Tabulampot tanaman buah dalam pot

Tabulampot tanaman buah dalam pot

Tabulampot tanaman buah dalam pot

Tabulampot tanaman buah dalam potBagi Anda yang Hobi menanam namun tinggal di wilayah perkotaan dan tidak memiliki banyak lahan untuk bercocok tanam, ini lah solusi untuk Anda agar tetap melakukan Hobu hobi menanam Anda. Kali ini akan kami ulas mengenai menanam tanaman buah dengan metode tabulampot.

Tabulampot tanaman buah dalam pot

 Tanaman buah yang ditanam menggunakan media dalam pot dikenal dengan istilah tabulampot. Metode  ini bisa dikatakan cukup praktis untuk memecahkan kendala dan persoalan mengenai penanaman pohon buah-buahan secara efisien serta efektif. Cara merawat tabulampot perlu dilakukan secara benar agar cepat berbuah. Terlepas dari itu pembudidayaan tanaman dari bibit hingga siap panen bisa dikatakan cukup mudah jika mengikuti langkah yang tepat. Jika Anda ingin mendapakan bibit tanaman buah yang berkualitas bisa menghubungi nomer yang ada di website.

Tabulampot Solusi Keterbatasan Lahan Memiliki Banyak Kelebihan

Keterbatasan lahan / tidak memungkinkannya lahan untuk ditanami tanaman buah seringkali menjadi kendala untuk bisa memiliki pohon buah favorit yang kita inginkan. Dan pada tahun 70-an dikembangkan metode menanam pohon buah dalam pot. Ukuran tinggi dan kedalaman akar pada tanaman buah-buahan dapat teratasi, sehinga lahan yang sangat sempit pun bisa ditanami tanaman buah-buahan. Dengan demikian dapat kita ketahui bahwa Tabulampot dikembangkan untuk memecahkan masalah utama keterbatasan lahan. Tabulampot sendiri memiliki kelebihan lain  jika dibandingkan tanaman buah konvensional diantaranya :

  • Sebagai tanaman hias (Ornamental plant) => memiliki nilai estetika / keindahan yang tinggi, baik dari segi bentuk dan warna akan mempercantik halaman maupun dekorasi interior sebuah gedung dan rumah.
  • Mudah di pindah-pindah (fleksibel) => akar dari tabulampot tidak berada di dalam tanah, melainkan pada media (umumnya pot dan polybag) sehingga untuk memindahkannya hanya perlu mengangkat dan menggesernya saja.
  • Mudah mengatur masa panen dan berbuah => pengaturan ang dimaksud adalah mempercepat tabulampot berbuah, meningkatkan intensitas panen hingga dalam setahun mampu berbuah beberapa kali.

Manfaat Tabulampot

Tabulampot memiliki manfaat seperti umumnya manfaat tumbuhan dan tanaman :

Sebagai penyaring (filter) udara dan benteng pertahanan dari polusi udara serta produksi oksigen

Polusi udara merupakan masalah serius bagi manusia, hal ini dikarenakan udara (oksigen) adalah kebutuhan paling utama manusia untuk bertahan hidup. Polusi udara, terutama di perkotaan akan memberikan efek negatif baik itu jangka panjang maupun pendek. Hal ini merupakan ancaman bagi anda, keluarga serta anak-anak yang kita sayangi. Berbagai polusi udara seperti polusi pabrik, kendaraan bermotor, asap rokok, karbon dioksida, nitrogen hingga debu memberi ancaman serius terhadap masyarakat perkotaan. Dengan menanam tabulampot di halaman dan di sekitar rumah maka polusi dan zat-zat berbahaya tersebut akan diserap oleh tumbuhan kemudian menggantinya dengan oksigen berkualitas untuk mahkluk hidup khususnya manusia.

