Memahami Cara Menanam Sengon Solomon

Memahami Cara Menanam Sengon Solomon

                Banyak orang sedang gemar menanam Sengon Salomon. Hal ini tentu tak lepas dari situasi alam Indonesia yang merupakan daerah beriklim tropis. Keadaan tersebut sangat menguntungkan untuk bercocok tanam berbagai jenis tanaman atau tumbuhan. Namun bagaimana caranya menanam tanaman tersebut? Berikut proses penanamannya.

Persiapan Menanam Sengon Solomon

Pertama, tahap persiapan. Siapkan bibit Sengon Salomon. Ada dua pilihan untuk memiliki bibit tersebut, yakni dengan cara membeli pada penjual bibit tanaman, atau menyemai sendiri di area pekarangan rumah. Ada petani yang memilih membeli agar tidak repot menyemai, namun ada juga yang menyemai sendiri agar bibit yang akan ditanam sesuai dengan yang diharapkan.

Memahami Cara Menanam Sengon Solomon

Kemudian siapkan kayu atau bambu sepanjang 30- 45 cm sebagai penyangga batang atau dahan Sengon Salomon muda. Hal ini penting dilakukan agar batang tidak patah terkena angin atau tertabrak hewan peliharaan, sehingga dapat tumbuh lurus dan kokoh. Jangan lupa pula untuk membersihkan pekarangan yang akan digunakan untuk menanam bibit dan menggemburkan tanah. Lalu buatlah lubang dengan diameter 15-20 cm dengan jarak antar lubang minimal 30 cm. Lubang inilah yang akan digunakan untuk menanam bibit baru, jadi dibuat sesuai jumlah bibit yang disiapkan.

Penanaman Bibit Sengon Solomon

Kedua, tahap penanaman. Masukkan bibit Sengon Salomon, namun sebelumnya plastik bibit (polibag) dapat dirobek lalu dipisahkan dari bibit yang akan dimasukkan pada lubang di tanah. Setelah itu timbun bibit yang sudah dimasukkan dengan tanah gembur. Baik pula bila setelah itu ditaburi pupuk organik di sekitar tanaman baru tersebut.

Perawatan Bibit Sengon Solomon

Ketiga, tahap perawatan. Sirami bibit Sengon Salomon dengan air secukupnya. Penyiraman dapat dilakukan secara rutin saat sore hari selama beberapa lama agar dapat membantu menyuburkan bibit dalam proses adaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Baik pula bila dilakukan pemupukan secara berkala. Adapun pupuk yang baik untuk digunakan ialah pupuk organik.

Baca juga : jual bibit sengon Solomon

Pada tahap selanjutnya, silakan mengamati dan mengikuti pertumbuhannya tanpa melupakan upaya-upaya perawatan. Dalam waktu 3-5 tahun, Sengon Salomon siap dipanen dengan peluang pendapatan yang menggiurkan. Selamat mencoba!. Memahami Cara Menanam Sengon Solomon