Jual Bibit Nangka Mini

Jual Bibit Nangka Mini

Jual Bibit Nangka Mini

 

Jual Bibit Nangka Mini –   mungkin Anda smeua sudah tidak asing dengan buah satu ini. Kita mengenal nangka sebagai buah manis dan lengket dengan daging berwarna kuning. Biasa dimakan langsung dan dijadikan campuran es, dijadikan keripik, bahkan digoreng. Dalam budidaya tanamannya, ada jenis pohon nangka mini, yang mempunyai berbagai kelebihan dibanding pohon nangka biasa. Contohnya, pohonnya yang sudah bisa berbuah di usia 9 bulan sejak ditanam dari biji. Ditambah lagi, jenis pohon nangka ini berbuah lebat dan tidak selalu harus ditanam di halaman luas. Anda bahkan bisa menanamnya di pot!

Nangka Mini adalah jenis buah yang unik dan termasuk varietas baru. Ukuran buahnya memang tidak sebesar jenis nangka biasa. Akan tetapi sifatnya yang mudah berbuah menjadikan daya tarik tersendiri. Sangat cocok ditanam di pot. Perawatannya sangat mudah dan tidak membutuhkan perlakuan khusus.

Menariknya pohon nangka mini dapat ditanam di dalam pot dan hebatnya lagi tanaman ini sangat cepat menghasilkan buah.

Rata-rata buah nangka mempunyai bobot 5-6 kg, namun, ada juga yang hingga 20 kg. Secara rasa, nangka mini tak kalah nikmat dibanding nangka biasa. Dagingnya berwarna kuning jingga, dengan aroma harus dan rasa manis. Tanaman milik Kolonel Soetrisno itu berasal dari biji nangka mini Riau, jenis yang sudah banyak ditanam di pulau Jawa.

 Nangka Mini ( Artocarpus heterophyllus ) adalah jenis buah yang unik dan termasuk varietas baru. Ukuran buahnya memang tidak sebesar jenis nangka biasa. Akan tetapi sifatnya yang mudah berbuah menjadikan daya tarik tersendiri. Disamping itu Bibit Nangka Mini bisa ditanam langsung di tanah dan juga dapat di buat Nangka Mini Dalam Pot atau Tabulampot Nangka Mini.

 Perawatannya sangat mudah dan tidak membutuhkan perlakuan khusus. Bagi Anda yang ingin mendapatkan Bibit Nangka Mini Unggul dan info Harga Bibit Nangka Mini Anda bisa menghubungi nomer yang ada di website ini.

Spesifikasi Dan Harga Bibit Nangka Mini

Ukuran P25 (polybag diameter 25cm) 

  • Tinggi bibit sekitar 40 – 80 cm
  • Cara perbanyakan : Okulasi
  • Umur bibit : minimal 6 bulan
  • Harga bibit nangka mini : mulai 55 rb

Ukuran P35 (polybag diameter 35cm)

  • Tinggi bibit sekitar 1-1.5 m
  • Cara perbanyakan : Okulasi
  • Umur bibit : minimal 1 tahun
  • Harga bibit nangka mini : mulai 150 rb

Tabulampot Nangka Mini

  • Tinggi bibit minimal 1 meter.
  • Cara perbanyakan: okulasi
  • Umur bibit : minimal 1 tahun
  • Media tabulampot : Pot plastik atau drum
  • Harga : call sales.

 

 

Mengenal Sifat Nangka Mini

Naah.. Perlu Anda ketahui bahwa tanaman Buah Nangka Mini mempunyai sifat genjah, sesuai dengan namanya Nangka Mini dapat mulai berbuah lebat sekitar 2-3 tahun setelah masa tanam dengan pohon yang mini. Berat buah rata-rata  adalah 5-7,5 kg, tetapi dapat mencapai 15 kg pada varietas tertentu. Rasa buahnya manis dan beraroma harum menggoda. Buah berbentuk bulat hingga lonjong, berukuran besar, dan berbiji banyak. Bijinya dibalut daging buah yang tipis hingga tebal.

