Kesemek Buah Langka Kaya Akan Manfaat

Kesemek Buah Langka Kaya Akan Manfaat

Kesemek Buah Langka Kaya Akan Manfaat

Kesemek – buah satu ini merupakan buah yang memiliki nama latin Diospyros kaki, atau dalam bahasa Inggris disebut oriental persimmon atau japanese persimmon. Buah satu ini  adalah buah yang dihasilkan oleh sejenis tanaman dari marga Diospyros. Buah ini dikenal pula dengan sebutan buah kaki, dalam bahasa Inggris disebut oriental persimmon atau japanese persimmon.

Bentuk buah kesemek bulat seperti tomat. Kulitnya berwarna hijau saat buah muda dan akan berubah menjadi oranye hingga kemerahan saat memasuki fase matang. Buah ini dapat dimakan langsung dalam keadaan segar atau dapat diolah sebagai campuran kudapan.

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat dua tipe buah kesemek, yaitu yang bisa dimakan langsung dalam keadaan segar dan yang tidak bisa dimakan langsung karena rasanya sangat sepat.

Rasa sepat pada kesemek disebabkan kandungan tanin yang cukup tinggi. Pada umumnya kadar tanin akan terus menurun seiring dengan proses pematangan buah. Dengan begitu rasa sepatnyapun berangsur-angsur akan berkurang.

Buah ini juga sering disebut “Apel Jawa” karena bentuknya seperti apel dan tanamannya banyak tumbuh di daerah Pulau Jawa termasuk di Jawa Barat. Adapula masyarakat yang menyebutnya dengan sebutan buah genit karena kulit buah ini seperti mendapat taburan warna putih yang seperti diberi bedak.

Asal Usul

Kesemek merupakan tanaman buah yang berasal dari Negara China, yang kemudian menyebar ke negara Jepang pada zaman purba dan dikembang biakkan di sana. Belakangan buah ini menyebar ke bagian lain Asia, dan pada masa kolonial pada tahun 1800an dibawa ke Eropa selatan dan Amerika (Kalifornia).

Buah ini cukup penting dalam tradisi Tiongkok dan Jepang, sehingga buah ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi, produksi buah ini telah merembet dan meluas ke wilayah Selandia Baru, Australia dan Israel. Ekspor dari Israel inilah yang dinamai sebagai Sharon fruit.

Di Indonesia, Malaysia dan Thailand, produksi buah ini umumnya hanya cukup untuk konsumsi lokal. Sumatera Utara, khususnya wilayah Brastagi, di waktu lalu pernah secara tetap mengirimkan kesemek untuk Singapura; namun kini terhenti karena kualitasnya terdesak oleh kesemek produk negara-negara lain.

 Tempat-tempat lain di Indonesia yang menghasilkan buah ini di antaranya merupakan Jawa Barat dan Jawa Timur, di mana buah ini ditanam pada daerah-daerah tinggi di pegunungan.

Apel Jawa

Buah ini juga kerap disebut “apel jawa” karena bentuknya seperti apel dan tanamannya banyak tumbuh di daerah Pulau Jawa. Meski bentuknya seperti apel, tapi tekstur buah kesemek tidak keras. Rasanya pun, jika apel berasa manis asam, kesemek rasanya sangat manis. Panen buah dilakukan setelah tua (matang) dengan melihat perubahan kulit buahnya yang berwarna kekuningan.

Pemanenan buah yang belum terlalu tua tidak akan menghasilkan aroma buah yang segar dan rasa buahnyapun cenderung masih kelat.

Untuk pasar lokal sebelum kesemek dijual, dilakukan perendaman dengan kapur. Caranya, kesemek yang setengah matang dipanen, sedang yang matang dibiarkan. Lalu disiapkan air yang dicampur kapur putih atau gamping. Setelah itu di rendam selama seminggu. Rasa manis akan tercipta setelah proses perendaman serta akan didapatkan tekstur renyah seperti apel.

 Pada saat buah kesemek dijual di pasar biasanya permukaannya akan tampak putih. Oleh karenanya masyarakat sering menyebutnya dengan sebutan buah genit karena kulit buah kesemek mendapat taburan warna putih seperti diberi bedak. Taburan warna putih ini merupakan efek dari proses pengapuran yang dilakukan agar buah kesemek tidak cepat busuk.

