipat.

Spesifikasi Mangga Kiojay 

  • Nama latin atau nama ilmiah : Mangifera indica
  • Asal usul buah mangga : Negara Thailand
  • Sifat-sifat dan keunggulan bibit Mangga: Indukan bibit mangga ini kebanyakan mempunyai berat dari 1,2 kg-1,8 kg, malahan bisa mencapai berat 2 kg. Yang lebih menakjubkan meski ukuran buahnya jumbo namun rasa buah mangga ini manis dan juga harum
  • Sifat dan Syarat tumbuh Bibit Mangga Kiojay : Bibit bisa tumbuh maksimal di daerah dengan cuaca yang panas. Perawatannya sangat mudah, penanaman sangat fleksibel bisa ditanam di pot atau di tanah biasa.
  • Umur Berbuah Bibit Mangga Kiojay : 2 – 3 tahun Setelah dipindahkan dari polybag
  • Cara Pembibitan bibit dari kami : Okulasi
  • Tabulampot : Sangat Bisa
  • Tanah biasa : Sangat Bisa

Budidaya Mangga Kiojay

Waktu yang tepat dalam membudidayakan mangga jenis ini adalah pada saat musim kemarau, karena mangga asal Thailand ini tumbuh secara maksimal di cuaca yang bersuhu panas. sebaliknya cuaca yang mendung ditambah curah hujan yang tinggi, akan berdampak pada pertumbuhan pohon mangga Kiojay ini tidak bisa tumbuh secara optimal.

Jika ditanam ditanah atau metode tanam konvensional mangga kio jay ini bisa dipanen secara maksimal pada umur 2–3 tahun pasca penanaman. Sedangkan jika ditanam dalam pot bisa lebih cepat dengan catatan dilakukan perawatan dan pemupukan secara berkala.

Bibit buah hasil okulasi mangga kiojay sangat cocok dengan tanah dan iklim Indonesia yang tropis dan memiliki intensitas cahaya yang penuh sepanjang hari, baik di dataran rendah atau tinggi. Tanaman ini tidak terlalu suka dengan curah hujan yang tinggi, namun meskipun begitu perawatannya tidak susah dan sederhana.  Jual bibit mangga Kiojay

Bila ditanam di lahan cukup lakukan penyiraman setiap sore dan pemupukan bisa diberi dengan pupuk kandang atau pupuk kompos, tidak perlu perawatan khusus yang memerlukan biaya mahal. Tahun pertama penanaman pemberian pupuk 2 minggu sekali, hal ini perlu rutin dilakukan untuk merangsang pertumbuhannya.

Tahun-tahun berikutnya cukup diberi pupuk 3 bulan sekali agar mempercepat proses produksi buahnya. Pada dasarnya, perawatan tanaman ini sangatlah mudah dan sederhana, asalkan pohonnya terkena sinar matahari sepanjang hari dan tidak terhalang pohon lain atau bangunan. Dengan perawatan yang baik, bibit buah mangga kiojay sudah bisa berbuah dan dipanen 2-3 tahun setelah penanaman.

Penanaman dalam pot pun sangat memungkinkan untuk bibit buah mangga kiojay. Dengan ukuran diameter pot besar atau 60 cm, media tanamnya tanah dan humus, bibit ini sudah siap ditanam sebagai tabulampot. Pemupukan bisa diberikan setiap satu bulan sekali dengan pupuk NPK daun, dan penyiraman cukup satu hari sekali. Buah mangga kiojay ini bisa dipetik dan dikonsumsi buahnya saat buah masih muda, karena rasanya sudah manis.

Oleh karena itu, direkomendasikan untuk memetik atau memanen buahnya sebelum buahnya masak di pohon, agar menghindari buah terlalu matang saat sudah dipanen. Jika anda tertarik untuk menanam buah ini Anda bisa menghubungi nomer yang ada di website ini.

Jual Bibit Mangga Kiojay

Berikut langkah – langkah menanam mangga kiojay :

Memilih Bibit Mangga Kiojay Unggulan dan Terbaik

Seperti pada umumnya tanaman buah, bibit mangga kiojay bisa kita dapatkan dengan dua cara, yaitu dengan peranakan generatif dan vegetatif.

Bibit yang dikembangkan dengan metode vegetatif akan lebih cepat berbuah, oleh karena itu jika niat awal kita membudidayakan mangga ini untuk mencari keuntungan ekonomi maka pilihlah bibit mangga kiojay dari hasil perbanyakan vegetatif yaitu cangkok atau okulasi.

Bibit mangga kiojay hasil vegetatif tidak bisa sembarangan didapatkan, carilah penjual bibit mangga kiojay terpercaya dan berpengalaman sehingga tanaman bisa sehat saat tumbuh, berdaun segar, berbuah jumbo dan manis.

 merupakan perusahaan agrobisnis yang fokus pada pelatihan, budidaya tanaman buah dan penjualan bibit buah. Kami sudah malang melintang menjual beraneka macam bibit buah varietas unggulan, bibit yang kami jual telah disortir terlebih dahulu sehingga hanya bibit-bibit terbaiklah yang akan sampai di rumah/kebun pemesan.

Memilih Area dan Lokasi Penanaman Bibit Mangga Kiojay

Mangga kiojay ini sudah cocok dengan iklim dan cuaca Indonesia, meskipun bisa dibudidayakan di wilayah mana saja namun optimalnya sih ditanam di dataran rendah dengan cuaca yang agak panas. Pastikan area yang akan kita tanami bibit mangga kiojay dibersihkan dari tanaman penggangu seperti rumput dan gulma, bersihkan pula sampah plastik (non organik) dan bebatuan yang kira-kira bisa menghambat pertumbuhan tanaman buah mangga.