Daging buah dari nangka jenis ini  berwarna kuning merah, lunak, manis, dan berwarna spesifik. Kulit buah berduri dan tumpul yang berwarna hijau muda. Percabangannya rimbun dan miring ke atas. Pohon Nangka Mini ini seluruh bagiannya bergetah, termasuk daun, batang, dan buah. Tanaman ini baik untuk konservasi lahan miring (curam), tetapi kurang baik untuk pelindung jalan karena daun mudah gugur.

Nangka Mini Dalam Pot / Tabulampot Nangka Mini

Bagi anda yang gemar menanam buah dalam pot, saatnya mencoba menanam buah yang satu ini Nangka Mini Dalam Pot. Tanaman buah ini sangat cocok sebagai tanaman pekarangan depan rumah maupun Nangka Mini. Dengan ketinggian tanaman yang dapat mencapai 3 – 5 meter menjadikannya salah satu pilihan tanaman buah yang layak dipilih dan sangat cocok dijadikan hiasan halaman rumah.

Peluang Bisnis Budidaya Nangka Mini

Tanaman Nangka Mini tergolong serba guna,  buah yang  masih muda dapat dibuat sayur. Sementara buah yang matang enak dimakan segar, bijinya enak dimakan setelah direbus, daunnya juga baik untuk pakan ternak. Batangnya yang telah tua baik sekali untuk bahan bangunan, warna batang yang sudah di atas 5 tahun berwarna kuning tua.

Semakin tua warna kuningnya, maka mutu kayunya untuk bahan bangunan semakin tinggi. Buah Nangka Mini yang telah matang dapat dibuat dodol dan keripik nangka yang tahan lama untuk disimpan. Produktifitas buahnya tinggi, biasanya hasilnya banyak dan memberikan hasil buah dalam jangka waktu yang lama.

Budidaya Nangka Mini Dalam Pot atau Tabulampot Nangka Mini ini sungguh sangat mudah mulai dari pembibitan, penanaman, perawatan hingga tanaman berbuah lebat. Apabila ditanam secara serius dan dikebunkan budidaya nangka mini ini bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan. Jual Bibit Nangka Mini

Budidaya Pohon Nangka Mini

Untuk menanam nangka mini tidak harus di kebun luas, karena ukurannya mini, nangka mini bisa juga ditanam di halaman rumah, bahkan pot, dan sekaligus menjadi tanaman hias. Bahkan, menurut kolektor tanaman asal Malang, tanaman nangka mininya yang dipelihara dalam pot kini sudah berusia 8 tahun! Pun begitu, umur berbuahnya menjadi lebih tua dibandingkan dengan yang ditanam di tempat terbuka, baru ketika tanaman berusia 4 tahun. Buahnya juga lebih kecil, hanya 2,5 kg. Menarik, bukan? Jika demikian, Anda pun bisa membudidayakan pohon nangka mini sendiri, baik di rumah ataupun kebun. Adapun jika ingin melakukannya, ini langkah-langkah yang harus Anda ikuti. Jika Anda tertarik untuk menanam tanaman ini Anda bisa menghubungi nomer yang ada di website ini untuk mendapatkan harga terbaik.

  1. Syarat Tumbuh Tanaman Buah Nangka Mini

 

Tanaman buah Nangka Mini ini dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah dengan ketinggian antara 200 – 6.000 m dpl. Tanaman nangka membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk pertumbuhan bunga dan buah. Nangka Mini juga memerlukan curah hujan tinggi  yaitu sekitar 2500-3000 mm/th. Dengan kelembapan tinggi, diharapkan dapat mengurangi penguapan. Tanah yang baik untuk menanam nangka mini adalah tanah yang gembur agak berpasir.

