Tips Jitu Menanam Bunga Flamboyan Agar Selalu Rimbun Bunganya

Tips Jitu Menanam Bunga Flamboyan Agar Selalu Rimbun Bunganya

Tips Jitu Menanam Bunga Flamboyan Agar Selalu Rimbun Bunganya

Biasanya kendala awal yang dialami orang dalam menanam flamboyan adalah merubah biji menjadi kecambah. Bunga flamboyan, siapa yang tidak mengenal bunga berwarna cantik yang satu ini. Tanaman dengan bentuk pohon yang mampu memberikan keteduhan ini memiliki bunga yang begitu indah, berwarna merah seperti api.

Apalagi bila begitu rimbun bunganya, tentu akan semakin indah dipandang mata. Tanaman yang memiliki julukan bunga api ini biasanya ditanam pada halaman rumah.

Tanaman hias outdoor ini akan menjadi peneduh di halaman rumah Anda. Namun untuk mendapatkan bunga flamboyan yang selalu rimbun tentu ada tips menanam flamboyan yang benar, bukan?

Merawat bunga Flamboyan harian

Tips menanam flamboyan adalah hal yang akan dijabarkan dalam artikel ini. Perlu Anda ketahui bahwa salah satu pohon rindang ini adalah tanaman yang berasal dari wilayah Afrika tepatnya di Madagaskar.

Biasanya bunga flamboyan akan mekar pada saat musim semi sampai saat akan memasuki musim panas. Warna bunganya yang indah seperti merah, orange, dan kuning akan tampak indah dan membawa suasana ceria di sekelilingnya.

Bila Anda memiliki ketertarikan untuk menanam bunga flamboyan di halaman rumah maka harus tahu tips menanam flamboyan yang tepat agar nanti tumbuh subur dan rimbun. Tanaman yang satu ini dapat tumbuh subur dan mekar sepanjang tahun di daerah beriklim tropis termasuk Indonesia.

Teknik Menanam Dan semai Biji flamboyan

Untuk penanaman terbilang mudah dan perawatannya tidak perlu perlakuan secara khusus. Namun ada satu hal yang sering jadi kendala yang dialami para pecinta tanaman hias ketika akan menanam bunga flamboyan.

Kendala menanam tersebut terletak pada saat merubah biji flamboyan menjadi kecambah. Hal ini menjadi terasa amat sulit karena bentuk dari biji flamboyan tertutup rapat dan sangat besar.

Bila Anda tidak mengetahui tips menanam flamboyan yang benar dan asal menanam maka dipastikan biji flamboyan yang Anda tanam tersebut tidak akan mengalami pertumbuhan.

Maka ada tips khusus dalam menanam flamboyan berupa biji tersebut.

Bagi Anda pemula yang hendak menanam flamboyan, ada dua solusi yang dapat Anda lakukan. Yang pertama dengan membelah biji flamboyan menjadi dua kemudian gosok dan amplas bagian permukaan belahan biji tersebut.

Rendam biji tersebut selama sehari semalam sehingga permukaan kulitnya akan mengelupas. Permukaan biji yang telah mengelupas inilah yang dapat Anda tanam ke dalam pot.

Untuk tips menanam flamboyan yang kedua adalah dengan merendam langsung biji flamboyan pada air hangat selama semalam kemudian tanam biji tersebut dalam pot.

Kedua tips menanam flamboyan dari biji di atas terbilang ampuh untuk dapat menghasilkan tanaman flamboyan dewasa yang nantinya akan tumbuh dan berkembang dengan rimbun.

Biasanya pembenihan di atas akan tampak hasilnya setelah 4 atau 6 hari kemudian dengan munculnya tunas flamboyan baru.

Bagi Anda pecinta tanaman hias outdoor, khususnya si cantik flamboyan ini, segeralah praktikkan tips menanam flamboyant yang sudah kita bahas di atas.

Biarkan halaman rumah Anda tampak rindang dan indah dengan adanya pohon flamboyan yang cantik dari hasil tanam tangan Anda sendiri nantinya.

Tanaman yang satu ini memiliki warna yang sangat mencolok dan kerap dinamakan pohon api. Dinamakan demikian bukan tanpa sebab, karena dibagian atas akan tumbuh daun berwarna merah seperti api. Penasaran dengan nama tanaman ini? Yap, tanaman hias yang difungsikan sebagai pohon peneduh ini bernama Flamboyan. Selain Flamboyan, tanaman ini memiliki sebutan lain yakni Royal Flamboyan dan Royal Ponciana.

Flamboyan berasal dari wilayah Madagaskar, Afrika. Merupakan salah satu pohon besar yang rindang dan memiliki bunga yang sangat indah. Biasanya bunganya akan mekar pada musim semi hingga musim panas menjelang.

Warna bunganya yang beragam seperti oranye, merah, dan kuning sangat disukai karena berfungsi sebagai penghias suasana yang nampak memberikan aura keceriaan dan keindahan disekelilingnya.

Jika Anda tertarik untuk menanam pohon ini di halaman rumah untuk memberi kesan rindang, hal tersebut merupakan pilihan yang tepat. Dikarenakan tanaman yang dapat mekar sepanjang tahun ini dapat tumbuh di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Untuk menanam tanaman ini sangatlah mudah dan perawatannya pun tidak memerlukan perlakuan yang ekstra.

Seperti yang diungkapkan oleh pedagang tanaman hias, para penghobi tanaman hias saat mulai menanam Flamboyan adalah merubah biji menjadi kecambah. Hal ini terjadi karena biji Flamboyan memiliki bentuk yang  sangat besar dan tertutup rapat. Jika Anda tidak mengetahui hal ini, yakni asal menanamnya saja, dijamin biji Flamboyan yang Anda tanam tidak akan tumbuh berkembang.

Tips Jitu Menanam Bunga Flamboyan Agar Selalu Rimbun Bunganya

Tips jitu untuk memecahkan masalah yang sering ditemui oleh para pemula yang mencoba menanam tanaman hias Flamboyan di halaman rumah mereka.

Untuk mengatasi masalah ini, sebenarnya ada dua cara, yang pertama belah biji menjadi dua bagian, lalu gosok dengan amplas pada semua sisi permukaan biji. Selanjutnya rendam dalam air selama sehari semalam. Kemudian, setelah direndam biasanya permukaan kulitnya akan mengelupas dan Anda sudah bisa menanam bijinya kedalam pot. Cara kedua, Anda bisa merendam bijinya kedalam air hangat selama semalaman, kemudian baru ditanam kedalam pot,” jelas dengan yakin, bahwa dua cara tersebut sangat ampuh hasilnya. Tips Jitu Menanam Bunga Flamboyan Agar Selalu Rimbun Bunganya

Setelah mendapatkan tips jitu di atas, Anda tidak perlu khawatir lagi benih pohon Flamboyan Anda tidak akan tumbuh maksimal. Selamat mencoba!