Jual Bibit Pohon Kurma Harga Grosir Murah

Jual Bibit Pohon Kurma Harga Grosir Murah

Jual Bibit Pohon Kurma Harga Grosir Murah

Jual Bibit Pohon Kurma grosir murah. Pohon kurma adalah satu jenis pohon berbuah yang tumbuh di timur tengah. Buah dari pohon kurma bisa di makan dan sudah di budidaya di berbagai tempat. Ukuran dari pohon kurma yang sedang memiliki tinggi 15 hingga 25  m dan ini tergantung tempat di mana dia tumbuh.

Jual Bibit Pohon Kurma Harga Grosir Murah

Pohon Kurma tumbuh secara tunggal dan juga membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah akar tunggal. Panjang daunnya sekitar 3-5 m, di pohon ini terdapat duri pada tangkai daun, berbentuk menyirip dan mempunyai sekitar  kurang lebih 150 pucuk daun muda. Untuk ukuran daun mudanya rata-rata memiliki panjang 30 cm dan lebar 2 cm.

Buah kurma telah menjadi makanan utama di Timur Tengah dalam beberapa ribu tahun lalu. Biasanya bangsa Mesir Kuno lebih memilih menggunakan buahnya untuk dijadikan anggur kurma dan memakannya pada saat panen telah tiba.

Bibit pohon kurma

Bibit pohon kurma bisa kita tanam mulai dari bijinya sendiri atau juga bisa kita membeli bibit yang sudah memilki daun sehingga kita tinggal memindahkan ke media tanam. Hal itu akan sangat mudah dan praktis ketimbang harus menumbuhkan dari biji.

Pohon kurma

Untuk ukuran tinggi dari pohon kurma itu bisa mencapai antara 15-25 m. Dan  pohon ini bisa tumbuh secara tunggal maupun membentuk secara kelompok . Daun dari pohon kurma ini memiliki panjang sekitar antara 3 – 5 m, selain itu juga terdapat duri pada sela-sela tangkainya, bentuknya menyiri dan juga memiliki sekitar 150 pucuk daun muda.

Jenis buah kurma

Meskipun bibit pohon kurma lebih sering di budidayakan di daerah timur tengah sana , namun ada juga yang menanam buah kurma ini di beberapa negara lain sehingga buah kurma memiliki jenis-jenisnya seperti:

Jual Bibit Pohon Kurma Harga Grosir Murah

  • Thoory ( Al-jazair )
  • Khidri
  • Amer Hajj ( Iraq )
  • Ajwa ( Kurma Nabi )
  • Zaghloul ( Mesir )
  • Sekkeri
  • Mozafati ( Iran )
  • Deglet Noor (Libya ,Tunisia , Algeria & amerika )
  • Sekki
  • Khalasah ( arab Saudi )

 

Budidaya Kurma

Banyaknya penduduk muslim di dunia membuat beberapa kebutuhan akan buah kurma sangat banyak. Hal ini karena buah kurma merupakan buah yang di contohkan oleh nabi Muhammad SAW seperti sebagai buah untuk berbuka puasa.

Jual Bibit Pohon Kurma Harga Grosir Murah

Oleh karena itu beberapa orang sengaja membudidayakannya dengan tujuan membantu untuk menyuplai kebutuhan terhadap buah kurma ini apalagi di saat bulan Ramadhan.

Berikut adalah beberapa cara budidaya kurma yang bisa di praktikan di rumah nanti. :

1.      Mempersiapkan Bibit / Biji

Pertama yang harus kita lakukan adalah dengan mempersiapkan bibit dari biji kurma ini. Kurma sendiri merupakan tanaman yang bisa di tanam mulai dari biji , jadi apabila anda memang ingin membudidayakan buah kurma bisa membeli kurmanya terlebih dahulu lalu biji dari buah kurma itu kita simpan untuk di jadikan bibit dari buah kurma.

Namun ada yang perlu di perhatikan sebelumnya adalah jenis dari bibitnya. Carilah jenis bibit yang memang unggul agar bisa menghasilkan buah kurma yang terbaik. Hindari bibit kurma yang jelek. Meskipun biji nya berasal dari jenis yang unggul , namun apabila kodisi biji jelek akan membuat kualitas bibit pohon kurma lambat dan tidak kuat hidup lama. Untuk jumlahnya sendiri , sesuaikan dengan kebutuhan ingin banyak atau sedikit saja.

