Jual Bibit Pohon Damar

Jual Bibit Pohon Damar

Jual Bibit Pohon Damar

Pohon damar adalah sejenis pohon anggota tumbuhan runjung (Gymnospermae) yang merupakan tumbuhan asli Indonesia. Pohon Damar atau disebut juga Dammar Raja, merupakan salah satu pohon asli Indonesia yang merupakan penghasil utama getah damar. Getah damar ini yang kemudian akan diolah menjadi ‘kopal’ dan dijadikan sebagai bahan baku untuk berbagai industri. Pohon Damar atau nama latinnya ‘Agathis dammara’ ini merupakan tanaman asli Maluku, Sulawesi dan kepulauan Filipina. Namun sekarang telah dibudidayakan diberbagai daerah lain termasuk di kepulauan Jawa.

Jual Bibit Pohon Damar

Pohon Damar menyebar di Maluku, Sulawesi, hingga ke Filipina (Palawan dan Samar). Di Jawa, tumbuhan ini dibudidayakan untuk diambil getah atau hars-nya. Getah damar ini diolah untuk dijadikan kopal.

Pohon Damar di beberapa daerah disebut sebagai kalane, kessi, oeneela (Maluku), dammar lulu atau dammar malolo (Sulawesi). Selain dinamai damar, di Indonesia kerap disebut damar raja. Dalam bahasa inggris tanaman ini dikenal sebagai amboina pitch tree atau Celebes kauri.

Pohon damar berukuran besar dan tingginya bisa mencapai 65 meter. Batangnya silindris dan lurus dengan diameter mencapai 1,5 meter. Kulit batang berwarna abu-abu muda hingga coklat kemerahan. Kulitnya mengelupas seperti keping-keping yang tidak teratur dan biasanya berlubang karena resin.

Daun berbentuk jorong atau bulat memanjang dengan panjang kurang lebih 6-8 cm dan lebarnya sekitar 2-3 cm, bagian pangkal daunnya membaji sedangkan daerah ujungnya runcing. Tulang daunnya sejajar dan banyak. Bunga jantan dan betina berada pada tandan yang berbeda, namun pada pohon yang sama atau berumah satu.

Kayu damar berwarna keputih-putihan, tidak awet, dan tidak seberapa kuat. Di Bogor dan di Sulawesi Utara, kayu ini hanya dimanfaatkan sebagai papan yang digunakan di bawah atap.[3] Kerapatan kayunya berkisar antara 380–660 kg/m³.[2] Kayu damar diperdagangkan di Indonesia dengan nama kayu agatis.

Pohon damar juga disukai sebagai tumbuhan peneduh taman dan tepi jalan (misalnya di sepanjang Jalan Dago, Bandung). Tajuknya tegak meninggi dengan percabangan yang tidak terlalu lebar.

Manfaat utama damar adalah diambil getahnya untuk diolah menjadi kopal. Getah damar keluar dari kulit atau kayu damar yang dilukai. Getah yang keluar akan membeku dan mengeras setelah beberapa hari. Getah damar yang mengeras inilah yang dinamakan kopal,

Kopal merupakan bahan dasar untuk cairan pelapis kertas supaya tinta tidak menyebar. Selain itu kopal juga dimanfaatkan sebagai campuran lak dan juga vernis, sebagai perekat pada penambal gigi, serta perekat plester.

Pohon damar juga bisa dijadikan pohon penghijauan dan peneduh. Sedangkan kayunya, meskipun kurang kuat dan awet, kerap diperdagangkan sebagai bahan bangunan dengan nama ‘kayu agatis’.

Hal ini lah kenapa Pohon damar banyak di cari. Karena pohon damar memiliki banyak potensi bisnis yang bisa di manfaatkan. Jika Anda tertarik untuk menanam bibit pohon damar, Kami menyediakan bibit yang berkualitas untuk Anda.

Pemanfaatan Pohon Damar

Pohon Damar menjadi istimewa untuk ditanam untuk diambil resinnya, yang  kemuadian diolah menjadi kopal. Resin ini adalah getah yang keluar tatkala kulit (pepagan) atau kayu damar dilukai. Getah akan mengalir keluar dan membeku setelah kena udara beberapa waktu lamanya. Lama-kelamaan getah ini akan mengeras dan dapat dipanen; yang dikenal sebagai kopal sadapan. Getah juga diperoleh dari deposit damar yang terbentuk dari luka-luka alami, di atas atau di bawah tanah; jenis yang ini disebut kopal galian

Jual Bibit Pohon Damar

Pada masa lalu resin damar terutama dihasilkan dari tegakan-tegakan alam di Maluku dan Sulawesi. Kini kopal juga dihasilkan dari hutan-hutan tanaman Perhutani di Jawa.

Demikian informasi mengenai Pohon damar. Jika anda ingin membuat bisnis getah pohon damar silahkan Anda  bisa menghubungi nomor kami yang tertera di halaman website ini, custumer service kami akan melayani anda dengan sepenuh hati.