Kaya Manfaat! Ini Khasiat Jeruk Sunkist Bagi Tubuh dan Kulit Wajah

Kaya Manfaat! Ini Khasiat Jeruk Sunkist Bagi Tubuh dan Kulit Wajah

Kaya Manfaat! Ini Khasiat Jeruk Sunkist Bagi Tubuh dan Kulit Wajah

Jeruk Sunkist –  siapa si yang tidak tahu dengan jeruk yag penuh akan vitamin C ini. Iya.. buah jeruk merupakan buah yang banyak dicari oleh masyarakat karena mempunyai banyak manfaat. Salah satu alasan buah ini mempunyai manfaat karena buah satu ini merupakan buah yang kaya akan vitamin C.

Selain mempunyai banyak manfaat buah Jeruk juga  merupakan salah satu jenis buah yang sangat menyegarkan saat dikonsumsi. Ada banyak sekali varian buah Jeruk yang bisa ditemui, salah satunya adalah Jeruk Sunkist yang merupakan jeruk manis yang berasal dari California, Amerika Serikat.

Untuk Jeruk Sunkist mempunyai banyak sekali kandungan air di dalamnya dengan diameter buah sekitar 8 cm bahkan bisa lebih. Ciri khas dari buah Jeruk Sunskist yang sangat mudah dilihat adalah warnanya yang orange jingga dengan kulit yang lebih tebal dari jeruk yang biasa ditemui. Hal unik lainnya adalah kulit buah jeruk sangat merekat pada daging buah, sehingga untuk membukanya membutuhkan usaha yang lebih keras.

Kandungan Luar Biasa di Dalam Jeruk Sunkist

Perlu Anda ketahu bahwa buah jeruk sunkist ini memikiki banyak kandungan lho selain dengan vitamin c. Beberapa kandungan yang terdapat pada jeruk sunkist adalah sebagai berikut :

  • Kalori                    = 80
  • Potasium             = 259,99 Mg
  • Karbohidrat        = 20,9 Gr
  • Vitamin C             = 216%
  • Kalsium                = 1%
  • Zat Besi                = 13%
  • Serat                      = 7,1 Gr
  • Gula                       = 14,1 Gr
  • Protein                 = 0,9 Gr

 

Khasiat Jeruk Sunkist Bagi Tubuh Manusia

  1. Menjaga Imunitas Tubuh

Naah untu Anda yang mempunyai aktivitas yang padat dan banyak menghabiskan waktu untuk bekerja keras, maka Anda sangat membutuhkan asupan Vitamin C yang tinggi. Ini bermanfaat agar daya tahan tubuh menjadi lebih kuat.

Jeruk Sunkist merupakan solusi yang bisa dimanfaatkan karena tingginya Vitamin C yang ada di dalamnya. 1 buah jeruk Sunkist berukuran sedang terbukti bisa memenuhi kebutuhan Vitamin C harian orang dewasa.

Oleh karena itu, jeruk sunkist bisa menjadi makanan Anda sehari-hari sebagai asupan vitamin C Anda.

  1. Membantu Tubuh Menurunkan Kadar Kolesterol

 Selain sebagai asupan vitamin C jeruk sunkist juga terdapat kandungan serat larut yang bernama Pektin. Pektin merupakan karbohidrat kompleks yang berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL di dalam darah.

Nah… Bagi Anda yang menderita penyakit jantung, maka kami sangat menganjurkan Anda untuk rutin mengonsumsi buah Jeruk Sunkist.

  1. Mengurangi Tekanan Darat Tinggi atau Hipertensi

Jeruk Sunkist juga mempunyai kandungan senyawa Hesperdin yang termasuk dalam jenis flavonoid. Kandungan inilah yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi pembuluh darah dan bisa mengurangi tekanan darah tinggi.

Apakah Anda mebutuhkan bibit tanaman ini? Anda bisa memesan di kami Toko Online Bibit Tanaman Pohon-Buah-Hias-Bunga yang Berkualitas dan Harga Terjangkau Grosir dan Ecer Siap melayani Proyek pesanan besar Siap Kirim Seluruh Indonesia

Bisa menghubungi nomer yang ada di website ini!!!!