2.      Membersihkan daging di biji kurma

Kedua, hal  yang harus kita lakukan setelah memiliki biji kurma yang unggul adalah dengan membersihkan terlebih dahulu antara biji dengan dagingnya. Manfaat dari kita membersihkan biji kurma dari dagingnya adalah untuk mencegah adanya spora jamur ataupun semut yang menempe di biji yang bisa berakibat pada pertumbuhan kecambah pada biji kurma akan terhambat dan mungkin saja gagal.

Cara membersihkannya bisa dengan menggunakan air yang mengalir dan di gosok menggunakan pasir halis agar semua daging halus yang menempel terkikis oleh pasir itu. Namun ada yang perlu di hindari adalah menggunakan alat yang tajam seperti pisau atau sejenisnya yang takutnya akan membuat biji dari kurma ini terluka. Dan apabila terluka akan membuat biji kurma akan rusak dan tidak akan bisa di jadikan bibit lagi.

3.      Perendaman

Langkah selanjutnya adalah langkah perendaman dari biji yang sudah kita cuci tadi. Perendaman difungsikan untuk membuat biji kurma tadi jadi lebih cepat berkecambah. Untuk proses perendamannya sendiri, dibutuhkan waktu sekitar kurang labih 5  – 7 hari untuk mendapatkan biji yang lebih mudah mengeluarkan kecambah. Perendaman harus menggunakan air bersih dan jika memungkinkan menggunakan air mineral dalam kemasan yang dimana setiap 24 jam air diganti dengan air yang baru. Volume air tidak perlu terlalu banyak, yang terpenting adalah biji kurma yang tadi dapat terendam seluruhnya badannya.

 Jika sudah sampai 1 hari sebelum beres perendaman, tambahkan larutan Zat Pengatur Tumbuh yang bisa di beli di toko khusus bertani yang berfungsi untuk membuat biji lebih mudah lagi berkecambah.

4.      Kecambah

Proses pegecambahan dilakukan dengan media campuran cocopeat dan pasir halus, atau bisa juga dengan cara lain yaitu  kita menyimpan biji dengan menggunakan tisu basah non alcohol yang disimpan di tempat gelap dan kering. Jaga jarak antar biji sekitar 5-6cm ke media pengecambahan .

Tahap selanjutnya adalah tinggal menunggu sekitar 3-4 minggu hingga biji kurma bisa mengeliarkan kecambah dengan tinggi sekitar 5-10 cm. Biasanya pada proses ini dan proses ini berhasil akan muncul satu helai daun di masa awal. Tunggu sampai benar-benar memiliki umur dan masa yang cukup seperti yang sudah di sebutkan tadi agar bisa di pindahkan ke polybag.

5.      Pemindahan bibit

Langkah terakhir adalah memindahkan bibit pohon kurma yang sudah ada kecambahnya kemedia tanam baik itu berupa polybag atau pot. Namun sebelum itu isikan dahulu polybag dengan  campuran antara pasir,kompos, dan arang sekam yang dimana memiliki perbandingan 2:1:1. Selalu di ingat perbandingannya perbanyak pasir karena habitat aslnya adalah gurun pasir

Setelah beberapa lama pohon akan semain besar. Oleh karena itu kondisikan media tanam nya dan apabil sudah tidak bisa di polybag bisa pindahkan ke tanah langsung. Selain itu juga perhatikan kebutuhan unsur hara pohon kurma yang didapatkan dari kompos. Untuk penyiramannya tidak perlu terlalu rutin cukup sehari 1x dengan intensitas air sedang. Jual Bibit Pohon Kurma Harga Grosir Murah

Hal itu lah yang perlu kita ketahui mengenai pohon kurma, apakah tertarik untuk menanam pohon kurma? Jika memiliki pohon kurma sendiri pastinya akan mudah mendapatkan buah kurma atau mungkin bisa menjualnya saay musim ramadan. Semoga artikel ini bermanfaat ya…