Jual Bibit Pohon Kakao Coklat Bersertifikat

Jual Bibit Pohon Kakao Coklat Bersertifikat

Jual Bibit Pohon Kakao / Coklat

Jual Bibit Pohon Kakao Coklat

Butuh Info? Kami Siap Melayani!!

0822 5766 8116

Jual Bibit Pohon Kakao Coklat

Siapa yang tidak kenal coklat? Coklat adalah salah satu jenis makanan yang sangat populer karena rasanya yang lezat dan memiiki banyak manfaat. Kini sudah banyak sekali produk olahan coklat yang populer dan menjadi favorit dari masyarakat indonesia bahkan dunia.

Coklat banyak digunakan sebagai bahan baku untuk membuat kue dan minuman. Cita rasanya yang sangat khas membuatnya menjadi salah satu bahan baku yang banyak diminati oleh anak-anak dan bahkan orang dewasa. Nah, apakah anda tahu darimana asalnya coklat?

Coklat berasal dari biji buah kakao. Biji dari buah kakao inilah yang kemudian di olah dan telah melewati beberapa proses pengolahan yang sangat lama sampai bisa menjadi coklat yang sangat enak dan lezat untuk kita konsumsi.

Selama ini biji buah kakao ini banyak dimanfaatkan sebagai salah satu bahan baku untuk pembuatan coklat, adapun hasil olahan yang terbuat dari bahan dasar coklat yaitu, coklat batangan, minuman coklat, permen coklat, kue coklat, dan masih banyak lagi.

Tak hanya dibudidayakan dalam skala besar saja, saat ini sudah banyak juga pohon kakao yang ditanam secara mandiri. Pohon kakao yang sangat rimbun bisa menimalisir polusi udara dan bijinya bisa anda gunakan untuk bahan baku kue ataupun produk olahan coklat lainnya.

Tanaman yang memiliki nama latin Theobrocoma cacao L ini merupakan salah satu jenis tanaman tahunan yang berasal dari Amerika selatan. Tanaman kakao termasuk golongan tumbuhan tropis.

Habitat asli dari tanaman ini adalah di daerah hutan hujan tropis yang biasa terlindung di bawah pepohonan besar. Tanaman kakao bisa tumbuh dengan optimal pada ketinggian antara 10 sampai 600 m dpl, dan ketinggian maksimum sekitar 1,200 m dpl.

Jenis tanah yang cocok untuk membudidayakan tanaman kakao adalah tanah lempung liat berpasir, dan tanah gembur yang mengandung unsur hara penting untuk menunjang proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Ketersediaan air  cukup adalah yang terpenting.

Curah hujan yang disarankan oleh tanaman ini sekitar 1,500 – 2,500 mm per tahun. Temperatur sushu maksimum sekitar 30 sampai 32 derajat celcius, temperatur minimum sekitar 18–21 derajat celcius dan temperatur optimum untuk tanaman yaitu 26 derajat celcius.

Pohon kakao bisa tumbuh optimal sampai ketinggian 10 meter. Tetapi, dalam pembudidayaanya tinggi pohon ini biasanya dibuat lebih pendek  yaitu sekitar 5 meter dengan tajuk menyamping dan meluas. Ini dilakukan untuk memperbanyak cabang produktif.

Bunga kakao akan tumbuh langsung dari batang pohon. Ukuran bunga kakao ini pun terbilang cukup kecil yaitu dengan diameter yang hanya mencapai sekitar 3 cm saja.

Secara umum pohon kakao merupakan tumbuhan menyerbuk silang dan mempunyai sistem inkompatibilitas-sendiri. Namun, ada beberapa varietas pohon kakao yang dapat melakukan penyerbukan sendiri dan bisa menghasilkan jenis komiditi yang memiliki nilai jual tinggi.

Proses penyerbukan pada pohon kakao ini dilakukan oleh serangga, lebah, semut bersayap, dan biasanya proses penyerbukan ini terjadi di siang hari. Bunga pohon kakao ini siap diserbuki selama beberapa hari.

Sedangkan untuk buahnya, buah kakao berbentuk bulat ataupun memanjang. Buah kakao terdiri dari 3 daun buah dan mempunyai ruang, di bagian dalamnya terdapat biji. Warna buah kakao pun akan berubah-ubah. Ketika masih mudah berwarna hijau dan ungu. Apabila sudah masak kulit luar buah kakao akan berwarna kuning.