  1. Sumber Energi Bagi Tubuh Anda

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Gula merupakan salah satu sumber kalori yang bisa menghasilkan energi dan membantu Anda melakukan aktivitas sehari-hari. Gula menjadi salah satu kandungan yang ada di dalam Jeruk sunkist ini dan salah satu dari Karbohidrat bagi tubuh.

Gula juga sangat berperan penting untuk menjaga proses metabolisme di dalam tubuh dan membantu pertumbuhan sel-sel pada tubuh manusia.

  1. Jeruk Sunkist Bisa Mencegah Anemia

Naah… Saat tubuh Anda kekurangan asupan zat besi, maka hal ini akan berpengaruh terhadap proses produksi sel-sel darah merah yang ada di dalam tubuh. Saat hal ini terjadi Anemia mulai menyerang tubuh Anda dengan mudah.

Solusinya Anda membutuhkan sumber makanan yang kaya manfaat zat besi di dalamnya dan Jeruk Sunkist merupakan pilihan yang bisa dikonsumsi. Di dalam Jeruk Sunkist terdapat kandungan Zat Besi sekitar 13%. Dengan rutin mengonsumsi Jeruk ini, maka Anda bisa mencegah Anemia untuk datang.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Jeruk sunkist juga memiliki manfaat terhadap sistem pencernaan Anda. Sistem pencernaan yang tidak lancar akan membuat tubuh kesulitan untuk buang air besar atau sembelit. Sistem pencernaan yang tidak lancar dikarenakan tubuh yang kekurangan serat dalam asupan sehari-hari.

Jeruk Sunkist merupakan salah satu buah yang mempunyai serat yang kaya dan membantu Anda untuk melancarkan sistem pencernaan. Jadi saat Anda mengalami masalah sembelit, maka mengonsumsi Jeruk Sunkist merupakan cara yang bisa Anda lakukan untuk melancarkan sistem pencernaan.

  1. Bisa Mencegah Batu Ginjal

Di dalam Jeruk ini juga terdapat kandungan Asam Sitrat yang bisa mengurangi kadar Kalsium yang ada di dalam urin. Sehingga akan menurunkan kuantitas pembentukan batu ginjal di dalam tubuh Anda.

  1. Mencegah Diabetes di Dalam Tubuh

Bagi Anda yang sedang menderita diabetes, maka kami sangat menyarankan Anda untuk rutin mengonsumsi Jeruk ini sebagai asupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan di dalam Jeruk Sunkist terdapat kandungan Antioksidan yang membantu meningkatkan kinerja pembuluh darah dan membuat kadar insulin lebih meningkat.

Naaah… Walaupun dikenal sebagai buah yang kaya akan manfaat kesehatan, Jeruk ini juga sangat bermanfaat untuk melembutkan, mencerahkan wajah, dan menghilangkan bintik hitam pada wajah lho… Bukan Cuma itu saja, Jeruk Sunkist juga sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat dan komedo yang anda.

Untuk itu berikut ini manfaat Jeruk Sunkist pada wajah :

  1. Mengatasi Masalah Jerawat

Memang Masalah jerawat merupakan masalah yang biasa dan sering dialami oleh sebagian besar orang yang mulai beranjak dewasa atau memasuki masa pubertas. Jika kebetulan mengalami masalah ini, jangan panik dan khawatir, karena ada solusi mudah yang bisa Anda lakukan.

Anda bisa menggunakan kulit jeruk Sunkist yang terlebih dahulu dihaluskan dengan menggunakan air. Haluskan kulit jeruk tersebut sampai menjadi pasta yang bisa dioleskan pada wajah Anda. Apabila kulit jeruk tersebut sudah halus dan menjadi pasta, maka Anda tinggal mengoleskannya pada wajah dan diamkan selama 30 menit.

Naah Jangan lupa untuk membilas wajah setelah menggunakan masker wajah dari kulit Jeruk Sunkist tersebut. Lakukan secara rutin pada wajah dan Anda bisa mendapatkan hasil yang optimal pada beberapa minggu setelah penggunaan.

  1. Mengatasi Masalah Komedo di Sekitar Hidung

Jika Anda mengalami masalah komedo, maka Anda bisa mencampurkan 2 sendok teh yoghurt dengan kulit jeruk Sunkist yang sudah diparut halus. Aduklah secara merata dan selanjutnya oleskan pasta tersebut pada daerah komedo yang ada di wajah Anda. Lakukan pemijatan dengan gerakan melingkar dan lakukan secara perlahan.