Ciri – Ciri Buah Kesemek

Ada dua buah ini, yaitu yang bisa dimakan langsung dalam keadaan segar dan yang tidak bisa dimakan langsung karena rasanya sangat sepat. Rasa sepat pada kesemek disebabkan kandungan tanin yang cukup tinggi. Pada umumnya kadar tanin akan terus menurun seiring dengan proses pematangan buah. Sejalan dengan itu rasa sepatnya juga akan berkurang.

Dalam tradisi budidaya di Indonesia, sebelum diperam seringkali buah ini direndam terlebih dahulu dalam larutan kapur. Tujuannya untuk menghilangkan rasa sepat. Perlakuan ini menyebabkan kulit buah kesemek seperti dibubuhi bedak berwarna putih. Di negara lain digunakan beberapa metode untuk menurunkan rasa sepat pada buah ini. Diantaranya dengan menggunakan alkohol, karbondioksida, air panas, teknik pendinginan dan teknik iradiasi.

Buah kesemek yang muda mengandung zat tanin yang dinamai tanin-kaki, yang menimbulkan rasa sepat pada buah. Tanin-kaki dimanfaatkan untuk mengawetkan berbagai kerajinan tangan, membantu produksi arak-beras di Jepang, serta bahan pengobatan penyakit hipertensi.

Buah kesemek yang sudah matang berwarna antara jingga kekuningan sampai kemerahan dan berdiameter antara 2-8 cm. Buah ini dapat dimakan langsung dalam keadaan segar setelah diolesi dengan air kapur dan diperam, agar rasa sepatnya hilang. Buah juga dapat dikeringkan atau diolah menjadi selai, agar-agar, es krim dan lain-lain. Buah kesemek segar mengandung 19,6% karbohidrat, terutama fruktosa dan glukosa, 0,7% protein, vitamin A dan kalium.

Cara Penyimpanan Kesemek

Untuk menekan risiko kerusakan dalam pengangkutan, kesemek sebaiknya dipanen pada saat matang tetapi dengan kondisi daging buah yang masih keras. Suhu penyimpanan -1 °C dan kelembaban udara relatif 90- 95% dapat mengawetkan buah kesemek selama 3 sampai 4 bulan. Kesemek sangat peka terhadap ethylene, oleh karenanya sebaiknya jangan disimpan dalam satu ruangan dengan buah-buahan yang mengeluarkan gas ethylen. Pada suhu simpan 0-4°C kesemek matang hanya bertahan 10-14 hari.

Negara Penghasil Buah

Buah ini dapat dengan mudah dijumpai di negara-negara lain yang beriklim subtropis dan sedang seperti di negara Jepang, Brasilia, Turki, Spanyol, Prancis, Italia, USA, New Zealand, Chili, Jepang dan USA.

Italia mengekspor 10% dari produksinya yaitu sekitar 60.000 ton. 60% ekspornya ditujukan ke negara-negara anggota Uni Eropa sedangkan sisanya (40%) ke negara-negara Eropa yang lain, Pasar kesemek Eropa juga diisi oleh Brasilia dan Columbia. Peru dan Chili mengekspor kesemeknya ke negara-negara Amerika Utara, Amerika Selatan, New Zealand dan Australia dengan mutu yang prima, termasuk ke pasar Asia terutama Jepang.

Di Malaysia dan Thailand, produksi kesemek umumnya hanya cukup untuk konsumsi lokal. Di pasaran dunia, buah persimmon merupakan komoditas yang penting. Namun, di Indonesia hanya beberapa daerah saja yang melakukan usaha hortikultura komersial secara serius. Padahal, rasanya tidak kalah dengan apel luar negeri dan kandungan gizinya cukup tinggi. Produksi kesemek dapat mencapai 250—400 buah/pohon/ tahun.

Daerah Penghasil Buah Terbaik

Sentra Produksi kesemek di Indonesia tersebar di berbagai daerah diantaranya :

1. Sumatera Utara

Beberapa waktu lalu daerah ini, khususnya wilayah Brastagi pernah secara tetap mengirimkan kesemek untuk Singapura, namun kini terhenti karena terdesak oleh kesemek produk negara-negara lain yang kualitasnya lebih bagus.

2. Jawa Barat

Buah ini ditanam pada daerah-daerah tinggi di pegunungan Kuningan Jawa Barat. Kesemek dari Kuningan pernah dipesan serta dikirimkan langsung oleh eksportir ke negara Saudi Arabia dan ke Singapura.