  1. Pembibitan Nangka Mini

Pertama-tama, Anda harus memilih biji dari buah nangka yang sudah benar-benar masak, dan berasal dari pohon induk yang usianya sudah di atas lima tahun. Buahnya harus sehat dengan berat 7 sampai 10 kg. Perlu juga diingat biji yang dipilih harus terletak di bagian tengah dalam buah, bukan pada bagian luar. Kumpulkan biji-biji yang berasal dari daging nangka yang sudah dimakan. Untuk menentukan biji nangka terbaik, dari yang ukurannya sedang dan tidak bundar sempurna. Selanjutnya, biji-biji yang sudah terkumpul itu perlu disemai. Caranya, cuci biji sampai bersih, dan keringkan dengan cara dijemur di tempat kering dan terbuka selama 3 hari.

Bibit Nangka Mini juga bisa diperoleh dari hasil perbanyakan secara generatif atau dari biji. Selain dari biji, Bibit Nangka Mini bisa dihasilkan dengan cara okulasi dan sambung susu. Dilihat dari produksi buah, bibit hasil perbanyakan dengan cara okulasi dan sambung susu lebih cepat dibandingkan bibit dari perbanyakan biji. Anda bisa mendapatkannya di sini denga mudah,Anda cukup dengan menghubungi nomer yang ada di website ini untuk mendapatkan informasinya. Jual Bibit Nangka Mini

  1. Persiapan Media Tanam Nangka Mini

Setelah mendapatkan bibit nangka mini yang akan ditanam di pot / Tabulampot Nangka Mini, kemudian kita siapkan media tanam untuk tempat penanaman Nangka Mini Dalam Pot. Siapkan pot ukuran besar dengan lubang pembuangan air dibawahnya berdiameter lebih dari 60cm atau bisa juga pot dari drum, serta tanah yang dicampur dengan kompos/pupuk kandang yang sudah difermentasi dengan perbandingan 1:1.

Untuk setiap biji yang menjadi bibit, sediakan kantong plastik berukuran 20 x 20 x 20 cm. Isi kantong dengan media tanam tanah biasa dan kompos/pupuk kandang, dengan perbandingan 1:1. Campurkan dengan pupuk NPK sebanyak satu sendok makan dan campur rata.

  1. Penanaman Nangka Mini Dalam Pot / Tabulampot Nangka Mini

 

Masukkan pecahan genting atau batubata ke dasar pot, lalu isi pot dengan media tanam hingga bibir pot dan buat lubang tanam.  Keluarkan bibit dari polybag dengan cara disobek terlebih dahulu plastik polybagnya dengan hati-hati jangan sampai perakaran rusak. Usahakan media tanam dalam polybag terbawa bersama bibit. Masukkan bibit tepat di tengah lubang tanam.

Selanjutnya, ambil bibit biji nangka yang sudah dikeringkan. Satu per satu, kupas kulit luarnya dengan hati-hati, jangan sampai daging biji ikut tergores, apalagi terpotong. Pada biji yang sudah terkupas, Anda akan melihat bagian biji yang terbelah. Tanamlah biji itu dalam kantong berisi campuran tanah dan pupuk kompos yang sudah disediakan, dengan cata meletakkan bagian biji yang terbelah di sebelah atas. Lalu, siram tanah hingga basah merata. Ulangi prosesnya pada bibit-bibit lainnya. Dalam 10 hari sampai 2 minggu, bibit yang ditanam akan mulai bertunas. Saat inilah, Anda perlu memilah-milih bibit yang terbaik.

Timbun bibit dengan media tanam dan padatkan di pangkal batang.  Siram tanaman dan media hingga basah. Letakkan tanaman di tempat yang ternaungi dan terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung hingga tumbuh tunas.

  1. Penanaman Nangka Mini Di Lahan / Pekarangan

Tahap berikutnya siapkan lubang tanam pada lahan tanam dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm, dengan jarak minimal antar pohon 6 atau 7 meter. Setelah lubang tanam selesai dibuat selanjutnya isi lubang tanam dengan campuran tanah dan pupuk kompos atau pupuk kandang. Diamkan lubang tanam selama satu pekan.