Menurunkan suhu dan temperatur udara

Kota besar contohnya Jakarta memiliki suhu udara sangat panas, selain disebabkan karena lokasinya di pesisir pantai juga salah satunya akibat kurangnya penghijauan. Sebagai mana yang kita ketahui, Proses fotosintesis adalah cara tumbuhan untuk menghasilkan makanan dan energi untuk dirinya sendiri. Prosesnya membutuhkan input berupa sinar matahari, karbon dioksida dan air. Kemudian tumbuhan akan menghasilkan glukosa, air bersih dan oksigen. Dengan demikian jika terdapat banyak tumbuhan dan tanaman di sekitar tempat tinggal manusia maka dapat dipastikan selain udara menjadi bersih juga menurunkan suhunya sehingga menjadi sejuk.

Sebagai sumber pangan dan obat-obatan

Semua tumbuhan dan tanaman termasuk tabulampot akan mengalami proses regenaratif. Cara regeneratif dari setiap jenis tumbuhan dan tanaman berbeda-beda, salah satunya dengan berbuah. Tabulampot sendiri merupakan tanaman yang menghasilkan jenis buah-buahan dalam proses regenerasinya. Buah-buahan segar inilah yang menjadi sumber konsumsi dan makanan bagi kita. Banyak serat, nutrisi dan vitamin dalam buah-buahan yang berguna untuk proses biologis tubuh manusia, tentu saja berkaitan dengan manfaat kebaikannya. Khasiat lain buah-buahan adalah untuk pengobatan alami penyakit tertentu misal apel untuk kolesterol, jambu batu untuk diare dan demam berdarah, hingga jeruk yang kaya vitamin C untuk mengatasi keputihan.

Rekreasi murah, Obat stress dan depresi

Stress adalah kondisi lumrah dialami oleh masyarakat perkotaan yang diakibatkan tekanan aktifitas berlebih serta kondisi dimana manusia sangat tidak nyaman dengan kehidupannya. Stress ini akan mengakibatkan depresi yang secara bertahap akan mengurangi kualitas hidup dan kesehatan manusia. Aktifitas kegiatan padat serta tekanan kehidupan perkotaan yang keras tidak bisa dihindari terlebih oleh masyarakat yang meraup penghasilan dalam lingkungan kehidupan perkotaan yang padat penduduk.

Tabulampot tanaman buah dalam pot

Untuk mengatasi dan menanggulangi masalah ini rekreasi adalah suatu kewajiban untuk menetralisir tingkat stress yang sangat tinggi. Sebenarnya di kota manapun disediakan taman-taman hijau yang berfungsi untuk melepas penat bagi penduduknya. Alternatif lain kita bisa mengunjungi tempat-tempat wisata daerah pegunungan untuk menetralisir tingkat stress. Namun kegiatan-kegiatan yang membutuhkan ketersediaan waktu seringkali menjadi kendala yang muncul kemudian dikarenakan berbagai hal yang tidak bisa diprediksi. Penghijauan di lingkungan sekitar halaman rumah, dengan bergelantungannya buah-buahan berwarna-warni akan meghilangkan stress kita secara bertahap.

Peluang sumber penghasilan

Tentunya kita semua mengetahui bahwa buah-buahan dapat kita beli di pasar tradisional hingga swalayan. Selain membeli buah-buahan kita bisa juga menjualnya. Salah satu kelebihan dari tabulampot adalah bisa diatur waktu berbuahnya, hal ini menjadi salah satu peluang usaha jika ada jenis buah tertentu yang  sudah bisa lebih dulu berbuah sebelum musimnya. Dengan pemupukan dan perawatan yang tepat (akan dijelaskan di bawah) tabulampot akan sering berbuah dengan kualitas yang sangat baik.

Demikian ulasan kami mengenai metode menanam dengan tambulampot. Ada  banyak jenis tanaman buah yang bisa di tanam dengan metode tambulapot ini. Jika Anda tertarik untuk mencari bibit tanaman buah berkualitas, Anda bisa mengubungi nomer yang ada di web site ini. Dan Customer kami akan meleyani dengan sepenuh hati.