Mangga Emperor, Mangga Raksasa dari Thailand

Mangga Emperor, Mangga Raksasa dari Thailand

Mangga Emperor, Mangga Raksasa dari Thailand

Mangga Emperor – Untuk orang Indonesia tanaman satu ini menjadi salah satu tanaman yang cukup favorit. Hal ini karena tanaman buah satu ini menjadi salah satu jenis buah yang paling banyak ada di negara tropis. Tanaman buah satu ini merupakan salah satu jenis buah khas negara tropis. Dan buah satu ini hanya muncul saat musimnya di bulan Agustus-November, buah mangga termasuk buah favorit orang Indonesia.

Perlu Anda semua ketahui bahwa Mangga atau mempelam adalah nama sejenis buah. Mangga termasuk ke dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota dan suku Anacardiaceae. Pohon mangga termasuk tumbuhan tingkat tinggi yang struktur batangnya (habitus) termasuk kelompok arboreus, yaitu tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 m. Mangga bisa mencapai tinggi antara 10 hingga 40 m.

Nama “mangga” berasal dari bahasa Malayalam maanga. Kata ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga (bahasa Portugis), mango (bahasa Inggris) dan lain-lain.

Berasal dari daerah di sekitar perbatasan India dengan Burma, mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekurang-kurangnya semenjak 1500 tahun yang silam. Buah ini dikenal pula dalam berbagai bahasa daerah, seperti pelem atau poh.

Pohon mangga berperawakan besar, dapat mencapai tinggi 40 m atau lebih, meski kebanyakan mangga peliharaan hanya sekitar 10 m atau kurang. Batang mangga tegak, bercabang agak kuat; dengan daun-daun lebat membentuk tajuk yang indah berbentuk kubah, oval atau memanjang, dengan diameter sampai 10 m.

Kulit batangnya tebal dan kasar dengan banyak celah-celah kecil dan sisik-sisik bekas tangkai daun. Warna pepagan (kulit batang) yang sudah tua biasanya coklat keabuan, kelabu tua sampai hampir hitam.

Naah..  buah mangga adalah tumbuhan berakar tunggang yang bercabang-cabang, sangat panjang hingga bisa mencapai 6 m. Akar cabang makin ke bawah semakin sedikit, paling banyak akar cabang pada kedalaman lebih kurang 30–60 cm.

Daun tunggal, dengan letak tersebar, tanpa daun penumpu. Panjang tangkai daun bervariasi dari 1,25-12,5 cm, bagian pangkalnya membesar dan pada sisi sebelah atas ada alurnya. Aturan letak daun pada batang biasanya 3/8, tetapi makin mendekati ujung, letaknya makin berdekatan sehingga tampaknya seperti dalam lingkaran (roset).

Helai daun tanaman mangga memiliki bentuk yang bervariasi namun kebanyakan berbentuk jorong sampai lanset, 2-10 × 8–40 cm, agak liat seperti kulit, hijau tua berkilap, berpangkal melancip dengan tepi daun bergelombang dan ujung meluncip, dengan 12-30 tulang daun sekunder. Beberapa variasi bentuk daun mangga:

  • Lonjong dan ujungnya seperti mata tombak.
  • Berbentuk bulat telur, ujungnya runcing seperti mata tombak.
  • Berbentuk segi empat, tetapi ujungnya runcing.
  • Berbentuk segi empat, ujungnya membulat.

Daun yang masih muda biasanya bewarna kemerahan, keunguan atau kekuningan; yang di kemudian hari akan berubah pada bagian permukaan sebelah atas menjadi hijau mengkilat, sedangkan bagian permukaan bawah berwarna hijau muda. Umur daun bisa mencapai 1 tahun atau lebih.

Buah mangga sendiri terdapat banyak jenisnya. Dan salah satu jenis buah mangga yang cukuo populer adalah buah mangga emperor.

Buah mangga emperor merupakan salah satu jenis mangga baru yang mulai banyak dibudi daya di Indonesia. Mangga dengan nama latin Mangifera Indica ini merupakan mangga dengan varietas unggulan yang memiliki ukuran besar dan warna buah berbeda dari mangga pada umumnya.

Mangga emperor atau mangga red emperor memiliki warna buah yang merah menyala, daging buah tebal dan biji buahnya kecil serta tipis. Siapa yang tidak tertarik untuk membudidayakan atau sekedar menanamnya di halaman rumah? Ditambah daging buahnya lunak dan lembut, dijamin tidak akan menyesal untuk menanamnya.

