Keindahan Bunga Flamboyan dan Cara Menanamnya

Keindahan Bunga Flamboyan dan Cara Menanamnya

Keindahan Bunga Flamboyan dan Cara Menanamnya

Keindahan Bunga Flamboyan – Salah satu bunga terindah di dunia yaitu bunga flamboyan yang terdiri dari beberapa macam varietas. Meski hanya menghasilkan bunga pada musim-musim tertentu saja, namun tanaman ini disukai oleh banyak orang karena mempunyai bentuk dan tampilan yang sangat menawan. Bahkan banyak ungkapan cinta pada pujaan hati yang disimbolkan melalui bunga ini.

Flamboyan merupakan tanaman hias yang tingginya dapat mencapai sekitar 12 meter. Daerah yang disukai tanaman ini adalah yang bersifat terbuka dengan pasokan cahaya matahari yang cukup. Batangnya berbentuk licin dan mempunyai warna coklat kelabu.

Karakter Tanaman Flamboyan

Akarnya sangat kuat dan mampu menimbulkan kerusakan pada lapisan semen penutup jalan. Selain itu cabangnya banyak dan selalu tumbuh secara melebar atau menyamping. Jadi ketika sudah besar, tanaman ini akan berbentuk seperti payung dengan batang yang berkayu.

Daunnya yang majemuk dan selalu tumbuh dengan rapat mampu menghadirkan suasana yang sangat rindang di bawahnya. Daun bunga flamboyan ini selalu menghijau sejak musim hujan sampai permulaan musim kemarau. Setelah itu akan gugur dan hanya menyisakan batangnya saja. Bahkan ada beberapa bagian batang atau ranting yang mengering lalu patah dan jatuh.

Keindahan Bunga Flamboyan

Keindahan tanaman ini akan mulai terlihat lagi ketika musim penghujan mulai tiba. Pada saat itu kuncup bunga yang warnanya merah dan jingga akan bermunculan. Tidak lama kemudian bunga flamboyan tersebut akan saling bermekaran secara bersama-sama. Di saat seperti inilah kesempurnaan dan keindahan bunga tersebut akan terlihat semakin nyata.

Setelah mekar secara penuh, ukurannya menyamai bunga anggrek dan membentuk semacam gerombolan yang rapat dan padat. Di setiap gerombolan terdapat mahkota bunga berjumlah 5 helai yang menyebar. Ukuran masing-masing mahkota tersebut sekitar 8 cm.

Tetapi ada salah satu mahkota yang memiliki bentuk agak berbeda dibanding mahkota bunga yang lain. Mahkota bunga flamboyan yang berlainan ini berukuran lebih panjang dan terdapat bintik-bintik warna kuning atau putih di permukaan dalamnya.

Mekarnya bunga tersebut hanya bisa berlangsung sekitar 2 sampai 3 minggu saja. Tidak lama setelah itu warna jingga kemerahan pada flamboyan mulai meredup dan berubah kusam, lalu akan berguguran helai demi helai. Tidak lama kemudian akan memasuki pengulangan siklus kembali seperti semula dari awal.

Teknik Menanam Bunga Flamboyan

Bunga flamboyan adalah tanaman yang dapat dikembangbiakan dengan biji. Namun sebelum disemai harus dibersihkan dahulu dengan cara digosok dan direndam di dalam air selama satu malam hingga kulitnya bisa terkelupas sendiri.

Setelah itu biji dimasukan dalam pot yang sudah diisi dengan media tanam sekitar 4 sampai 7 hari. Media tanamnya berupa kombinasi tanah dan pupuk kandang yang tingkat keasamannya antara 5,6 sampai 6 ph.

Tahapan berikutnya adalah memindah bibit tersebut pada area yang luas dan lapang misalnya halaman rumah atau pinggiran jalan yang nantinya berfungsi sebagai peneduh. Lubang untuk penanamannya harus memiliki ukuran yang cukup dalam, minimal 50 cm. Tujuannya adalah agar tanaman ini bisa tumbuh secara tegak dan tidak miring.

Setelah ditanam dan tanah ditimbun lagi lakukan penyiraman setiap hari hingga tumbuh besar dan berdaun lebat. Selain itu harus diberikan setiap 3 bulan sekali agar pertumbuhannya bisa berjalan semakin cepat. Perawatan lain yang perlu dilakukan yaitu memotong dan merapikan cabang dan batangnya sehingga pertumbuhannya bisa teratur.

Satu hal lagi, ketika menanam bunga flamboyan atur jaraknya agar tidak terlalu dekat dengan dinding rumah atau bangunan lain misalnya pagar. Sehingga kerusakan yang ditimbulkan dari akarnya bisa dihindari.

Langkah Langkah Cara Menanam Bunga Flamboyan

Keindahan Bunga Flamboyan dan Cara Menanamnya

Menanam penting untuk mengingat bahwa flamboyan ini bukan sekedar tanaman hias.

Tanaman flamboyan dewasa akan berbentuk pohon kayu yang besar dengan tinggi hitungan meter.

Jika anda ingin menanam tanaman yang satu ini, maka anda pun harus mempersiapkan tempat tumbuh yang baik, baik untuk flamboyan sendiri dan baik dalam arti tidak mengganggu lingkungan sekitar.

Ada baiknya anda membaca beberapa hal berikut ini sebagai bahan pertimbangan untuk menanam flamboyan di pekarangan rumah.

  • Bibit

Bibit bunga flamboyan bisa didapat dari bijinya. Setelah berbunga, bunga tersebut selanjutnya akan menghasilkan biji yang selanjutnya dapat digunakan untuk pembibitan flamboyan.

Biji flamboyan terlebih dahulu harus dijemur sampai kering di bawah matahari langsung. Setelah kering, barulah biji tersebut dapat disemai.

Penyemaian dilakukan dengan menggunakan media yang bagus yakni tanah dan pupuk kandang yang dicampurkan.

Tempatkan media tersebut di tempat yang teduh. Hingga bibit tumbuh agak besar, barulah memindahkan flamboyan bibit pada media tanam.

  • Waktu Tanam

Waktu untuk menanam ditandai dengan bibit flamboyan yang sudah memiliki tinggi tidak kurang dari satu meter.

Area menanam haruslah tempat terbuka yang dapat terkena cahaya matahari dan tanahnya subur. Lubangi tanah, masukan pupuk kompos atau pupuk kandang.

Kemudian, tanam segera bibit flamboyan pada lubang yang sudah dibuat tadi. Timbun kembali dengan tanah lalu padatkan. Beri air

Jika anda sudah melewati cara menanam bunga flamboyan di atas, maka anda selanjutnya harus merawat tanaman bunga flamboyant anda, apalagi saat minggu-minggu pertama usia si flamboyan.

Demikian penjelasan mengenai bunga flamboyan beserta cara menanamnya, semoga bermanfaat Terima Kasih Keindahan Bunga Flamboyan dan Cara Menanamnya