Jika sudah 15 menit, maka Anda bisa membilas pasta Jeruk Sunkist tersebut dengan mengguakan air hangat.

  1. Buat Wajah Segar dan Bersinar Dengan Masker Jeruk Sunkist

Anda bisa mencampurkan 1 sendok madu, ½ sendok tek kulit Jeruk Sunkist yang sudah diparut halus, dan ½ sendok teh jus lemon.

Jika sudah mencampur ketiga bahan tadi, Anda tinggal mengoleskannya ke seluruh permukaan wajah secara merata dan biarkan selama 15 menit. Jangan lupa untuk membilasnya dengan air hangat setelah penggunaan.

  1. Bisa Menyamarkan Bintik Hitam yang Ada di Wajah Anda

Campuran yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan 1 sendok teh Yoghurt, ½ sendok teh madu, dan 1 sendok teh Jeruk Sunkist parut.

Oleskan campuran di atas pada wajah Anda selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk yang bersih. Anda juga bisa menambahkan 3 tetes minyak zaitun atau minyak kelapa pada campuran di atas untuk melembabkan kulit wajah.

  1. Menenangkan Wajah

Beban berat pekerjaan setiap hari pasti bisa membuat diri Anda menjadi stres dan depresi. Anda bisa mengatasi masalah ini dengn membuat masker yang terbuat dari kulit Jeruk Sunkist yang ditambahkan dengan ½ sendok teh kunyit dan ½ sendok teh madu.

Biarkan campuran di atas selama 30 menit, lalu bilaslah dengan menggunakan air hangat.

Jeruk ini ternyata menyimpan banyak sekali manfaat kesehatan bagi tubuh manusia yang bisa menjadi obat alami yang mudah didapatkan. Tidak hanya itu saja lho, Jeruk Sunkist juga sangat bermanfaat untuk merawat dan mengatasi berbagai masalah wajah yang terjadi.

Cara budidaya jeruk sunkis

Setelah mengetahui manfaat dari buah jeruk sunkit ini kita perlu mengetahui juga bagaimana si cara menanam dan budidaya jeruk sunkist ini.

Seperti yang sudah kita jelaskan sebelumnya bahwa  Jeruk sunkist dikenal sebagai varian buah jeruk impor yang berharga tinggi. Hanya dapat dijumpai di supermarket atau toko buah besar. Buah yang biasanya dimanfaatkan sebagai jeruk peras dan olahan berbagai makanan dan minuman ini mempunyai rasa asam manis yang khas.

Kandungan vitamin C dari jenis jeruk satu ini s sangat tinggi sehingga dipercaya baik untuk kesehatan. Harganya yang tinggi mungkin dikarenakan buah ini memang belum dibudidayakan di Indonesia. Akan tetapi, sebenarnya dapatkah jeruk sunkist ditanam dan dibudidayakan di Indonesia?

Pada dasarnya, jeruk sunkist adalah tanaman jeruk yang mendapat perlakuan tertentu. Persebarannya cukup luas, tidak hanya di daerah beriklim subtropis, tetapi dapat pula tumbuh dengan baik di daerah tropis.

Tanaman ini juga dapat ditanam di dataran tinggi dan dataran rendah. Hanya saja, ada banyak jenis jeruk sunkist yang masing-masing cocok ditanam di ketinggian tertentu. Misalnya, jenis washington navel dan dumlings seedling cocok ditanam di ketinggian 1000 mdpl.

Untuk ketinggian 800 mdpl yang cocok adalah jenis valencia rate dan pineapple orange atau dikenal dengan sebutan jeruk italia. Adapun yang cocok ditanam di dataran rendah adalah jenis hamlin dan noris yang berkulit tebal dan berwarna hijau. Jenis ini menghasilkan buah jeruk sunkist dengan daging yang berserat, baunya harum, tetapi rasanya agak tawar.

Jadi bukannya tidak mungkin membudidayakan jeruk sunkist di Indonesia. Agar dapat sukses membudidayakan tanaman yang satu ini, berikut langkah-langkahnya.

Karakteristik tanaman jeruk sunkist

Sebelum menanam jeruk sunkist, kita perlu mengenal dahulu karakter tanaman ini untuk meminimalisir kegagalan. Pada dasarnya tanaman ini tidak terlalu rewel. Ia dapat hidup di tempat yang curah hujannya hanya 5 bulan dalam setahun, tetapi juga dapat beradaptasi di wilayah yang mengalami hujan sepanjang tahun.