3. Jawa Tengah

Kabupaten magelang merupakan penghasil kesemek yang  berlimpah. Tepatnya di kecamatan Kaliangkrik. Menurut hasil riset, buah di daerah Kecamatan Kaliangkrik Magelang Jawa Tengah ini memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang lebih banyak. Tempat dimana kesemek itu tumbuh mempunyai letak geografis dan ketinggian dengan kisaran antara 1000 mdpl, bertemperatur dingin sehingga dapat menghasilkan buah dengan rasa dan kekenyalan yang berbeda. Oleh karena itu ketahanan buahnya lebih awet dari yang lain dan memiliki fitur rasa manis tersendiri.

4. Jawa Timur

Di Desa Tamansatriyan Kecamatan Tirtoyudo mempunyai kapasitas  produksi 1500 ton setiap musimnya. Pada saat  musim kesemek tiba warga di desa melakukan pengiriman pesanan hingga  bertruk-truk. Penjualan biasanya meliputi pasar-pasar di area sekitar Dampit, Malang, Kediri dan sekitarnya.

Pohon Buah Kesemek

Pohon buah ini berukuran kecil sampai sedang, 15 m atau kurang, dioesis (dioecious, berumah dua) dan kadang-kadang monoesis, berbatang pendek dan bengkok-bengkok, banyak cabang, serta menggugurkan daun. Daun dalam dua deret, tersusun berseling, bertangkai pendek lk. 3 cm, bundar, bundar telur sampai jorong, 2,5-15 × 5-25 cm, hijau kuning berkilap.

Bunga jantan dalam malai pendek berisi 3-5 kuntum, bunga betina soliter, di ketiak daun, berbilangan 4. Buah buni berbentuk gepeng membulat dan bersegi empat, hijau kekuning-kuningan sampai merah, dengan daun kelopak yang tidak rontok. Buah ini sekarang sudah sulit dijumpai atau hampir punah.

Manfaat Buah Kesemek

Seperti buah-buahan pada umumnya bahwa buah-buahan merupakan sumber nutrisi dan vitamin terbaik bagi tubuh. Mengonsumsi buah-buahan membuat tubuh kita senantiasa menjadi sehat, bugar dan terbebas dari penyakit.

Salah satu buah yang kaya manfaat merupakan kesemek. Tahukah Anda apa itu buah kesemek? Pernahkah Anda menjumpai buah kesemek ini?

Tak seperti melon, anggur, atau apel, kesemek merupakan buah yang kurang populer di Indonesia. Namun, jangan salah. Buah kesemek ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Apa saja, ya, kira-kira?

Apakah Anda mebutuhkan bibit tanaman ini? Anda bisa memesan di kami Toko Online Bibit Tanaman Pohon-Buah-Hias-Bunga yang Berkualitas dan Harga Terjangkau Grosir dan Ecer Siap melayani Proyek pesanan besar Siap Kirim Seluruh Indonesia

Bisa menghubungi nomer yang ada di website ini!!!!

Nutrisi dalam buah kesemek

Kesemek merupakan buah asli Tiongkok yang telah ditanam sejak ribuan tahun lalu. Untuk Anda yang belum pernah memakannya, buah ini terasa manis seperti madu.

Meski berukuran kecil, kesemek memiliki banyak sekali kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan. Satu buah kesemek seberat 168 gram mengandung berbagai nutrisi, seperti:

  • 118 kalori
  • 31 gram karbohidrat
  • 1 gram protein
  • 0,3 gram lemak
  • 6 gram serat
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin B6
  • Kalium
  • Tembaga
  • Mangan
  • Folat
  • Magnesium
  • Fosfor

Selain vitamin dan mineral, kesemek juga mengandung beragam senyawa antioksidan seperti tanin, flavonoid, dan karotenoid.

Diperkaya dengan vitamin dan sejumlah zat, kesemek memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut merupakan beberapa manfaat dari buah kesemek yang perlu diketahui.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kesemek merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat penting untuk sistem kekebalan tubuh. Kandungan asam askorbatnya mampu memenuhi 80 persen kebutuhan harian vitamin C harian Anda.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food Quality menemukan bukti bahwa vitamin C merangsang sistem kekebalan tubuh.

Caranya dengan meningkatkan produksi sel darah putih yang menjadi tameng tubuh dari infeksi mikroba, virus, jamur, dan racun.

