Jual Pohon Ketapang Biola Cantik

Jual Pohon Ketapang Biola Cantik

Jual Pohon Ketapang Biola Cantik

Jual Pohon Ketapang Biola Cantik – Pohon ketapang biola cantik merupakan salah satu tanaman pelindung yang memiliki nama latin Ficus Lyrata, tanaman ini banyak ditanam sebagai tanaman indoor yang ditanam pada pot untuk yang berukuran tidak terlalu besar.

Ingin Beli Bibit Pohon Ketapang Biola Cantik Kami ?

Caranya Mudah, Langsung saja hubungi nomor Custumer Service yang ada di halaman web ini. Klik Benner di bawah ini.

Agro sejahtera adalah perusahaan penyedia tanaman berkualitas bergaransi yang siap kirim seluruh indonesia. Konsumen retail individu dan konsumen proyek sudah sering di layani. Klien proyek antara lain seperti Pertamina, PLN, Pemda, Pemkot, Wika, dll.

Di Indonesia Ficus Lyrata memiliki beberapa penyebutan seperti Pohon Ketapang Biola Cantik atau Pohon Ara Biola, tanaman ini merupakan tanaman yang berasal dari Afrika Barat. Untuk di Indonesia, tanaman ini dijadikan sebagai tanaman peneduh di kawasan perumahan, jalan raya, dan lain sebagainya.

Ketapang atau katapang (Terminalia catappa) adalah nama sejenis tumbuhan tepi pantai yang rindang. Lekas tambah dan membentuk tajuk indah bertingkat-tingkat, ketapang kerap di jadikan tumbuhan peneduh di taman-taman & tepi jalan. Selain nama ketapang dengan berbagai variasi dialeknya

Dalam bahasa Inggris tanaman ini dikenal dengan nama-nama Bengal almondIndian almondMalabar almond,Singapore almondTropical almondSea almondBeach almondTalisay treeUmbrella tree, & lain-lain.

Pemerian botanis

Tanaman besar, tingginya mncp 40 meter dan gemang batang smp 1,5 m. Bertajuk rindang dengan cabang-cabang yg tumbuh mendatar & bertingkat-tingkat; tanaman yg muda sering tampak sprt pagoda. Pohon-pohon yg tua dan besar acap kali berbanir (akar papan), tingginya bs hngg 3 meter.

Daun-daun tersebar, sebagian bsrny berjejalan di ujung ranting, bertangkai pendek atau hamper duduk. Helaian daun bundar telur terbalik, 8–25(–38) x 5–14(–19) centimeter, dengan ujung lebar dengan runcingan dan pangkal yg menyempit perlhn, helaian di pangkal bentuk jantung, pangkal dengan kelenjar di kiri-kanan ibu tulang daun di sisi bawah. Helaian srp kulit, licin di atas, berambut halus di sisi bwh; kemerahan jk akan rontok.

Bunga-bunga berukuran kecil, terkumpul dlm bulir dkt ujung ranting, pnjng 8–25 cm, hijau kuning. Bunga tidak bermahkota, dengan kelopak bertaju-5, bntk piring atau lonceng, 4–8 millimeter, putih atau krem. Benang sari dlm 2 lingkaran, trssn lima-lima. Buah batu bulat telur gepeng, bersegi atau bersayap sempit, 2,5–7 x 4–5,5 cm, hijau-kuning-merah, atau ungu kemerahan jika masak.

Penyebaran dan ekologi

Ketapang merupakan tanaman asli Asia Tenggara dan umum dijumpai di wilayah ini, kecuali di Sumatra & Kalimantan yang agak jrng didapati di alam. Pohon ini biasa ditanam di Australia bagian utara dan Polinesia; dmkn pula di India, Pakistan,Madagaskar, Afrika Timur & Afrika Barat, Amerika Tengah, serta Amerika Selatan.

Tanaman ini cocok dengan iklim pesisir & dataran rendah hingga ketinggian sktr 400 m dpl.; curah hujan antara 1.000–3.500 millimeter pertahun, dan bulan kering hingga 6 bulan.

Ketapang menggugurkan daun hngg dua kali setahun, shngg tumbuhan ini bs thn menghadapi bulan-bulan yg kering. Buahnya yang mempunyai lapisan gabus dapat terapung-apung di air sungai & laut hingga berbulan-bulan, sebelum tumbuh di tempat yang cocok. Buahnya juga disebarkan oleh kelelawar.

 

Pohon Ketapang Si Peneduh

Mengapa pohon ini cocok sebagai tanaman peneduh, ada beberapa hal :

  1. Daunnya Rimbun

Daun Pohon Ketapang berbentuk oval seperti telur dengan panjang bisa mencapai 38 cm dan lebar 19 cm pada pohon dewasa.

Jarak antara daun yang satu dengan yang lain dalam satu ranting sangat rapat. Sulit bagi sinar matahari untuk menembus kerapatan daun-daun ini.

  1. Tajuknya Rindang

Pohon ini memiliki cabang yang cenderung menyebar secara horisontal ke berbagai arah. Jarang ditemukan cabang yang membentuk menaik atau turun.

