Pohon Kiara Payung

Pohon Kiara Payung

Pohon Kiara Payung

Pohon Kiara payung memiliki daun bentuk lanset garis dengan ujung melengkung ke arah dalam. Daun merupakan salah satu dari struktur pokok dari tumbuhandengan peran sangat penting. Setiap tumbuhan pada umumnya memiliki daun. Daun dikenal dengan nama ilmiah Folium. Secara umum, daun memiliki struktur berupa helaian, berbentuk  bulat atau lonjong dan berwarna hijau. Pohon Kiara payung memiliki daun bentuk lanset garis dengan ujung melengkung ke arah dalam. Anak daun berjumlah 10-24, panjang 6-16,5 cm dan bagian atas terdapat bintik damar.

Pohon Kiara Payung

Daun pohon kiara payung berwarna hijau tua, jika daun yang awal tumbuh akan berwarna lebih muda. Kiara Payung atau Bahasa latinnya Filicium decipiens merupakan pohon yang tingginya dapat mencapai 25 m. Kalau menyendiri tajuknya cantik, bulat (Dhian, 2014). Pohon kiara payung mempunyai banyak manfaat, salah satunya yang paling dikenal adalah sebagai pohon pelindung. Pohon ini mampu melindungi dari panasnya sinar matahari, mengurangi kebisingan dan penahan debu (Suharso, 2004). Karena manfaat sebagai pelindung, pohon kiara payung membuat suasana disekitar pohon menjadi teduh.

Pohon Kiara Payung

Ketika hujan turun, kiara payung juga mampu menjadi payung. Tidak jarang kayu dari pohon kiara payung pun mampu digunakan untuk bahan bangunan. Kayunya yang coklat kemerahan sangat keras dan kuat. Tumbuhan ini berasal dari India Selatan dan Sri Lanka, tetapi sekarang banyak ditanam sebagai tanaman hias di seluruh daerah tropika, atau sebagai pohon pelindung jalan.(Dhian, 2014). Tanaman ini memberikan manfaat dari segi estetika maupun untuk lingkungan. Dengan adanya pohon kiara payung yang rindang seperti kiara payung memberikan kebermanfaatan dalam segi medis atau kesehatan, berupa udara yang mengandung banyak oksigen sehingga terbebaskan dari polusi udara. Karakteristik khas sebagai pelindung yang menghalangi sinar matahari selain sebagai tempat berteduh, rumput liar pun akan sulit tumbuh akibat berkurangnya pasokan sinar matahari pada proses fotosintesis untuk rumput liar tersebut.

lihat juga : jual pohon kiara payung

Berkurangnya rumput liar yang tumbuh akan memberikan dampak positif pada tanaman lain disekitar pohon kiara payung tersebut untuk mendapatkan pasokan air didalam tanah. Sehingga intake cairan akar pohon kiara payung dan tanaman atau pohon disekitar kiara payung mampu terdistribusi dengan baik.