Biji nangka mini yang telah berkecambah.

Caranya, perhatikan tunas yang baru tumbuh. Jika ada tunas yang bercabang, tandanya bibit yang dipilih kurang baik, pilihlah tunas yang tidak bercabang untuk ditanam. Setelah dipilih bibit-bibit terbaik, Anda perlu merawatnya dengan sebaik-baiknya. Gemburkan tanahnya, dan halau hama dan penyakit yang menghampiri bakal tanaman.

Biji yang telah bertunas atau berkecambah ditanam pada tanah dalam wadah pot atau polybag.

Setelah itu siapkan bibit pohon nangka mini kemudian keluarkan bibit dari polybag kemudian letakkan bibit pada lubang tanam di bagian tengah lubang, selanjutnya ditimbun dengan campuran tanah dan kompos kembali hingga semua tertutup.

Selama dua bulan, rawat tunas dengan sebaik-baiknya hingga tubuh subur. Kini, saatnya memindahkah pohon yang sudah semakin besar itu. Untuk itu, siapkan lubang untuk masing-masing tanaman berukuran 50 x 50 x 50 cm. Dalam lubang, masukkan 20 liter tanah kompos atau pupuk kandang yang sudah dicampur 100 gram pupuk NPK. Untuk memindahkan, lepaskan kantong plastik yang membungkus tanah persemaian, dan tanam pohon nangka mini muda beserta seluruh media atau tanah persemaiannya. Penempatan harus di tengah-tengah, karenanya, tanah kompos atau pupuk kandang yang telah dimasukkan permukaannya harus dipinggirkan. Letakkan tanaman nangka, tegakkan, dan ratakan kembali tanah kompos hingga menutupi tanah dari persemaian.

Biji nangka yang telah tumbuh cukup tinggi siap dipindahkan pada lahan tanah.

  1. Pengendalian Hama dan Penyakit

Untuk pencegahan hama dan penyakit, tabutkan obat anti hama yang berupa butiran, Curater 3 G. Penaburan dilakukan 3 atau 4 hari sebelum pemindahan dari persemaian. Jamur umum tumbuh di pohon nangka mini dan menjadi penyakit. Untuk pencegahan dan pemberantasannya, gunakan obat anti hama Dithane M45 atau Cobox.

  1. Tahap Perawatan

Pada bulan pertama sejak dipindahkan, pohon nangka mini belum tahan terhadap teriknya sinar matahari langsung atau curah hujan lebat, sehingga perlu diberi atap untuk melindunginya. Di sekeliling tempat tanaman, buat aluran air yang mengalir ke tempat yang lebih rendah. Ini penting untuk mengalirkan kelebihan air jika hujan lebat turun atau bila air siraman terlalu banyak. Setelah sebulan melalui tahap ini, atau tiga bulan usia kehidupan si pohon nangka, atap bisa dilepas.

Dalam perawatannya, Anda perlu melindunginya dari ulat daun, kutu daun dan hama pengerat, juga hewan peliharaan atau ternak yang akan menggigiti, mematuk, atau merusak daunnya. Untuk hama berukuran kecil, seperti ulat dan kutu, bisa dibasmi dan dicegah dengan obat antihama semprot seperti Folithon 50 EC, Thiodan dan obat lainnya. Anda bisa mendapatkannya ke toko-toko atau bursa bibit antihama di kota tinggal Anda, atau ke Dinas Pertanian terdekat.

Pemindahan bibit nangka mini pada lahan tanah. Jual Bibit Nangka Mini

Jual Bibit Nangka Mini

Penyiraman

Lakukan penyiramn setiap pagi dan sore pada saat awal penanaman. Setelah Bibit Nangka Mini tumbuh besar penyiraman tanaman tidak perlu sering dilakukan karena nangka mempunyai perakaran yang dalam sehingga mampu menyerap air pada tanah yang dalam.