Mempersiapkan Lubang Tanam di Lahan Budidaya

Setelah kita memilih dan mempersiapkan area yang akan dipakai untuk budidaya maka langkah selanjutnya adalah membuat lubang tanam. Siapkan cangkul, sekam dan pupuk kompos/kandang (2kg), kemudian buatlah lubang tanam dengan kedalaman dan diameter 60cm x 60cm x 60cm. Tanah bekas galian campur dengan pupuk kompos (2kg) dan sekam. Lubang tanam dan tanah campuran kompos kita biarkan dulu minimal 3-4 hari.

Proses Pemindahan Bibit Mangga Kiojay Ke Lubang Tanam

Jika lubang sudah siap maka langkah berikutnya adalah proses penanaman bibit, jika bibit masih berada didalam polybag maka lepas secara perlahan dan hati-hati jangan sampai akarnya rusak caranya adalah dengan merobek plastik polybag dengan pisau. Letakan bibit mangga kiojay ditengah-tengah lubang lalu kubur dengan campuran tanah dan pupuk kompos yang telah disiapkan tadi, pastikan posisi bibit diletakkan ditengah dan lurus tegak alias tidak miring, jika memungkinkan bisa menggunakan tiang dari kayu/bambu atau besi untuk penyangga.

Penyiraman Pohon Mangga

Setelah bibit mangga ditanam di lahan, maka lakukan penyiraman air secukupnya pada bibit tersebut. Penyiraman diulang minimal setiap hari sekali itupun jika kita menanamnya saat musim panas. Makanya sangat disarankan untuk menanam bibit mangga ketika menjelang musim hujan supaya lebih efisien jadinya kita tak perlu repot menyiram bibit pohon mangga setiap hari.

Pemasangan Ajir atau Tiang Penyangga

Pemasangan ajir atau tiang penyangga memang tidak wajib namun untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan menimpa bibit mangga kita apalagi sekarang cuaca tidak menentu maka lebih baik untuk memasangnya. Tiang penyangga bisa kita buat menggunakan bambu berukuran 1,5 meter.

Pemupukan Rutin dan Bertahap

Pemberian pupuk pada tanaman mangga kio jay sangat mutlak diperlukan dan menjadi salah satu faktor terpenting bagi keberlangsungan pertumbuhan pohon mangga kiojay. Asupan nutrisi yang terserap tanaman akan membuat tanaman menjadi sehat dan tumbuh berkembang.

Pemberian pupuk pada tanaman mangga kiojay sangat mutlak diperlukan dan menjadi salah satu faktor terpenting bagi keberlangsungan pertumbuhan pohon mangga kiojay. Asupan nutrisi yang terserap mangga kiojay dalam pot akan membuat tanaman menjadi sehat dan tumbuh berkembang.

Sesuai dengan pengalaman kami pemupukan Mangga Kio jay Dalam Pot sama seperti pemupukan tanaman mangga pada umumnya, untuk awalan agar pertumnbuhan mangga kiojay dalam pot bagus diberi pupuk kandang,  ZPT dan Atonik selama satu bulan sekali. Yang paling kami anjurkan adalah penggunaan pupuk organik. Terlebih pupuk yang di formulasikan untuk tanaman buah, karena mengandung semua kebutuhan tanaman buah. Silahkan klik di sini untuk detail pupuk organik khusus untuk buah.

Setelah tanaman mangga berusia diatas 1 tahun dan memiliki batang cukup kuat, tabulampot bisa diberi hormon perangsang buah seperti Gandasil B atau Goldstar. Dan untuk mencegah hama daun biasanya mangga Kiojay dalam pot disemprot dengan Decis.

Memeriksa Lahan Secara Teratur

Rajinlah memeriksa area sekitar bibit mangga yang kita budidayakan, jika ada tanaman penggangu seperti pohon atau gulma yang tumbuh maka cabut dan bersihkan. Pemeriksaan teratur ini minimal dilakukan sebulan sekali. Pastikan pula pohon mangga kita tersinari matahari sepanjang hari.

Hama dan Penyakit Tanaman Mangga

Membudidayakan tanaman memang seringkali membutuhkan kesabaran dan ketelatenan yang ekstra, salah satu hal yang datang untuk menguji seberapa sabar kita adalah hama dan penyakit tanaman.

Hama yang sering datang menerpa pohon mangga kio jay diantaranya; penggerek pucuk, penggerek buah, bisul daun, lalat buah-buahan, codot, thrips, ulat philotrictis sp, kepik mangga dan lain lain.

Kita memang berharap untuk tidak menggunakan insektisida kimia ketika menghadapi hama-hama pengganggu ini, namun jika tidak memungkinan maka gunakan insektisida secukupnya dan bijak.

Selain hama ada pula penyakit yang mengancam keberlangsungan hidup mangga kio jay kita yaitu diantaranya; penyakit diplodia, bercak karat merah, gleosporium, penyakit antraknose, kudis buah, penyakit blendok, cendawan jelaga, dan lain lain. Untuk mengatasi penyakit-penyakit ini bisa semprotkan fungisida hayati secukupnya dan gunakan secara bijak.

Naah.. itulah penjelasan mengenai mangga kiojay. Apakah semoga bermanfaat dan memberikan insight kepada pembaca. Jika tertarik untuk memesan bibit mangga kiojay terbaik dan unggulan maka tak perlu sungkan untuk menghubungi nomer yang ada di website ini. Jual Bibit Mangga Kiojay