Tajuknya juga cenderung bertingkat-tingkat. Di atas cabang yang satu akan ada jarak sebelum cabang lain tumbuh, yang lagi-lagi mendatar. Kalau dilihat dari jauh, penampakan Pohon Ketapang akan mirip dengan pagoda.

Dikombinasikan dengan daun yang besar dan rapat, maka area di bawah ini akan terlindung dari sinar matahari.

  1. Dapat Tumbuh Dengan Cepat

Waktu yang diperlukan pohon ini untuk tumbuh menjadi cukup rimbun sangat cepat. Dari bibit setinggi 1 meter hingga mencapai tinggi 4-5 meter, kira-kira memerlukan waktu 2-3 tahun. Waktu ini jelas sangat cepat untuk dapat segera mengurangi panas.

  1. Minim Perawatan

Tidak sulit merawatnya. Selama air hujan menyiraminya, maka tanaman ini akan tumbuh dengan subur.

Bahkan di tanah yang sebelumnya dipadatkan dengan puing-puing bangunan (sesuatu yang dilakukan para pengembang perumahan untuk memadatkan tanah), Pohon Ketapang tidak akan menolak.

Hal ini karena pohon yang sering disebut juga dengan Katapang ini merupakan tanaman tepi pantai. Si daun lebar ini dapat hidup dimana tanah hanya memiliki kandungan unsur hara yang tipis, seperti pasir pantai.

Jadi Anda tidak akan repot. Itulah alasan mengapa pohon ini sering dipergunakan sebagai peneduh jalan.

Pohon Ketapang Si Bermanfaat

Jual Pohon Ketapang Biola Cantik

Ingin Beli Bibit Pohon Ketapang Biola Cantik Kami ?

Caranya Mudah, Langsung saja hubungi nomor Custumer Service yang ada di halaman web ini. Klik Benner di bawah ini.

Banyak bagian pohon ini yang bisa dimanfaatkan baik sebagai makanan ataupun untuk pengobatan dan hal lain.

  1. Kulit Kayunyabisa dimanfaatkan untuk penyamakan kulit (tapi jangan coba menyamak kulit di perumahan Anda, pasti banyak yang protes.
  2. Buahnyabisa menghasilkan biji yang bisa dimakan. Rasanya mirip almond. Tidak mengherankan kalau nama lain di luar negeri si Terminali Catappa ini selalu dikaitkan dengan almond, seperti Singapore Almond, Indian Almond, Tropical Almond
  3. Buahnyajuga mengandung Tanin yang konon dapat dipergunakan untuk mengobati radang rongga perut
  4. Daunnya, penggemar ikan cupang pasti akrab dengan daun pohon ini. Daunnya yang lebar terutama yang sudah coklat dapat menurunkan pH air yang akhirnya bisa membuat sang cupang kesayangan hidup lebih sehat dan panjang umur.
  5. Kayunyasendiri cukup keras dan bisa dipergunakan untuk berbagai macam hal. Sayangnya tidak terlalu awet dibandingkan seperti Meranti, sehingga jarang dipergunakan untuk konstruksi bangunan.

Dengan berbagai manfaat yang sudah disebutkan di atas, bagi kehidupan kita dalam sebuah perumahan, Pohon ketapang bisa juga menjengkelkan.

  1. Pohon ini meluruhkan daunnyapaling tidak dua kali dalam setahun. Sekali daunnya luruh, bisa dibayangkan menyapu puluhan daun berukuran lebar. Sapu lidi sulit untuk menyapu tumpukan daun ketapang sekaligus.
  2. Pohon Ketapang Dewasa bisa mencapai ketinggian 40 M. Kalau di dalam kawasan perumahan ketinggian maksimum tersebut jarang tercapai tetapi tetap saja tidak sulit baginya tumbuh setinggi 10-15 meter. Sesuatu yang berbahaya karena dalam perumahan biasanya ada kabel telepon atau listrik.
  3. Akar pohon dewasa dapat merusak. Memang ukuran akarnya pun akan menyesuaikan dengan umur. Semakin tua dan besar batang pohonnya, akarnya semakin besar pula. Konon ada yang bisa mencapai 3 meter besarnya. Akar sebesar ini akan merusak dinding terdekat atau bahkan jalan ketika mencari jalan.

Oleh karena itu harus diusahakan ketika menanam diberikan ruang yang cukup untuk pertumbuhannya. Jangan meletakkan pohon ketapang dalam sebuah taman kecil yang dibatasi dengan tembok atau saluran air. Akarnya akan menjebol tembok tersebut dan menutupi selokan.

Selain itu, pemangkasan batang harus dilakukan secara berkala agar tidak mencapai tinggi maksimum dan mengganggu perkabelan. Nah, meskipun tidak sempurna, bila Anda membutuhkan peneduh bagi lingkungan Anda, pohon yang memiliki nama berbeda-beda di Indonesia ini tetaplah cocok sebagai tanaman peneduh.

O ya nama dalam bahasa daerah di Indonesia seperti Hatapang dalam bahasa Batak, Atapang dalam bahasa Bugis dan banyak lainnya. Di Kota Bogor dulu masih banyak bisa ditemukan Pohon Ketapang. Sayangnya sudah banyak sekali yang ditebang dan digantikan hutan beton.