Pemangkasan

Setelah beberapa bulan tanaman buah nangka mini akan tumbuh tunas-tunas baru. Sebaiknya, tunas-tunas hanya dipilih yang sehat dan kekar sebagai cabang primer, sisanya harus dibuang. Pemangkasan dilakukan pada bagian tanaman yang tidak subur dan tidak produktif serta bertajuk rimbun agar sinar matahari tidak terhalangi sehingga merangsang pembungaan.

Pemupukan

Pemupukan dilakukan setiap enam bulan sekali. Untuk enam bulan pertama, tanaman perlu diberi pupuk NPK 150 gram. Di enam bulan kedua, tingkatkan jumlahnya sebanyak 200 gram. Setiap enam bulan, tingkatkan jumlah pemberian pupuk sebanyak 50 gram. Sampai ketika tanaman berusia 6 tahun, dan pupuk yang diberikan sebanyak 650 gram. Setelahnya, jumlah tidak ditingkatkan, tetap 650 gram untuk enam bulan berikutnya dan tahun-tahun selanjutnya. Untuk pemupukan, tanamkan pupuk di sekeliling pohon. Buat lubang melingkar dengan jari sekitar 25 sampai 35 cm dari pangkal batang pohon nangka. Pada lubang tanamkan pupuk, yang akan memberi makan pada tanaman dari bawah akar selama 6 bulan.

Selain dari bawah akat, beri juga tambahan makanan dari atas melalui daun. Caranya, semprotkan pupuk daun setiap 2 minggu sekali, direkomendasikan pupuk daun Bayfolan. Berukan hingga nangka berbunga untuk pertama kalinya. Setelah berusia 18 bulan, nangka mini akan berbuah. Pada saat inilah ‘musuh’ lainnya akan datang: lalat buah. Untuk menghalaunya, bungkus dengan plastik atau anyaman daun kelapa yang diberikan obat, seperti rendaman larutan 1% Dieldrin dan 50% WP.

  1. Panen dan Pasca panen

Supaya nutrisi terserap dengan sempurna setiap satu dahan sebaiknya hanya ditumbuhi satu buah nangka. Buah yang telah dipilih juga langsung dibungkus untuk mengantisipasi serangan lalat buah.

Menarik bukan? Jika Anda tertarik untuk menanam tanaman ini Anda bisa menghubungi nomer yang ada di website ini untuk mendapatkan harga terbaik.

Manfaat Buah Nangka mini

Nangka merupakan jenis buah yang mempunyai kulit buah berduri serta mempunyai aroma buah yang sangat wangi. Buah ini banyak digemari karena mempunyai rasa yang cukup manis. Di samping rasanya yang manis, buah nangka juga mampu mencegah beberapa penyakit berbahaya. Berikut adalah beberapa manfaat nangka yang harus Anda tahu.

Manfaat Buah Nangka bagi Tubuh

Sebelum Anda mengetahui, manfaat buah nangka, perlu diketahui bahwa manfaat nangka yang bisa didapatkan tubuh karena kandungan thiamin, riboflavin, kalium, kalsium, zat besi, niasin, serta vitamin A dan C. Selain itu, buah ini juga mempunyai serat yang rendah kalori sehingga baik untuk pasien penyakit jantung.

Berikut adalah beberapa manfaat nangka yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

  1. Kanker

Manfaat nangka yang pertama adalah kemampuannya mengatasi kanker. Penyakit kanker sebenarnya bisa diobati hanya dengan mengonsumsi buah nangka secara rutin. Hal ini dikarenakan buah nangka mempunyai banyak antioksidan, flavonoid, dan fitonutrien yang mampu mencegah stres oksidatif penyebab timbulnya sel kanker.