Deskripsi Mangga Emperor

Perlu Anda ketahui bahwa buah mangga unggulan ini merupakan mangga yang berasal dari Taiwan, akan tetapi lebih banyak dibudi daya oleh petani Thailand. Mangga satu ini memiliki kulit ungu kehijauan ketika masih muda dan merah menyala ketika sudah matang sempurna.

Naah menariknya daging buahnya berwarna kuning, lebih ke oranye, manis, dan lembut. Bijinya pun pipih dan kecil. Ukuran mangga ini jauh lebih besar dari ukuran sekepalan tangan. Satu buah saja beratnya mencapai 1,5 hingga 3 kg.

Tinggi pohon mangga emeperor ini bisa mencapai lebih dari 5 meter. Tetapi, jika ingin dibuat lebih pendek, Anda bisa memangkasnya dengan rutin. Normalnya, mangga jenis ini bisa tumbuh dengan baik pada daerah yang memiliki suhu udara 30 derajat hingga 35 derajat celcius.

Keunikan dan Manfaat Mangga Emperor

Jika di perhatikan mangga emperor ini seperti mangga pada umumnya, Mangga Emperor memiliki banyak kandungan vitamin C, vitamin A, dan antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh. Lain itu, mangga ini juga mengandung zat anti kanker serta dapat menurunkan kolesterol.

Akan tetapi tidak hanya itu saja, mangga emperor ini juga diyakini memiliki zat afrodisiak yang dapat meningkatkan libido.

Cara Budidaya Mangga Emperor

Memilih Bibit Mangga Emperor Unggulan dan Terbaik

 

Saat Anda akan menanam tanaman buah mangga emperor ini seperti pada umumnya tanaman buah, bibit mangga emperor bisa kita dapatkan dengan dua cara, yaitu dengan peranakan generatif dan vegetatif.

Bibit yang dikembangkan dengan metode vegetatif akan lebih cepat berbuah, oleh karena itu jika niat awal kita membudidayakan mangga ini untuk mencari keuntungan ekonomi maka pilihlah bibit mangga emperor dari hasil perbanyakan vegetatif yaitu cangkok atau okulasi.

Sayanganya bibit mangga emperor ini belum banyak yang membudidayakan mangga ini, paling mudah memperoleh bibitnya dengan membeli bibit. Apabila Anda menghendaki tanaman mangga yang lebih cepat menghasilkan dan kualitasnya maksimal, pilih bibit hasil perbanyakan vegetatif (okulasi/grasping susuk/sambung pucuk).

Sebaiknya pilih bibit yang sudah berukuran 50 – 70 cm tingginya karena pada ukuran ini bibit sudah memiliki perakaran yang kuat. Tentunya bibit yang baik memiliki ciri-ciri tampak segar dan sehat

Bibit mangga emperor hasil vegetatif tidak bisa sembarangan didapatkan, carilah penjual bibit mangga emperor terpercaya dan berpengalaman sehingga tanaman bisa sehat saat tumbuh, berdaun segar, berbuah jumbo dan manis.

Toko Online Bibit Tanaman Pohon-Buah-Hias-Bunga yang Berkualitas dan Harga Terjangkau Grosir dan Ecer Siap melayani Proyek pesanan besar Siap Kirim Seluruh Indonesia

 

 

Memilih Area dan Lokasi Penanaman Bibit Mangga Emperor

 

Mangga emperor ini sudah cocok dengan iklim dan cuaca Indonesia, meskipun bisa dibudidayakan di wilayah mana saja namun optimalnya sih ditanam di dataran rendah dengan cuaca yang agak panas.

Pastikan area yang akan kita tanami bibit mangga emperor dibersihkan dari tanaman penggangu seperti rumput dan gulma, bersihkan pula sampah plastik (non organik) dan bebatuan yang kira-kira bisa menghambat pertumbuhan tanaman buah mangga.

Mempersiapkan Lubang Tanam di Lahan Budidaya

Setelah kita memilih dan mempersiapkan area yang akan dipakai untuk budidaya maka langkah selanjutnya adalah membuat lubang tanam. Siapkan cangkul, sekam dan pupuk kompos/kandang (2kg), kemudian buatlah lubang tanam dengan kedalaman dan diameter 60cm x 60cm x 60cm.

 Tanah bekas galian campur dengan pupuk kompos (2kg) dan sekam. Lubang tanam dan tanah campuran kompos kita biarkan dulu minimal 3-4 hari.