Melawan Kanker dan Menjaga Kesehatan Hati

Kesemek merupakan salah satu buah yang kaya akan antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa yang membantu mencegah atau memperlambat kerusakan sel dengan menangkal radikal bebas.

Radikal bebas ini dikenal bisa merusak sel sehat hingga akhirnya berkembang menjadi sel kanker dan merusak sistem organ.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Experimental and Clinical Sciences Journal, karotenoid dan katekin di dalam buah ini berperan sebagai agen antikanker yang cukup kuat.

Tak hanya dua senyawa itu, kesemek juga mengandung antioksidan lainnya, seperti vitamin C, vitamin A, beta karoten, dan flavonoid.

Flavonoid termasuk antioksidan kuat yang terdapat dalam kulit dan daging buah kesemek. Penelitian membuktikan bahwa pola makan (diet) yang mengandung flavonoid tinggi dapat membantu menurunkan risiko kanker paru akibat penuaan.

Selain itu, sebuah studi juga menyatakan diet tinggi beta karoten berhubungan dengan penurunan risiko penyakit jantung, kanker paru, kanker usus, dan penyakit metabolik, seperti diabetes melitus tipe 2.

Sumber Energi Alami

Buah kesemek di dalam tubuh sangat mudah untuk dicerna sehingga mampu meningkatkan gula darah secara drastis. Jadi, buah kesemek ini sangat cocok untuk dikonsumsi setelah melakukan proses puasa atau setelah melakukan olahraga.

Mencegah Pnuaan Dini

Buah kesemek mengandung sejumlah vitamin dan antioksidan yang memiliki manfaat unuk mengurangi radikal bebas dan melawan penuaan dini.

Vitamin A, beta karoten, lutein, likopen, dan cryptoxanthin merupakan senyawa penting yang berperan dalam hal ini.

Penelitian membuktikan bahwa jenis polifenol tertentu dalam kesemek berperan mencegah kerusakan oksidatif yang menyebabkan penuaan.

Untuk itu, makan kesemek bisa membantu memperlambat penuaan dini, seperti menunda melemahnya otot, munculnya keriput, hingga bintik cokelat di wajah.

Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A dan antioksidan di dalam buah kesemek memiliki manfaat lain yang tak kalah menakjubkan. Kesemek mengandung 55 persen asupan vitamin A dari yang direkomendasikan.

Vitamin A merupakan salah satu komponen penting dari rhodopsin, yaitu protein yang dibutuhkan tubuh untuk dapat melihat secara normal.

Selain itu, vitamin ini juga membantu mendukung fungsi selaput konjungtiva dan kornea.

Lutein dan zeaxanthin dalam kesemek juga bisa mengurangi risiko penyakit mata tertentu, termasuk degenerasi makula.

Degenerasi makula merupakan penyakit mata yang menyerang retina dan bisa menyebabkan kebutaan.

Mengurangi peradangan

Kesemek memiliki kandungan senyawa antiradang yang bisa membantu memulihkan peradangan dalam tubuh. Lagi-lagi, ini karena kandungan berbagai macam antioksidan di dalamnya.

Saat mengalami peradangan, tubuh biasanya memproduksi protein C-reaktif dan interleukin-6. Untuk menetralkannya, tubuh memerlukan asupan vitamin C.

Vitamin C mampu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dengan menyumbangkan elektron ke molekul yang tidak stabil. Dengan begitu, tubuh akan terhindar dari kerusakan lanjutan.

Selain itu, kandungan karotenoid, flavonoid, dan vitamin E di dalam buah kesemek juga membantu melawan peradangan di dalam tubuh.

Menjaga kesehatan pencernaan

Kesemek

Seperti buah-buahan pada umumnya, kesemek merupakan sumber serat yang sangat baik untuk tubuh. Serat memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti:

  • Merangsang gerakan peristaltik usus untuk memindahkan makanan saat melewati saluran pencernaan
  • Membantu memadatkan tinja
  • Meningkatkan sekresi cairan lambung dan pencernaan
  • Menghilangkan gejala sembelit dan diare

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa serat membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Serat juga melindungi Anda dari kanker kolorektal alias kanker usus besar.

Bahkan serat juga menjadi salah nutrisi penting untuk Anda yang berniat menurunkan berat badan.

Menjaga kesehatan jantung

Kombinasi nutrisi dalam kesemek sangat membantu dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung. Buah ini mengandung antioksidan flavonoid, termasuk quercetin dan kaempferol.