Selain itu, vitamin C yang terkandung pada nangka juga mampu meningkatkan aktivitas enzim antioksidan penting yang membantu mencegah kanker payudara. Jika semua zat dan nutrisi tersebut digabungkan, membuat nangka menjadi makanan yang berpotensi untuk melawan kanker.

  1. Meningkatkan kepadatan tulang

Manfaat nangka penting lainnya adalah menjaga kepadatan tulang. Tulang sangat penting untuk dijaga kesehatannya agar tidak muncul masalah seperti tulang keropos. Pada umumnya, banyak orang menjaga kesehatan tulang dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium.

Namun, kalsium tidak hanya didapatkan dari susu, buah nangka juga mengandung kalsium yang jumlahnya lebih banyak serta mengandung vitamin C yang membantu menyerap lebih banyak kalsium. Oleh karenanya, tulang Anda akan menjadi lebih padat dan terhindar dari masalah tulang keropos.

Kalsium dibutuhkan untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang. Karenanya mengonsumsi nangka setiap hari akan membantu mencegah dan mengurangi gejala penyakit tulang seperti osteoporosis dan arthritis. Kandungan potasium dalam buah nangka juga berfungsi untuk meningkatkan kepadatan tulang yang kuat

Sementara itu, kandungan magnesium pada buah nangka mempunyai fungsi untuk menguatkan tulang dan memberi asupan makanan pada tulang. Magnesium berfungsi dalam penyerapan kalsium dan inilah yang membuat tulang tidak mudah keropos.

  1. Menjaga tekanan darah

Tekanan darah dalam tubuh haruslah stabil. Sebab, jika tekanan darah terlalu tinggi akan menimbulkan penyakit yang berbahaya, seperti serangan jantung , stroke, dan lainnya.

Begitu pula dengan kondisi tekanan darah yang terlalu rendah juga tidak akan baik untuk kesehatan Anda. Guna mengatasi tekanan darah yang tidak stabil itu, karenanya Anda harus mendapatkan manfaat nangka. Manfaat buah nangka dipercaya menjaga tekanan darah agar tetap stabil

Hal ini dikarenakan buah nangka mengandung potassium yang mengatur kadar natrium, sehingga membantu mempertahankan kenaikan tekanan darah. Potasium merupakan senyawa yang baik bagi kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mengonsumsi buah nangka agar peredaran darah Anda tetap teratur.

Perlu diketahui, manfaat nangka tidak hanya terbatas hanya di dagingnya saja. Ternyata daunnya juga mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan. Sebuah penelitian mengungkapkan, daun nangka mempunyai kandungan tertentu yang bisa mengurangi kadar gula darah.

  1. Mencegah anemia

Saat tubuh kekurangan darah merah atau anemia, maka Anda akan merasa lemas dan letih yang membuat Anda enggan untuk melakukan banyak aktivitas. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus mendapatkan manfaat buah nangka guna mengatasi kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin untuk menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh

  1. Baik untuk ibu hamil

Banyak orang yang beranggapan bahwa buah nangka sebaiknya dihindari ibu hamil karena bisa membuat keguguran. Namun, anggapan ini hanya mitos belaka dan belum ditemukan bukti ilmiah untuk mendukung pernyataan tersebut. Nangka mempunyai kandungan kaya akan vitamin B3 yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengatur hormon dan mengendalikan tingkat stres pada ibu hamil.

  1. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Buah nangka mengandung kalium yang penting dalam mengendalikan tekanan darah dan detak jantung. Kandungan kalium dan vitamin B6 di dalam buah nangka akan membantu Anda mengurangi risiko terkena stroke dan serangan jantung.

Selain itu, buah nangka juga mengandung resveratrol yang mempunyai efek proteksi kardio dan dapat membantu mengobati penyakit kardiovaskular seperti aterosklerosis, iskemia, dan hipertensi

  1. Meningkatkan sistem imunitas

Karena kandungan vitamin C dalam jumlah yang tinggi dan antioksidan, manfaat nangka yang bisa didapatkan tubuh adalah meningkatkan sistem imun tubuh. Perpaduan antara vitamin C dan antioksidan memungkinkan tubuh untuk melawan infeksi.