Proses Pemindahan Bibit Mangga Emperor Ke Lubang Tanam

Jika lubang sudah siap maka langkah berikutnya adalah proses penanaman bibit, jika bibit masih berada didalam polybag maka lepas secara perlahan dan hati-hati jangan sampai akarnya rusak caranya adalah dengan merobek plastik polybag dengan pisau.

Letakan bibit mangga emperor ditengah-tengah lubang lalu kubur dengan campuran tanah dan pupuk kompos yang telah disiapkan tadi, pastikan posisi bibit diletakkan ditengah dan lurus tegak alias tidak miring, jika memungkinkan bisa menggunakan tiang dari kayu/bambu atau besi untuk penyangga.

Penyiraman Pohon Mangga

Naah… Setelah bibit mangga emperor ditanam di lahan, maka lakukan penyiraman air secukupnya pada bibit tersebut. Penyiraman diulang minimal setiap hari sekali itupun jika kita menanamnya saat musim panas. Makanya sangat disarankan untuk menanam bibit mangga ketika menjelang musim hujan supaya lebih efisien jadinya kita tak perlu repot menyiram bibit pohon mangga setiap hari.

Pemasangan Ajir atau Tiang Penyangga

Pemasangan ajir atau tiang penyangga memang tidak wajib namun untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan menimpa bibit mangga kita apalagi sekarang cuaca tidak menentu maka lebih baik untuk memasangnya. Tiang penyangga bisa kita buat menggunakan bambu berukuran 1,5 meter.

Pemupukan Rutin dan Bertahap

Pemberian pupuk pada tanaman mangga emperor sangat mutlak diperlukan dan menjadi salah satu faktor terpenting bagi keberlangsungan pertumbuhan pohon mangga emperor. Asupan nutrisi yang terserap tanaman akan membuat tanaman menjadi sehat dan tumbuh berkembang.

Pemberian pupuk pada tanaman mangga emperor sangat mutlak diperlukan dan menjadi salah satu faktor terpenting bagi keberlangsungan pertumbuhan pohon mangga emperor. Asupan nutrisi yang terserap mangga emperor dalam pot akan membuat tanaman menjadi sehat dan tumbuh berkembang.

Sesuai dengan pengalaman kami pemupukan Mangga Kio jay Dalam Pot sama seperti pemupukan tanaman mangga pada umumnya, untuk awalan agar pertumnbuhan mangga emperor dalam pot bagus diberi pupuk kandang,  ZPT dan Atonik selama satu bulan sekali. Yang paling kami anjurkan adalah penggunaan pupuk organik.

Terlebih pupuk yang di formulasikan untuk tanaman buah, karena mengandung semua kebutuhan tanaman buah. Silahkan klik di sini untuk detail pupuk organik khusus untuk buah.

Setelah tanaman mangga berusia diatas 1 tahun dan memiliki batang cukup kuat, tabulampot bisa diberi hormon perangsang buah seperti Gandasil B atau Goldstar. Dan untuk mencegah hama daun biasanya mangga Emperor dalam pot disemprot dengan Decis.

Memeriksa Lahan Secara Teratur

Rajinlah memeriksa area sekitar bibit mangga yang kita budidayakan, jika ada tanaman penggangu seperti pohon atau gulma yang tumbuh maka cabut dan bersihkan. Pemeriksaan teratur ini minimal dilakukan sebulan sekali. Pastikan pula pohon mangga kita tersinari matahari sepanjang hari.

Hama dan Penyakit Tanaman Mangga

Membudidayakan tanaman memang seringkali membutuhkan kesabaran dan ketelatenan yang ekstra, salah satu hal yang datang untuk menguji seberapa sabar kita adalah hama dan penyakit tanaman.

Hama yang sering datang menerpa pohon mangga kio jay diantaranya; penggerek pucuk, penggerek buah, bisul daun, lalat buah-buahan, codot, thrips, ulat philotrictis sp, kepik mangga dan lain lain.

Kita memang berharap untuk tidak menggunakan insektisida kimia ketika menghadapi hama-hama pengganggu ini, namun jika tidak memungkinan maka gunakan insektisida secukupnya dan bijak.

Selain hama ada pula penyakit yang mengancam keberlangsungan hidup mangga kio jay kita yaitu diantaranya; penyakit diplodia, bercak karat merah, gleosporium, penyakit antraknose, kudis buah, penyakit blendok, cendawan jelaga, dan lain lain. Untuk mengatasi penyakit-penyakit ini bisa semprotkan fungisida hayati secukupnya dan gunakan secara bijak.

