Sengon Solomon dan Manfaatnya

Sengon Solomon dan Manfaatnya

Ternyata Sengon Solomon bukan tanaman sembarangan. Selain memiliki nilai jual yang tinggi, tanaman ini juga kaya manfaat mulai dari akar hingga daunnya. Apa saja manfaatnya? mari simak uraian berikut.

Sengon Solomon dan Manfaatnya

Manfaat akar Sengon Solomon. Dari tanaman ini berupa akar tunjang yang sangat kokoh. Lantas bila ditanam di area miring, akar sengon menjaga kontur tanah. Selain itu juga terdiri dari akar kecil yang menyimpan banyak nitrogen didalamnya. Akar-akar inilah yang membuat tanah disekitarnya turut menjadi subur.

Manfaat Batang Kayu Sengon Solomon

Manfaat terbesar tentu terletak pada bagian batang kayu Sengon Solomon. Bagian batang kayu memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi. Untuk pohon yang sudah berusia 4-5 tahun yang memiliki diameter 20-30 cm bernilai jutaan rupiah.

Sengon Solomon dan Manfaatnya

Hal itu tak mengejutkan mengingat bahwa kayu yang telah dipanen dapat digunakan untuk menghasilkan aneka hasil karya dalam kehidupan manusia. Bagian batang kayu dapat diolah menjadi papan, furniture, souvenir, kerajinan tangan, dan lain sebagainya. Dalam konteks kehidupan di tanah Jawa, permintaan pasar terhadap pasokan kayu sengon cukup tinggi, hal ini tentu meningkatkan nilai manfaatnya.

Manfaat Batang Kayu Sengon Solomon

Tak kalah penting selanjutnya ialah manfaat daun Sengon Solomon. Daun sengon berbentuk panjang dan terdiri dari susunan pasangan helai-helai daun. Daun sengon memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Selain itu, daun sengon juga dapat digunakan untuk bahan makanan ternak herbivora. Hal ini tentu menguntungkan bagi para petani yang juga memiliki usaha sebagai peternak hewan peliharaan seperti kambing, sapi, ataupun kerbau.

Baca juga : jual bibit sengon Solomon

Buah dan biji Sengon Solomon juga memiliki manfaat tersendiri. Buah sengen berbentuk lonjong atau pipih berwarna hijau saat muda, kemudian menguning saat tua. Meskipun buah sengon tidak dapat dikonsumsi, namun dari situlah didapatkan benih untuk menghasilkan bibit tanaman yang baru.

Nah itulah kira-kira manfaat yang dapat diketahui. Dari sekian banyak manfaatnya, mengalir pula keuntungan yang tidak sedikit bila menanam tanaman tersebut. Tentu tidak rugi bila kita menanam dan membudidayakan tanaman tersebut. Ayo segera tanam dan budidayakan Sengon Solomon!. Sengon Solomon dan Manfaatnya