Apakah anda petani kakao? Membutuhkan bibit pohon kakao yang berkualitas dengan harga terjangkau? Kami siap membantu suplai bibit kakao terbaik dan berkualitas untuk anda. Langsung saja hubungi kontak kami yang tercantum di website untuk info selengkapnya.

 

Keuntungan Menanam Pohon Kakao / Coklat :

  1. Hasil bisa mencapai 900 Kg – 1 Ton/Ha (750 pohon kakao)
  2. Dalam sekali tanam pohon kakao bisa panen berkali-kali selama puluhan tahun
  3. Omset bisa mencapai belasan juta rupiah/Ha

Cara Meningkatkan Mutu Biji Kakao

Jual Bibit Pohon Kakao Coklat

Butuh Info? Kami Siap Melayani!!

0822 5766 8116

Jual Bibit Pohon Kakao Coklat

Proses penanaman kakao tidak jauh berbeda dengan perawatan tanaman lain, tetapi ada cara khusus untuk bisa meningkatkan kualitas dari bijinya sebelum akan diproses. Cara ini disebut dengan fermentasi. Proses fermentasi biji kakao sangatlah mudah dan bisa dilakukan sendiri.

Tujuan proses fermentasi adalah supaya lendir yang terdapat pada biji kakao bisa hilang dengan sempurna. Lendir yang telah melekat pada biji kakao ini akan sangat berpengaruh terhadap kualitas aroma coklat pada saat disangrai.

Selain itu, proses fermentasi ini juga akan membuat biji kakao terhindar dari jamur dan akan membuat biji ini bisa tahan lama saat disimpan. Proses fermentasi pada biji kakao akan melalui dua tahap yaitu aerob dan anaerob.

Tahap yang pertama biasa disebut dengan aerob yaitu, menggunakan bakteri untuk bisa menghasilkan asam laktat dan asam asetat.

Sedangkan untuk tahap kedua yang disebut dengan anaerob yaitu, terjadi karena adanya asam sitrat hingga sampai membuat terbentuknya asam pada biji buah kakao. Proses ini bisa juga disebut sebagai proses terbentuknya ragi.

Lalu bagaimana tahapan fermentasinya?

  1. Pertama, buah kakao yang sudah dipanen dibelah lalu dikeluarkan bijinya
  2. Siapkan tong atau bisa juga kotak kayu yang dibagian bawahnya sudah diberi lubang dengan diameter sekitar 1cm. Lubang tersebut memiliki peran sebagai saluran pembuangan air dan saluran udara.
  3. Masukkan biji kakao ke dalam tong. Tetapi sebelumnya kumpulkan dulu dalam sebuah wadah dan berikan sedikit tempat (rongga) pada tong kurang lebih 10cm.
  4. Kemudian berikan lapisan daun pisang di bagian atas biji kakao. Hal ini untuk menjaga supaya suhu didalamnya selalu stabil. Setelah itu tutup rapat tong tersebut.
  5. Diamkan sekitar 3 sampai 6 hari dan jangan lupa untuk sering melakukan pengontrolan dengan cara membalik kotak yang berisi biji buah kakao satu dengan lainnya.
  6. Biji kakao yang sudah mengalami proses fermentasi dengan baik biasanya memiliki tempurung yang cukup keras, aroma yang sedap dan warnanya hitam kecoklatan.

Menggunakan proses fermentasi untuk biji buah kakao akan menghasilkan biji coklat yang sangat bagus dan memiliki cita rasa tinggi. Nah, jika sudah begini tentu saja harga jualnya juga akan semakin tinggi.

Selain mengggunakannya untuk anda sendiri, anda pun bisa memperjualbelikannya. Peluang bisnis coklat ini banyak diminati karena sangat menjanjikan. Mengingat sekarang ini coklat telah menjadi salah satu menu favorit yang banyak diminati oleh masyarakat di seluruh dunia.

Jika anda masih mencoba-coba menanam pohon kakao ini, lebih baik anda menanamnya satu dulu diperkarangan. Anda bisa mendapatkan bibit pohon kakao yang berkualitas dengan harga terjangkau hanya disini. Selain bibit pohon, anda juga bisa konsultasi secara gratis mengenai bibit coklat yang akan anda tanam. Langsung saja hubungi customer servise kami.