Ketahui Dua Jenis Pohon Kelor, Mana yang Ingin Anda Tanam?

Ketahui Dua Jenis Pohon Kelor, Mana yang Ingin Anda Tanam?

Pohon kelor atau Moringa adalah salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat. Yang paling terkenal adalah daunnya. Banyak orang yang memanfaatkan daun kelor untuk obat. Mulai dari obat reumatik sampai dengan kanker. Tapi ternyata, bukan hanya daun kelor saja yang memiliki banyak khasiat. Bagian lain pohon kelor juga memiliki banyak khasiat yang bisa dimanfaatkan oleh manusia. Misalnya saja, bagian bunga dan kuncup bunga kelor yang memiliki wangi khas juga sering digunakan sebagai bahan baku parfum.

Ketahui Dua Jenis Pohon Kelor, Mana yang Ingin Anda Tanam?

Pohon kelor yang umum dibudi daya adalah pohon kelor yang memiliki biji berwarna cokelat. Yaitu jenis pohon kelor Moringa oleifera. Tapi ternyata ada dua jenis pohon kelor yang umum ditanam. Yaitu Moringa oleifera dan Moringa stenopetala. Apakah perbedaan antara dua jenis pohon kelor ini?

Moringa oleinfera

Moringa oleifera adalah pohon kelor yang paling umum dikenal dan dibudi dayakan. Pohon kelor jenis ini memiliki biji berwarna cokelat dan bersayap. Selain itu, bentuk biji Moringa oleifera berbentuk bundar.

Ketahui Dua Jenis Pohon Kelor, Mana yang Ingin Anda Tanam?

Jenis pohon kelor ini lebih banyak dibudi dayakan karena lebih cepat mencapai masa panen dibandingkan dengan jenis pohon kelor lainnya. Pohon kelor tipe Moringa oleifera sudah bisa dipanen sejak usianya satu tahun. Untuk memudahkan panen, Anda bisa menjaga supaya pohon kelor tidak tumbuh terlalu tinggi. Dengan begitu, daun dan polong pohon kelor akan lebih terjangkau dan mudah diraih.

Moringa stenopetala

Jenis pohon kelor lainnya adalah Moringa stenopetala. Meskipun berbeda nama ilmiah, namun bentuk pohon kelor M. oleifera dan M. stenopetala cenderung mirip. Hanya saja berbeda di bentuk bijinya. Biji M. stenopetala memiliki bentuk seperti almond saat sudah keluar dari cangkangnya. Dan warnanya bukan cokelat, melainkan agak kekuningan.

Pohon M. stenopetala memiliki bentuk yang sama dengan M. oleifera. Tapi, jika Anda berencana menanam pohon kelor untuk dikonsumsi daunnya saja, M. stenopetala lebih cocok sebagai pilihan. Karena pohon kelor tipe ini memiliki daun yang lebih lebar dan juga lebih cepat tumbuh dan menghasilkan daun. Ketahui Dua Jenis Pohon Kelor

lihat juga : jual bibit kelor

Nah, manakah jenis pohon kelor yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda?