Mengenal Tanaman Hias Aglaonema Yang Populer Dan Cara Perawatannya

Mengenal Tanaman Hias Aglaonema Yang Populer Dan Cara Perawatannya

Mengenal Tanaman Hias Aglaonema Yang Populer Dan Cara Perawatannya

Mengenal Tanaman Hias Aglaonema Yang Populer Dan Cara Perawatannya

Ingin Beli Bibit Tanaman Hias Aglaonema Kami ?

Caranya Mudah, Langsung saja hubungi nomor Custumer Service yang ada di halaman web ini. Klik Benner di bawah ini.

Mengenal Tanaman Hias Aglaonema Yang Populer Dan Cara Perawatannya – Setiap orang pasti memiliki hobi dan ketertarikan masing-masing terhadap sesuatu hal. Seperti halnya kegiatan berkebun atau merawat tanaman hias.  Jenis tanaman hias sendiri juga ada beberapa macamnya. Salah satunya adalah tanaman hias daun.

Tanaman hias daun sendiri adalah jenis tanaman hias yang memiliki keunggulan pada bentuk atau warna pada daunnya. Dan salah satu jenis tanaman hias daun yang paling populer adalah tanaman aglaonema. Bahkan banyak yang menyebut tanaman hias yang satu ini sebagai “Ratu Daun”.

Tanaman Aglaonema ini memiliki 30 jenis spesies yang tersebar diseluruh dunia. Salah satunya di Indonesia, dan lebih dikenal dengan sebutan Sri Rejeki. Sedangkan di luar negeri, tanaman aglaonema ini dikenal dengan nama Chinese Evergreen.

Bagi para pemula atau pecinta tanaman hias yang memiliki aktivitas super sibuk di luar rumah, tanaman ini sangat cocok dijadikan koleksi tanaman hias. Karena tanaman aglaonema tidak membutuhkan perawatan ekstra, bahkan cenderung sangat mudah perawatannya. Tanaman ini mampu tetap tumbuh optimal dan bisa toleran terhadap semua kondisi didalam ruangan sekalipun. Tetapi dengan catatan tetap ada cahaya yang bisa diterima oleh tanaman ini. Karena tanaman aglaonema hanya dapat tumbuh dengan sebagian cahaya atau di tempat yang terang, baik dengan menggunakan cahaya matahari langsung ataupun dengan cahaya lampu neon jika tanaman ini diletakkan didalam ruangan. Sehingga tanaman ini juga sangat baik jika digunakan untuk hiasan didalam kantor.

Seperti jenis tanaman hias lainnya aglaonema juga memiliki berbagai jenis tanaman lainnya. Seperti yang kita rangkuman berikut ini, yang merupakan jenis tanaman hias aglaonema yang paling populer diantara jenis lainnya :

  1. Aglaonema Moonlight

Jenis pertama adalah jenis Aglaonema Moonlight, yang merupakan aglaonema terbaik yang ada di Indonesia. Tampilannya sangat ideal, kompak, dan optimal dengan bentuk daun yang membulat, cekung layaknya mangkuk, dan coraknya tegas. Tulang daun berwarna merah melengkapi keindahana aglaonema moonlight.

  1. Aglaonema Bidadari

Jenis kedua adalah Aglaonema Bidadari. Ciri khas Daun aglaonema bidadari terdiri dari kombinasi warna kuning, jingga, pink, dan hijau membuatnya nampak berbeda. Tidak heran jika dijuluki ‘bidadari” karena daunnya yang cantik layaknya bidadari. Tangkai penopang berwarna merah muda dan pada ujungnya tumbuh bercak-bercak hijau.

 

  1. Aglaonema Legacy

Jenis ketiga dari aglaonema yang paling populer adalah Aglaonema Legacy. Dengan ciri yang bisa dibedakan melalui warna daunnya yang berwarna hijau kekuningan, terdapat bercak hijau gelap yang tersebar merata di permukaan daunnya, dan berbentuk bulat namun meruncing pada ujung daunnya. Yang unik dari aglaonema ini adalah daunnya dibatasi oleh tulang daun berwarna merah lembut.

 

  1. Aglaonema Pride of Sumatra

Jenis Aglaonema selanjutnya adalah  Aglaonema Pride of Sumatera. Sesuai dengan  namanya, aglaonema jenis ini adalah jenis populer yang salah satu indukannya berasal dari Sumatera. Daunnya sangat eksotik berwarna merah menyala disertai tulang daun berwarna kuning-merah.

 

  1. Aglaonema Lipstik (Siam Aurora)

Jenis aglaonema selanjutnya adalah  Lipstik (Siam Aurora). Nama ini diambil dari tampilan pinggir daunnya yang berwarna merah cerah layaknya lipstik. Sedangkan pada bagian Tulang dan batang daun dari aglaonema lipstik yang berwarna merah mampu mempertegas daunnya yang berwarna hijau mengkilap.