Untuk penanaman di daerah tropis seperti Indonesia, jeruk sunkist mempunyai toleransi terhadap suhu terendah 15 derajat celsius dan suhu rata-rata tertinggi antara 25 – 30 derajat celsius.

Suhu yang hangat lebih menguntungkan karena dapat memperlambat proses perubahan warna kulit buah dari hijau ke kuning sehingga memberi kesempatan pada buah untuk membesar secara maksimal sebelum benar-benar matang.

Jenis tanah yang dikehendaki jeruk sunkist adalah jenis tanah lempung berpasir dengan tingkat keasaman atau pH 5 – 6. Kurang dari itu menyebabkan tanaman sulit menyerap unsur hara, sementara lebih dari itu unsur-unsur logam dalam tanah akan terurai yang menyebabkan tanaman tumbuh abnormal. Kedalaman air tanah hendaknya berada pada 50 – 200 cm.

Apakah Anda mebutuhkan bibit tanaman ini? Anda bisa memesan di kami Toko Online Bibit Tanaman Pohon-Buah-Hias-Bunga yang Berkualitas dan Harga Terjangkau Grosir dan Ecer Siap melayani Proyek pesanan besar Siap Kirim Seluruh Indonesia

Bisa menghubungi nomer yang ada di website ini!!!!

Pemilihan bibit

Bibit yang baik untuk budi daya jeruk sunkist adalah bibit hasil okulasi. Bibit jenis ini tingkat produktivitasnya lebih tinggi. Antara 4 – 5 tahun sudah akan berbuah, tergantung pada jenis indukannya.

Oleh karena masih jarang yang membudidayakan, Anda harus mencari bibit di tempat-tempat penjualan bibit yang menyediakan bibit jeruk sunkist. Pilihlah bibit yang bebas hama dan penyakit, daunnya hijau segar tidak layu dan kuning, batangnya kokoh tidak kurus, dan cabangnya rindang. Tinggi antara 30 – 45 cm, umur bibit antara 4 – 5 bulan. Hindari membeli bibit yang sudah berbuah.

Penanaman di kebun

Sebelum menanam bibit jeruk sunkist, terlebih dahulu tentukan lokasi penanaman. Pilih lokasi yang mendapatkan sinar matahari penuh tanpa naungan. Olah lahan dengan membersihkannya dari gulma. Cangkul sedalam 25 cm untuk menggemburkan tanah.

Buat lubang tanam berukuran 50 x 50 x 50 cm dengan jarak tanam untuk pembudidayaan 8 x 8 m. Bagi dua tanah galian, tanah bagian atas yang kehitaman dipisahkan dari tanah bagian bawah.

Biarkan lubang terkena sinar matahari 2 – 4 minggu untuk mematikan bakteri jahat. Masukkan kembali tanah bagian bawah ke dalam lubang tanam, sementara campur tanah bagian atas dengan 1 – 1,5 kg kompos atau pupuk kandang yang terfermentasi dan fosfat atau sekam hingga rata.

Khasiat Jeruk Sunkist

Alasan Mengapa Memilih Kami !

RIBUAN JENIS TANAMAN

Ribuan jenis varietas benih & bibit tanaman ada disini, menerima pembelian ecer maupun grosir serta melayani pengerjaan proyek.

PRODUK – PRODUK BERKUALITAS

Semua produk dijual telah lolos standar kami, dari segi keakuratan & kualitas barang, serta pelayanan yang baik.

PACKING SANGAT AMAN

Barang yang kami kirim akan kami packing (kemas) seaman mungkin, dengan pemberian vitamin tumbuhan sebelum pengiriman serta penggunaan bahan packing yang aman seperti kayu atau triplek.

Toko Online Bibit Tanaman Pohon-Buah-Hias-Bunga yang Berkualitas dan Harga Terjangkau Grosir dan Ecer Siap melayani Proyek pesanan besar Siap Kirim Seluruh Indonesia

Ambil bibit, lepaskan dari polybagnya dengan hati-hati dan atur sedemikian rupa agar akar tidak menggumpal tanpa merusak media tanamnya. Letakkan bibit tegak lurus dalam lubang. Tutup kembali lubang dengan tanah bagian atas yang telah diberi campuran hingga rata, padatkan sedikit, beri ajir untuk menopang agar bibit tidak roboh. Sirami secukupnya. Buat parit di sekeliling kebun dan menyilang di tengah kebun untuk menghindari genangan air.