  1. Membantu mengontrol diabetes

Dengan kandungan beberapa vitamin dan mineral, manfaat nangka yang bisa didapatkan adalah mengurangi risiko komplikasi diabetes. Sebuah penelitian mengungkapkan, pasien diabetes yang diberi ekstrak diabetes telah memperbaiki toleransi glukosa dibandingkan dengan mereka yang tidak diberi ekstrak.

  1. Memperbaiki sistem pencernaan

Manfaat nangka lainnya yang bisa didapatkan tubuh karena kandungan seratnya. Nangka mengandung banyak serat yang sangat diperlukan untuk memperlancar sistem pencernaan seperti sembelit. Kandungan serat yang terdapat di dalamnya juga berfungsi untuk membuat perut terasa kenyang lebih lama. Hal itu tentu akan mengurangi porsi makan Anda.

Selain itu, sebagian besar buah ini mengandung karbohidrat kompleks yang cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan diet.

  1. Menjaga fungsi penglihatan

Manfaat nangka selanjutnya adalah kemampuannya menjaga kesehatan mata. Buah nangka mengandung banyak nutrisi yang mendukung kesehatan mata seperti beta-karoten, vitamin A, Lutein dan Zeaxanthin.

Beta-karoten disintesis oleh tubuh dan diubah menjadi Vitamin A. Vitamin A sendiri sangat penting untuk penglihatan mata mendukung fungsi normal kornea dan membran konjungtiva.

Sementara itu, kandungan lutein dan zeaxanthin adalah satu-satunya karotenoid yang tersimpan dalam jumlah tinggi di retina di mana mereka menyaring cahaya berbahaya dan melindungi serta menjaga fungsi sel sehat yang berada di sekitar mata. Pada akhirnya, manfaat buah nangka yang bisa Anda peroleh adalah mengurangi risiko glaukoma, degenerasi makula dan katarak.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat nangka yang banyak orang tidak sangka adalah kemampuannya menjaga kondisi kulit tetap baik. Pada umumnya, banyak orang melakukan perawatan kulit dari luar, padahal perawatan dari dalam juga diperlukan salah satunya adalah dengan mengonsumsi nangka.

Kandungan antioksidan yang dimiliki nangka mampu memerangi radikal bebas penyebab penuaan kulit sehingga kulit pun terlindungi dari ancaman keriput.

  1. Memelihara sistem pernapasan

Manfaat buah nangka yang terakhir adalah mengurangi terjadinya alergi serta gejala-gejala kesulitan bernapas. Senyawa-senyawa alami yang ada di buah nangka dipercaya mampu meredakan gejala asma. Tak ada salahnya, saat gejala asma menyerang Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi nangka.

Nah, itulah beberapa manfaat nangka yang berguna untuk kesehatan tubuh. Perlu diketahui, selain daging buah dan daunnya, nyatanya biji nangka juga bermanfaat untuk kesehatan.

Jika Anda salah satu orang yang perlu mengatur kadar glukosa darah, maka Anda disarankan untuk rutin mengonsumsi biji nangka. Pasalnya, biji nangka merupakan sumber pati serat makanan yang baik.

Caranya, biji nangka direbus kemudian ditambahkan beberapa bumbu sederhana. Biji nangka dapat dijadikan salah satu makanan yang mengandung kadar glikemik yang rendah. Makanan yang mempunyai indeks glikemik rendah adalah makanan yang tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah dalam tubuh secara signifikan.

Naah… menarik bukan? Jika Anda ingin mendapatkan bibit nangka mini dengan kualitas terbaik Anda tidak perlu bingung mendapatkannya. Anda cukup menghubungi nomer yang ada di website ini untuk mendapatkan informasi dan juga harga terbaiknya. Semoga artikel ini bermanfaat ya…