 

  1. Aglaonema Dud Anjamani

Aglaonema tipe Dud Anjamani masih merupakan jenis aglaonema terfavorit saat ini. Namanya memiliki arti permata dan membuat orang takjub saat melihatnya karena unik. Keunikannya terletak pada daunnya yang berbentuk agak bulat dan berwarna merah mengkilap dengan tulang daun hijau, menjadikannya indah dipandang.

 

  1. Aglaonema Lady Valentine

Aglaonema tipe Lady Valentine memiliki daun yang terlihat agak bergelombang dan berbentuk bulat telur. Ciri khasnya terletak pada daunnya yang berwarna pink merona disertai bintik-bintik pada tepi dan pusat daunnya.

 

  1. Aglaonema Red Kochin

Selanjutnya adalah jenis aglaonema yang tak kalah populer yaitu Aglaonema Red Cochin. Aglaonema tipe red kochin atau cochin merupakan jenis aglaonema berwarna lebih merah dengan sentuhan hijau di tepi daunnya. Tangkainya panjang sehingga tampak menjuntai.

 

  1. Aglaonema Red Ruby

Jenis aglaonema yang unik lainnya adalah  Aglaonema red ruby. Jenis Aglaonema ini juga unik karena adanya perpaduan warna merah ruby dan sedikit hijau pada bagian daunnya yang menjadikannya sempurna sebagai aksen dekorasi rumah. Tanaman yang berumur panjang ini akan terus mempertahankan kesegaran daunnya selama bertahun-tahun.

 

Itulah beberapa jenis aglaonema yang paling banyak digemari pecinta tanaman hias. Tetapi selain mengetahui jenis aglaonema lebih baik Anda juga menentukan jenis media tanam yang akan Anda gunakan. Karena setiap media tanam memiliki kelebihan masing-masing yang bisa menunjang pertumbuhan aglaonema. Seperti jenis media tanam berikut ini :

  • Sekam Bakar : memiliki daya tahan lama dan bersifat steril, namun daya serapnya kurang baik.
  • Pakis : memiliki sistem drainase, daya serap air, dan daya tahan yang bagus untuk perkembangan akar.
  • Pasir Malang : mencegah media yang sangat basah atau terjadinya genangan air
  • Cocopeat : hasil olahan sabut kelapa yang dapat menahan air

Jika memutuskan menanam tanaman aglaonema Anda juga harus tahu bagaimana perawatan tanaman hias ini. Meskipun tanaman ini memiliki perawatan yang lebih mudah dibanding jenis tanaman hias lain namun bukan berarti Anda bisa menghiraukan kebutuhan tanaman ini untuk bisa tumbuh dan berkembang.

Seperti pada saat penyiraman yang bisa dilakukan dengan cara memperhatikan atau menyesuaikan media tanam yang digunakan. Penyiraman biasanya dilakukan dengan cara menyesuaikan dengan jumlah air dan media tanam. Gunakan air sumur atau air PDAM yang kondisi airnya bersih dan tidak ada kandungan berbahaya seperti kaporit. Karena air yang mengandung kaporit akan mengakibatkan kecerahan warna pada daun menurun. Jadi kami lebih merekomendasikan penggunaan air sumur untuk penyiraman tanaman aglaonema ini.

Pemberian pupuk juga merupakan kegiatan yang penting supaya tanaman berkembang pesat. Berikan pupuk sebanyak sekali dalam 2 minggu secara rutin yang nantinya akan menunjang pertumbuhan tanaman ini. Pupuk yang biasa digunakan merupakan pupuk NPK, Gandasil D, Vitabloom, Hyponex, dan Growmore seperti cara mengawetkan bunga mawar agar tidak layu.

Tanaman hias aglaonema juga tidak lepas dari gangguan hama dan penyakit seperti tanaman hias lainnya. Penyakit umum yang sering menyerang tanaman ini adalah jamur fusarium. Gunakanlah fungisida untuk memberantas jamur ini seperti cara merawat semangka di musim hujan. Tetapi jangan terlalu banyak menggunakan zat kimia karena adanya akibat penggunaan pestisida dan herbisida yang berlebihan bagi tanah.

 

Sedangkan hama yang sering menyerang tanaman aglaonema ini adalah ulat. Cara mengatasinya dengan menyingkirkannya secara manual dari batangnya. Gunakan air sabun jika ingin mengatasi hama seperti kutu kebul tetapi jangan terlalu pekat dalam pembuatan air sabunnya.

Demikian informasi kami tentang tanaman aglaonema. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda.