Sedikit Lebih Dekat Dengan Bunga Flamboyan

Sedikit Lebih Dekat Dengan Bunga Flamboyan

Sedikit Lebih Dekat Dengan Bunga Flamboyan

Flamboyan (Delonix regia) adalah tanaman yang khas dengan pohon besar, dan bunga-bunga merah cerah.Flamboyan memiliki nama genus Delonix yang berasal dari kata Yunani delos (artinya mencolok), dan onyx, berarti cakar.

Nama tersebut mengacu pada penampilan bunga yang memang mencolok dan bentuk mahkota bunya mengembang seperti cakar. Pohon ini umumnya dibudidayakan di daerah tropis dan subtropis, termasuk Madagaskar, untuk tanaman hias. Tanaman ini terancam punah di habitat aslinya karena perusakan habitat.

Flamboyan tumbuh melebar membentuk seperti kanopi atau payung pada ketinggian 9–15 m di atas permukaan laut. Apabila tanaman ini tumbuh di daerah yang memiliki 2 musim, maka akan gugur saat musim kemarau, tetapi akan tetap hijau pada musim semi dan dingin pada daerah dengan empat musim.

Tumbuhan ini juga sering disebut tumbuhan semi-evergreen. Daun flamboyan memiliki bulu dibagian permukaannya. Sistem pertulangan daun berbentuk menyirip, dengan panjang 30,5-50,8 cm dan lebar 11–25 cm. Bunga-bunga flamboyan mekar secara musiman, biasanya mekar saat pertengahan musim panas.

Bunga flamboyan memiliki diameterantara 8 dan 15 cm dan memiliki empat kelopak yang berbentuk menyebarkan berwarna merah atau oranye-merah kelopak dengan panjang 4–7 cm serta satu mahkota tegak. Bentuk kelopak bunga sedikit lebih besar yang ditandai dengan warna kuning dan putih.

Polong yang sudah tua berwarna coklat gelap, datar dan kayu dengan panjang hingga 70 cm dan lebar 7 cm.[2]

Sekilas kita segera mengerti bahwa bunga Flamboyan mempunyai demikian banyak bunga yang bergelantungan bebas-melimpah bahkan juga sedemikian banyak bunga Flamboyan yang ada pada suatu pohon hingga kita tidak bisa lihat daun-daunannya dan juga duri-durinya.

Saat pada saat puncaknya, semua pohon bunga Flamboyan mempunyai ” bunga “. Itu adalah satu diantara kekhasan juga. Warna bunga Flamboyan juga jadi demikian cemerlang kontras dengan warna daunanya yang juga sangat menghijau. Pada musim hujan daun pohon Flamboyan sangat rimbun serta menghijau.

Masuk musim panas mulai berkembang kuncup-kuncup ” bunga ” nya lantas berkembang selalu jadi cemerlang serta nyaris seluruhnya ranting daunannya ‘berbunga ” lebat. Jika kita mempelajari dengan jeli, warna mekar yang terlihat berwarna cemerlang ini sesungguhnya bukanlah bunga tetapi adalah seludung bunga.

Bunga sebenarnya dari pohon Flamboyan ada pada tengah seludungnya. Seludung bunga yang terlihat rimbun ini berperan membuat perlindungan bunga Flamboyan supaya terlindung dari masalah luar. Walau terlihat terlindung serta tak terlihat dengan cara terang tetapi apabila kita mempelajari dengan jeli kehadiran bunga Flamboyan sebenarnya betul-betul ada.

Tetapi bunga sebenarnya ini tidak membuahkan buah Flamboyan. Jadi untuk menanam bunga Flamboyan orang umumnya menanam steknya bukanlah buahnya. Walau sekian orang-orang umum sudah setuju untuk menyebutkan bunga Flamboyan pada seludung bunga yang senantiasa berwarna cemerlang. Ini berarti sebutan bunga Flamboyan dijelaskan juga untuk seludung serta bunga aslinya.

Hal semacam ini telah jadi perjanjian serta sudah di terima umum. Stek bunga Flamboyan umumnya di ambil dari dahan yang tumbuh seperti menyebar serta karenanya dahannya membutuhkan penahan dari kayu lurus atau pagar.

Pertanyaan bagaimanakah dengan daun bunga Flamboyan? Sekilas daun dari bunga Flamboyan tampak mirip daun pada bunga Mawar. Ada duri-duri tajam yang tampak pada dahannya. Manfaat duri-duri ini adalah membuat perlindungan bunga dari serangan binatang atau tumbuhan di sekelilingnya.

Sedikit Lebih Dekat Dengan Bunga Flamboyan

Duri-duri bunga Flamboyan sangatlah tajam apabila orang tak hati-hati jadi memiliki resiko bakal luka. Sedang daun bunga Flamboyan juga nyaris mirip daun bunga Mawar tetapi ukuran daun bunga Flamboyan terlihat lebih bulat daripada daun bunga Mawar.

Tinggi pohon bunga Flamboyan itu dapat meraih seputar 20 mtr., tingginya melampaui tiang bendera seperti terlihat pada photo diatas. Pohon bunga Flamboyan yang tertangani dengan baik bakal selekasnya menghadirkan kecemerlangan warna seludungnya.

Pertanyaan dari kita kenapa orang-orang menamai bunga Kertas untuk menyebutkan nama lain dari bunga Flamboyan atau bunga Bougainville itu? Jawabannya adalah lantaran bentuk bunganya seperti suatu kertas buku catat atau kertas HVS apabila kita memegangnya.

Oleh lantaran seludung bunganya seperti memiliki bahan kertas HVS jadi seludung bunga ini dapat tahan pada penguapan sepanjang musim panas. Sinar matahari sepanjang musim panas dapat ditahan oleh kekuatan karakter kertas yang dipunyai oleh seludung bunga Flamboyan itu hingga ia terlihat terus segar-bugar walau di dalam sinar matahari berbulan-bulan.

Tersebut keunggulan dari bunga Flamboyan. Layak saja bunga itu dimaksud orang queen of flame atau ratu beberapa bunga dengan saat mekarnya berbulan-bulan sepanjang musim panas. Apakah anda tertarik untuk menanamnya? Saya menginformasikan bahwa bunga Flamboyan banyak faedahnya untuk kehidupan kita serta jika di proses dengan profesional jadi bakal menyerap banyak tenaga kerja. Bunga Flamboyan menjanjikan investasi untuk penambahan ekonomi yang cukup mengundang selera. Sedikit Lebih Dekat Dengan Bunga Flamboyan