Alasan Mengapa Memilih Kami !

RIBUAN JENIS TANAMAN

Ribuan jenis varietas benih & bibit tanaman ada disini, menerima pembelian ecer maupun grosir serta melayani pengerjaan proyek.

PRODUK – PRODUK BERKUALITAS

Semua produk dijual telah lolos standar kami, dari segi keakuratan & kualitas barang, serta pelayanan yang baik.

PACKING SANGAT AMAN

Barang yang kami kirim akan kami packing (kemas) seaman mungkin, dengan pemberian vitamin tumbuhan sebelum pengiriman serta penggunaan bahan packing yang aman seperti kayu atau triplek.

Manfaat Mangga Emperor

Naah selain keuntungan dari rasa dan budidaya mangga emperor ini ternyata mangga emperoro juga memiliki manfaat untuk kesehatan kita  lho.. penasaran dengan manfaat dari mangga emperor  untuk kesehatan kita?  Ini kandungan yang ada di dalam mangga emperor :

Kandungan zat gizi dan fitonutrien mangga emperor:

  • Vitamin C, Provitamin A ( karotenoid) vitamin E dan niasin
  • Mineral fosfor, kalsium, dan potasium/kalium.
  • Flavonoid

Manfaat Buah Mangga.

Mangga Emperor

Mencegah jerawat

Manfaat buah mangga emperor yang pertama adalah dapat mencegah jerawat. Mengoleskan bulir mangga pada kulit akan membantu membersihkan pori-pori serta mencegah terjadinya masalah komedo dan jerawat. Ekstrak mangga akan membantu menjaga agar kulit Anda sehat dengan membersihkan semua bakteri yang ada pada kulit.

Selain itu, mango butter merupakan pelembap yang baik untuk kulit sensitif. Mango butter bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit berminyak dengan melarutkan kelebihan minyak serta menyembuhkan bekas luka serta menutrisi kulit Anda.

Menyehatkan kulit

Buah mangga emperor memiliki nilai nutrisi yang sangat tinggi karena kaya vitamin, mineral, hingga antioksidan. Anda akan menemukan vitamin C, A, B6, E, K, beta-karoten, magnesium, dan banyak lagi yang selain menjaga kesehatan tubuh juga akan mendorong kesehatan kulit Anda.

Meredakan inflamasi pada kulit

Mangiferin yang ditemukan pada biji dan kulit buah mangga merupakan antioksidan yang sangat kuat. Antioksidan ini membantu meredakan peradangan akibat jerawat dan kondisi peradangan kulit lainnya.

Mendorong terbentuknya kolagen

Vitamin A dan C membantu menjaga sistem imun tubuh dengan menghasilkan protein kolagen. Protein kolagen adalah rantai asam amino yang membangun jaringan ikat tubuh.

AHA menghilangkan sel kulit mati

Alpha hydroxy acid atau AHA pada mangga emperor juga merupakan eksfoliator kimia alami yang baik untuk kulit Anda. Bahan ini akan membantu menghilangkan kulit yang kusam dan kering serta membuatnya menjadi lebih segar dan sehat.

Mencegah kanker

Mangga emperor memiliki sejumlah besar pektin, serat makanan yang larut secara efisien berkontribusi menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Pektin juga dapat membantu mencegah perkembangan kanker prostat.

Penelitian di The Institute for Food Research menemukan bahwa senyawa dalam pektin bergabung dengan galektin 3 (protein yang memainkan peran penting dalam semua tahap kanker). The European Prospective Investigation of Cancer juga telah meneliti tentang hubungan yang kuat makan mangga dan menurunkan risiko kanker saluran pencernaan.

Bantu menambah berat badan

Mengonsumsi mangga emperor adalah salah satu cara termudah untuk menambah berat badan. 150 g mangga memiliki sekitar 86 kalori, yang dapat diserap dengan mudah oleh tubuh. Selain itu, mereka mengandung pati, yang berubah menjadi gula dan membantu menambah berat badan. Milkshake mangga akan mempercepat proses penambahan berat karena mereka juga mengandung susu.

Naah… menarik bukan? Jika Anda ingin mendapatkan bibit buah mangga emperor dengan kualitas terbaik Anda tidak perlu bingung mendapatkannya. Anda cukup menghubungi nomer yang ada di website ini untuk mendapatkan informasi dan juga harga terbaiknya. Semoga artikel ini bermanfaat ya…