Dalam penelitian yang diterbitkan di American Journal Clinical of Nutrition, ditemukan fakta menakjubkan.

Lebih dari 98.000 orang yang makan makanan tinggi flavonoid, berisiko 18% lebih rendah untuk mengalami kematian akibat masalah jantung.

Selain itu, bukti lain juga menyatakan bahwa makanan kaya flavonoid membantu menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh, dan mengurangi peradangan.

Bahkan, kandungan tanin dalam buah kesemek memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Toko Online Bibit Tanaman Pohon-Buah-Hias-Bunga yang Berkualitas dan Harga Terjangkau Grosir dan Ecer Siap melayani Proyek pesanan besar Siap Kirim Seluruh Indonesia

Kesemek Dapat Juga Sebagai Obat, Berikut Ini Merupakan Caranya :

1.    Batuk Disertai Dahak Kental

Ambil dua potong buah persimon yang sudah dikeringkan dan 30 gram madu. Tambahkan air, kukus dalam wadah tertutup, lumatkan dan makan. Lakukan 2 kali sehari, pagi dan malam hari.

2.                Diare Pada Anak Kecil

Ambil 1 potong buah persimon yang sudah dikeringkan, sedikit nasi dan air. Giling hingga menjadi pasta. Kukus sampai masak dan berikan pada penderita. Lakukan 3 kali sehari selama 2-3 hari.

3.                Obat Anti Atherosclerosis

Buah persimon dapat berfungsi sebagai anti atherosclerosis penyebab gangguan hati (heart disease), serangan jantung dan stroke karena diyakini di dalam buah ini mengandung serat, mineral, trace elemen serta phenol yang berperan sebagai antioksidan. Dianjurkan untuk mengkonsumsi sebutir persimon ukuran sedang (150g) setiap harinya.

4.                Obat Jantung

Buah ini mengandung asam phenolic yang berperan sebagai antioksidan yang ampuh menangkal radikal bebas penyebab kanker. Dianjurkan memakan sebutir buah kesemek setiap hari untuk mencegah pengerasan pembuluh darah. Selan itu kesemek mengandung vitamin E yang berperan untuk mencegah / mengantisipasi penyakit jantung.

5.                Obat Wasir

Ambil satu buah, pilih yang masih segar. 10 gr jamur putih kering, 10 g jamur kuping hitam, 50 gr daun lidah buaya yang telah dikupas kulitnya lalu semua bahan tadi di rebus dalam air sebanyak 600 cc hingga tersisa 200 cc. Diamkan beberapa saat hingga dingin dan air siap diminum beserta ampasnya.

6.                Obat Radang Saluran Nafas.

Buah persimon segar 2 buah lalu dipotong dadu, 5-10 g kulit jeruk mandarin kering, setelah semua bahan direbus dengan air secukupnya sisakan air hingga tersisa kurang lebih 200 cc. Setelah dingin disaring dan diminum airnya dan ampasnya dimakan.

7.                Obat Muntah Darah

Buah persimon kering satu buah (kue persimon), 50 gr rimpang teratai, 10 gr kulit jahe segar, rebus semua bahan dengan air secukupnya hingga tersisa 300 cc. Setelah dingin diminum 3 kali sehari masing-masing 100 cc.

8.                Obat Hipertensi

Minumlah jus buah persimon segar lebih kurang dua buah untuk 1 gelas (200cc), lakukanlah sehari sekali.

Cara Mudah Dan Sederhana Membuat Jus Kesemek :

  • Ambil 2-3 buah kesemek yang segar.
  • Cuci buah tersebut hingga bersih di bawah air yang mengalir.
  • Ambil handuk bersih atau kertas tisu, lalu keringkan dengan menepuknya secara perlahan.
  • Potong buah tersebut menjadi dua bagian dengan bantuan pisau.
  • Buang bijinya dengan menggunakan sendok kecil.
  • Masukkan potongan buah ke dalam blender, tambahkan setengah gelas air ke dalamnya.
  • Kemudian diblender hingga jus mengental. Jus yang segar dan bergizi sudah siap untuk dinikmati.

Menarik bukan? Jika Anda ingin mendapatkan bibit tanaman buah kesemek dengan kualitas terbaik? Anda tidak perlu bingung mendapatkannya. Anda cukup menghubungi nomer yang ada di website ini untuk mendapatkan informasi dan juga harga terbaiknya. Semoga artikel ini bermanfaat ya…