Proses penanaman ini sebaiknya dilakukan pada awal atau akhir musim hujan.

Perawatan lanjutan

Jeruk sunkist menyukai tanah yang lembap, karenanya penyiraman perlu dilakukan secara rutin namun tidak berlebihan. Cukup 1 – 2 kali sehari tergantung tingkat kelembapan lahan dan musim. Rajinlah membersihkan lahan dari gulma dan tanaman pengganggu. Pangkas cabang-cabang yang kering dan tidak perlu.

Agar cepat berbuah dan hasilnya bagus, perlu ditunjang dengan pemupukan yang teratur.

Satu bulan setelah penanaman, beri pupuk dengan komposisi 5 gr urea atau 10 gr ZA atau 5 gr ZK per pohon. Ulangi sebulan sekali hingga 3 kali.

Pemupukan dilakukan saat tanaman sedang tidak memunculkan tunas baru dan tanahnya masih basah.

Cara pemberian pupuk adalah dengan ditanam sedalam 15 – 30 cm pada 4 lubang berjarak 15 – 20 cm dari pusat batang. Sampai umur tiga tahun tiap pohon membutuhkan pupuk dengan komposisi berikut.

  1. Umur satu tahun memerlukan pupuk kandang atau kompos sebanyak 3 kaleng minyak ukuran 20 liter, 200 – 300 gr ZA, 50 gr DS, dan 200 gr ZK.
  2. Umur dua tahun memerlukan pupuk kandang atau kompos sebanyak 4 kaleng minyak ukuran 20 liter, 200 – 300 gr ZA, 50 gr DS, dan 200 gr ZK.
  3. Umur tiga tahun memerlukan pupuk kandang atau kompos sebanyak 6 kaleng minyak ukuran 20 liter, 200 – 450 gr ZA, 75 gr DS, dan 250 gr ZK.

Komposisi di atas adalah dosis untuk satu tahun, dibagi menjadi 3 atau 4 kali pemberian. Setelah tanaman mulai dewasa dan sudah saatnya mulai belajar berbuah, beri hormon perangsang buah 1 bulan sekali agar proses pembuahan terjadi lebih cepat, hasilnya lebih baik, buah lebih padat, rasanya manis, dan lebih segar.

Apakah Anda mebutuhkan bibit tanaman ini? Anda bisa memesan di kami Toko Online Bibit Tanaman Pohon-Buah-Hias-Bunga yang Berkualitas dan Harga Terjangkau Grosir dan Ecer Siap melayani Proyek pesanan besar Siap Kirim Seluruh Indonesia

Bisa menghubungi nomer yang ada di website ini!!!!

 

Penanaman di dalam pot

Selain rasa dan khasiatnya yang dicari, warna kuning-jingga cerah dari jeruk sunkist juga bagus dan membuatnya menarik sebagai tanaman hias. Pohonnya juga tidak terlalu besar, tinggi maksimalnya 100 – 200 cm.

Anda dapat menanamnya dalam pot dan meletakkannya di halaman rumah. Pastikan saja bahwa Anda meletakkan pot jeruk sunkist Anda di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Pilihan pot yang tepat adalah yang bahannya kuat dengan diameter 60 cm.

Penanganan hama dan penyakit

Hama yang sering meyerang jeruk sunkist adalah kutu loncat, kutu daun, ulat peliang daun, tungau, dan penggerek buah. Atasi dengan insektisida hayati 4 – 5 hari sekali sesuai dosis yang dianjurkan.

Adapun penyakit jeruk sunkist, antara lain, CVPD, Tristeza, woody gall (vein enation), blendok, dan embun tepung. Dapat ditanggulangi dengan pemberian fungisida hayati setiap 4 hari sekali dalam dosis yang dianjurkan.

Naah… menarik bukan? Jika Anda ingin mendapatkan bibit jeruk sunkist dengan kualitas terbaik Anda tidak perlu bingung mendapatkannya. Anda cukup menghubungi nomer yang ada di website ini untuk mendapatkan informasi dan juga harga terbaiknya. Semoga artikel ini bermanfaat ya…